Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 10 Tempat Makan Soto Enak di Surabaya yang Harus Dicicipi!

10 Tempat Makan Soto Enak di Surabaya yang Harus Dicicipi!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2018

Soto adalah makanan Indonesia yang sangat terkenal di berbagai daerah. Uniknya, banyak daerah yang memiliki soto khasnya sendiri, misalnya Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Padang, bahkan Soto Banjar. Nah, apa soto Nusantara favorit Anda?

Di kesempatan kali ini, Bacaterus akan mengulas seputar 10 soto enak di Surabaya yang dapat memanjakan lidah Anda. Soto-soto ini tidak berasal dari satu daerah saja, tetapi ada dari beberapa daerah, lho. Biar nggak penasaran, langsung saja simak rekomendasinya di sini.

10 Soto Enak di Surabaya

1. Soto Madura Gubeng Pojok

Soto Enak di Surabaya

* sumber: www.instagram.com

Soto enak di Surabaya yang pertama akan kami bahas adalah Soto Madura Gubeng Pojok. Soto Madura terkenal dengan kuahnya yang sangat gurih dan lauknya menggunakan daging sapi. Sayangnya, tidak semua pedagang Soto Madura menjual soto dengan daging yang empuk. Namun, di Soto Madura Gubeng  Pojok ini dijamin daging sapinya empuk.

Semangkuk Soto Madura yang Anda pesan berisi daging sapi dan telur ayam yang disajikan secara terpisah dengan nasi putihnya. Tambahkan jeruk nipis dan sambal agar rasa sotonya jadi semakin mantap. Anda dapat mengunjungi Soto Madura Gubeng Pojok di Jalan Kusuma Bangsa No. 30, Surabaya.

2. Soto Ambengan Pak Sadi

Soto Ambengan Pak Sadi

* sumber: blog.negerisendiri.com

Yang satu ini adalah tempat makan soto enak di Surabaya yang sangat terkenal. Cabang Soto Ambengan Pak Sadi ini sudah terkenal hingga ke telinga masyarakat luar Kota Surabaya. Dinamakan Soto Ambengan karena cabang pusatnya berada di Jalan Ambengan, Surabaya.

Soto Ambengan Pak Sadi menyajikan soto ayam yang enak dengan kuah yang tidak keruh. Meskipun demikian, cita rasa kuahnya tetap mantap. Kuahnya terasa semakin sedap jika ditambah jeruk nipis, sambal, dan koya (krupuk udang yang dihaluskan dengan bawang putih goreng). Alamat Soto Ambengan Pak Sadi (pusat) berada di Jalan Ambengan No. 3A, Surabaya.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har

* sumber: www.industry.co.id

Kalau suka makan soto ayam dengan porsi yang besar, nampaknya Soto Ayam Lamongan Cak Har ini bisa menjadi rekomendasi untuk makan siang atau makan malam Anda. Di tempat ini soto ayamnya dijual dengan harga terjangkau dan porsinya pun cukup besar. Yang paling penting, cita rasa sotonya benar-benar enak dan khas Lamongan.

Di Soto Ayam Lamongan Cak Har kita boleh memilih potongan daging ayam bagian dada atau paha. Bahkan, kalau Anda suka kulit ayam, Anda bisa minta lauk kulit ayam untuk soto yang dipesan. Tambahkan sambal dan koya di soto ayam Anda, maka rasanya akan lebih maknyus. Soto Ayam Lamongan Cak Har bertempat di  Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No. 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya.

4. Soto Ayam Imam Bonjol

Soto Ayam Imam Bonjol

Nama tempat soto enak di Surabaya yang berikut ini sebenarnya adalah Soto Ayam H. Suparman. Akan tetapi, warga Surabaya lebih mengenalnya dengan nama “Soto Ayam Imam Bonjol” karena berada di Jalan Imam Bonjol, Surabaya.

Soto ayam di sini menggunakan ayam kampung. Pengunjung bisa memilih potongan daging ayam bagian dada, paha, atau kulit. Kuah soto di sini jernih dan rasanya benar-benar gurih. Dengan tambahan su’un dan koya gurih, maka soto ayamnya jadi semakin enak dan nagih. Kunjungi Soto Ayam H. Suparman ini di Jalan Imam Bonjol  No. 99, Surabaya.

5. Soto Ayam Hartono

Soto Ayam Hartono

* sumber: www.instagram.com

Tidak semua tempat makan soto menyediakan keripik kentang sebagai tambahan untuk menyantap soto. Namun, di Soto Ayam Hartono ini ada topping keripik kentang yang membuat soto ayamnya jadi semakin lezat.

Soto Ayam Hartono adalah salah satu kedai soto yang cukup favorit di kota pahlawan. Meskipun porsinya tidak terlalu banyak, tetapi soto ayamnya enak dan mengenyangkan. Di samping ada tambahan keripik kentang, ada juga tambahan koya gurih di atas soto ayamnya. Soto Ayam Hartono bertempat di Jalan Mas Soenjoto No. 1, Peneleh, Surabaya.

6. Soto Ayam Cak Pardi

Soto Ayam Cak Pardi

* sumber: www.tirtalie.com

Setelah puas berjalan-jalan di Tunjungan Plaza, Anda bisa menyeberang dengan berjalan kaki ke Soto Ayam Cak Pardi. Lokasi warungnya berada di seberang Sheraton Hotel yang berada dengan satu komplek yang sama dengan Tunjungan Plaza.

Menariknya, walau tempatnya sangat kecil dan sempit, Soto Ayam Cak Pardi selalu dipadati pengunjung, terutama di jam makan siang. Kalau tidak mendapat tempat di sana, sebaiknya pesan saja sotonya untuk dibungkus. Lokasi Soto Ayam Cak Pardi ada di Jalan Embong Malang No. 20, Surabaya.

7. Soto Madura Wawan

Soto Madura Wawan

* sumber: jajanankuliner.wordpress.com

Lapar tengah malam dan tiba-tiba ingin makan soto? Yuk, langsung datang ke Soto Madura Wawan yang buka 24 jam. Salah satu soto enak di Surabaya ini selalu menjadi tempat favorit untuk menikmati Soto Madura kapan pun kita mau.

Sebagai pengunjung, kita bisa memilih lauk soto yang ingin dipesan, mulai dari daging sapi, babat, ati otak, dan telur. Selain rasanya enak, harga Soto Madura di sini juga worth it sesuai dengan rasanya yang memang lezat. Berkunjunglah ke Soto Madura Wawan di Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Surabaya.

8. Soto Kudus Kedai Taman

Soto Kudus Kedai Taman

* sumber: jajanankuliner.net

Surabaya memang memiliki sejumlah tempat makan soto yang lengkap. Selain Soto Madura dan Soto Lamongan, ada juga Soto Kudus yang nagih banget. Soto Kudus Kedai Taman ini rasanya memang sama persis dengan Soto Kudus yang dijual di kota asalnya.

Yang membuat makan Anda semakin nikmat ada tambahan lauk seperti perkedel, sate telur puyuh, dan tahu bacem untuk dicampur dengan soto yang dipesan. Tempat makannya juga sangat nyaman dan bersih sehingga Anda pun betah berada di sana. Alamat Soto Kudus Kedai Taman berada di Jalan Taman Gayungsari Timur No. 7, Surabaya.

9. Soto Madura Tapak Siring

Soto Madura Tapak Siring

* sumber: www.instagram.com

Satu lagi soto enak di Surabaya yang wajib banget Anda kunjungi, namanya Soto Madura Tapak Siring. Tempat makan ini juga selalu ramai pengunjung. Selalu ada saja pengunjung yang datang dan pergi silih berganti.

Kenikmatan Soto Madura Tapak Siring ini memang tiada duanya. Daging sapi yang empuk berpadu dengan telur ayam rebus dan kuah soto yang benar-benar kaya rempah. Makan pun semakin lahap jika sotonya ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, sambal, dan sedikit kecap manis. Soto Madura Tapak Siring dapat dikunjungi di Jalan Dharmahusada No. 14C, Surabaya.

10. Soto Ayam Kampung Pak Djayus

Soto Ayam Kampung Pak Djayus

* sumber: travelingyuk.com

Sesuai dengan namanya, soto di sini memang benar-benar menggunakan ayam kampung. Alhasil, rasa sotonya pun jadi semakin enak. Apalagi pada dasarnya kuah sotonya memang sudah sangat gurih dan lezat.

Bagi penggemar telor muda, Soto Ayam Kampung Pak Djayus juga menyediakan lauk telur muda, lho. Namun, kalau ingin makan soto ayam saja Anda cukup memesan soto ayam biasa tanpa tambahan kulit atau telur muda. Lokasi Soto Ayam Kampung Pak Djayus berada di Jalan Manyar No. 81, Menur Pumpungan, Surabaya.

Sudah siap kuliner di 10 soto enak di Surabaya ini? Siapkan uang dan perut Anda untuk bisa mencicipi 10 soto nikmat ini. Kalau Anda penggemar sate, baca artikel sate enak di Surabaya ini untuk melanjutkan wisata kuliner Anda di kota pahlawan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment