Bacaterus / Inilah Jenis-jenis Serum dan Masker Wajah untuk Aging Skin

Inilah Jenis-jenis Serum dan Masker Wajah untuk Aging Skin

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kulit kita tidak akan selalu prima seperti ketika berumur 20-an selamanya. Akan ada masanya kulit menua. Biasanya tanda-tanda penuaan kulit muncul ketika usia kita berkepala tiga. Lalu, apakah ada cara untuk menghambat itu terjadi? Tentu saja ada. Skincare adalah salah satu cara yang efektif. Skincare bisa berupa pencuci muka, krim malam, pelembab (day cream), serum dan masker wajah.

Dari sekian banyak skincare untuk aging skin, serum dan masker wajah agak sedikit terlupakan dibandingkan night cream. Banyak orang beranggapan serum dan masker wajah itu cuma langkah tambahan dalam rejimen skincare yang bisa dilewati. Padahal serum memiliki ukuran molekul yang lebih kecil dan bahan aktif yang kuat dan terkonsentrasi, sehingga, serum wajah anti-penuaan yang baik akan bekerja dengan cepat menembus ke dalam kulit dan Anda pun dapat melihat hasilnya secara langsung.

Jenis Serum Wajah untuk Aging Skin

Itulah sebabnya ahli kulit menyarankan serum sebagai kunci utama perawatan kulit rutin anti-penuaan Anda. Serum bertekstur ringan dan mudah diaplikasikan, yang diperlukan hanyalah beberapa tetes untuk menuai manfaat anti-aging seperti melenyapkan garis-garis halus, mencerahkan warna kulit, menyamarkan noda, meratakan tekstur kulit dan masih banyak lagi.

Tapi, ada banyak sekali jenis serum di dunia ini. Bacaterus akan mempersempitnya dengan memberi tahu Anda pilihan jenis serum terbaik untuk aging skin.

  • Serum untuk Menghilangkan Garis Halus

Salah satu tanda penuaan kulit yang paling kentara adalah garis halus. Jika Anda masih bingung antara garis halus dan kerutan, perbedaan utamanya terletak pada kedalaman lipatan di kulit. Garis-garis halus sangat ringan, sedangkan kerutan lebih dalam. Jika garis halus tidak diatasi segera, mereka bisa berevolusi menjadi kerutan.

Tapi, ada serum yang dikenal mampu mengatasi garis halus sekaligus kerutan dengan baik. Dia adalah Kiehl’s Powerful Strength Line Reducing Concentrate. Serum ini terbukti secara klinis dapat membuat kulit bersinar dan halus, serta mengurangi garis dan kerutan setelah 2 minggu.

  • Serum untuk Menghilangkan Flek/Noda Hitam

Dark spot atau noda hitam merupakan masalah tingkat selanjutnya pada aging skin. Dark spot bisa tercipta akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, tanda lahir, genetik dan sebagainya. Memang fake freckles makeup sempat menjadi tren, tapi tak jarang orang yang terlahir dengan freckles alami mengalami masalah kepercayaan diri. Apalagi jika kulit menua, maka kulit akan semakin lama meregenerasi dirinya sendiri sehingga flek hitam pun nampak “abadi”.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan serum yang dibuat khusus untuk melawan noda hitam. Salah satunya seperti Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution. Serum ini dapat menyamarkan bintik hitam dengan sangat baik. Selain itu, dia juga akan mencerahkan kulit dan seiring berjalannya waktu turut meratakan warna kulit juga.

  • Serum Penantang Usia

Age defying serum atau serum penantang usia juga sebaiknya mulai Anda gunakan sejak dini. Pasalnya, produksi kolagen di lapisan dermis mulai menurun saat Anda memasuki usia pertengahan 20-an. Dengan menggunakan serum penantang usia seperti Kiehl’s Age Defender Power Serum, kulit Anda yang tadinya kendur pun bisa terangkat kembali. Serum anti-kerut ini mengandung ekstrak cypress (sanobar) yang akan menjadi pertahanan pertama terhadap efek penuaan kulit.

Ya, itulah beberapa tipe serum yang sebaiknya sudah mulai digunakan untuk memperlambat datangnya penuaan kulit. Tipe serum lainnya yang bisa Anda coba adalah serum malam hari (coba Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate), peeling serum (coba Kiehl’s Nightly Refining Micro-Peel Concentrate), serta perata tekstur kulit dan plumping kulit (coba Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate).

Jenis Masker Wajah untuk Aging Skin

Satu hal yang orang-orang tidak sadari tentang bertambahnya usia adalah seberapa banyak kulit Anda akan berubah. Selain serum, perawatan kulit untuk melawan penuaan dini yang terbaik adalah masker wajah. Masker wajah adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang paling terkonsentrasi, dan Anda hanya perlu menggunakannya sekali atau dua kali seminggu. Ada banyak masker wajah di pasaran yang mengklaim secara khusus diformulasikan untuk kulit yang menua. Akan tetapi, tidak semua bekerja sesuai dengan janji mereka.

Ada beberapa kandungan dalam masker yang harus Anda perhatikan jika ingin melawan tanda-tanda penuaan. Pertama adalah antioksidan. Kandungan ini membantu menyehatkan dan memperkuat kulit. Dia juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan, warna kulit yang tidak merata, serta merevitalisasi penampilan keseluruhan kulit.

Kedua adalah Asam alfa hidroksi atau lebih dikenal dengan AHA biasanya ditemukan di banyak produk anti-penuaan. Senyawa ini membantu mengelupaskan sel kulit mati, sehingga kulit yang baru dan lebih cerah dapat bersinar. Lalu, ada pula asam hyaluronic. Ketika kulit menua, mereka tidak bisa menahan kelembaban alaminya dengan baik. Nah, hyaluronic acid akan membantu melindungi kulit sekaligus juga menahan kelembaban alami kulit.

Jika Anda pusing masker wajah mana saja yang sekiranya memiliki kandungan dan manfaat anti-aging, Bacaterus akan memberikan beberapa rekomendasinya di bawah ini.

  • Masker Wajah Penghidrasi Kulit

Kiehl’s Instant Renewal Concentrate Mask adalah masker wajah lembaran (tissue mask) yang diformulasikan dengan minyak Amazon. Masker ini dapat membantu melembabkan dan menghidrasi kulit. Masker dengan material biocellulose-hydrogel dirancang untuk menyesuaikan dengan semua bentuk wajah. Gunakan masker ini untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

  • Masker Pengencang Kulit

Kehilangan kekencangan dan elastisitas? Kiehl’s Ginger Leaf & Hibiscus Firming Mask bisa membantu Anda. Masker ini mengandung botanical hibiscus dan ginger leaf yang akan menghaluskan dan mengencangkan penampilan kulit. Masker wajah ini dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan halus dalam semalam saja. Masker ini juga membantu mengurangi penampilan garis-garis halus dari waktu ke waktu.

Ya, itulah beberapa jenis serum dan masker wajah yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghambat tanda-tanda penuaan atau melawan tanda-tanda aging skin yang sudah terbentuk. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali vitalitas kulit seperti sewaktu Anda muda dulu, selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *