Bacaterus / Puasa / 12 Menu Takjil Paling Unik dan Enak Khas Nusantara

12 Menu Takjil Paling Unik dan Enak Khas Nusantara

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menu takjil untuk berbuka puasa memang bermacam-macam, bahkan sebelumnya juga Kami pernah membahas menu takjil paling laris yang banyak diincar orang. Namun, pada kesempatan kali ini, Bacaterus punya beberapa rekomendasi menu takjil paling unik dan tentunya lezat untuk disantap pada saat Adzan Magrib berkumandang.

Nah, 10 menu takjil paling unik yang akan kami bahas kali ini biasanya disantap di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan daerah lain juga biasa menyantap makanan-makanan ini sebagai menu takjil saat bulan puasa. Penasaran dengan menu takjil paling unik? Kalau begitu, baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

1. Kolak Biji Salak

resep kolak biji salak

Jangan terkejut dulu dengan menu takjil satu ini. Meskipun namanya “Kolak Biji Salak” namun makanan ini sama sekali tidak menggunakan biji salak, kok. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan tekstur kolak yang keras seperti biji salak. Justru kolak satu ini terbuat dari ubi lho.

Dinamakan “biji salak” karena ubi jalar yang dijadikan kolak akan digiling sangat halus. Kemudian, adonan ubi jalar yang sudah dihaluskan tersebut akan dibentuk seukuran dengan biji salak. Maka dari itulah, kolak ini menyeret nama “biji salak” di dalamnya. Oh iya, Kolak Biji Salak ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Tapi sepertinya, menu takjil paling unik satu ini juga sudah banyak di daerah lain.

2. Jejongkong

* sumber: sportourism.id

Memang menu kolak paling laku di antara menu-menu lainnya saat bulan puasa. Nah, menu takjil paling unik satu ini sebenarnya miri-mirip dengan kolak, hanya saja Jejongkong dibuat dari paduan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji. Berikutnya, adonan dari tiga tepung tersebut akan diberi pewarna untuk mempercantik tampilannya.

Tidak lupa juga, adonan akan diberi perasa dan daun pandan, sehingga semerbak wangi daun pandan akan menguar saat Anda mencicip Jejongkong. Makanan yang biasa ditemukan di Lampung ini juga akan dilumuri dengan santan kental. Kalau bisa dibilang, sih, rasanya manis-manis dan ada gurihnya. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencicipinya?

3. Colenak

colenak murdi putera

Makanan khas Jawa Barat ini juga bisa menjadi santapan unik saat berbuka puasa. Rasanya yang manis tentu menjadi hidangan yang pas saat Adzan Magrib berkumandang di bulan puasa. Colenak sendiri berbahan dasar dari peuyeum atau tape yang sudah dibakar.

Kemudian, tape tersebut akan disiram dengan saus gula merah yang rasanya sangat manis sebagai “cocolan” dari tape tersebut. Agar tidak terlalu giung (manis), maka Colenak juga akan ditaburi parutan kelapa. Hasilnya, hidangan ini begitu menggoyang lidah dan sangat pas untuk berbuka puasa.

4. Degan Bakar (Kelapa Bakar)

* sumber: id.foursquare.com

Kalau minum es kelapa muda, sih, sudah sangat mainstream, ya? Bagaimana kalau kelapanya dibakar? Lebih unik, kan? Nah, minuman yang biasa ditemukan di Kota Apel, Malang, ini menyajikan minuman berbuka puasa yang unik dan lain daripada lainnya, Kelapa Bakar.

Sesuai dengan namanya, kelapa akan dibakar selama 3 sampai 4 jam sampai kelapa terlihat kehitaman. Kemudian, barulah Anda bisa menyicip kesegaran dari kelapa bakar ini. Menu takjil lezat dan unik satu ini juga dipercaya punya daging kelapa yang lebih manis dengan berbagai macam khasiat lho.

5. Kolak Ayam

* sumber: bisniswisata.co.id

Biasanya, kolak akan diberi isian ubi, pisang, kolang-kaling, bahkan ada juga yang menambahkan singkong ke dalamnya. Namun berbeda dengan kolak asal Gresik satu ini, justru kolak ini akan diberi isian ayam lho. Bahkan, kolak yang unik ini juga akan diberi isian bawang sebagai penyedapnya, dan kuahnya pun akan terasa manis.

Jadi, tidak heran, kan, kalau Kolak Ayam ini masuk ke dalam daftar menu takjil terunik? Meskipun kolak ini sedikit berbeda dengan kolak lainnya, namun Kolak Ayam dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit lho. Nah, kalau Anda penasaran dengan takjil unik ini, silakan langsung datangi kota Gresik, ya.

6. Kicak

kicak

Nah, Kicak ini hanya bisa Anda temukan di Yogyakarta di waktu-waktu tertentu saja, dan itupun hanya di bulan Ramadhan saja lho. Ini merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan dan diberikan campuran parutan kelapa, gula, vanili, garam, daun pandan, juga potongan buah nangka.

Rasanya yang manis akan lumer di mulut, belum lagi dipadukan rasa gurih dari parutan kelapa yang ditabur di atas Kicak. Bahkan, aroma dari Kicak ini menggunggah selera. Aromanya yang sedap ini berasal dari buah nangka dan daun pandannya. Mau mencobanya? Wah Anda harus datangi Pasar Sore di Yogyakarta di bulan Ramadhan, ya.

7. Bubur Kampiun

bubur kampiun

Kalau Anda berbuka dengan menu takjil yang satu ini pasti akan merasa kenyang dan puas. Pasalnya, makanan khas Minangkabau ini berisi bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima, bahkan ada juga yang diisi dengan ketan hitam dalam satu mangkuk. Sangat banyak, kan?

Jangan tanya soal rasa, yang pasti sangat lezat. Rasa manis dan gurihnya sangat pas di lidah. Yang unik adalah asal muasal nama Bubur Kampiun ini. Usut punya usut, “Kampioen” berasal dari Bahasa Belanda yang akhirnya disebut dengan “Kampiun” oleh orang Indonesia.

Kampioen sendiri punya arti “pemenang.” Jadi, pada tahun 60-an, ada seseorang yang mengikuti kontes memasak dan ia membuat bubur yang dicampur-campur ini. Akhirnya, ia memenangi kontes tersebut dan dinamakanlah makanannya sebagai “Bubur Kampiun.” Unik sekali, ya?

8. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Jika Anda ingin melepas dahaga dengan yang manis dan segar saat berbuka puasa, maka pilihan tepat untuk meminum Es Selendang Mayang. Menu takjil yang unik dan enak ini memiliki tampilan yang cantik sehingga membuat siapapun ingin segera menyantapnya.

Untuk isiannya sendiri, Es Selendang Mayang akan disajikan dengan kuah santan, gula, dan potongan Selendang Mayang. Nah, Selendang Mayang ini terbuat dari tepung beras, sagu, dan tepung hunkwe. Tidak sulit menemukan minuman unik ini, karena Es Selendang Mayang juga sudah dijajakan di beberapa kota di Indonesia.

9. Bongko Kopyor

* sumber: kumparan.com

Kembali lagi dengan makanan khas yang hanya ada di Gresik, yakni Bongko Kopyor. Takjil yang satu ini hanya akan dijual di saat momen tertentu, bulan Ramadhan. Uniknya, Bongko Kopyor ini disajikan dengan cara dibungkus oleh daun pisang.

Nah, Bongko Kopyor ini akan diisi oleh bubur mutiara, parutan daging kelapa muda, pisang, nangka, juga roti tawar. Bisa terbayang, dong, bagaimana rasanya yang manis dan gurih? Belum lagi menu ini juga cukup mengenyangkan, kok. Mau coba?

10. Asida

takjil paling unik asida

Di Maluku, ada takjil yang khas dan sering kali dijual saat bulan Ramadhan. Adalah Asida, menu takjil dengan tampilan yang menyerupai bola berwarna kecoklatan. Untuk rasanya, Asida bisa dibilang punya rasa yang unik dengan rasa manis yang lebih mendominasi di lidah.

Juga, Asida sendiri punya tekstur yang kenyal. Nah, Asida ini dibuat dari adonan terigu dan air. Kemudian, adonan akan dibentuk menyerupai bola dan akan dilumuri oleh gula di bagian atasnya. Jangan lupakan juga tambahan bubuk kayu manis, sedikit kapulaga, dan lelehan mentega. Nikmat banget, deh, pokoknya!

11. Sate Susu

Sate Susu

Kalau menu buka puasa yang satu ini biasanya paling mudah ditemukan di Bali, terutama di pasar tradisionalnya. Sate susu ini bukan susu cair manis yang dijadikan sate, tapi mengambil bagian puting susu sapi. Bentuknya sama seperti sate pada umumnya, dipotong kecil-kecil seperti dadu.

Kemudian, puting susu yang sudah dipotong akan direbus agar empuk. Yang unik dari sate susu ini adalah bumbunya karena menggunakan tepung beras yang dicampur oleh santan. Sedangkan daging satenya sudah dibalur oleh bahan-bahan, seperti cabai, bawang putih, hingga kencur. Tertarik untuk mencobanya?

12. Mie Glosor

Mie Glosor

Warga Bogor pasti sudah tidak asing dengan menu buka puasa yang satu ini, Mie Glosor. Ini adalah menu unik dimana mie ini berwarna kuning dan dicampur dengan sayur, seperti kol atau daun bawang, yang dipotong kecil-kecil. Untuk menambah cita rasanya, Mie Glosor disajikan dengan bumbu kacang yang pedas.

Agar tidak bosan hanya menyantap mie saja, biasanya Mie Glosor cocok disandingkan dengan makanan sampingan, seperti bakwan atau tempe. Satu porsi Mie Glosor ini cukup mengenyangkan karena memiliki banyak kandungan karbohidrat di dalam satu porsinya.

Itulah tadi kumpulan menu takjil paling unik yang tersebar di Nusantara. Bahkan, beberapa di antaranya hanya dijual saat bulan Ramadhan lho. Manakah menu takjil yang pernah Anda cicipi? Atau punya saran lainnya? Ceritakan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *