Bacaterus / Film India / 10 Soundtrack Film Bollywood Terbaik Karya Jatin dan Lalit

10 Soundtrack Film Bollywood Terbaik Karya Jatin dan Lalit

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2019

Jatin dan Lalit adalah duo komposer yang sangat terkenal di Bollywood dengan prestasi dan kesuksesan yang besar. Lagu-lagu gubahan mereka banyak membantu kesuksesan film yang menjadikan komposisi musik mereka sebagai soundtrack-nya. Tercatat, sepanjang karir mereka dari 1991 hingga 2006, sudah 473 lagu mereka bikin untuk 73 film.

Ciri khas yang mereka miliki dalam musiknya adalah mereka dapat memadukan musik tradisional dengan irama populer yang sedang menjadi trend di India. Selain itu, karya-karya mereka juga turut mengatrol karir playback singer dan aktor yang tampil di film tersebut, salah satunya yaitu penyanyi Udit Narayan dan aktor Shah Rukh Khan.

Mungkin pembaca masih belum mengenal nama mereka, tapi kalian pasti akan mengetahuinya setelah membaca artikel yang menampilkan 10 lagu hits mereka ini. Silakan disimak berikut ulasannya.

10 Soundtrack Bollywood Terbaik Karya Jatin dan Lalit

1. Ho Gaya Hai Tujhko [Dilwale Dulhania Le Jayenge] [1995]

Film ini merupakan kali pertama Jatin-Lalit bekerja di bawah bendera perusahaan Yash Raj Film. Sutradara dari film ini adalah putra dari Yash Chopra yang baru pertama kali membesut sebuah film. Untuk itu, dipilihlah Shah Rukh Khan dan Kajol untuk menjadi pasangan setelah kesuksesan mereka di Baazigar [1993].

Hasilnya, film ini menjadi salah satu film terbaik yang pernah diproduksi oleh Bollywood dan hingga saat ini masih menjadi kebanggan perfilman India. Di ajang FilmFare Award, hampir semua kategori dimenangkan oleh film arahan Aditya Chopra ini, dan Jatin-Lalit masuk nominasi di kategori Best Music Director.

“Ho Gaya Hai Tujhko” yang dinyanyikan secara duet oleh Lata Mangeshkar dan Udit Narayan ini, merupakan sebuah lagu yang sangat indah dan mampu menaburkan nuansa kerinduan, sama seperti yang ditampilkan di dalam filmnya, di mana Simran dan Raj saling merasakan kerinduan yang dalam.

2. Tujhe Dekha To [Dilwale Dulhania Le Jayenge] [1995]

Setelah Raj berusaha mencari informasi keberadaan Simran, dia baru mengetahui bahwa Simran sedang dalam proses menuju pelaminan. Raj pun langsung menuju ke rumah keluarga Simran dengan maksud untuk berusaha merebut kembali hati Simran kepadanya.

Lagu yang dinyanyikan oleh Kumar Sanu dan Lata Mangeshkar ini adalah love theme film Dilwale Dulhania Le Jayenge di mana petikan mandolinnya hampir selalu terngiang meski film sudah berakhir. Lagu ini menjadi hits dan membuat album soundtrack film ini tetap menjadi yang terlaris hingga saat ini

3. Mehndi Laga Ke Rakhna [Dilwale Dulhania Le Jayenge] [1995]

Mehndi Laga Ke Rakhna [Dilwale Dulhania Le Jayenge] [1995]

* sumber: www.mensxp.com

Dengan caranya sendiri, Raj berusaha untuk merebut hati Simran dengan melakukan pendekatan yang baik kepada seluruh anggota keluarganya yang sedang sibuk mempersiapkan pernikahan putri mereka. Bahkan Raj pun ikut membantu persiapan ini dengan niat mencari celah menarik simpati keluarga Simran.

Dalam sebuah acara keluarga, Raj bernyanyi di depan Simran dan seluruh anggota keluarga dan masyarakat setempat. Cara ini ternyata berhasil merebut seluruh perhatian orang-orang yang ada di sana. Dalam acara ini, pihak laki-laki dan wanita saling beradu pantun dan tari.

Sejak dirilis berbarengan dengan filmnya, lagu yang dinyanyikan oleh Udit Narayan dan Lata Mangeshkar ini menjadi lagu wajib dalam setiap pernikahan di Asia Selatan, terutama di India. Musik tradisional dan nada yang mudah untuk diikuti membuat lagu ini menjadi hits dalam seketika. Mari simak lagunya melalui video Youtube di link ini.

4. Kuch Kuch Hota Hai [Kuch Kuch Hota Hai] [1998]

Siapa coba yang tidak mengenal lagu super hits yang membuat demam film India menebar di hampir seluruh bagian bumi ini? Love theme yang juga menjadi judul film ini adalah sebuah lagu romantis yang tidak akan lekang dimakan zaman, karena musik dan nadanya yang sangat melekat di telinga.

Dinyanyikan secara duet oleh Udit Narayan dan Alka Yagnik, membuktikan jika Jatin-Lalit mampu memadukan musik tabla tradisional dengan irama dan instrumen pop secara proporsional. Video klipnya pun ditampilkan dengan sangat indah yang mengambil lokasi syuting di Mauritius.

5. Saajanji Ghar Aaye [Kuch Kuch Hota Hai] [1998]

* sumber: www.weheartit.com

Melanjutkan tradisi lagu pernikahan di film Dilwale Dulhania Le Jayenge [1995], lagu ini pun memiliki pola dan irama yang nyaris serupa, tetapi memiliki tempo dan beat yang lebih dinamis. Dengan segera, lagu ini pun masuk dalam daftar lagu wajib pernikahan di Jazirah Hindustan.

Vokal Kumar Sanu dan Alka Yagnik sangat padu dan bersinergi dengan penampilan aktor Salman Khan dan Kajol dalam filmnya. Vokal Kavita Krishnamurthy tampil di tengah lagu menyuarakan perasaan seorang ibu yang bahagia sekaligus sedih dengan pernikahan putrinya. Lihat video klipnya di Youtube lewat link ini.

6. Ladki badi Anjani Hai [Kuch Kuch Hota Hai] [1998]

Lagu yang ceria ini menggambarkan perasaan Rahul dan Anjani saat pertemuan mereka kembali setelah bertahun-tahun terpisah. Ada rasa bahagia, sedih, dan rindu di dalam hati mereka yang tersampaikan lewat lirik lagu dari film karya debut sutradara Karan Johar ini.

Kumar Sanu dan Alka Yagnik kembali menghidupkan lagu karya Jatin-Lalit ini yang menampilkan sekilas musik tradisional dan beat breakdance di tengah lagu dan ditutup dengan penggalan bait lagu “Kuch Kuch Hota Hai” yang membuat lagu ini sebagai bukti kejeniusan Jatin-Lalit dalam bermusik.

7. Soni Soni [Mohabbatein] [2000]

Lagu gembira yang dinyanyikan dan menampilkan tarian secara kolosal ini menampilkan para pemerannya di sebuah acara rakyat di India. Shah Rukh Khan yang berperan sebagai guru sekolah putra bermaksud mempertemukan murid-muridnya dengan murid-murid dari sekolah putri yang dilarang oleh kepala sekolah yang diperankan oleh Amitabh Bachchan.

Tercatat ada 8 penyanyi dalam lagu ini yang mewakili tiga pasang aktor-aktris dan dipimpin oleh Udit Narayan sebagai vokal utama. Selain musiknya yang ear-catching, penampilan penari latar yang sangat banyak dan rapih dalam film besutan Aditya Chopra ini juga menjadi nilai lebih tersendiri.

8. Humko Humise Chura Lo [Mohabbatein] [2000]

Love theme film yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dan Aishwarya Rai ini mengikuti pola lagu “Kuch Kuch Hota Hai” dalam mood yang sedikit mellow dan lirik yang juga melankolis namun tetap romantis. Dinyanyikan oleh Udit Narayan dan sang maestro Lata Mangeshkar, nuansa cinta sangat terasa dalam setiap nada dan irama lagunya.

Mengambil lokasi syuting video di pegunungan Swiss di musim dingin yang penuh salju, video klipnya memaparkan penggalan rasa cinta dan rindu Raj kepada kekasihnya yang telah lama meninggal, Megha, yang ternyata adalah putri dari sang kepala sekolah, Narayan Shankar.

9. Pairon Mein Bandhan Hai [Mohabbatein] [2000]

Lagu ini lagi-lagi dinyanyikan secara beramai-ramai dan menampilkan koreografi tari yang kolosal dengan setting perayaan tradisi rakyat India di malam hari yang didominasi oleh lilin di sekitarnya. Di sinilah akhir kisah cinta ketiga pasangan murid sekolah Gurukul ini yang menentukan apakah berakhir bahagia atau sedih.

Pesan moral dalam film ini yang menggambarkan hidup tanpa cinta tidak akan indah dan cinta tidak bisa dikekang oleh peraturan seorang diktator sekalipun, tergambarkan secara ringkas dalam video klip lagu ini yang ditutup oleh penampilan penuh emosional dari Raj yang meperingati kematian cintanya.

10. Kabhi Khushi Kabhie Gham [Kabhi Khushi Kabhie Gham] [2001]

Salah satu film terbaik dari Karan Johar yang kembali mempertemukan Shah Rukh Khan dengan Kajol ini merupakan karya fenomenal terakhir dari Jatin-Lalit yang memaksimalkan kemampuan mereka dalam menggubah musik yang indah untuk dinikmati.

Lagu ini menggambarkan kerinduan seorang ibu kepada putranya yang dia rindukan kedatangannya. Vokal sang maestro Lata Mangeshkar sangat syahdu dan menusuk kalbu dengan iringan musik yang mengalir lembut dan menyentuh hati.

Soundtrack Bollywood Terbaik Lainnya

Bukan hanya 10 soundtrack di atas saja yang terbaik dan populer, karena ada lagi soundtrack terbaik lainnya karya Jatin dan Lalit yang ear-catching dan dikenang sepanjang masa. Apa saja itu? Mari simak ulasannya berikut ini.

11. Yeh Ladka Hai Allah [Kabhi Khushi Kabhie Gham] [2001]

Seperti lagu-lagu pernikahan sebelumnya yang diawali dengan pantun bersambut antara pihak lelaki dan perempuan, lagu ini pun mengusung pola yang sama. Iramanya yang tidak jauh dari lagu “Mehndi Laga Ke Rakhna” dan “Saajanji Ghar Aye”, membuat lagu ini ikut serta dalam daftar lagu wajib dalam setiap pernikahan di India.

Udit Narayan dan Alka Yagnik kembali menyanyikan salah satu lagu terbaik Jatin-Lalit ini setelah sebelumnya sukses di film Kuch Kuch Hota Hai (1998). Koreografi tarian yang diperagakan Shah Rukh Khan dan Kajol sangat padu dengan irama lagunya yang dinamis. Terlihat mereka lebih dewasa dalam berakting dalam penggalan video klip lagu ini.

12. Bole Chudiyan [Kabhi Khushi Kabhie Gham] [2001]

Lagu berirama riang ini seolah-olah adalah kulminasi musical Jatin-Lalit. Pembagian porsi instrumen yang proporsional dan saling mengisi membuat lagu ini mampu membuat badan kita ikut bergoyang seiring dentuman gendang yang bertalu.

Dinyanyikan secara berkelompok oleh penyanyi latar terbaik Bollywood saat itu, yaitu Kavita L. Subramaniam, Sonu Nigam, Alka Yagnik, Udit Narayan, dan Amit Kumar, membuat lagu yang mengumpulkan aktor-aktris dari tiga generasi ini kaya akan estetika musikalitas yang tinggi.

Di video klip lagu ini, sinergi antara Kareena Kapoor, Hrithik Roshan, Kajol, dan Shah Rukh Khan sangat baik sekali dengan tarian mereka yang serasi dan ditutup oleh penampilan Amitabh Bachchan dan Jaya Bachchan di akhir lagu membuat perasaan senang dan haru bercampur menjadi satu.

Itulah kumpulan lagu terbaik karya Jatin-Lalit dari empat film Bollywood terbaik yang diperankan oleh Shah Rukh Khan. Memang, bersama Shah Rukh Khan dan Udit Narayan sebagai playback singer, Jatin-Lalit menampilkan sebuah mahakarya musik yang susah untuk ditandingi hingga saat ini.

Meski kini mereka memilih untuk menjalani proyek musiknya secara terpisah, setidaknya mereka masih terus berkarya di dalam menggubah komposisi lagu untuk film-film Bollywood. Karya mereka akan terus dikenang dan selalu didengar. Uniknya, lagu-lagu ini tidak pernah bosan untuk diputar lagi dan lagi, setuju?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *