Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Judul Serial TV Amerika Terbaik yang Tidak Lanjut Tayang

10 Judul Serial TV Amerika Terbaik yang Tidak Lanjut Tayang

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 November 2018

Istilah binge-watching atau maratonton sekarang mungkin sudah terdengar tidak seasing sebelumnya, biasanya digunakan ketika kita tengah menonton sesuatu secara terus-menerus, terutama serial televisi. Sudah banyak situs atau bahkan aplikasi yang menyediakan banyak judul serial televisi luar yang bisa kita tonton, entah itu untuk hiburan atau untuk keperluan lain.

Memilih serial TV yang sesuai dengan minat kita, mungkin tidak cukup mudah. Sering kali karena terlalu banyak pilihan, kita justru jadi bingung. Namun, yang lebih buruk adalah ketika kita sudah kepincut dengan satu atau sekian serial TV, justru kita ditimpa kabar buruk kalau serial TV tersebut tidak lanjut tayang. Wah, apes banget!

Kali ini Bacaterus akan mengulas 10 serial televisi yang benar-benar tidak lanjut tayang, meskipun cukup banyak penggemarnya yang masih menunggu-nunggu sampai sekarang. Yuk, cari tahu apa saja!

1. Party Down (2009 – 2010)

party down

Semua orang pasti punya mimpi, begitu pula dengan Henry. Sayangnya, ia merasa umurnya sudah terlalu tua untuk bisa meraih mimpinya, yaitu menjadi seorang bintang di Los Angeles. Oleh karena itu, Henry memutuskan untuk menjadi bartender di Party Down Catering.

Premis awal tersebut mengantarkan kita ke dalam setting dan cerita yang penuh dengan karakter-karakter yang memiliki keunikan mereka masing-masing. Ada Casey yang kocak, Ron si bos yang baik hati, dan berbagai karakter lain dengan cerita dan latar belakang mereka sendiri.

Sayangnya, pada tahun 2010, serial TV ini terpaksa tidak lanjut tayang karena hanya mendapatkan 700.000 penonton setelah season kedua. Selain itu, terdapat juga permasalahan kontrak beberapa aktor dan kurangnya usaha pengiklanan. Padahal, tayangan ini meraih rating 8,3 versi IMDb, lho!

2. Deadwood (2004 – 2006)

deadwood

Deadwood berkisah tentang para masyarakat kota Deadwood di Dakota Selatan pada tahun 1800-an, sebuah kota yang diliputi intrik kejahatan serta korupsi yang merajalela. Wild Bill Hickok, seorang mantan pekerja hukum, datang bersama dengan Seth Bullock, seorang pria yang mengharapkan permulaan baru dalam hidupnya.

Sayangnya, mereka langsung dipandang negatif dan dicurigai oleh Al Swearengen, pemilik saloon, operator hotel, dan penguasa Deadwood. Kehidupan mereka bertiga tentunya melibatkan kehidupan orang-orang di sekitarnya, menelurkan berbagai cerita rumit yang gelap dan cukup mendebarkan.

Meskipun berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe tahun 2005 untuk penghargaan Penampilan Aktor Terbaik dalam Serial Televisi kategori Drama dan menjadi Top Rated TV nomor 75 versi IMDb, Deadwood tidak dilanjutkan penayangannya. Namun, usut punya usut, serial TV ini akan ditayangkan kembali dalam wujud film, lho. Semoga benar-benar terwujud, ya!

3. Arrested Development (2003 – 2013)

arrested development

Seperti kata pepatah, roda kehidupan akan selalu berputar. Kadang kita berada di atas, kadang berada di bawah. Pepatah ini akan sangat cocok jika diterapkan pada keluarga Bluth, mantan keluarga pengusaha besar pengembangan real estate di Orange County, California, karena mereka tiba-tiba jatuh di roda bawah kehidupan, dengan uang lenyap dan aset-aset dibekukan.

Keluarga Bluth yang sudah terbiasa dimanjakan dengan kemewahan tidak bisa hidup serba pas-pasan. Sulit untuk mereka beradaptasi. Ditambah lagi, lantaran George sang kepala Keluarga Bluth dipenjara, Michael anaknya menghadapi banyak masalah untuk mengatur keluarganya yang manja.

Serial ini sebenarnya sudah berhasil menarik perhatian banyak kritik dan ajang penghargaan bergengsi, tapi Arrested Development tetap kekurangan rating dan penonton. Akhirnya, tayangan pun tidak dilanjutkan pada tahun 2013. Namun, Variety mengabarkan bahwa serial komedi ini akan lanjut tayang di Netflix, lho!

4. Pushing Daisies (2007 – 2009)

pushing daisies

Ned, seorang pembuat kue pie, memiliki sebuah kemampuan khusus yang membuatnya dapat membangunkan kembali orang mati hanya dengan satu sentuhan. Namun, jika ia menghidupkan satu orang mati, orang tersebut hanya boleh hidup selama satu menit saja dan harus kembali ke keadaan tak bernyawa. Jika tidak, nyawa orang lain bayarannya.

Konsekuensi ini tidak begitu diindahkan oleh Ned ketika ia menghidupkan kembali kekasih masa kecilnya, Chuck. Ned tidak repot-repot membiarkan Chuck kembali tak bernyawa, tak peduli risiko yang harus ia bayar. Akibatnya, terjadi banyak misteri pembunuhan di sekitarnya. Bersamaan dengan Chuck dan temannya Cod, Ned memecahkan misteri-misteri tersebut.

Serial ini berhasil meraih 3 penghargaan Golden Globes, dengan rating 8,4 versi IMDb. Namun, tetap saja, Pushing Daisies harus berhenti tayang pada tahun 2009 di season keduanya.

5. Dead Like Me (2003 – 2004)

dead like me

Georgia Lass, yang lebih suka dipanggil George, adalah seorang gadis yang tidak bahagia. Ia keluar dari kuliahnya dan selalu bertengkar dengan ibunya, Joy. Suatu ketika, akibat sebuah kemalangan yang tidak dapat dihindari, George meninggal dunia.

Namun, cerita tidak berhenti sampai di sana. George bangun kembali dan direkrut untuk menjadi pencabut nyawa. Sayangnya, meskipun seolah diberikan kesempatan kedua, George tidak menyukai pekerjaannya dan tetap asal-asalan melakukan pekerjaannya sebagai pencabut nyawa.

Penghargaan Primetime Emmy mengajukan serial ini untuk masuk ke dalam dua nominasi bergengsi pada tahun 2004. Meski demikian, Dead Like Me harus menghadapi ajalnya sendiri, yaitu dengan tidak lanjutnya penayangan hanya setelah serial ini mengembangkan season keduanya.

6. Veronica Mars (2004 – 2007)

veronica mars

Pembunuhan Lily Kane, seorang pelajar SMA, menggemparkan kota Neptune, California. Berita ini sangat mengguncang Veronica Mars, sahabat Lily. Tak hanya harus kehilangan sahabatnya, ia pun dijauhi oleh orang-orang yang dikiranya teman.

Selain itu, ayah Veronica, Keith, dipecat dari pekerjaannya setelah mengakusisi keluarga Lily atas kasus tersebut. Oleh karena itu, Keith membuka agensi detektifnya secara mandiri. Veronica dan teman-teman barunya bekerja sebagai asisten ayahnya, sekaligus melanjutkan hidup sebagai seorang pelajar SMA yang punya ceritanya masing-masing.

Veronica Mars terpaksa tidak lanjut tayang lantaran rating-nya yang tidak memenuhi ekspektasi. Selain itu, serial TV ini dinilai terlalu “maju” dan tidak sesuai dengan zamannya. Sayang banget, ya!

7. Freaks and Geeks (1999 – 2000)

freaks and greeks

SMA sering kali diidentikkan dengan masa-masa paling indah semasa remaja. Cukup banyak kejadian yang dapat diceritakan semasa SMA. Namun, masa SMA justru menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Dalam Freaks and Geeks, kita dipertemukan dengan tokoh-tokoh unik, para pelajar SMA yang punya masalahnya masing-masing.

Lindsay Weir, sang juara kelas dan jagoan matematika, tiba-tiba berubah menjadi aneh dan sering mendekati kumpulan orang aneh di sekolah mereka, para freaks. Ia ingin mengubah image-nya karena bosan terus-menerus menjadi anak rajin dan baik yang tidak punya pengalaman apa-apa. Di sisi lain, Sam Weir adik Lindsay yang baru masuk SMA justru tengah mati-matian untuk keluar dari image kutu buku-nya (geek).

Lindsay dan Sam menjalani hari-hari mereka yang penuh dengan berbagai macam cerita, didampingi oleh teman-teman mereka masing-masing yang memiliki keunikannya sendiri.

Namun, serial ini tidak lanjut tayang setelah hanya meluncurkan satu season saja. Rating dan penonton yang tidak memenuhi ekspektasi, serta beberapa masalah di balik layar membuat tayangan ini terpaksa tidak dilanjutkan. Padahal, serial ini sangat seru dan relatable, lho!

8. Star Trek (1966 – 1969)

star trek

Judul serial televisi ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta dunia petualangan aksi sci-fi. Film tahun 1960-an ini bercerita tentang kru USS Enterprise, perwakilan United Federation of Planets termasuk planet Bumi, yang memiliki misi untuk mengeksplorasi dunia-dunia baru di luar angkasa.

Kapten Kirk memimpin The Enterprise, didampingi oleh Komandan Spock yang ikonik. Bersamaan dengan kru lainnya, mereka menjalani petualangan bertemu alien, menemukan dunia-dunia baru, dan lainnya.

Meski Star Trek sudah memiliki banyak penggemar sampai sekarang, tayangan tersebut tetap tidak lanjut tayang pada tahun 1988. Pada akhirnya, serial televisi legendaris tersebut hanya bertahan hingga 3 season, disusul dengan tayangan-tayangan terpisah lainnya.

9. Futurama (1999 – 2013)

futurama

Ingat episode di Spongebob tentang ia dan Squidward yang terjebak di mesin waktu dan harus pergi ke masa depan serta masa lalu? Nah, premis Futurama tidak jauh berbeda dengan ini. Diceritakan Phillip Dry seorang pengantar pizza yang tidak sengaja membekukan dirinya sendiri pada 31 Desember tahun 1999. Ia lalu bangun 1000 tahun kemudian, di masa depan, dengan kesempatan untuk memulai hidup baru.

Fry bekerja di Planet Express Corporation. Ia bertemu dengan Leela, seorang wanita alien bermata satu yang merupakan kepala pengiriman, dan Bender, seorang robot yang sangat manusiawi. Bersama-sama, mereka menjalani hari-hari penuh petualangan seru.

Pada tahun 2003, perusahaan produksi Futurama tidak mendapat panggilan baru dari stasiun TV untuk melanjutkan serial mereka. Akhirnya, Futurama pun terpaksa tidak lanjut tayang setelah episode final tayang pada tahun 2013.

10. Firefly (2002 – 2003)

firefly

Masih seputar petualangan fiksi ilmiah atau sci-fi, Firefly pun bercerita tentang kapten pesawat Serenity, Malcolm ‘Mal’ Reynolds, seorang veteran perang galaksi. 500 tahun di masa depan, Kapten Mal dengan para krunya dengan mengendarai Serenity, berusaha untuk bertahan hidup sementara mereka berkelana ke daerah-daerah yang tak diketahui di galaksi.

Tidak seperti serial lain sebelumnya, Firefly hanya memproduksi 1 season saja sebelum akhirnya tidak lanjut tayang. Stasiun televisi yang menayangkan Firefly tidak menilai bahwa serial tersebut menjanjikan. Selain itu, banyak hal yang melatarbelakangi ketidakberlanjutannya, membuat fanbase Firefly cukup kecewa, bahkan mungkin sampai sekarang.

Nah, itu dia 10 serial televisi terbaik yang tidak lanjut tayang menurut Bacaterus. Apakah ada serial TV favorit kalian yang tidak lanjut tayang? Ayo, utarakan pendapat kalian di kolom komentar!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hanya seorang penggemar film, serial televisi, dan kopi yang tengah berusaha untuk kembali menjadi seorang penulis.

Leave A Comment