Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Sejak kemunculannya untuk pertama kali di tahun 1937 dengan film Snow White and the Seven Dwarfs, film-film animasi dari Studio Disney selalu memukau para penggemarnya. Di setiap film terbarunya, Disney selalu menampilkan suguhan animasi yang indah dan nikmat dipandang oleh penonton semua usia, terutama anak-anak.

Daya magis film-film animasi Disney tidak hanya terletak pada kekuatan gambar dan karakterisasinya saja, tetapi juga terdapat faktor musikalitas yang tinggi. Sudah banyak lagu-lagu Disney yang menjadi klasik di dalam film-film terbaiknya, seperti Pinocchio [1940], Cinderella [1950], The Jungle Book [1967], dan masih banyak lagi.

Kali ini, Bacaterus akan membahas tentang 10 soundtrack film animasi Disney sejak masa kebangkitannya kembali di era 1990an, yang tentu saja akan menjadi klasik di masa depan kelak.

10 Soundtrack Film Animasi Disney Terbaik

1. Beauty and the Beast [1991]

Adaptasi fairy tale ini adalah salah satu pionir kebangkitan film animasi Disney yang biasa disebut “Renaissance Era”. Untuk menghiasi musik di film ini, CEO Walt Disney saat itu Jeffrey Katzenberg menunjuk Alan Menken sebagai penggubah musik dan Howard Ashman sebagai penulis lirik setelah mereka sukses lewat The Little Mermaid [1989].

Untuk menarik perhatian media, dipilihlah Celine Dion dan Peabo Bryson untuk menyanyikan single version dari lagu “Beauty and the Beast”, yang ternyata menjadi lebih indah dan nikmat didengar, serta berhasil meraih banyak penghargaan, antara lain Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocals di Grammy Awards dan Best Original Song di Academy Award, serta bertengger di top 10 Billboard Hot 100.

Album soundtrack-nya sendiri masuk sebagai nominator Best Original Score di Academy Award dan Golden Globe Award, serta Best Instrumental Composition Written for a Motion Picture or for Television di Grammy Award. Hal ini membuktikan jika kualitas musik film ini sangatlah baik.

2. Aladdin [1992]

Melanjutkan kesuksesan Beauty and the Beast [1991], Alan Menken ditunjuk kembali untuk menggubah komposisi lagu untuk fairy tale berikutnya yang diambil dari dongeng Jazirah Arab. Bersama penulis lirik David Zippel, mereka menghasilkan salah satu album soundtrack terlaris sepanjang masa dengan taburan penghargaan dari berbagai festival film dan musik.

Kategori Best Original Score dan Best Original Song di Academy Award dan Golden Globe Award diraih dengan sempurna. Single version “A Whole New World” yang dilantunkan Peabo Bryson dan Regina Belle juga berhasil memuncaki chart Billboard Hot 100 dan meraih Grammy sebagai Song of the Year beserta dua kategori lainnya.

3. The Lion King [1994]

The Lion King [1994]

* sumber: www.allmovie.com

Elton John adalah musisi yang sudah melegenda dan Disney tidak salah menjatuhkan pilihan kepadanya untuk mengisi soundtrack film ini bersama dengan penulis lirik Tim Rice dan penggubah musik Hans Zimmer. Bisa dibilang, mereka bertiga adalah legenda di bidangnya masing-masing yang membuat kolaborasi ini seolah-olah adalah “the dream team”.

“Can You Feel the Love Tonight” dirilis sebagai single pertama dan langsung masuk top 5 di Billboard Hot 100. Meski bergenre pop, tetapi nuansa Afrika sangat terasa meski hanya sekilas, membuktikan jika usaha maksimal dari produser Chris Thomas yang melakukan rekaman di hutan Afrika terbayar sudah.

Hasilnya, sekali lagi kategori Best Original Song dan Best Original Score di Academy Award dan Golden Globe Award berada di tangan Disney, ditambah lagi dengan dua Grammy sebagai Best Musical Album for Children dan Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalist.

Single kedua, “Circle of Life”, hanya mampu berada di top 20 Billboard Hot 100. Tetapi lagu ini mampu menambah indahnya musikalitas kelas wahid dari para legenda dalam berkarya dalam penampilannya yang membawa album soundtrack ini masih menjadi album soundtrack animasi terlaris sepanjang masa. Saksikan soundtrack-nya di link ini.

4. Pocahontas [1995]

* sumber: www.allmovie.com

Film yang mengangkat tokoh wanita Indian di era awal kolonisasi Eropa di tanah Amerika memang penuh dengan nuansa romantisme. Maka wajar saja, jika kemudian musik dan lagu yang ditampilkan mendukung nuansa ini. Komposer Alan Menken ditunjuk sebagai penggubah lagu bersama Stephen Schwartz.

Single yang dirilis berjudul “Colors of the Wind” yang dinyanyikan oleh mantan Miss America yang memiliki vokal yang syahdu, sangat cocok membawakan lagu ini. Di chart Billboard Hot 100, lagu ini berhasil berada di peringkat 4 dan mendapar sertifikat Gold dari RIAA.

Di Academy Award dan Golden Globe Award, “Colors of the Wind” berhasil meraih penghargaan sebagai Best Original Song. Sedangkan single kedua “If I Never Knew You” yang dinyanyikan secara duet oleh Jon Secada dan Shanice, tidak mampu mengulang kesuksesan single pertamanya. Kunjungi link ini untuk menyaksikan soundtrack dari film animasi Pocahontas.

5. Hercules [1997]

* sumber: www.allmovie.com

Legenda Yunani tentang tokoh setengah dewa ini diangkat ke dalam animasi oleh Disney setelah sekian lama direncanakan. Seperti biasa, Alan Menken kembali hadir sebagai komposer dan David Zippel bertindak selaku penulis lirik. Single yang dirilis adalah “Go the Distance”.

Ada dua versi dari lagu ini, yaitu versi Michael Bolton dan versi Ricky Martin. Sayangnya, kedua single ini tidak berhasil menembus chart Billboard meski filmnya sukses menembus box-office. Tetapi lagu ini berhasil masuk sebagai nominator di Academy Award dan Golden Globe Award untuk kategori Best Original Song. Silakan klik link ini untuk menyaksikan soundtrack dari Hercules.

6. Mulan [1998]

Rekan Alan Menken dalam menggubah musik, Stephen Schwartz, ditunjuk sebagai komposer tunggal untuk film yang merupakan adaptasi dari legenda prajurit wanita di Cina, Hua Mulan. Schwartz sampai harus datang ke negara tirai bambu tersebut untuk mendapatkan nuansa yang akan dia gubah ke dalam banyak komposisi musik untuk film ini.

Single yang dirilis, “Reflection”, menampilkan penyanyi wanita pendatang baru yang pada saat itu baru saja merintis karirnya di industri musik Amerika, Christina Aguilera. Tidak disangka, jika melalui lagu ini kemudian dia dipercaya oleh produser untuk menandatangani kontrak album perdananya.

Meski tidak berhasil meraih penghargaan apapun dan tidak juga menembus chart Billboard, tetapi lagu ini tetap enak untuk dinikmati hingga kapanpun. Apalagi kita bisa mendengar suara sang diva yang masih murni mengandalkan kekuatan vokalnya dengan progress chord yang sangat menantang.

7. Tarzan [1999]

Sutradara Kevin Lima mematahkan tradisi Disney di film yang mengangkat kisah klasik karya Edgar Rice Burroughs ini, di mana karakter utamanya tidak bernyanyi. Konsep musik yang ditampilkan juga ingin mengulang kesuksesan The Lion King [1994] dengan menampilkan penyanyi legendaris untuk menggubah komposisi dan menulis lagunya.

Phil Collins adalah pilihan yang tepat, di mana dia berhasil menulis lima lagu hanya dengan membaca naskah yang disodorkan kepadanya. Single yang dirilis adalah “You’ll Be in My Heart” yang mengusung genre pop yang ringan namun penuh makna. Di filmnya, lagu ini dinyanyikan oleh Kala, ibunda gorilla, sebagai lagu tidur bagi Tarzan.

Di chart Billboard Hot 100, lagu ini hanya bisa bertengger di top 25 saja. Tetapi di Academy Award dan Golden Globe Award, kategori Best Original Song berhasil disapu bersih secara sempurna. Bahkan di Grammy Award, album ini berhasil membawa pulang Grammy untuk kategori Best Soundtrack Album.

8. Tangled [2010]

* sumber: www.allmovie.com

Setelah satu dekade film animasi Disney tidak menelurkan lagu-lagu yang memorable, baru di film yang dibintangi oleh Mandy Moore inilah terdapat banyak lagu yang bagus dan salah satunya sangat menempel dalam ingatan. “I See the Light” menampilkan paduan vokal dari Mandy Moore dan Zachary Levi, yang juga bertindak sebagai pengisi suara bagi karakter masing-masing di filmnya.

Meski tidak dirilis sebagai single, tetapi nyatanya hal itu tidak mengurangi keindahan komposisi dan lirik yang digubah oleh Alan Menken, yang kembali bertindak sebagai komposer setelah lebih dari satu dekade juga tidak membuat komposisi musik untuk film animasi Disney. Terbukti, dia masih mampu menghadirkan kembali keajaiban musik Disney di film ini. Beginilah indahnya alunan musik Tangled, klik di sini.

9. Frozen [2013]

Siapa, sih, yang tidak pernah mendengar lagu “Let It Go”? Sepertinya mayoritas anak kecil pasti suka karena mereka juga menyukai filmnya, bahkan pasti ada yang memiliki merchandise dengan gambar karakter dari film ini pada tas, kotak pensil, ataupun perangkat sekolah lainnya.

Seluruh musik di film ini digarap oleh pasangan suami-istri, Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez, yang pada saat itu mereka masih sibuk mengasuh kedua anak mereka yang masih kecil. 25 lagu mereka ciptakan dan hanya 8 lagu yang berhasil masuk ke dalam album soundtrack dan tampil di filmnya.

Single “Let It Go” sendiri berhasil masuk ke dalam chart Billboard Hot 100 dalam dua versi, yaitu versi Demi Lovato yang hanya bisa berada di top 40, dan versi Idina Menzel yang berhasil menembus top 5. Walhasil, lagu ini berhasil menyabet Oscar di kategori Best Original Song dan di Golden Globe sebagai nominator untuk kategori yang sama.

Simak videonya, dan kita bernyayi bersama di link ini!

10. Moana [2016]

Moana [2016]

* sumber: www.allmovie.com

Dengan setting kepulauan dan lautan di Polynesia, tentu saja nuansa pantai akan sangat terasa dalam komposisi musik yang digubah oleh Mark Mancina ini. Tetapi tidak serta-merta semua lagu menjadi berirama lagu tradisional kawasan ribuan pulau itu, genre pop yang ringan tetap menjadi komposisi utamanya.

“How Far I’ll Go” adalah single yang dirilis dari film ini. Meski versi single-nya yang dinyanyikan oleh Alessia Cara dirilis terlebih dahulu, tetapi nyatanya versi filmnya lebih dikenal dengan vokal dari pengisi suara aslinya, Auli’i Cravalho. Mungkin karena semangat dan nuansa filmnya lebih terasa yang menjadi faktor lebih dikenalnya lagu dalam versi filmnya.

Di ajang Academy Award dan Golden Globe Award, lagu ini dinominasikan untuk kategori Best Original Song tanpa berhasil membawa pulang piala satupun. Untuk strategi marketing di Asia Tenggara, Disney merilis lagu ini dalam 5 bahasa, salah satunya bahasa Indonesia oleh Maudy Ayunda. Mari dengarkan bersama lagunya melalui link berikut ini.

Itulah 10 lagu dari album soundtrack film animasi Disney yang terbaik. Selain musiknya yang menggugah jiwa, lirik lagunya pun memiliki makna yang positif. Motivasi diri menjadi tema utama dari mayoritas lagu-lagu di film animasi Disney, yang tentunya sangat berguna untuk memotivasi jiwa anak-anak yang menonton dan mendengar lagu-lagunya.

Selain itu, Anda juga bisa cek artikel 10 film animasi Disney yang meraih penghargaan Best Music ini. Mana lagu Disney favoritmu?