bacaterus web banner retina

Kenalan dengan 10 Superhero Terkuat Jagat Sinema Bumilangit

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 24 November 2020

Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe merupakan sebuah media waralaba superhero yang di adaptasi dari komik pahlawan super asli Indonesia yang diterbitkan oleh Bumilangit Komik. Nah, dari sekian banyak tokoh superhero yang telah dirilis dalam komiknya.

Beberapa pahlawan super yang akan Bacaterus ulas kali ini cukup seru untuk dibahas. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, kekuatan yang dimiliki oleh mereka pun tidak kalah dengan superhero yang berasal dari markas Marvel maupun DC. Siapa saja yang termasuk dalam daftar 10 superhero terkuat Jagat Bumi Langit? Berikut adalah daftarnya.

1. Gundala

Gundala 1

Gundala merupakan superhero asli tanah air yang berhasil menyita perhatian masyarakat tanah air paska pemutaran film perdananya pada tahun 2019 silam. Gundala adalah karakter pahlawan super yang diciptakan oleh Harya Suraminata pada tahun 1969. Gundala bernama asli Sancaka, seorang laki-laki yang dianugerahi kekuatan petir serta memiliki ilmu bela diri yang hebat.

Dengan kekuatan yang dimilikinya tersebut, ia berusaha memberantas kejahatan yang terjadi di tanah air. Nah, Gundala sendiri adalah salah satu tokoh yang cukup penting di jagat Sinema BumiLangit. Mengingat Gundala merupakan pintu gerbang pembuka bagi pahlawan-pahlawan super dari markas BCU. Dalam filmnya sendiri Gundala diperankan apik oleh Abimana Aryasatya.

2. Sri Asih

Sri Asih 1

Superhero selanjutnya yang memiliki kekuatan luar biasa adalah Sri Asih. Sri Asihi adalah karakter yang diciptakan oleh Raden Ahmad Kosasih. Karakter ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954. Sri Asih merupakan tokoh pahlawan super wanita titisan Dewi Asih.

Di dalam komiknya, Sri Asih digambarkan sebagai wanita muda yang memiliki sejumlah kekuatan seperti bertarung, terbang, mengandakkan diri, serta mampu merubah ukuran tubuhnya. Dengan selendang merah yang dimilikinya, Sri Asih pun muncul untuk menumpas setiap kejahatan di muka bumi. Nah, dalam versi filmnya sendiri, Sri Asih akan diperankan oleh aktris cantik Pevita Pearce.

3. Godam

Godam

Superhero terkuat selanjutnya yang datang dari markas BumiLangit adalah Godam. Godam merupakan karakter yang diciptakan oleh Wid NS. Godam sendiri pertama kali muncul pada tahun 1969 dalam komik berjudul Memburu Doktor Setan.

Godam adalah makhluk yang berasal dari negeri Godam. Ia digambarkan sebagai sosok laki-laki berjubah dengan pakaian yang dapat membuatnya jauh lebih kuat, kebal dan memiliki kemampuan untuk terbang.

Nah, dalam versi komiknya sendiri, sosok Awang menjadi media perwujudan Godam yang akan menumpas segala kejahatan yang terjadi di muka bumi. Sementara dalam filmnya karakter Godam akan diperankan oleh Chicco Jerikho.

4. Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu

Superhero berikutnya adalah Si Buta Dari Gua Hantu. Ia adalah tokoh yang cukup populer di tanah air. Si Buta Dari Gua Hantu merupakan  karakter yang diciptakan oleh Ganes TH. Karakter ini pertama kali terbit dalam komik pada tahun 1967. Sejak kemunculannya, banyak sineas tanah air yang mengadaptasi cerita tentang jagoan silat ini ke dalam sebuah film maupun serial televisi.

Nah, dalam dunia BCU, Si Buta Dari Gua Hantu merupakan salah satu pahlawan super di era Jawara. Ia sendiri dikenal karena kemampuan silatnya yang luar bisa. Selain piawai menggunakan senjata, ia juga memiliki kemampuan membedakan suara. Kira-kira siapa yang akan memerankan tokoh ikonik yang satu ini? Kalau ada yang tahu tulis komentar di bawah, ya!

5. Aquanus

Aquanus

Aquanus adalah salah satu karakter dari BCU yang diciptakan oleh komikus Wid NS. Aquanus pertama kali muncul dalam sebuah komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy yang dirilis pada tahun 1968. Aquanus merupakan makhluk dari planet Zyba yang dikenal memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di air dan di darat.

Aquanus sendiri merupakan salah satu pahlawan super yang memiliki kemampuan unik. Dengan sabuk pelangi yang dimilikinya, Aquanus dan para superhero yang tergabung dalam Patriot berusaha melindungi bumi dari serangan para penjahat. Aquanus diketahui akan diperankan oleh aktor karismatik, Nicholas Saputra.

6. Tira

Tira

Tira adalah salah satu karakter superhero wanita ciptaan Nono GM. Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam komik Tira: Robot Kungfu pada tahun 1973. Tira sendiri bernama asli Susie. Ia merupakan seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan bela diri. Ia sendiri dikenal karena penampilannya yang energik ketika melawan para penjahat.

Dilengkapi dengan kostum yang canggih, Tira pun ikut berperang melawan kekacauan yang diciptakan oleh musuh. Nah, ketika Tira bermeditasi, ia  mampu memanggil roh sembilan naga untuk berperang dalam wujud raksasa. Tira sendiri akan diperankan oleh aktris cantik Chelsea Islan. Image sang aktris yang innocent dan smart memang sangat pas dengan karakter Tira.

7. Merpati

Merpati

Merpati atau dikenal dengan nama Sedhah Esti Wulan. Ia adalah salah satu karakter penting yang ada dalam film Gundala. Merpati sendiri pertama kali diperkenalkan dalam komik berjudul Pangkalan Pemusnah Bumi pada tahun 1977. Saat itu wanita yang berprofesi sebagai jurnalis tersebut bertemu dengan Gundala, yang kemudian kelak menjadi istrinya.

Merpati sendiri merupakan salah satu superhero wanita yang memiliki kemampuan untuk terbang dan memiliki indera navigasi super. Ia digambarkan sebagai sosok wanita yang jago dalam bela diri. Kemampuannya sendiri setara dengan 20 pria dewasa ketika bertarung.

8. Mandala

Mandala

Karakter menarik dengan kekuatan besar lainnya adalah Mandala. Ia adalah salah satu karakter yang muncul di era Jawara. Mandala adalah karakter ciptaan Mansyur Damar yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an.

Mandala dikenal memiliki jurus tenaga dalam bernama Gelombang Batu Karang. Kekuatan itu diketahui dapat menghancurkan benda-benda super keras seperti batu. Mandala sendiri digambarkan sebagai pendekar silat dari Sungai Ular yang berbudi luhur serta memiliki kemampuan seni bela diri tingkat tinggi. Nah, karakter dalam filmnya kelak akan dimainkan oleh aktor Joe Taslim.

9. Camar

Camar

Camar adalah karakter pahlawan super wanita ciptaan Wid NS. Camar sendiri bernama asli Motila. Ia merupakan putri berdarah campuran antara prajurit Maluku dan wanita Belanda. Diketahui kedua orang tuanya kabur dan membentuk sebuah seni bela diri bernama Camar. Sosok Motila atau Camar sendiri merupakan putri bungsu pasangan tersebut.

Nah, karena kemampuan bela dirinya cukup baik, Motila kemudian menjadi pahlawan wanita dengan nama panggilan Camar. Ia berusaha melawan segala bentuk penindasan dan ketidakadilan. Karakter dalam filmnya akan dimainkan oleh Hannah Al Rashid.

10. Virgo

Virgo

Superhero selanjutnya adalah Virgo. Virgo adalah karakter yang diciptakan oleh Jan Mintaraga pada tahun 1973. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik berjudul Ghorghon bersama kapten Halilintar, yang tak lain kekasihnya.

Virgo digambarkan sebagai seorang gadis remaja yang memiliki kekuatan berkat penelitian ilmiah yang dilakukan sang ayah. Virgo sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk menghilang dan dapat memancarkan energi listrik dari jari telunjuknya. So, dengan memanfaatkan kekuatannya, Virgo pun melawan kejahatan di muka bumi. Karakter Virgo jatuh pada aktris mudah berbakat, Adhisty Zara.

Nah, itulah 10 superhero terkuat Jagat Sinema Bumilangit yang harus penggemar tahu. Kehadiran para superhero asli Indonesia ini memang menjadi kebanggaan tersendiri. Semoga ulasan yang telah Bacaterus bahas mengenai para pahlawan di atas bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita untuk selalu berbuat kebaikan demi banyak orang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram