bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Tanaman Beracun yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan

10 Tanaman Beracun yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Januari 2021

Apakah Anda tahu kalau ada tanaman yang beracun bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing? Tanaman-tanaman ini mungkin terlihat cantik, namun di balik kecantikannya ada bahaya yang mengancam kesehatan bahkan nyawa hewan peliharaan.

Jika Anda di rumah memelihara kucing atau anjing dan berencana untuk menanam tanaman di halaman rumah atau kebun, Anda sebaiknya mengetahui dulu jenis-jenis tanaman beracun untuk hewan peliharaan. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Bunga Bakung

* sumber: outerbloom.com

Bunga bakung atau sebagian orang lebih mengenalnya dengan nama bunga lili adalah salah satu jenis bunga yang beracun bagi kucing dan juga anjing. Ada beberapa jenis bunga lili yang sangat beracun bagi hewan peliharaan, di antaranya peace lily, calla lily, easter lily, dan juga tiger lily.

Racun bunga bakung dapat berakibat fatal bagi kucing, dan juga ada yang cukup beracun untuk anjing. Gejala hewan keracunan bunga ini adalah muntah, diare, dan juga kehilangan nafsu makan. Selain itu, hewan peliharaan akan merasakan sakit perut, depresi, dan kesulitan untuk menelan.

Jika Anda memiliki kucing atau anjing, Anda harus menjauhkan bunga ini dari mereka. Anda juga dapat mengajarkan hewan peliharaan untuk menjauhi taman yang terdapat bunga bakung di dalamnya atau memilih untuk tidak menanamnya agar mereka tidak memakannya.

2. Bunga Tulip

* sumber: www.almanac.com

Bunga tulip merupakan bunga dengan beragam warna yang cantik. Sayangnya tulip merupakan jenis bunga yang juga sangat berbahaya bagi hewan peliharaan, terutama kucing. Bagian yang paling beracun pada bunga tulip adalah umbinya. Jika kucing atau anjing memakan tanaman ini, gejala yang biasa terjadi adalah muntah, diare dan mengalami depresi.

Hal itu karena tulip mengandung lakton alergen yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut, sehingga hewan peliharaan akan mengalami gejala mengeluarkan air liurnya. Gejala yang lebih berat yang dapat terjadi pada hewan peliharaan adalah naiknya detak jantung dan adanya perubahan cara bernafas.

3. Bunga Azalea

* sumber: www.gardenersworld.com

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman berbunga yang juga berbahaya bagi hewan peliharaan. Tanaman azalea mengandung grayanatoksin yang jika termakan dapat mengganggu saluran sodium, sehingga dapat mempengaruhi fungsi jantung dan juga otot rangka.

Semua bagian pada tanaman azalea beracun bagi hewan peliharaan. Bahkan dalam jumlah 0,2 % dari berat badan yang tertelan, hal itu akan mengakibatkan keracunan. Gejala yang timbul biasanya adalah mengeluarkan air liur, muntah, diare, sakit perut, dan juga kehilangan nafsu makan.

Selain gejala pada saluran pencernaan, azalea juga berpengaruh pada fungsi jantung. Jantung akan mengalami gejala detak jantung yang tidak normal, aritmia, dan juga tekanan darah rendah. Selain itu, racunnya juga berpengaruh pada sistem otak dengan gejala depresi, tremor, kebutaan sementara hingga koma.

4. Bunga Oleander

* sumber: www.southshorehealth.org

Oleander merupakan tanaman yang memiliki bunga berwarna putih atau merah muda yang cantik. Sayangnya tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang hangat, dan semua bagian dari tanaman ini beracun bagi semua hewan, termasuk sapi, kuda, dan juga bagi manusia.

Tanaman oleander mengandung racun yang dapat berpengaruh pada fungsi jantung. Racun yang terdapat pada oleander biasa disebut dengan glikosida jantung. Racun pada tanaman oleander ini dapat mengganggu secara langsung pada keseimbangan elektrolit di dalam otot jantung.

5. Sago Palem

* sumber: www.manzanillosun.com

Walau memiliki nama sago, tanaman ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan tanaman sagu yang biasa dibuat tepung sagu. Pohon sagu yang biasa dibuat tepung berasal dari famili Arecaceae dengan nama ilmiah Metroxylon sagu. Sedang tanaman sago palem dari famili Cycadaceae.

Tanaman sago palem merupakan tanaman yang dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini juga merupakan jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai bonsai. Tanaman ini dapat diambil sagunya, tetapi perlu penanganan yang ekstra karena beracun.

Tanaman ini tak hanya beracun bagi hewan peliharaan, tapi juga bagi manusia. Seluruh bagian tanamannya beracun. Jika termakan oleh hewan peliharaan, maka mereka akan mengalami gagal hati yang parah. Tanda-tanda yang akan dialami biasanya mengeluarkan air liur, kurang nafsu makan, muntah, dan diare.

6. Autumn Crocus

* sumber: www.gardenclinic.com.au

Bunga autumn crocus ini merupakan bunga yang biasa disebut juga dengan mana naked ladies atau wanita telanjang. Hal itu karena bunga crocus ini tumbuh langsung dari tanah sebelum daunnya muncul. Autumn crocus merupakan jenis tanaman yang memiliki tingkat toksisitas yang cukup tinggi.

Walaupun termasuk tanaman yang sangat beracun, itu tidak menghentikan orang untuk membudidayakannya sebagai tanaman hias. Seluruh tanaman bunga ini sangat beracun terutama bagi kucing. Tanaman ini memiliki kandungan kolkisin, yang membuatnya menjadi tanaman beracun.

Tanaman crocus yang beracun ini memiliki racun yang mematikan yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Gejala yang timbul dari keracunan tanaman ini adalah muntah yang sangat parah, dan juga pendarahan pada saluran pencernaan, kerusakan hati dan ginjal, serta gagal nafas.

7. Bunga Krisan

* sumber: commons.wikimedia.org

Bunga krisan merupakan tanaman yang berasal dari daerah Asia Timur dan Eropa Timur Laut. Bunga krisan dikenal sebagai tanaman yang dapat mengusir serangga karena kandungannya yang bernama pyrethrin  berfungsi sebagai insektisida. Zat ini juga beracun bagi hewan peliharaan.

Gejala yang diakibatkan keracunan bunga krisan adalah masalah pada pencernaan yang biasanya disertai dengan mengeluarkan air liur, muntah dan juga diare. Selain itu, ada beberapa yang mengalami depresi dan juga kehilangan koordinasi. Walau efeknya ringan, tetapi Anda harus tetap berhati-hati.

8. Ivy

* sumber: www.thespruce.com

Ivy merupakan tanaman merambat yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai hiasan untuk membuat tampilan rumah terlihat lebih hijau. Sayangnya tanaman ini juga termasuk tanaman yang beracun untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Apabila hewan peliharaan mengkonsumsi tanaman ini, mereka biasanya akan mengalami gejala iritasi pada mulut dan perut, mengeluarkan liur, muntah, bengkak, dan diare. Daunnya lebih beracun jika dibandingkan dengan buahnya. Racunnya terbilang sedang untuk hewan.

9. Lidah Buaya

* sumber: www.hgtv.com

Semua orang tentunya tahu tanaman lidah buaya, tanaman yang banyak dibudidayakan karena memiliki banyak manfaat. Lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan juga bahan pangan. Sayangnya lidah buaya ini dapat menjadi tanaman beracun bagi hewan peliharaan kucing atau anjing.

Tanaman ini memiliki tingkat toksisitas yang ringan hingga sedang jika dikonsumsi oleh kucing ataupun anjing. Mereka akan mengalami gejala lesu yang juga disertai dengan muntah dan diare. Selain gejala di atas, hewan peliharaan juga dapat mengalami tremor, perubahan warna air seni dan anoreksia.

10. Asparagus

* sumber: www.simmonsplantfarm.com

Asparagus merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan makanan. Asparagus merupakan jenis tanaman yang bersifat diuretik, sehingga tanaman ini dimanfaatkan untuk memperlancar saluran kencing. Tetapi sayangnya tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan.

Bagi hewan peliharaan, kadar toksisitas racun dari asparagus terbilang rendah hingga sedang. Hewan yang mengkonsumsi asparagus biasanya akan mengalami gejala berupa alergi pada kulitnya, serta mengeluarkan air liur. Selain itu mereka juga akan mengalami rasa sakit perut, muntah dan diare.

Itulah beberapa jenis tanaman yang berbahaya bagi hewan peliharaan. Ada baiknya hewan peliharaan Anda dilatih untuk menjauhi kebun agar tetap aman. Atau jika ingin merasa lebih aman, sebaiknya mencabut tanaman-tanaman yang berbahaya bagi mereka, atau tidak menanamnya sama sekali.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram