Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 10 Jenis Shuttlecock yang Bagus untuk Bermain Bulutangkis

10 Jenis Shuttlecock yang Bagus untuk Bermain Bulutangkis

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2018

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Olahraga ini juga telah banyak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Saking populernya olahraga tepok bulu ini di Indonesia, kita hampir bisa menemukan GOR bulutangkis di tiap kota.

Bermain bulutangkis cukup mudah dan murah. Standarnya, kamu hanya perlu memiliki sebuah raket (baca di sini tentang cara memilih raket badminton yang bagus dan berkualitas), shuttlecock, net, dan tentu saja lapangannya. Bulutangkis dapat dimainkan oleh minimal dua orang (single) dan maksimal 4 orang (double).

Shuttlecock adalah salah satu hal penting dalam bulutangkis. Biasanya, shuttlecock atau kok terbuat dari bulu angsa atau bebek, namun ada juga yang terbuat dari plastik atau nylon. Pembuatannya juga harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Ada banyak sekali perusahaan lokal atau internasional yang membuat shuttlecock. Brand shuttlecock terbaik saat ini (dan sudah diakui oleh BWF/Badminton World Federation) masih dipegang oleh perusahaan asal Jepang, yaitu Yonex. Walaupun demikian, kita juga memiliki brand lokal dengan kualitas yang bagus.

Nah, berkaitan dengan hal ini, kini Bacaterus akan membahas beberapa macam shuttlecock yang bagus yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang suka bermain bulutangkis. Daftar ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang memiliki penilaian bagus terhadap shuttlecock di bawah ini.

10 Jenis Shuttlecock yang Bagus

1. Yonex Aerosensa

Yonex Aerosensa

Yonex Aerosensa saat ini berada di jajaran shuttlecock terbaik untuk bermain bulutangkis, terutama untuk kalangan profesional. Seperti diketahui sendiri kalau Yonex adalah perusahaan Jepang pembuat alat-alat olahraga yang sangat berkualitas dan terkenal di seluruh dunia.

Yonex Aerosensa merupakan shuttlecock resmi untuk banyak turnamen bulutangkis terbaik dunia seperti Thomas & Uber Cup Finals, BWF World Junior Championships, Badminton Asia Championships, YONEX All England Open Badminton Championships, Yonex Denmark Open, YONEX OPEN JAPAN, Malaysia Open, YONEX-SUNRISE India Open, YONEX Badminton French Open, YONEX-SUNRISE Hong Kong Open, dan Indonesia Open.

Teknologi yang dirancang secara presisi di setiap shuttlecock YONEX jenis bulu ini secara ekstensif diperiksa dan diuji untuk menjamin performa yang konsisten. Standar yang tinggi ini juga telah membuat produk shuttlecock Yonex ini adalah pilihan resmi dari pertandingan bulutangkis di Olimpiade London 2012.

Shuttlecock Yonex Aerosensa terbuat dari material gabus yang 100% solid serta bulu angsa yang berkualitas tinggi. Yonex Aerosensa merupakan pilihan yang tepat bagi para pemain profesional, baik digunakan untuk latihan atau bertanding di berbagai turnamen.

Ada beberapa pilihan shuttlecock ini seperti Aerosensa 50, Aerosensa 40, Aerosensa 30, Aerosensa 20, dan Aerosensa 10. Semuanya telah disetujui oleh BWF (Badminton World Federation) untuk pertandingan internasional. Namun, yang terbaik tentu saja adalah Aerosensa 50. Untuk memiliki kok ini, Anda bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

2. Yonex Aeroclub

Yonex Aeroclub

Aeroclub merupakan salah satu seri shuttlecock Yonex berbahan bulu. Mengapa harus memilih shuttlecock Yonex Aeroclub? Yonex mengatakan bahwa kok ini sangat ideal digunakan untuk latihan dan pertandingan bulutangkis. Shuttlecock ini terbuat dari material gabus komposit dan bulu bebek yang berkualitas.

Lebih lanjut lagi, Yonex memaparkan bahwa shuttlecock ini dibuat secara presisi untuk memastikan kecepatan, jarak, dan kinerja stabilitas yang tepat dalam suhu dan lingkungan yang berbeda. Selain itu, desainnya yang presisi juga mampu memberikan pemulihan yang sangat cepat dan lintasan yang stabil.

Jika kamu seorang pemain bulutangkis profesional, maka Yonex Aeroclub bisa menjadi pilihan shuttlecock yang tepat untuk menunjang aktivitas tepok bulumu. Shuttlecock Yonex Aeroclub dijual dengan beberapa macam pilihan (atau tingkatan) seperti Aeroclub 33, Aeroclub 11, dan Aeroclub Tour. Karena kualitasnya yang sangat bagus, kok ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi pula. Silakan beli koknya di Bukalapak lewat link ini.

3. YONEX MAVIS Series

Yonex Mavis

Yonex Mavis Series adalah produk shuttlecock lain dari Yonex yang berbahan nylon. Jika kamu bermain bulutangkis hanya untuk bersenang-senang, maka Yonex Mavis Series adalah salah satu rekomendasi yang bagus. Selain masih cukup terjangkau harganya, brand Yonex sudah tentu membawa banyak keunggulan dibanding yang lainnya.

Shuttlecock ini dirancang secara presisi dan diproduksi untuk memberikan kinerja ‘terbang’ yang akurat. Dengan demikian, akan cukup mudah bagimu untuk menguasai jalannya permainan karena koknya bekerja dengan baik.

Terdapat setidaknya delapan jenis shuttlecock Yonex Mavis Series ini, yaitu Mavis 2000, Mavis 600, Mavis 500, Mavis 370, Mavis 350, Mavis, 300, Mavis 10, dan Mavis 7. Setiap dari mereka pastinya memiliki keunggulan ‘durability’ atau daya tahan masing-masing dan kamu bisa memilih salah satu yang cocok denganmu.

4. Victor Master Ace

Victor Master Ace

Victor merupakan perusahaan pembuat perlengkapan olahraga bulutangkis yang didirikan di Taipei, Taiwan pada tahun 1968. Selain shuttlecock, Victor juga membuat raket badminton, sepatu badminton, kaos badminton, dan aksesoris-aksesoris olahraga tepok bulu lainnya.

Salah satu jenis shuttlecock terkenal dari Victor adalah Victor Master Ace. Beberapa orang mengatakan bahwa Master Ace hampir mirip dengan Yonex Aerosensa. Shuttlecock ini terbuat dari material bulu angsa dengan kepala seluruhnya dari gabus.

Kok ini juga sudah diakui oleh BWF untuk digunakan dalam pertandingan bulutangkis tingkat internasional. Kualitas shuttlecock ini juga sangat baik karena memiliki daya tahan yang bagus, konsisten, serta kemampuan terbang yang baik. Kok ini bisa kamu dapatkan di Bukalapak lewat link ini.

5. Victor Gold

Victor Gold

Jika Victor Proace terbuat dari bulu angsa, maka Victor Gold terbuat dari bulu bebek berkualitas dan gabus komposit. Jika dibandingkan dengan produk Yonex, Victor Gold hampir mirip dengan Yonex Aeroclub yang juga dibuat dengan material yang sama.

Tingkat kecepatan shuttlecock ini tersedia dalam beberapa kecepatan. Kemampuan terbangnya berada di level 9/10, sedangkan durability-nya ada di 9/10. Shuttecock ini cocok untuk kamu gunakan untuk berlatih bulutangkis atau bertanding di lapangan. Untuk membeli kok ini, Anda bisa kunjungi Bukalapak di link ini.

6. Proteam Gold

Proteam Gold Shuttlecock

Shuttlecock Proteam Gold ini terbuat dari material karet polimer hidrokarbon dan bulu angsa. Diameter gabusnya sekitar 2,5 cm hingga 2,8 cm dengan panjang 62 mm hingga 70 mm. Saat digunakan bermain, shuttlecock ini tidak bergoyang atau berputar. Selain itu, kepala shuttlecocknya juga tidak mudah lepas. Kok ini cocok kamu pakai untuk bermain level menengah ke atas atau pun untuk latihan.

7. Flypower Gold

Flypower Gold

Flypower Shuttlecock Gold Badminton merupakan shuttlecock berbahan natural crashed cork + PU (polyurethane) dan premium duck feathers 16 helai dengan panjang 60-70 mm, dengan speed 76. Flypower Gold termasuk shuttlecock premium dan nyaman digunakan saat digunakan bermain.

8. Sinar Mutiara 800 Gold

Sinar Mutiara 800 Gold

Shuttlecock ini adalah salah satu yang telah diakui oleh PBSI. Sinar Mutiara 800 Gold ini terbuat dari material kombinasi plastik dan sintetis. Kecepatan kok ini adalah 78 dan cukup bagus untuk digunakan di berbagai macam pertandingan. Merk kok yang satu ini bisa kamu dapatkan secara mudah melalui situs Bukalapak di link ini.

9. Gajah Mada Internasional

Gajah Mada Internasional

 

Shuttlecock Gadjah Mada International ini memiliki kecepatan 78 dan termasuk kok yang berkualitas baik. Saat digunakan juga, kok Gajah Mada Internasional bisa terbang stabil dan awet. Harga untuk satu slop (isi 12 shuttlecock) masih di kisaran angka Rp 100rb-an di Bukalapak lewat link ini.

10. Garuda International

Garuda International

Produk Garuda adalah salah satu produk lokal yang populer. Salah satu produk shuttlecock unggulan Garuda adalah Garuda International yang berbahan bulu angsa. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka merasa nyaman menggunakan kok Garuda Internasional saat bertanding. Jika tertarik untuk membelinya, silakan kunjungi Bukalapak di link ini.

Itulah beberapa jenis dan merk shuttlecock yang memiliki kualitas bagus. Harga yang ditawarkan oleh kok-kok di atas berbeda-beda. Harga paling tinggi ada di kisaran Rp 500rb-an per slop dan itu adalah kualitas yang terbaik. Sedangkan untuk yang paling murah kira-kira Rp 100rb-an per slop. Jadi, pilih yang cocok untukmu ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment