Bacaterus / Tempat Unik / Mengagumkan! Inilah 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia

Mengagumkan! Inilah 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Olahraga yang satu ini memang cukup populer di seluruh dunia. Kalau kamu seorang penggemar berat sepakbola, tidak lengkap rasanya bila belum pernah menginjakkan kaki di stadion untuk  menyaksikan jalannya pertandingan secara langsung.

Stadion sendiri merupakan tempat yang sangat penting untuk perhelatan olahraga yang satu ini. Nah, berbicara mengenai stadion sepakbola, kali ini Bacaterus akan membahas beberapa stadion terbesar yang dapat menampung banyak suporter.

Kira-kira ada tidak stadion pilihan kamu yang masuk dalam daftar di bawah. Nah, biar kamu tidak penasaran inilah 10 stadion sepakbola terbesar yang ada di dunia yang bisa membuat penonton kagum. Berikut ini adalah daftarnya!

1. Rungrado 1st of May Day Stadium, Korea Utara

Rungrado 1st of May Day Stadium

Berada di posisi puncak terdapat Rungrado 1st of May Day Stadium atau yang lebih populer disebut dengan stadion May Day. Stadion yang mampu menampung 150.000 ribu penonton ini merupakan stadion terbesar yang ada di dunia. Selain pernah dipakai untuk laga penyisihan grup 2018 AFC U-23 Championship pada Juli 2017 lalu.

Stadion terbesar di dunia tersebut sempat juga digunakan pada tahun 2007 untuk perayaan Arirang Festival yang biasa diadakan setiap tahunnya di Korea Utara. Festival itu sendiri sempat tercatat sebagai festival terbesar yang ada di dunia oleh Guinness Book of Record di tahun yang sama.

Festival tersebut pada akhirnya menjadi magnet yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung ke negara asal dari Presiden Kim Jong-Un tersebut.

2. Camp Nou, Spanyol

Camp Nou, Spanyol

Camp Nou merupakan stadion terbesar selanjutnya yang berada di Barcelona, Spanyol. Stadion ini mulai dibuka pada tahun 1957. Camp Nou memiliki kapasitas untuk menampung penonton sebanyak 99.354 orang. Camp Nou sendiri adalah markas dari klub Barcelona FC dan Timnas Spanyol, Catalan.

Selain menjadi stadion terbesar, Camp Nou sendiri menjadi stadion yang unik karena adanya FC Barcelona Museum yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Museum itu sendiri menjadi salah satu museum favorit yang banyak dikunjungi wisatawan setelah museum Piccaso yang ada di Spanyol dimana lebih dari 1,2 juta pengunjung mendatangi museum tersebut setiap tahunnya.

3. Estadio Azteca, Mexico

Estadio Azteca, Mexico

Estadio Azteca merupakan salah sepakbola terbesar selanjutnya yang berada di Mexico City, Mexico. Stadion yang memiliki kapasitas kursi mencapai 95.500 penonton ini merupakan saksi sejarah bagi kemenangan Timnas Italia saat melawan Jerman Barat dengan menyisakan score akhir 4-3 pada semi final piala dunia tahun 1970.

Pertandingan yang memperlihatkan ketangkasan dua negara dalam mengolah si kulit bundar tersebut dikenal sebagai ‘Game of the Century’ oleh masyarakat dunia. Selain itu, di stadion tersebut juga menjadi saksi sejarah terjadinya ‘Hand of God Goal’ yang dilakukan oleh Diego Maradona pada pertandingan Piala Dunia tahun 1986 saat Argentina melawan Inggris.

4. Azadi Stadium, Iran

Azadi Stadium, Iran

Azadi Stadium merupakan stadion terbesar yang ada di Teheran, Iran. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1970. Sebelum akhirnya mulai diresmikan pada 1974 bersamaan dengan terpilihnya Iran sebagai tuan rumah dari perhelatan akbar olahraga terbesar di Asia, Asian Games pada tahun tersebut.

Azadi sendiri menjadi stadion terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 95.225 orang. Azadi Stadium merupakan bagian dari komplek olahraga Azadi. Stadion ini pernah menjadi saksi lolosnya Iran pada piala dunia tahun 1998 di Perancis.

Pada mulanya pembangunan stadion yang satu ini memiliki kapasitas penonton mencapai 100.000. Namun pada tahun 2002 mulai direnovasi dan mengurangi kapasitas kursi bagi penonton.

5. Soccer City, Afrika Selatan

Soccer City, Afrika Selatan

Stadion First National Bank atau Soccer City selanjutnya yang ada di dunia. Soccer City terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Soccer City mampu menampung penonton sebanyak 94.736 orang. Stadion yang dibuka pada tahun 1986 ini merupakan markas bagi klub Kaizerchiefs. Stadion ini dibangun oleh Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan.

Soccer City memiliki kisah sejarah menarik tentang presiden karismatik Afrika Selatan, Nelson Mandela dimana ia melakukan pidato pertamanya setelah keluar dari penjara pada tahun 1990. Selain itu stadion ini juga menjadi tempat pidatonya yang terakhir kalinya sebelum dinyatakan meninggal tepat saat final piala dunia tahun 2010 lalu.

6. Wembley Stadium, Inggris

Wembley Stadium, Inggris

Wembley Stadium merupakan stadion terbesar kedua yang ada di Eropa. Stadion yang mampu menampung penonton 90.000 ini merupakan markas timnas Inggris. Stadion yang menghabiskan dana sekitar £738 juta Pounds untuk pembangunannya ini memiliki 2.618 toilet dan menjadi stadion dengan jumlah toilet terbanyak yang ada di dunia.

Selain pertandingan sepakbola, Wembley Stadium pun sering digunakan para penyanyi dunia untuk menggelar konser musik di Inggris. Beberapa penyanyi terkenal yang sempat tampil di salah satu stadion terbesar di dunia itu diantaranya Adele, Coldplay, Ed Sheeran, One Direction bahkan penyanyi Amerika Rihanna dan Beyoncé pun sempat tampil di sana.

7. Gelora Bung Karno Stadium, Indonesia

Gelora Bung Karno Stadium, Indonesia

Salah satu stadion sepakbola terbesar di dunia selanjutnya berada di Jakarta, Indonesia. Stadion Gelora Bung Karno atau GBK berada satu komplek dengan Gelora Bung Karno Sports Complex. Stadion kebanggaan milik bangsa ini mampu menampung penonton dengan kapasitas mencapai 88.000 orang. GBK sendiri merupakan stadion berstandar internasional yang dibangun pada 1962.

Pada awal pembangunannya GBK mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 100.000 orang. Pada tahun 2018, GBK menjadi tuhan rumah untuk Asian Games dan sukses menarik perhatian dunia dan disebut-sebut sebagai tuan rumah terbaik untuk kompetisi olahraga terbesar di Asia tersebut.

Selain itu GBK juga pernah menjadi tuan rumah untuk pertandingan persahabatan sejumlah klub besar dunia seperti Juventus, Chelsea, Arsenal dan Roma dan Leverpool.

8. Bukit Jalil National Stadium, Malaysia

Bukit Jalil National Stadium, Malaysia

Bukit Jalil National Stadium terletak di Kuala lumpur, Malaysia. Stadion yang mampu menampung penonton sekitar 87.411 orang ini pada awalnya dibangun pada tahun 1995 untuk pertandingan Commonwealth Games yang akan diadakan pada tahun 1998.

Stadion Bukit Jalil merupakan markas bagi timnas Malaysia. Stadion ini juga sempat digunakan dalam pertandingan Piala Asia AFC pada tahun 2007. Keberadaan stadion yang satu ini menjadi salah satu ikon lain yang di Malaysia selain Petronas Twin Tower, Sepang F1 Circuit dan KLIA.

9. Borg El Arab Stadium, Mesir

Borg El Arab Stadium, Mesir

Salah satu stadion terbesar lainnya berada di Cairo, Alexandria. Borg El Arab Stadium merupakan stadion terbesar di Egypt dan menjadi terbesar kedua yang ada di Afrika. Stadion berkapasitas 86.000 penonton ini dilengkapi dengan fasilitas hotel yang mampu menampung sekitar 200 tamu.

Stadion ini juga dilengkapi dengan lintasan atletik terbesar yang biasa di pakai pada pertandingan musim panas. Borg El Arab Stadium sendiri merupakan markas timnas Mesir. Di Stadion ini sempat digunakan sebagai tempat upacara pembukaan piala dunia U-19 pada tahun 2009.

10. Salt Lake Stadium, India

Salt Lake Stadium, India

Salt Lake Stadium merupakan stadium terbesar yang ada di India. Stadion ini merupakan stadion serbaguna dengan kapasitas penonton mencapai 85.000. Sebelum menjalani renovasi pada tahun 2011, stadion yang menjadi markas East Bengal FC, ATK dan ini merupakan stadion kedua terbesar yang ada di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 120.000 orang.

Salt Lake menjadi tuan rumah dalam laga piala dunia U-17 pada tahun 2017. Stadion Salt Lake juga akan kembali dibuka pada piala dunia wanita U-17 pada tahun 2020. Keberadaan salah satu stadion terbesar ini pun menjadi kebanggaan bagi rakyat India.

Nah, itulah 10 stadion sepakbola terbesar yang ada di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum. Menonton secara langsung pertandingan sepakbola memang sesuatu yang menyenangkan. Terlebih bersama dengan orang-orang terdekat kita.

Nah, kira-kira pengalaman seru apa yang kamu bisa dapat saat menyaksikan langsung pertandingan sepakbola di stadion? Tulis komentarmu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *