Bacaterus / Review Film Barat / Sinopsis dan Review Changeling, Keadilan untuk Seorang Ibu

Sinopsis dan Review Changeling, Keadilan untuk Seorang Ibu

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Changeling merupakan sebuah film bertemakan drama kriminal yang dibintangi oleh aktris kawakan Angelina Jolie dan disutradarai oleh sineas kenamaan Hollywood, Clint Eastwood. Pada tahun 2008 yang silam, film ini sempat menjadi buah bibir karena termasuk dalam jajaran film kelas penghargaan.

Clint dan kawan-kawan berhasil masuk dalam berbagai nominasi penghargaan film kelas dunia, termasuk Academy Award, dan membesut nama Jolie sebagai peraih nominasi aktris terbaik di ajang Oscar satu tahun setelahnya.

Penulis naskah dari film ini adalah penulis komik kenamaan J. Michael Straczynski (JMS) yang dikenal lewat karyanya dalam Spider-Man, Thor, hingga Superman juga Wonder Woman. Agak mengejutkan mendengar penulis Spider-Man mengerjakan film kelas Oscar bukan? Dan sekarang, kita akan membahas film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1928 ini.

Sinopsis

Changeling

*https://wall.alphacoders.com/big.php?i=342540

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Drama, Crime
  • Produksi: Imagine Entertainment
  • Sutradara: Clitn Eastwood
  • Pemeran: Angelina Jolie, John Malkovich, Jeffrey Donovan

Los Angeles, 1928. Christine Collins (Angelina Jolie) menjadi orangtua tunggal bagi putranya, Walter Collins (Gattlin Grifith) yang berusia 9 tahun. Meski begitu, kehidupan Christine bisa dikatakan cukup baik. Ia bekerja sebagai seorang supervisor di sebuah perusahaan operator layanan telepon. Di mana pada masa itu, komunikasi melalui telepon memang masih mengandalkan sambungan melalui perangkat yang dijalankan oleh para operator.

Chrstine bisa dikatakan seorang wanita mapan. Ia tinggal di sebuah kawasan perumahan yang berkelas, bahkan ia mendapat tawaran promosi dari atasannya. Suatu ketika, ia berencana untuk pergi ke bioskop bersama Walter. Tapi, secara mendadak, tugas memanggilnya hingga Christine terpaksa meninggalkan putranya untuk pergi bekerja.

Sepulangnya ia dari kerja lembur, Christine tidak menemukan Walter. Dengan dikuasai perasaan resah, ia mencari putranya tersebut hingga malam tiba. Pada akhirnya, dengan perasaan luluh, Christine menghubungi pihak kepolisian Los Angeles atau LAPD. Tentu saja, ia harus memenuhi prosedur. Karena Walter bisa dikatakan hilang, jika ia tidak kembali ke rumah dalam waktu 24 jam.

Keesokan harinya, polisi mendatangi kediaman Christine untuk meminta keterangan. Namun selang dua minggu, Walter tidak kunjung ditemukan. Sementara itu seorang pendeta bernama Gustav Briegleb (John Malkovich) mulai mengkritik kinerja pihak kepolisian Los Angeles yang korup. Tindakan keras mereka dalam menyelesaikan masalah hukum malah memicu korupsi di jajaran penegak hukum kota itu.

Lima bulan kemudian, pihak LAPD mengklaim bahwa mereka berhasil menemukan Walter di kota DeKalb, negara bagian Illinois. Mendengar kabar tersebut, terang saja Christine bahagia bukan main. Hingga, tiba harinya bagi sang ibu untuk bersua kembali dengan putranya tersebut. Didampingi pihak kepolisian dan wartawan, Christine menyambut kepulangan Walter di stasiun kereta api.

Tapi hal yang mengejutkan terjadi. Ketika Christine melihat sosok anak laki-laki tersebut, tentu saja ia langsung mengetahui bahwa anak itu bukanlah Walter. Sempat menolak untuk mengakuinya, Kapten J.J. Jones (Jeffrey Donovan), bagai memaksa Christine untuk mengakui bahwa ‘Walter’ adalah putranya yang selama ini menghilang.

Kembali ke rumah, tentu saja Christine bertanya-tanya, siapa gerangan anak yang mengaku sebagai Walter tersebut. Lantas, ia juga menemukan bukti fisik bahwa anak laki-laki itu bukanlah putranya. Pertama, dia telah disunat sementara Walter tidak. Kedua, bocah tersebut juga memiliki tinggi tubuh yang berbeda dari Walter yang sebenarnya.

Hal tersebut pun semakin membuat Christine terus berusaha untuk membuktikan pada pihak LAPD bahwa bocah laki-laki tersebut bukanlah putranya. Pendeta Gustav Briegleb (John Malkovich) yang vokal terhadap korupsi yang terjadi di tubuh institusi kepolisian Los Angeles membantunya. Tapi tanpa disangka-sangka, LAPD malah memperlakukan Christine secara tidak adil, hingga mengirimnya ke sebuah rumah sakit jiwa.

Drama Kriminal yang Kental

Drama Kriminal yang Kental

*http://1001plus.blogspot.com/2015/08/every-parents-nightmare.html

Yang membuat Changeling menarik untuk disimak adalah, kita dibawa untuk mengikuti cerita dari sudut pandang Christine Collins. Seorang wanita yang ditinggal pergi oleh sang suami dan harus mencari keberadaan putranya, sementara institusi yang seharusnya membantu dirinya tengah dilanda korupsi.

Ketika menyaksikannya, kita akan dibawa untuk turut merasakan bagaimana perasaan Christine ketika kehilangan putra terkasih, lantas dipaksa menerima keberadaan seorang anak laki-laki asing untuk menjadi putranya. Di sinilah kita akan menemukan bahwa Clint dan JMS menggarap film mereka dengan begitu apik.

Pertanyaan-pertanyaan seperti: di mana Walter selama ini berada? Apakah anak laki-laki tersebut Walter sungguhan, atau memang bukan? Mungkin akan timbul seiring dengan berjalannya cerita. Lantas, tokoh minor detektif Lester Ybarra (Michael Kelly) masuk, dan mulai menguak tabir di balik menghilangnya Walter.

Bukan Sesuatu yang Baru

Bukan Sesuatu yang Baru

*https://letterboxd.com/film/changeling/

Meski menampilkan sudut pandang Christine Collins sebagai seorang wanita yang tengah mencari keadilan dengan begitu baik, bagi kamu yang hobi menyaksikan film-film Hollywood mungkin akan merasa bahwa ini bukanlah sesuatu yang baru. Jika ada yang masih ingat atau pernah menyaksikannya, Changeling akan mengingatkan kita pada film Erin Brockovich hasil garapan sutradara Steven Soderbergh.

Perbedaannya, jika Christine mencari keadilan untuk dirinya sendiri dan dihadapkan dengan sistem yang korup, Erin Brockovich adalah wanita yang membongkar skandal perusahaan Pacific Gas & Electronic Company atau PG&E di Amerika Serikat. Apalagi, keduanya sama-sama diangkat dari kisah nyata.

Meski begitu, kisah Changeling tetap menarik untuk disimak. Korupsi dalam tubuh LAPD pun bisa menyulut emosi kamu yang menyaksikan film ini. Terutama, saat Kapten J.J. Jones malah mengirim Christine ke rumah sakit jiwa, karena perjuangan sang ibu dalam mencari kejelasan nasib anaknya dinilai mulai mengancam citra kepolisian Los Angeles.

Angelina Jolie Memang Brilian

Angelina Jolie Memang Brilian

*https://ladylavinia1932.wordpress.com/2011/04/25/changeling-2008-review/

Para anak 90-an mungkin akan mengingat seorang Angelina Jolie sebagai Lara Croft karakter utama film adaptasi game Tomb Rider. Reputasi Angie sebagai seorang action woman juga begitu melekat dalam ingatan kita karena aksinya dalam Mr. & Mrs. Smith, Wanted, kemudian Salt. Tapi dalam Changeling, kamu akan segera menyingkirkan image jagoan dari diri sang aktris.

Karena dalam film ini, Angelina Jolie sukses memerankan seorang ibu yang tengah dilanda kebingungan karena satu-satunya anak yang ia kasihi menghilang tanpa jejak. Ia berhasil menampilkan kegusaran karakter Christine dengan sangat baik. Terutama, ketika LAPD bertindak seolah Christine lah yang melakukan kesalahan.

Adegan-adegan Christine saat berada dalam rumah sakit jiwa juga akan membuat kita merasa tersentuh. Tidak mengherankan memang, jika Changeling membawa nama Angie untuk dinominasikan sebagai aktris pemeran utama terbaik dalam berbagai ajang penghargaan film internasional.

Kisah Nyata

Kisah Nyata

*https://www.pinterest.com/pin/469711436108608874/

Seperti yang kita bahas, Clint Eastwood menciptakan Changeling berdasarkan sebuah kasus nyata di tahun yang sama. Apa yang terjadi di dalam film ini, berhubungan dari peristiwa pembunuhan yang dikenal dengan nama Wineville Chicken Coop Murders.

Di mana, otak dari kasus kriminal ini adalah Gordon Stewart Northcott, seorang warga negara Kanada yang melakukan penculikan, pemerkosaan dan pembunuhan terhadap anak-anak di kota Los Angeles. Lantas, tokoh Kapten J.J. Jones juga merupakan seorang petugas kepolisian Los Angeles pada masa itu, yang menangani ‘kepulangan Walter’.

Semua perstiwa yang ditampilkan dalam film Changeling memang sesuai dengan apa yang terjadi pada tahun 1928, termasuk detil tentang ditemukannya ‘Walter’. Hanya saja, dalam film ini kita juga akan dibawa untuk menyaksikan kasus Wineville Chicken Coop Murders dengan bumbu yang agak berbeda dari cerita sebenarnya.

Seperti biasa, kita pun tiba dalam pertanyaan: apakah Changeling wajib tonton? Jika kamu adalah pecinta genre drama, terutama drama kriminal, ya. Kamu harus nonton film garapan Clint Eastwood ini. Salah satu faktor yang membuat kita patut mengacungi jempol untuk para sineas yang mengerjakannya adalah, bagaimana Clint dan kawan-kawan menerjemahkan setting tahun 1928 dengan baik.

Apalagi, saat mengetahui bahwa film ini berdasarkan dari kisah nyata. Tentu kamu akan menjadi penasaran dan ingin mencari tahu, seperti apa peristiwa asli dari kasus Wineville Chicken Coop Murders ini. Lantas, cara Clint juga JMS menghubungkan misteri hilangnya Walter dengan peristiwa mengenaskan tersebut juga bisa dikatakan smart, layaknya kisah-kisah bergenre suspense pada umumnya.

Itu dia, pembahasan kita tentang film Changeling yang dapat kamu saksikan lewat jaringan Netflix. Kami akan terus membahas tayangan-tayangan seru Netflix lainnya, tetap di Bacaterus.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *