Bacaterus / Tanaman Langka / 10 Tanaman Cantik di Dunia Yang Terancam Punah

10 Tanaman Cantik di Dunia Yang Terancam Punah

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Desember 2018

Untuk menghiasi ruangan terkadang beberapa orang memilih tanaman sebagai percantik ruangannya.  Tanaman cantik di dunia ini menjadi favorit sebagian orang untuk menghiasi ruangan. Selain untuk menghiasi ruangan, tak jarang juga tanaman dijadikan sebagai ikon dalam mempercantik kebun-kebun atau taman-taman sederhana

Namun, tanaman indah yang akan dibahas kali ini bukan hanya sekedar cantik dan menarik. Keberadaan tanaman-tanaman ini pun sudah termasuk dilindungi bahkan terancam punah. Beberapa Negara masih membudidayakan tanaman-tanaman ini untuk mencegah hilangnya populasi tanaman cantik di dunia dan menawan ini. Berikut bacaterus akan mengulas beberapa tanaman cantik di dunia namun keberadaannya sudah sangat langka.

Baobab

baobab tanaman cantik di dunia

Baobab merupakan tanaman yang dapat dikategorikan sebagai tanaman cantik di dunia ini merupakan salah satu tanaman langka. Baobab merupakan tanaman berjenis pohon dengan nama umum yang disebut dengan genus (Adansonia). Baobab memiliki delapan spesies pohon. Pohon ini asli berasal dari Madagaskar, Afrika daratan dan Australia.

Baobab sering dinamakan sebagai pohon botol karena bentuk batangnya yang menyerupai seperti botol. Selain batang yang seperti botol, pohon ini mampu menyimpan sekitar 300 liter air lho. Maka dari itu umur dari pohon baobab sangat lama yaitu mencapai 500 tahun.

Dilansir juga bahwa pohon baobab memiliki kaitan erat dengan kura-kura Madagaskar. Kura-kura Madagaskar ini juga merupakan jenis kura-kura yang terancam populasinya, maka dari itu pohon baobab pun menjadi sangat langka.

Erysimum Menziesii

erysimum menziesii

Jangan heran salah satu tanaman cantik di dunia ini termasuk tanaman langka. Pasalnya tanaman ini hanya ditemukan di empat daerah saja yaitu di sekitar pantai berpasir California, Humboldt, Mendocino, dan Monterey. Tanaman ini bukan termasuk tumbuhan tinggi.

Maksimal tinggi untuk tanaman ini hanya sekitar 15cm. Tanaman kecil ini memiliki daun yang berbentuk lurus serta tebal. Selain itu daunnya juga lumayan memiliki bulu. Namun, jika dilihat tanaman ini sangat indah. Namun, sayangnya sangat langka.

Dan jika diperhatikan setiap ujung pada batang tanaman ini memiliki bunga yang berwarna kuning cerah disertai dengan kelopak yang bulat. Bunga pada tanaman ini membuat tanaman semakin terlihat lucu. Nah, dari bunga tersebut maka nantinya akan muncul buah dengan bentuk panjang dan juga sangat lengket.

Franklinia Alatamaha

franklinia alatamaha

Tanaman ini merupakan tanaman cantik lainnya yang juga terancam punah. Diketahui bahwa tanaman yang satu ini masih termasuk bagian dari tanaman teh. Namun sayangnya tanaman cantik di dunia ini merupakan satu-satunya spesies dalam genusnya yang berupa tanaman berbunga.

Franklinia hanya dapat ditemukan di Altamaha Georgia dan sudah punah di alam liar sejak awal abad ke 19. Namun tidak perlu khawatir tanaman ini tidak benar-benar lenyap dari bumi, pasalnya keluarga Bartram telah mengembangbiakan tanaman cantik ini dan juga ia menyebarkan tanaman ini sebelum adanya kepunahan.

Franklinia memiliki bunga yang memiliki warna putih. Aroma dari bunganya pun harum pada saat sedang mekar. Daun pada tanaman ini akan berubah menjadi warna merah yang cantik ketika sedang musim gugur.

Snowdia Hawkweed

Snowdia hawkweed

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini merupakan tanaman langka yang hidup dan dapat ditemukan di Snowdia, Wales. Tanaman cantik di dunia yang satu ini hampir dinyatakan punah ketika para peneliti terkejut bahwa tanaman ini tidak memproduksi bunga lagi. Hal itu membuat kesimpulan bahwa tanaman ini mendapatkan ancaman kepunahan.

Namun, di tahun 2002 hal mengejutkan terjadi ketika tanaman ini secara ajaib memproduksi bunga. Bunga yang ada pada Snowdia ini sangat cantik dan indah. Dengan kelopak bunganya yang berwarna kuning terang ini membuat beberapa orang menjadikannya tanaman hias. Tentu saja ini menjadi tanaman hias yang termasuk mahal dan juga langka.

Yellow and Purple Lady Slipers Cypridium Calceolus

lady slipers

Tanaman ini memang memiliki nama yang cukup panjang, sayangnya masa hidupnya tidak terlalu panjang seperti namanya. Tanaman cantik di dunia ini sudah terancam punah sejak tahun 1900-an. Tanaman ini masih tergolong dalam orchid liar dan hanya ditemukan di beberapa benua Eropa, salah satunya bisa ditemukan di Britania Raya.

Biasanya di daerah Britania Raya, tanaman ini dapat ditemukan dengan mudah di lapangan golf. Namun sejak tahun 1917 tanaman ini sudah dilindungi secara khusus oleh kepolisian setempat. Bahkan saking langkanya orang yang memotong tanaman ini walaupun hanya sedikit bagian akan dikenakan denda sebesar 5.000 USD lho!

Mengapa tanaman ini sangat dilindungi ketat? Selain mengurangi tingkat kepunahan, ternyata untuk mengembangbiakkan tanaman satu ini cukup sulit. Pasalnya tanaman ini tidak bisa menyediakan bahan makanannya sendiri. Dan selain itu, tanaman orchid ini sangat bergantung pada tipe jamur tertentu untuk sumber makanannya.

Cosmos Astrosanguineus

cosmos

Bunga yang satu ini tidak kalah cantik bukan dibandingkan bunga lainnya, bukan? Memang bunga ini sangat cantik, namun sayangnya tanaman cantik di dunia ini sudah dinyatakan punah lebih dari 100 tahun lalu. Tanaman ini tidak punah sepenuhnya, hanya saja bunga ini tidak dapat ditemukan lagi di alam liar.

Bunga dengan warna merah gelap kecoklatan ini salah satu spesies Cosmos. Bunga ini merupakan tanaman asal Meksiko. Untungnya bunga ini masih berhasil dipertahankan sebagai klon tunggal yang infertile. Bunga ini diciptakan atau dibudidayakan kembali di tahun 1902 dengan perkembangan vegetatif.

Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki diameter yang tidak terlalu besar yaitu 3-4 cm. Bunga ini juga memiliki aroma vanili, beberapa orang juga menjadikannya sebagai tanaman hias yang cantik.

Koki’o

kokio

Koki’atau kokai cookie merupakan salah satu tanaman cantik di dunia yang juga langka. Tanaman ini hanya ditemukan di Hawaii dan merupakan pohon endemik. Pohon lucu dan cantik yang satu ini pertama kali ditemukan di tahun 1860.

Pada saat ditemukan hanya ada tiga spesimen yang tersisa yang dapat ditemui. Koki’o termasuk pohon yang sangat sulit untuk berkembangbiak. Pada tahun 1950 akhirnya tanaman ini dinyatakan punah ketika bibit terakhirnya mati.Namun, pada tahun 1970 seperti sebuah keberuntungan karena pohon ini dapat ditemukan lagi sebagai pohon satu-satunya.

Dan saat ini ada sekitar 23 pohon yang dapat dikembangbiakan. Tanaman ini termasuk pohon yang tidak besar. Tingginya hanya mencapai sekitar 10-11 meter saja. Yang paling menarik dari pohon ini adalah warna yang indah dari ratusan bunga pada pohon. Dengan warnanya yang merah terang membuat semua tertarik untuk menjadikannya sebagai tanaman hias.

Namun, karena tanaman ini sangat dilindungi dan sangat langka, hanya beberapa orang saja yang boleh melihatnya.

Middlemist Red Middlemist Camelia

camelia

Nah, tanaman cantik di dunia yang satu ini juga termasuk dalam tanaman yang paling langka yang pernah ada menurut para peneliti. Hal ini disebabkan karena sampai saat ini hanya ada 2 sample tanaman Camelia. Salah satunya ditemukan di New Zealand dan yang satunya ditemukan di Britania Raya.

Padahal habitat aslinya ada di Negara China. Namun, tanaman ini dibawa oleh seorang pria bernama John Midllemist ke Britania. Uniknya tanaman cantik di dunia ini hanya dapat berbunga sesekali waktu saja. Jika dilihat bentuk bunganya seperti bunga mawar dan memiliki warna merah muda yang cerah.

Ghost Orchid

Ghost Orchid Epipogium Aphyllum

Salah satu tanaman cantik di dunia lainnya diberi nama Ghost Orchid. Diperkirakan bahwa tanaman ini sudah punah sejak 20 tahun yang lalu. Namun, tanaman ini muncul kembali dan mulai dikembangbiakan.

Tanaman langka ini tidak memiliki daun, bahkan tidak melakukan fotosintesis seperti tanaman pada umumnya. Selain itu, tanaman ini juga tidak dapat memproduksi makanannya sendiri. Uniknya Ghost Orchid ini dapat hidup di bawah tanah untuk waktu bertahun-tahun lamanya. Saking langkanya, penggemar tanaman ini pun rela untuk mencari dan mempelajari Ghost Orchid.

Jade Vine

jade vine

Nah kali ini tanaman cantik di dunia datang dari Asia yaitu Negara Filipina. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat. Jade Vine memiliki hubungan yang dekat dengan kacang merah. Tanaman ini juga memiliki bunga dengan bentuk yang cukup unik.

Bunga dari Jade Vine berbentuk seperti cakar yang tubuh dan menganntung serta panjangnya mencapai 3 meter lho. Di Filipina, tanaman ini mulai berkurang jumlahnya dikarenakan jumlah area hutan yang berkurang dan sulitnya tanaman ini untuk berkembangbiak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Tanaman Cantik di Dunia Yang Terancam Punah”

Tinggalkan komentar