Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Desember 2018

Soundtrack atau tema lagu adalah elemen penting dalam sebuah film. Adanya lagu tersebut dapat membuat film menjadi lebih hidup. Bahkan, sebagian pengamat menganggap soundtrack adalah aktor yang tak terlihat.

Soundtrack memang memberi kesan tersendiri bagi semua genre film, apalagi film dengan genre horor. Tak sedikit orang yang telah menonton film horor, kemudian mendengar soundtrack, terngiang hingga pulang. Dan, saat mendengar lagu tersebut, pasti langsung teringat film horor itu. Pernah mengalaminya? Dari banyaknya film horor, Bacaterus punya 10 pilihan soundtrack yang menyeramkan. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

10 Soundtrack Film Horor Paling Seram

1. Lingsir Wengi – Kuntilanak

 

Lagu ini telah dikenal sejak lama di kalangan seniman dan budayawan. Namun, setelah menjadi soundtrack film Kuntilanak, citranya begitu menyeramkan. Hampir semua orang berpendapat jika lagu ini adalah untuk mengundang hantu. Padahal, oleh sang penciptanya, yaitu Sunan Kalijaga, lagu ini digunakan untuk mengusir atau menolak bala dari makhluk gaib yang mengganggu.

Kalau saat ini lagu itu banyak yang digubah, coba deh dengarkan yang diiringi dengan musik tradisional. Suasananya begitu menakutkan dan mencekam.

2. The Spouse (Kelam Malam) – Aimee Saras

The Spouse (Kelam Malam) - Aimee Saras

* sumber: suryamalang.tribunnews.com

Penggemar film horor mungkin sangat kenal dengan lagu The Spouse (Kelam Malam). Ya, soundtrack dalam film Pengabdi Setan ini sangatlah membikin bulu kuduk langsung merinding. Lagu ini bernuansa 1960-an. Meski lirik dan musiknya sangat menyeramkan, tapi banyak orang yang mendengarkannya karena penasaran dan kemerduannya.

Hanya saja, para penggemar Pengabdi Setan, jika lagu ini diputar, maka ibu akan menghampiri orang tersebut. Pengabdi Setan merupakan salah satu film horor Indonesia paling banyak ditonton dan sukses besar. Film ini telah ditonton lebih dari 4 juta orang dan tayang di sejumlah negara, seperti Singapura, Malaysia, dan Amerika Serikat. Jika ingin mendengarkan lagunya, bisa kunjungi link ini.

3. Selamat Malam – Malam Satu Suro

Malam Satu Suro adalah salah satu film horor legendaris Indonesia. Nah, selain sosok Suzana yang selalu menebar ketakutan, soundtrack film ini juga begitu membuat merinding. Sekilas, tidak terdengar menakutkan. Hanya, lirik-lirik yang terkandung dalam lagu Selamat Malam ini begitu terikat dengan Malam Satu Suro.

Malam Satu Suro merupakan film horor romantis Indonesia yang tayang pada tahun 1988. Film ini memiliki cerita lebih unik daripada film horor kebanyakan kala itu. Hantunya merupakan pemeran utama dan sebagai tokoh protagonis.

4. Riani Sovana – Senandung

Soundtrack selanjutnya datang dari film horor berjudul Demona. Banyak yang tak familiar dengan film ini, ya, kan? Kamu juga salah satunya mungkin. Lagu memberikan kengerian sejak awal. Kamu pasti merinding ketika mendengarkannya.

Nah, untuk filmnya sendiri, Demona adalah jenis film horor sosok arwah penasaran yang menghantui dan menebar teror perempuan bernama Demona. Ia meninggal karena overdosis dan dikubur oleh keenam sahabatnya. Namun, karena ada suatu perkara, ia menghantui satu per satu sahabatnya tersebut.

5. Risa Sarasvati – Ivanna (Danur)

* sumber: montasefilm.com

Lagu ini merupakan aransemen ulang Risa dari lagu lamanya. Untuk yang baru ini, Risa sengaja mengubahnya untuk film horor sekuel Danur, yaitu Danur 2: Maddah. Suara Risa yang merdu dan musik yang mencekam, mampu membuat semua pendengarnya merinding. Ditambah, piano yang terus berdentingan di setiap musiknya. Berani mendengarkannya? Coba saja kunjungi link ini.

6. Tubular Bells – Mike Oldfield

Tubular Bells - Mike Oldfield

* sumber: www.amazon.com

Soundtrack horor ternyata tidak hanya beraliran sendu saja. Tubular Bells membuktikannya dalam film horor lawas The Exorcist. Musik yang beraliran progresif rock instrumental ini cukup menyeramkan. Apalagi kamu mendengarkannya dengan seksama dan menggunakan earphone. Rasanya, roh-roh jahat di sekitar siap mencekam waktu itu juga. Penasaran? Bisa klik di sini untuk mendengarkan lagunya.

7. It Follows – Disasterpeace

Nah, kalau soundtrack yang ini, pernah didaulat sebagai yang paling menyeramkan untuk film horor berjudul It Follows. Lagu ini berunsur retro dan perkusi yang dibuat semenegangkan mungkin. Di tengah-tengah, nada terus naik dan suasana semakin mencekam. Soundtrack ini dibuat oleh Disasterpeace, musisi yang sering membuat lagu elektrik.

It Follows merupakan film horor dengan pendekatan psikologis supranatural. Plotnya begitu cerdas, sehingga membuat penonton terbuai dalam cerita dan seakan berada di dalamnya.

8. Boneka Abdi – Danur

Soundtrack ini dinyanyikan Prilly Latuconsina dalam film Danur pertama, yang keluar pada Maret 2017. Lagu ini merupakan gubahan dari lagu Jerman berjudul Hanschen klein, yang artinya Boneka Abadi. Sambil bermain piano, Prilly menyanyikannya dengan merdu menggunakan bahasa Sunda. Namun, tampaknya lagu ini mengundang roh di sekelilingnya.

Danur 1 ini merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 30 Maret 2017 yang diangkat dari buku karya Risa Saraswati dengan judul Gerbang Dialog Danur. Sesuai bukunya, film ini bercerita tentang kisah yang dialami Risa yang bisa melihat makhluk gaib atau indigo. Danur 1 juga merupakan salah satu film horor Indonesia yang memiliki penonton cukup banyak.

9. In Heaven (Lady in the Radiator) – Eraserhead (1977)

* sumber: www.dazeddigital.com

Pertama kali mendengarkan lagu In Heaven (Lady in the Radiator), kamu pasti bakal merinding meski belum menonton filmnya, Eraserhead. Lagu yang dinyanyikan Laurel Near ini bercerita tentang surga. Suara penyanyinya yang lembut mampu membuat nuansa horor dan keganjilan-keganjilan muncul di sekitar kita, persis seperti filmnya.

Eraserhead merupakan film horor karya David Lynch. Kala itu, Eraserhead menyajikan horor surealis yang penuh akan simbol-simbol. Dalam film tersebut, drama juga disajikan dengan menarik namun tetap penuh keganjilan yang mencekam.

10. Lullaby – Rosemary’s Baby Film (Krzysztof Komeda)

* sumber: medium.com

Lagu berjudul Lullaby dinyanyikan oleh Krzysztof Komeda dan menjadi salah satu soundtrack film horor Resmary’s Baby. Sesuai judulnya, film ini dinyanyikan sebagai pengantar tidur sang anak. Liriknya hanya la la la la. Namun, jika didengarkan dengan seksama, rasanya lagu tersebut memberikan kesan horor. Apalagi, ketika berada dalam sebuah scene di Rosemary’s Baby.

Rosemary’s Baby sendiri adalah film horor tahun 1968. Film ini menjadi salah satu genre horor terbaik pada masa itu. Rosemary’s Baby menyajikan horor dengan pendekatan psikologi. Sehingga, saat menonton, para penonton dibuat merasa terteror oleh alam bawah sadarnya sendiri. Meski film lama, tapi bakal membuat kamu tetap merinding.

Nah, itulah kesepuluh soundtrack paling menyeramkan yang telah Bacaterus rangkum. Kalau mau memutar lagu di atas, ingat ya, jangan pernah sendirian. Selamat mendengarkan, guys!

[sharethis-inline-buttons]