bacaterus web banner retina

Yuk, Buat Reuni Jadi Lebih Seru dengan Susunan Acara Ini!

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 Desember 2020

Reuni biasa diadakan untuk bertemu dengan teman-teman sekolah. Baik itu teman-teman SD, SMP, SMA, hingga teman-teman kuliah. Eits, tidak hanya itu aja, reuni juga bisa dilakukan bersama keluarga dan teman-teman kantor, lho!

Dalam sebuah acara reuni biasanya terdapat panitia yang akan menyusun konsep. Hal ini berguna agar susunan acaranya lebih terstruktur dan dapat berjalan dengan baik. Susunan dari panitia tersebut biasanya berisikan anak-anak satu angkatan, atau terdiri dari beberapa angkatan.

Nah, ketika menentukan konsep dan susunan acara reuni tentu pasti ada pendapat yang pro dan kontra. Namun, sesungguhnya para panitia ingin mempersembahkan acara reuni sebaik mungkin. Mengapa? Karena reuni menjadi ajang nostalgia setelah sekian lama tidak jumpa.

Nah, untuk kamu panitia reuni tak usah bingung dalam menentukan konsep acara. Di bawah ini ada beberapa susunan acara reuni yang bisa kamu gunakan nantinya. Akan ada empat konsep acara dengan keseruan masing-masing. Silakan pilih mana yang lebih menarik, cocok, dan sesuai dengan budget kalian. Siap untuk reuni yang seru? Yuk, mulai!

1. Susunan Reuni Bertema Pesta Kostum

Susunan Reuni Bertema Pesta Kostum

* sumber: robemart.com

Mengadakan acara reuni dengan tema warna baju yang sama sudah biasa. Bagaimana dengan pesta kostum? Para peserta acara reuni bebas menggunakan kostum apapun yang penting unik! Menarik, bukan?

Bisa dengan kostum pahlawan, kostum hantu, kostum binatang, atau apapun itu. Terlihat seru bukan? Memang menyiapkan kostumnya akan memakan waktu, budget, dan terlihat ribet. Akan tetapi, semua itu terbayar ketika kamu datang ke acara reuni.

Belum lagi jika kamu melihat, ada kostum yang terlihat jauh lebih “gila” dibanding kamu. Wah, dijamin acara reunimu menjadi semakin seru!

Acara reuni pesta kostum ini emang paling pas diadakan saat sore hingga malam hari. Kira-kira seperti inilah susunan acara dari konsep pesta kostum ini.

  • 15.00—16.00 Registrasi peserta reuni
  • 16.00—17.00 Pembukaan dan sambutan
  • 17.00—18.00 Peserta berkenalan kembali dengan teman-teman
  • 18.00—19.00 Ishoma
  • 19.00—20.00 Hiburan dan fun games
  • 20.00—20.30 Pemilihan kostum terbaik dan tukar kado
  • 20.30—21.00 Pembagian souvenir reuni, foto bersama, dan penutup

Itulah sedikit gambaran dari susunan reuni tema pesta kostum. Oh iya, untuk hiburan kamu bisa membuat catwalk ala-ala dari beberapa peserta yang kostumnya dilombakan. Kostum terbaik wajib sekali untuk dapat hadiah. Selamat mencoba!

2. Susunan Reuni Bertema Nostalgia Sekolah

Susunan Reuni Bertema Nostalgia Sekolah

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=pmYUcJexLXw

Datang ke acara reuni menggunakan pakaian formal, seperti kemeja, blouse, atau batik itu adalah hal yang biasa. Bagaimana jika datang ke acara reuni dengan menggunakan kembali pakaian sekolah? Wah, seperti apa, ya, jadinya?

Konsep satu ini bisa banget nih kamu tiru pada acara reuni kamu mendatang. Dengan begitu suasana nostalgia sekolah akan semakin terasa. Apalagi jika dilihat dari pakaian sekolah yang dikenakan oleh para alumni yang sudah tua, hihihi akan terlihat unik dan seru, deh!

Mungkin saja kamu akan lebih mengenal mereka nantinya saat mereka menggunakan kembali pakaian sekolah. Konsep seperti ini mampu dengan mudah membantu mengingat teman lama di sekolah. Makanya kamu wajib untuk mencoba konsep pakaian sekolah untuk acara reuni.

Terus kira-kira, seperti apa ya susunan acaranya?

  • 10.00—11.00 Registrasi peserta reuni
  • 11.00—12.00 Pembukaan dan sambutan
  • 12.00—13.00 Ishoma
  • 13.00—14.00 Hiburan dan fun games tebak wajah masa sekolah
  • 14.00—15.00 Pemutaran video zaman sekolah dan tukar kado
  • 15.00—16.00 Pembagian souvenir reuni, foto bersama, dan penutup

Susunan acara di atas bisa sebagai referensi kamu saat menggunakan konsep reuni nostalgia sekolah. Ada baiknya pula kamu mengadakan acara saat siang hari dengan tempat di sekolah. Dengan begitu, suasana nostalgia akan semakin terasa. Dijamin jadi bikin kangen masa-masa sekolah!

Baca juga: Best Friend for Life, 10 Lagu Tentang Dalamnya Persahabatan

3. Susunan Reuni Bertema Summer di Pantai

Susunan Reuni Bertema Summer di Pantai

* sumber: www.gsvacationrentals.com

Membuat acara reuni di sebuah gedung atau di aula, sudah biasa. Coba deh untuk mengadakan reuni di tempat terbuka. Salah satu referensi yang bisa menjadi pilihan adalah pantai.

Selain untuk reuni, kamu juga dapat menikmati panorama alam dan udara yang sejuk. Sambil reuni kamu juga bisa sekaligus berlibur bersama teman-temanmu. Kapan lagi kan bisa pergi ke pantai bareng teman sekolah?

Pastikan lokasi pantai yang kamu pilih dekat dan strategis dengan teman-temanmu. Nah, karena diadakan di pantai maka cocok sekali jika kamu menggunakan kostum summer. Semakin menarik jika ditambah aksesoris, seperti topi pantai, kalung, kacamata, hingga scarf bunga-bunga.

Kamu juga bisa mengajak pasangan atau keluargamu jika sudah punya. Menikmati hamparan pasir di pantai bisa jadi alasan yang tepat untuk menggelar acara reuni.

Dilihat dari konsepnya, reuni di pantai paling cocok dilakukan saat sore menjelang malam hari. Supaya kamu dan teman-teman bisa menyaksikan senja di bawah langit langsung. Seperti apa, ya, susunan acaranya?

  • 15.00—16.00 Registrasi peserta reuni
  • 16.00—17.00 Pembukaan dan sambutan
  • 17.00—18.00 Peserta berkenalan kembali dengan teman-teman
  • 18.00—19.00 Ishoma
  • 19.00—20.00 Hiburan dan fun games
  • 20.00—20.30 Bercengkerama bebas dan tukar kado
  • 20.30—21.00 Pembagian souvenir reuni, foto bersama, dan penutup

Nah, susunan acara di atas bisa menjadi pilihanmu ketika mengadakan reuni di pantai. Akan tetapi kamu harus memperkirakan cuaca jika ingin menggelar acara di luar ruangan. Lebih baik adakan reuni di pantai saat musim panas tiba!

Semakin menarik jika kamu menyewa aula atau restoran di sekitar pantai. Kamu bisa menghiasnya dan mendesain sesuai dengan tema yang sudah disepakati oleh panitia.

4. Susunan Reuni Bertema Retro

Susunan Reuni Bertema Retro

* sumber: www.brooklynpaper.com

Untuk kamu anak tahun 80-an atau 90-an, bergaya retro tentu sudah pernah kamu lalui. Daripada pusing memilih konsep acara, coba deh untuk menggunakan konsep satu ini. Bisa sekaligus mengenang betapa gaulnya kamu saat itu! Ya, benar sekali, kamu dan teman-teman bisa bernostalgia.

Agar reuni semakin maksimal kamu bisa menata ruang dengan aksesoris bertema retro. Misalnya kaset radio, tamagotchi, gimbot, hingga computer tabung.

Pasang juga lampu disco supaya peserta reuni yang datang semakin ikut terbawa dalam nostalgia bergaya retro. Jangan salah kostum juga ya, gunakan pakaian yang cocok, seperti celana cutbray, overall, kemeja pattern, dan sebagainya.

Kira-kira, susunan seperti apa nih yang cocok buat konsep satu ini?

  • 16.00—17.00 Registrasi peserta reuni
  • 17.00—18.00 Pembukaan dan sambutan
  • 18.00—19.00 Ishoma
  • 19.00—20.00 Hiburan dan fun games
  • 20.00—20.30 Pemilihan peserta yang aktif dan tukar kado
  • 20.30—21.00 Pembagian souvenir, foto bersama, dan penutup

Keempat konsep reuni di atas mempunyai keunikan dan keseruan masing-masing. Simpan artikel sampai waktu reuni tiba, siapa tahu kamu akan memakai salah satu dari konsep di atas. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram