Bacaterus / FYI / 10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Penting Bagi Kehidupan

10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Penting Bagi Kehidupan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita tahu bahwa sungai sangat berguna bagi manusia di semua belahan dunia sejak zaman prasejarah. Sungai menyediakan sumber air minum, menyuburkan tanah, untuk mendapatkan makanan dan jalan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain.

Sungai juga menyediakan habitat penting bagi satwa liar. Selain itu, sungai juga memainkan peran penting dalam ekologi hutan hujan dan lahan basah. Tiap sungai memiliki ukuran yang berbeda beberapa ada yang pendek dan ada yang panjang.

Ingin tahu sungai terpanjang di dunia ada dimana saja? Yuk, simak ulasan tentang sungai dengan ukuran terpanjang di dunia berikut ini.

1. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai Nil yang merupakan jalur kehidupan bagi warga Mesir sebenarnya merupakan sungai internasional. Nil merupakan sungai yang dimiliki oleh 11 negara di Afrika. Selain itu, sungai ini merupakan sumber air utama di dua negara, yaitu Mesir dan Sudan.

Nil Biru dan Putih merupakan dua anak sungai dan Sungai Nil Putih mempunyai panjang lebih besar dari Nil Biru. Sumber air Sungai Nil Putih, meskipun belum diyakini kebenarannya, tapi dipercaya berada di suatu tempat di Burundi atau Rwanda.

Danau Victoria menurut beberapa laporan disebutkan sebagai sumber Sungai Nil Putih. Sementara itu, Sungai Kagera yang dua anak sungainya adalah Ruvyironza dan sungai Nyabarongo yang berada Burundi dan Rwanda adalah sumber bagi Danau Victoria.

Sungai Nil Biru mempunyai asal yang lebih jelas, yaitu di Danau Tana di Ethiopia. Jalur terakhir Sungai Nil, sebelum membentuk delta dan mengalir ke Laut Mediterania adalah melalui Mesir. Menurut USGS, panjang Sungai Nil adalah 4.258 mil. Ini menjadikan sungai terpanjang di dunia dan di Afrika.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Tidak diragukan lagi bahwa Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia dilihat dari volume air yang keluar. Gelar sebagai sungai terpanjang di dunia masih diperdebatkan dikarenakan gelar tersebut sudah disandang oleh Sungai Nil di Mesir.

Terjadi perselisihan mengenai penentuan asal-usul Amazon. Sampai saat ini, hulu Sungai Apurímac dipercaya sebagai asal Sungai Amazon. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian 2014 mengklaim bahwa asal Amazon dapat ditelusuri hingga ke Cordillera Rumi Cruz yang jadi asal dari Sungai Mantaro Peru.

Sungai tersebut lalu bertemu dengan Sungai Apurímac. Apurímac merupakan hulu sungai yang sebelumnya dianggap sebagai sumber Sungai Amazon. Sungai Cordillera Rumi Cruzz bersama beberapa anak sungai lainnya kemudian bergabung dengan sungai di hilir untuk membentuk Sungai Ucayali.

Kemudian Sungai Ucayali bertemu dengan Sungai Marañon di akhir untuk membentuk batang utama Sungai Amazon. Namun, munculnya kritik terhadap pengukuran ini memperlihatkan bahwa penelitian ini belum dipublikasikan.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze yang merupakan salah satu sungai terpenting di dunia adalah sungai terpanjang di Cina, juga merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia. Panjang Yangtze ini kira-kira 6.300 km dan asalnya dari gletser yang terletak di bagian timur dataran tinggi Tibet.

Yangtze kemudian melewati Ngarai Yangtze yang spektakuler, yang populer karena keindahan alamnya, dan sungai ini mengalir ke Laut Cina Timur. Bendungan Tiga Ngarai, salah satu bendungan yang berada di sungai merupakan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

Sungai ini merupakan salah satu saluran air tersibuk di dunia. Lalu lintas termasuk lalu lintas komersial yang membawa barang-barang dalam jumlah besar seperti batu bara serta barang-barang manufaktur dan penumpang..

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi

Panjang sungai ini sekitar 3.730 km. Sungai Mississippi merupakan sistem sungai terbesar di Amerika Serikat juga Amerika Utara. Asal sungai ini dari Danau Itasca dan bermuara di bawah New Orleans yang berada di Teluk Meksiko.

Bersamaan dengan Sungai Missouri, anak sungainya, sungai ini mengaliri seluruh atau sebagian dari 31 negara bagian A.S. Steamboat atau kapal uap yang terkenal mulai diperdagangkan pada tahun 1820-an dan mengangkut kapas, kayu dan makanan melalui sungai itu.

Setelah di tahun 1880 kereta api datang, lalu lintas kapal uap mulai berkurang meskipun alat transportasi ini tetap menjadi fitur sampai tahun 1920-an. Beberapa kapal uap yang pernah dan bertahan sebagai ikon seperti Delta Queen.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Sungai ini merupakan sistem sungai terpanjang kelima di dunia. Aliran sungai Yenisei termasuk yang paling besar dan mengalir ke Samudra Arktik. Sungai ini merupakan sungai di Rusia tengah dan salah satu dari beberapa sungai terpanjang di Asia.

Meskipun pendek, sungai ini mempunyai aliran 1,5 kali lebih banyak dibandingkan sungai Mississippi-Missouri. Yang dianggap sebagai daerah hulu dari sistem sungai ini adalah Sungai Selenge. Sungai Selenge mempunyai panjang 992 km dan mengalir ke Danau Baikal.

Sungai Angara berasal dari Danau Baikal yang terletak dekat Listvyanka dan kemudian mengalir melalui Oblast Irkutsk Rusia. Di akhir, sungai ini bergabung dengan Sungai Yenisei di dekat Strelka. Yenisei kemudian mengalir ke Samudra Arktik. Total panjang yang dicakup mencapai 5.539 mil.

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning

Sungai Kuning juga terletak sepenuhnya di negara Tiongkok. Asal air sungai ini dari Pegunungan Bayan Har yang kemudian mengalir melalui sembilan negara bagian. Sungai Kuning adalah sungai terbesar kedua di Asia di bawah Sungai Yangtze.

Dikenal juga dengan nama Sungai Huang He, yang sebelumnya dieja Hwang Ho, merupakan sungai terpanjang keenam di dunia dengan perkiraan panjang mencapai 5.464 kilometer. Sering disebut sebagai “tempat lahir peradaban Cina,” tapi di sisi lain, ini juga dikenal sebagai “kesedihan Tiongkok”.

Julukan itu diberikan karena seringnya banjir yang meningkat terus-menerus. Sayangnya, pemerintah di Cina sudah mengklaim bahwa air Sungai Kuning sudah sangat tercemar dan dipenuhi dengan sampah hingga tak bisa diminum orang lagi. Sekitar 30% spesies ikan dipercaya punah.

7. Sungai Ob

Sungai Ob

Ob atau Obi merupakan sungai utama di Siberia barat, Rusia, serta merupakan sungai terpanjang ketujuh di dunia, 5.410 km. Sungai ini berada di paling barat dari ketiga sungai di wilayah Siberia dan mengalir ke Samudra Artik. Sungai ini terdiri dari Ob, sungai utama yang terhubung ke Sungai Irtysh.

Sungai ini juga mengalir melalui Rusia, Kazakhstan, Cina dan Mongolia. Dalam kurun waktu setengah tahun sungai ini membeku. Sistem sungai sepanjang 5,410 kilometer ini digunakan untuk mengangkut dan memasok barang untuk rumah tangga, air minum, irigasi untuk tanaman, memancing, dan listrik.

8. Parana – Rio de la Plata

Parana - Rio de la Plata

Salah satu sungai yang terpanjang di dunia, Sungai Paraná, berada di Amerika Selatan, merupakan sungai terbesar kedua di benua Amerika. Namanya merupakan singkatan dari ungkapan Tupi para rehe onáva, yang jika diterjemahkan jadi “seperti laut.”

Sungai Paraná merupakan sungai di selatan Amerika Selatan Tengah yang mengalir melalui Brasil, Paraguay, dan Argentina dengan panjang sekitar 4.880 kilometer. Panjangnya merupakan yang kedua setelah Sungai Amazon di antara sungai-sungai Amerika Selatan.

Sungai Rio de la Plata yang dimulai dari awal Sungai Uruguay dan Panama ini merupakan sumber daya ekonomi yang sangat penting bagi beberapa negara seperti Brasil, Paraguay dan, Argentina, karena muaranya merupakan tempat penangkapan ikan dan bukan jadi sumber daya air utama.

9. Sungai Chambeshi – Kongo

Sungai Chambeshi - Kongo

Sungai Chambeshi berada di Kongo, Africa dengan panjang sekitar 4.700 – 4.700 km (2.922 mil). Chambeshi merupakan sungai terdalam di dunia dengan kedalaman terukur lebih dari 220 m. Dahulu sungai ini dikenal dengan nam Sungai Zaire.

Chambeshi merupakan sungai terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume air yang dibuang. Menurut sejarah, sungai berfungsi sebagai sumber mata pencaharian di kerajaan kuno Republik Demokratik Kongo dan Republik Kongo.

Sungai ini mengalir di banyak negara Afrika Tengah dan bergabung di Samudra Atlantik. Chambeshi sangat penting bagi masyarakat dan transportasi dari ratusan tahun. Sungai ini membentang dalam kurva melintasi benua Afrika dan sebagai satu-satunya sungai yang melintasi khatulistiwa dua kali.

10. Sungai Amur – Argun

Sungai Amur – Argun

Sungai Amur mempunyak panjang 4.444 kilometer. Amur, selain menjadi salah satu sungai terpanjang, juga memegang predikat sebagai sungai yang mempunyai wilayah cekungan terbesar kesepuluh dan sungai tanpa dam ketiga terpanjang di dunia, setelah Amazon dan Lena.

Sungai Amur dimulai di Rusia kemudian bertemu Sungai Argun di wilayah Mongolia Dalam di Tiongkok. Amur lalu bergabung ke dalam lautan Okhotsk dan berbagi negara dengan Rusia dan Cina. Kata amur diperkirakan berasal dari istilah untuk “air”, heilong jiang Cina diterjemahkan jadi “sungai naga hitam”.

Itulah nama-nama sungai yang termasuk sebagai sungai terpanjang di dunia. Semua sungai tersebut memiliki peranan penting bagi kehidupan wilayah yang dilaluinya. Selain Nil, Amazon dan Mississippi apakah kamu tahu nama-nama sungai tersebut?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *