Bacaterus / Puasa / 13 Menu Takjil Buka Puasa Paling Laris di Bulan Ramadhan

13 Menu Takjil Buka Puasa Paling Laris di Bulan Ramadhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menu takjil untuk berbuka puasa memang sering diburu oleh banyak orang. Makanan dan minuman takjil buka puasa paling laris, biasanya adalah kolak pisang. Namun, jika Anda merasa terlalu mainstream dengan kolak pisang, kami punya beberapa menu takjil buka puasa terlaris dan tentunya nikmat untuk disantap saat Magrib tiba.

Nah, bagi Anda yang butuh ide menu takjil buka puasa yang enak dan laku untuk dijual, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Pasalnya, Bacaterus sudah berhasil merangkum 13 menu takjil buka puasa paling laris untuk disantap saat bulan Ramadhan. Kira-kira apa saja menunya, ya? Langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Kolak Pisang

kolak pisang

Kolak pisang memang menu takjil yang paling banyak dijual di mana pun. Meski terlihat mainstream, namun kolak pisang ini banyak diburu oleh orang lho. Selain rasanya yang manis, kuah dari kolak pisang ini sangat segar untuk melepas dahaga setelah seharian menahan haus.

Belum lagi pisang yang manis juga menjadi “ganjalan” yang pas saat perut dalam keadaan kosong. Biasanya, kolak pisang akan ditambah dengan kolang kaling atau ubi. Ada juga yang menambahkan sirup sebagai pemanis tambahan agar kolak semakin segar saat disantap. Nah, jika Anda tertarik untuk membuatnya, silakan baca langkah-langkahnya di sini.

2. Es Kelapa Muda

Air Kelapa Muda

Kebanyakan orang saat berbuka puasa akan mencari yang segar-segar. Maka dari itulah, es kelapa muda menjadi salah satu ide menu takjil buka puasa paling laris diburu orang. Minuman yang satu ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam tambahan seperti sirup, nata de coco, bahkan Anda juga bisa menambahkan susu kental manis di dalamnya.

Kalau ingin lebih manis lagi, mungkin Anda bisa menambahkan gula aren atau madu ke dalam es kelapa muda. Dengan menu seperti ini, dijamin laris dan banyak orang yang ingin membelinya. Namun, Anda juga harus memperhatikan kelapa muda yang akan diolah, ya. Jangan sampai salah memilih kelapa muda.

3. Es Blewah

Es Blewah

Menu es adalah yang paling laris saat bulan puasa. Wajar, seharian puasa tanpa minum pasti Anda membutuhkan sesuatu yang segar dan manis, kan? Kalau begitu, Anda bisa memilih es blewah sebagai takjil. Selain segar, es blewah ini sangat mudah ditemukan karena banyak penjual yang menjajakan es blewah di bulan puasa, di kota mana pun itu.

Tapi, kalau Anda jago masak dan punya banyak waktu, bisa kok bikin es blewah sendiri. Caranya? Mudah, Anda hanya perlu menyampurkan buah blewah dengan es batu, gula, sirup, dan air putih. Lalu, aduk semuanya sampai tercampur dengan rata. Selesai! Gampang banget, kan?

4. Es Campur

Es campur

Kalau Anda mau takjil yang segar dan tidak terlalu manis, Sop Buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski terlihat mainstream, namun es campur juga bisa menjadi solusi yang cerdas sebagai salah satu takjil paling laris di bulan puasa.

Semangkuk es campur biasanya akan diisi dengan es, air sirup, susu kental manis, kacang ijo, agar-agar, cincau, beberapa varian buah, dan juga kolang kaling. Agar menu es campur lebih bervariatif, Anda juga bisa menambahkan topping lain, misalnya kelapa muda dan buah alpukat.

5. Es Cendol

es cendol

Menu takjil buka puasa paling laris ini sangat mendunia lho. Mungkin beberapa akan menyebut minuman ini terlalu mainstream, namun siapa sangka es cendol ini sangat digemari oleh orang luar negeri! Ya, siapa yang tidak akan tergoda dengan kesegaran es cendol?

Minuman yang dibuat dari tepung beras ini akan disajikan dengan es parut bertabur gula merah dan disiram dengan santan gurih. Jangan lupakan rasanya yang khas, gurih juga manis, yang sangat segar untuk menghilangkan rasa haus seharian. Ingin juga buat es cendol untuk dijual? Cek cara membuatnya di sini.

6. Sop Buah

sop buah menu buka puasa yang sehat

Sebenarnya, sop buah ini punya kemiripan dengan es campur. Bedanya, sop buah ini akan lebih banyak topping berisi buah-buahan, mulai dari alpukat, apel, buah naga, anggur, bahkan ada juga yang menambahkan buah kurma ke dalamnya.

Rasanya yang segar dan manis juga menjadi salah satu alasan kenapa sop buah banyak diincar di bulan puasa. Untuk membuat sop buah pun tidak sulit, kok. Anda hanya perlu memasukan bahan-bahan sop buah, lalu beri sirup dan susu kental manis. Jangan lupa untuk disajikan saat masih dingin agar lebih segar!

7. Gorengan

Gorengan

* sumber: bellybutterfly.wordpress.com

Puas dengan minuman yang segar-segar, mari kini beranjak untuk cemilan mengganjal perut sebelum makan malam. Cemilan yang cukup laris diburu saat berbuka puasa adalah gorengan. Setelah seharian menahan lapar, biasanya orang akan mencari makanan ringan untuk mengganjal perut dan gorengan akan menjadi solusi terbaik untuk kebanyakan orang.

Gorengan ini bisa bermacam-macam, ada gehu, bakwan, pisang goreng, pisang molen, dan cireng goreng. Selain cukup mengenyangkan, gorengan ini cukup nikmat untuk dijadikan santapan buka puasa. Bagi yang suka pedas, sih, bisa menambahkan cabai rawit atau mencocolnya dengan saus sambal. Dijamin, deh, jualan gorengan di bulan puasa banyak diburu orang.

8. Kurma

Sari Kurma

Jika Anda tidak sempat mengolah makanan, bisa juga mengganti takjil dengan buah-buahan, contohnya buah kurma. Buah kurma paling laris di bulan puasa. Tidak perlu repot mengolahnya karena Anda bisa langsung menyantapnya buah yang manis dan sunah Rasulullah SAW ini. Tapi, Anda juga bisa kok mengolah buah kurma ini untuk jadi jus atau dicampurkan ke sop buah.

9. Risol Mayo

cara membuat risoles mayonaise

Pasti sudah tidak asing, dong, dengan cemilan yang namanya Risoles? Nah, kalau cuma risoles saja, sih, terlalu mainstream. Bagaimana kalau coba untuk menjajakan risol mayo? Ya, ini adalah cemilan yang cukup inovativ di mana risoles akan ditambahkan isian mayones. Pas banget buat hidangan berbuka puasa!

Risol mayo sendiri tidak terlalu susah membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti akan membuat risoles. Namun, ada tambahan bahan, nih, yakni mayones. Anda juga bisa mengkreasikan isian risol ini dengan keju dan beberapa potong daging. Jadi, selain lezat, kudapan ini juga sehat, kan? Nah, untuk membuatnya, bisa cek di sini.

10. Pisang Nugget

Nugget Pisang banana

* sumber: www.jawapos.com

Bukan hanya es kepal milo yang sangat nge-trend di zaman sekarang, cemilan manis kriuk ini juga sangat laris manis lho. Adalah pisang nugget yang diolah dengan bentuk nugget dan ada juga yang melumurinya dengan coklat kental manis. Pisang nugget juga sangat mudah untuk dibuat lho.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya pisang, tepung terigu, telur, susu kental manis, keju, gula, vanilli, maizena, dan tepung roti. Bagi Anda yang berniat menjajakan atau membuat pisang nugget untuk takjil,

11. Martabak

Martabak San Francisco

* sumber: jabar.tribunnews.com

Mau martabak manis atau pun martabak asin, keduanya tetap menjadi santapan favorit saat buka puasa. Untuk martabak manis biasanya ada berbagai macam rasa. Tidak hanya coklat, ada juga rasa kacang, susu, matcha, hingga kopi. Agar lebih bervariasi, Anda bisa mencoba satu porsi martabak manis dengan campur rasa.

Sedangkan untuk martabak asin atau martabak telor hanya memiliki satu rasa. Namun, dalam satu martabak telor, pembeli bisa request jumlah telur yang ingin dijadikan martabak. Agar rasanya lebih nendang dan tidak flat, martabak telor juga dicampur dengan potongan daging yang gurih.

12. Bola Ubi Kopong

Bola Ubi Kopong

* sumber: pergikuliner.com

Cemilan hits lainnya yang juga bisa menjadi pilihan menu takjil paling laris yakni bola ubi kopong. Makanan ini cukup banyak digemari orang, terlebih moment-nya saat bulan puasa seperti sekarang ini. Saat digigit, bola ubi kopong ini akan terasa crunchy, namun isinya kosong.

Rasanya yang manis, sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Belum lagi warna warni bola ubi kopong yang cukup menggugah selera makan. Warna-warni bola ubi disesuaikan dengan varian rasanya, ada rasa green tea dan juga taro. Jangan lupakan taburan gula halus di bagian atas ubinya, sangat lezat! Biasanya, satu bola ubi dijual dengan kisaran seribuan.

13. Es Kepal Milo

takjil buka puasa paling laris Es Kepal Milo

* sumber: girlisme.com

Kalau menu yang satu ini lagi hits banget di zaman sekarang. Es yang dikepal akan dilumuri oleh coklat milo yang kental dan manis. Ada juga topping tambahan seperti sereal, kacang, oreo, parutan keju, ditambah dengan susu kental manis.

Es kepal milo ini cukup segar untuk dijadikan menu takjil bulan puasa. Belum lagi, karena minuman ini sedang hits, pasti banyak orang yang berbondong-bondong ingin merasakan manis segarnya es coklat milo ini. Untuk dijual, biasanya es kepal milo akan dihargai sekitar 10 – 20 ribu rupiah per-porsinya, tergantung dari topping dan banyaknya coklat di dalam satu cup.

Nah, itulah tadi beberapa menu takjil paling laris di bulan Ramadhan. Anda bisa menjadikan kesepuluh menu tadi sebagai referensi untuk jualan atau untuk dikonsumsi sendiri. Jika Anda punya ide lainnya untuk menu takjil, yuk tuliskan di kolom komentar. Selama berpuasa!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *