bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Sonten

"Sonten" adalah salah satu kata dalam bahasa gaul yang berarti sore. Kata ini digunakan oleh anak muda dan orang-orang dalam pergaulan sehari-hari untuk menyebut waktu sore hari. Misalnya, "Nanti sonten kita ketemuan di kafe, ya!" artinya "Nanti sore kita ketemuan di kafe, ya!"

Asal Muasal Istilah Sonten

Asal usul kata "sonten" cukup menarik untuk ditelusuri. Kata ini sebenarnya merupakan serapan dari bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa, "sonten" berarti sore. Penggunaan bahasa Jawa dalam bahasa gaul menunjukkan bagaimana bahasa daerah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan bahasa gaul di Indonesia.

Kata "sonten" mulai populer di kalangan anak muda di beberapa daerah, khususnya di Jawa. Seiring dengan perkembangan media sosial, kata ini semakin sering digunakan dan dikenal luas di berbagai daerah di Indonesia. Media sosial seperti Instagram, X/Twitter, dan TikTok menjadi salah satu media penyebaran utama kata-kata gaul seperti "sonten".

Penggunaan kata "sonten" biasanya ditemukan dalam percakapan santai antar teman. Kata ini memberikan nuansa yang lebih akrab dan informal, menciptakan suasana yang lebih rileks dalam komunikasi sehari-hari.

Contoh Penggunaan Istilah Sonten:

Inilah beberapa kumpulan penangkapan layar (screenshot) dari cuitan di X/Twitter yang menggunakan istilah “sonten”:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross