Bacaterus / FYI / 10 Simbol Bahan Kimia Berbahaya yang sering Kita Temui

10 Simbol Bahan Kimia Berbahaya yang sering Kita Temui

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Disadari atau tidak, kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari bahan-bahan kimia. Istilah bahan kimia sendiri sering keliru diartikan oleh masyarakat. Kebanyakan beranggapan istilah ‘bahan atau zat kimia’ merujuk pada bahan-bahan kimia berbahaya. Padahal bahan kimia sendiri tak selalu berkonotasi negatif.

Bila kamu tidak menyadarinya, air yang kita minum merupakan zat kimia. Udara yang kita hirup adalah zat kimia. Pakaian yang kita kenakan sehari-hari juga tidak tepat bila tidak disebut zat kimia.

Semua hal yang terdapat di sekeliling kita, termasuk diri kita sendiri juga tersusun dari berbagai jenis zat kimia. Inilah mengapa bahan atau zat kimia tidak selalu diartikan sebagai bahan yang berbahaya.

Meskipun begitu, kita tetap harus bisa membedakan mana zat kimia yang aman dan mana yang tidak. Maka dari itu, kali ini Bacaterus akan menyebutkan simbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita dan sering kita temui.

1. Mudah Terbakar (Flammable)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_mudah terbakar (Copy)

Bila kamu menemukan simbol bergambar api pada produk yang kamu beli, itu berarti terdapat zat kimia dalam formulasi produk yang mudah terbakar jika terjadi kontak dengan udara dan sumber api. Biasanya simbol ini dapat kamu temukan contohnya pada rubbing alcohol, tabung gas, cat, bahan pencuci, dan masih banyak lagi.

Ketika menemukan simbol berbentuk api ini sebaiknya kamu segera menyingkirkan produk agar tidak berdekatan dengan sumber api ataupun sumber panas tinggi.

2. Berbahaya untuk Lingkungan (Environmental Hazard)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_berbahaya bagi lingkungan (Copy)

Bila kamu concern terhadap pelestarian lingkungan, kamu mungkin sudah tidak asing dengan simbol satu ini. Pada piktogram simbol terdapat animasi pohon dan ikan yang mati dalam kubangan air berwarna hitam. Piktogram ini cukup untuk merepresentasikan kerusakan lingkungan yang terjadi karena kandungan bahan kimia dalam sebuah produk.

Simbol environmental hazard menotasikan produk yang kamu gunakan dapat berdampak buruk pada kelangsungan ekologi, seperti pencemaran lingkungan, kematian organisme, dan sebagainya dalam kurun waktu lama. Simbol ini merupakan lawan dari simbol eco-friendly.

3. Mudah Meledak (Explosive)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_mudah meledak (Copy)

Simbol mudah meledak tak hanya bisa ditemukan pada produk-produk tertentu saja. Kamu mungkin juga pernah menemukan simbol explosive pada pabrik tertentu.

Benar, simbol ini menyatakan bahwa terdapat bahan atau sediaan yang bersifat mudah meledak. Sifat ini dapat terjadi bila bahan-bahan tersebut salah diperlakukan misalnya bila terkena benturan, gesekan, pemanasan, interaksi dengan api, atau karena bereaksi dengan bahan lain.

Ledakan yang terjadi juga bisa bermacam-macam sesuai dengan karakter bahan kimia yang digunakan. Ada yang dapat menyebabkan ledakan masal, projeksi ledakan yang parah, atau ledakan yang disertai kebakaran. Piktogram dari simbol ini adalah gambar bom yang tengah meledak.

4. Korosif (Corrosive)

Dari namanya mungkin kamu bisa menebak bahwa simbol ini menyatakan bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya korosi. Tapi korosi di sini tidak hanya diartikan pada besi saja, ya.

Bahan kimia yang bersifat korosif memiliki arti dapat merusak jaringan hidup bila terkena kontak langsung. Contohnya dapat menimbulkan sensasi terbakar pada mata dan tangan. Karena itulah piktogram dari korosi digambarkan dengan tangan dan logam yang tertuang bahan kimia.

Bahan kimia yang biasa kamu temukan dan bersifat korosi adalah cuka, pembersih pipa, ammonia, dan masih banyak lagi. Tingkat keasaman suatu bahan kimia juga dapat menjadi tolak ukur kemampuan korosinya. Jadi hati-hati, ya.

5. Beracun (Toxic)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_toxic (Copy)

Simbol bahan kimia berbahaya yang digambarkan dengan piktogram tengkorak ini memiliki arti beracun. Jadi, bila kamu menemukan produk dengan lambang ini, dapat dipastikan terdapat bahan kimia beracun di dalamnya meskipun jumlahnya sangat sedikit.

Bahan kimia yang beracun dapat membahayakan kesehatan siapapun yang terkena kontak langsung. Bahan-bahan ini akan sangat fatal bila tertelan, terkena kulit, dan/atau terhirup. Tak jarang bahan kimia berbahaya dengan simbol toxic juga dapat menyebabkan kematian.

6. Radioaktif (Radioactive)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_radioaktif (Copy)

Kamu mungkin sering menemukan simbol ini di area industri atau ketika menonton film. Tanda ini sering sekali muncul pada film-film layar lebar yang melibatkan cerita di kawasan perindustrian. Simbol radioaktif digambarkan dengan piktogram seperti kipas angin. Simbol radioaktif ini juga disebut sebagai trefoil.

Bahan radioaktif dapat memancarkan gelombang radiasi yang bisa menyebabkan efek racun bagi siapapun yang terpapar. Efek racun yang disebabkan oleh paparan radiasi ini akan berdampak sangat fatal. Bahkan tak sedikit pula yang menyebabkan terjadinya mutasi DNA hingga kematian.

7. Membahayakan Kesehatan (Health Hazard)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_berbahaya (Copy)

Piktogram dari simbol ini cukup simpel, yaitu bentuk tanda seru. Simbol satu ini menunjukkan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi bila terkena kontak. Iritasi yang dimaksud bukan hanya pada kulit, tetapi pada sistem pernafasan, mata, dan juga bisa membuat kepala terasa pusing.

Bahan kimia dengan lambang ini tetap berbahaya bagi kesehatan meski memang tidak terlalu merusak seperti toxic dan korosif. Namun kamu tetap harus berhati-hati bila menemukan simbol ini pada suatu produk atau di kawasan tertentu.

8. Sangat Membahayakan Kesehatan (Serious Health Hazard)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_membahayakan kesehatan (Copy)

Berbeda dengan simbol health hazard, simbol serious health hazard menandakan bahwa bahan kimia yang digunakan akan membahayakan kesehatan dengan fatal walaupun yang digunakan berjumlah sangat sedikit. Bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari bahan kimia dengan simbol ini juga bisa berkepanjangan, lho. Mengerikan sekali, bukan?

Contoh bahaya yang bisa terjadi bila seseorang tak sengaja kontak langsung dengan bahan kimia bersimbol serious health hazard adalah kerusakan organ, cacat genetik, kemandulan, kanker, bahkan kematian. Jadi jangan sekali-kali bermain dengan bahan kimia atau produk berlabel simbol ini, ya.

9. Mengoksidasi (Oxidizing)

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_mudah mengoksidasi (Copy)

Simbol yang satu ini sekilas mirip dengan simbol flammable karena sama-sama menggunakan piktogram api sebagai simbolnya. Hanya saja, simbol oksidasi digambarkan dengan api berbentuk huruf O pada bagian badannya.

Huruf O mengartikan oksigen dan nyala api menyatakan bahwa bahan ini dapat menyebabkan kebakaran besar bila tidak ditangani dengan tepat. Pasalnya bila terjadi kebakaran, bahan dengan simbol pengoksidasi akan memperparah kobaran api karena bahan ini cenderung menghasilkan oksigen. Dan seperti yang kita tahu, oksigen akan membuat kobaran api semakin membesar.

Beberapa produk yang biasanya disematkan lambang ini dalam kehidupan sehari-hari adalah oksigen medis serta produk pemutih.

10. Gas Under Pressure

SImbol bahan kimia berbahaya di sekitar kita_Gas dalam tekanan (Copy)

Simbol yang satu ini terhitung baru namun sangat bermanfaat disematkan pada produk-produk gas yang diberi tekanan. Contohnya adalah macam-macam gas dalam tabung. Simbol ini bermakna bahwa gas yang terdapat dalam botol dapat meledak bila dipanaskan.

Selain itu, bila gas yang digunakan adalah gas berpendingin, simbol ini juga berarti bahwa gas tersebut dapat menyebabkan cedera atau luka bakar. Jadi hati-hati ya ketika memegang tabung gas dengan simbol satu ini.

Itulah tadi 10 simbol bahan kimia berbahaya yang mungkin beberapa diantaranya sering kamu temukan baik di rumah atau ketika berjalan-jalan ke suatu tempat. Pokoknya, hati-hati bila menemukan simbol-simbol tersebut.

Usahakan untuk selalu membaca cara pemakaian dan penyimpanan produk yang memiliki gambar simbol tersebut agar kamu tidak keliru dalam menggunakannya. Sehingga resiko bahaya pun bisa dihindari. Be careful, be mindful!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *