Bacaterus / Tanaman / 10 Jenis Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah

10 Jenis Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu bermimpi untuk bisa menikmati buah-buahan yang baru dipanen tetapi kamu tidak perlu mengolah tanah  atau  tidak ingin melukai punggungmu karena harus menggali tanah dan menarik gulma?

Kalau begitu jawabannya hanya satu yaitu berkebun menggunakan pot. Ini merupakan solusi sempurna jika kamu ingin menanam buah-buahan di lahan yang kecil atau bahkan di dalam ruangan.

Namun masih ada masalah lain yang harus dipecahkan, yaitu tak semua jenis buah bisa tumbuh di pot. Kamu perlu mengetahui mana tumbuhan yang bisa tumbuh di dalam pot dan mana yang tidak bisa. Bila kamu berminat untuk menanam tanaman buah dalam pot yang bisa berbuah cepat, jangan lupa untuk terus simak ulasannya berikut ini.

1. Blueberry

Blueberry

Jika tanaman ini tumbuh di tanah asam dan tempat yang cerah, blueberry dapat tumbuh dengan subur di hampir semua kebun. Buah ini juga termasuk dalam buah yang cepat pertumbuhannya. Semak abadi ini masih bisa hidup di bawah sedikit naungan tapi tidak akan menghasilkan buah sebanyak yang akan tumbuhan ini hasilkan jika ditanam di bawah sinar matahari yang penuh.

Kebanyakan tanaman blueberry membutuhkan varietas lain tumbuh di dekat tanaman ini untuk menghasilkan banyak buah. Jadi yang terbaik adalah menanam setidaknya dua varietas dari jenis yang sama di halamanmu untuk memastikan panen yang baik.

Tanaman blueberry bahkan bisa ditanam dalam pot. Buah blueberry dari tanaman buah yang cepat tumbuh ini siap dipetik dalam waktu dua hingga empat bulan setelah berbunga dan akan berbuah satu atau dua tahun setelah ditanam.

2. Persik

Persik

Memilih buah persik yang tepat dan tempat menanam yang tepat dan berikan perawatan yang tepat untuk tumbuhan ini maka kamu akan dapat memetik buah matangnya hanya dalam satu atau dua tahun. Buah persik merupakan salah satu penghasil buah-buahan yang montok dan lezat di antara pohon buah cepat tumbuh yang paling populer.

Pohon persik tumbuh dengan sangat baik di bawah sinar matahari penuh, setidaknya 6 jam per hari, dan aliran udara yang baik. Bila kamu mulai menanam pohon ini di tanah, pastikan kamu mengelilingi batang pohon dengan jerami dan rerumputan untuk menjaga tanah tetap lembap dan melindungi pohon dari kerusakan mesin pemotong rumput.

Tak hanya bisa ditanam di tanah, pohon persik juga bisa ditanam dalam pot, tapi hanya jika kamu menggunakan varietas kerdil. Buah-buahan yang mudah tumbuh ini akan matang di pertengahan musim panas sampai pertengahan musim gugur, bergantung pada varietas dan wilayahnya.

3. Stroberi

Stroberi

Stroberi merupakan buah yang bagus untuk tumbuh dalam pot. Alasannya karena tumbuhan stroberi termasuk tumbuhan menahun sehingga kamu hanya perlu menanamnya sekali. Sebagai informasi, pilihan stroberi terbaik adalah stroberi abadi atau disebut juga dengan everbearer karena varietas ini dapat dipanen dua kali setahun. Yang pertama di bulan Juni dan yang kedua di akhir musim panas.

Tentunya dengan bisa dipanen dua kali setahun akan bagus bagi mereka para petani stroberi dalam pot karena mereka tidak akan dipusingkan lagi dengan masalah hasil panen yang terlalu banyak. Tapi untuk menanam stroberi dalam pot, kamu perlu pot selebar 18 inci untuk menampung sekitar 10 hingga 12 tanaman stroberi. Tanaman ini juga butuh drainase yang sangat baik dan 8 jam sinar matahari langsung.

4. Pisang

Pisang

Tidak sulit untuk menanam pohon pisang di dalam pot serta tampilan pohonnya yang berwarna hijau dan subur bisa memberikan pemandangan dan nuansa tropis untuk tempat manapun. Pisang tumbuh di daerah tropis dan subtropis dunia, dan karenanya tanaman ini menyukai sinar matahari penuh, panas, dan kelembapan. Namun, ada juga varietas yang bisa hidup  di tempat agak dingin dan beriklim hangat.

5. Lemon

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah jeruk yang paling dikenal dan banyak digunakan. Tinggi standar pohon ini bisa mencapai lebih dari 20 kaki. Tanaman ini merupakan beberapa di antara pohon jeruk yang harus dipangkas secara teratur agar buahnya tumbuh dalam jangkauan. Lemon ‘Meyer’ adalah salah satu pohon jeruk yang berbuah dengan cepat dan tumbuh baik dalam pot.

Kamu akan selalu tahu kapan pohon-pohon mekar berkat aroma bunga yang kuat. Satu pohon jenis ini mekar dapat mengharumkan seluruh lanskap. Lemon tumbuh dengan sangat baik di negara-negara barat yang memiliki lebih sedkit kelembaban dan musim tanamnya panjang dan hangat. Pastikan untuk memangkas pohon secara teratur agar ukuran tetap kecil sehingga mudah dipanen.

6. Murbei

Murbei

Mulberry atau murbei berasal dari pohon peluruh atau deciduous yang memiliki mekaran bunga warna putih halus. Buah murbei di pohon ini sangat mirip dengan blackberry tapi memiliki variasi warna mulai dari merah ke ungu gelap. Pohon murbei lebih suka sinar matahari penuh dan tanah yang subur tapi pohon ini bisa tumbuh di tempat yang teduh.

Pohon murbei juga mudah ditransplantasikan, menjadikannya pohon buah yang bisa tumbuh dalam ruangan di dalam pot. Hasilnya akan sebaik pohon yang ditanam di tanah.

7. Raspberry

Raspberry

Raspberry merupakan salah satu buah yang paling mudah tumbuh di kebun rumah. Setelah kamu tahu cara menanam dan merawat raspberry, kamu akan bisa menyediakan buah ini untuk seluruh lingkungan rumahmu. Raspberry memiliki dua kategori, yaitu yang berbuah di musim panas dan yang berbuah di musim gugur.

Jika kamu ingin menanam raspberry dalam skala yang lebih kecil, kamu bisa menanam tanaman ini dalam pot. Memiliki waktu panen dan warna yang beragam membuat buah ini dapat dinikmati dari pertengahan musim panas hingga musim gugur. Raspberry tumbuh dengan sangat baik di tempat yang memiliki musim dingin dan musim semi yang dingin dan panjang serta tanah dengan drainase yang baik.

8. Nanas

Nanas

Tanaman nanas berukuran kecil dan pendek. Tumbuhan ini tidak pernah tumbuh lebih dari 3-6 kaki. Selain itu, nanas juga memiliki akar yang dangkal jika dibandingkan dengan tanaman atau pohon yang menghasilkan buah lain. Oleh karenanya tanaman ini dapat ditanam dalam pot. Namun, nanas membutuhkan iklim yang hangat dan lembap secara konsisten untuk bisa tumbuh.

Kamu juga bisa menanam nanas sebagai tanaman hias di zona beriklim sedang, yang menyediakan beberapa jam sinar matahari langsung setiap hari. Ketika kamu menanam nanas di dalam pot, letakkan pohon nanas di bawah sinar matahari. Dengan sedikit waktu dan perhatian, kamu akan memiliki nanas dari pohon yang kamu tanam sendiri.

9. Semangka

Semangka

Tanaman ini membutuhkan banyak air. Kabari baiknya, semangka dapat ditanam dalam pot. Disarankan agar kamu menggunakan wadah yang memiliki penyiraman sendiri jika akan menanam semangka dalam pot.

Kamu juga akan membutuhkan terali atau semacam tiang untuk mendukung tanaman merambat ini. Semangka akan bagus ditanam berdampingan dengan mentimun karena perawatannya yang sama.

10. Aprikot

Aprikot

Pohon aprikot merupakan pohon buah yang mudah tumbuh di kebun rumah. Itu karena pohon aprikot dapat melakukan penyerbukan sendiri. Kamu dapat menanam hanya satu pohon dan tetap bisa mendapatkan buah. Pohon yang mudah berbuah ini lebih suka sinar matahari penuh tapi tetap bisa tumbuh dalam suhu dingin.

Varietas kerdil pohon aprikot tersedia  di pasaran dan dapat ditanam dalam pot. Untuk hasil penanaman terbaik, belilah pohon aprikot berumur satu tahun dengan sistem akar yang sudah berkembang dengan baik. Pohon aprikot tidak menghasilkan buah pada tahun pertama setelah penanaman.

Bagi kamu yang senang bercocok tanam tapi tak memiliki lahan untuk menanam buah-buahanmu sendiri, sekarang ada solusi terbaik. Kamu bisa memilih buah-buahan yang bisa ditanam dalam pot sehingga kamu bisa panen buah dari tanaman buah yang kamu tanam sendiri. Kira-kira buah apa yang kamu ingin tanam di teras atau halaman rumahmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *