7 Fakta Menarik Doctor Strange, Sang Penyihir Agung & Berpengaruh

Ditulis oleh Suci Maharani R

Doctor Strange adalah karakter superhero Marvel yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963. Dalam komik Strange Tales #110, Doctor Strange disebut sebagai Sorcerer Supreme dan pelindung bagi Bumi dari berbagai ancaman magis.

Dari berbagai film Marvel, Doctor Strange diperlihatkan sebagai salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam menentukan nasib Bumi. Tak heran jika Doctor Strange adalah salah satu anggota utama dari organisasi rahasia Illuminati.

Kekuatan sihirnya juga tidak bisa diremehkan. Strange sudah berulang kali berhadapan dengan musuh terkuat Marvel. Memiliki kesan misterius dan arogan, ada banyak hal mengenai Doctor Strange yang jarang diketahui oleh penggemar.

Buat kamu yang baru jadi penggemar Doctor Strange, Bacaterus akan memberikan informasi lengkap soal karakter penyihir berpengaruh di Marvel ini. Jangan sampai ketinggalan, kamu bisa mencari informasi lebih lengkapnya hanya di bawah ini!

1. Siapa Doctor Strange?

serba serbi doctor strange_Siapa Doctor Strange_

Tentu saja, asal-usul Doctor Strange menjadi hal yang paling bikin penasaran para penggemar Marvel. dalam film Doctor Strange (2016), sudah dijelaskan siapa pahlawan super ini yang sesungguhnya.

Sebelum mengenal sihir, Stephen Vincent Strange, MD, Ph.D. adalah dokter bedah saraf terbaik. Keinginannya menjadi dokter datang dari kemalangan yang diterima oleh saudara perempuannya, yaitu Donna.

Gadis itu tenggelam ke danau yang membeku dan Strange tidak bisa menolongnya. Sejak saat itu, Strange bercita-cita menjadi dokter, agar ia bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Strange menjadi ahli bedah saraf terbaik di Rumah Sakit Metro-General. Sayangnya, Strange dikenal sebagai dokter yang angkuh, sombong dan berkepribadian buruk bagi rekan kerjanya.

Kalau soal gaya hidup, Strange hidup dengan bergelimang harta, ia memiliki rumah dan kendaraan mewah. Ia memiliki hubungan dengan rekan sesama ahli beda yang bernama Christine Palmer.

Namun, Strange yang terlalu fokus pada pekerjaan, membuat Palmer kehilangan impiannya soal rumah tangga. Apalagi pasca Strange mengalami kecelakaan, hubungan mereka berakhir dengan sangat buruk.

2. Stephen Strange Mengenal Sihir

serba serbi doctor strange_Stephen Strange Mengenal Sihir_

Suatu malam, Stephen Strange mengalami kecelakaan yang membuat kedua tangannya tidak bisa digunakan lagi untuk membedah pasien.

Strange sangat terpukul, sebab pria ini memang mengagungkan kemampuannya itu. Berbagai pengobatan sudah ia lakukan, namun tidak ada satupun yang berhasil mengembalikan tangannya seperti semula.

Titik terang datang ketika Strange bertemu lagi dengan Jonathan Pangborn, pasien yang sempat ia tolak untuk diobati. Strange merasa heran, bagaimana Pangborn bisa berjalan seperti semula padahal pria itu mengalami kelumpuhan permanen. Pangborn memberitahu bagaimana caranya sembuh, ia mengarahkan Strange ke Kamar-Taj dan The Ancient One.

Pasca bertemu dengan The Ancient One, Strange sempat marah karena perkataannya yang dianggap omong kosong. Strange menolak semua realita yang diperlihatkan padanya. Namun, pada akhirnya Strange malah memohon agar The Ancient One mau menjadikannya sebagai murid.

Perjalanan panjang harus dilalui oleh Strange, hingga ia bertemu dengan jubah Cloak of Levitation dan jadi penyihir agung.

3. Kekuatan Doctor Strange

serba serbi doctor strange_Kekuatan Doctor Strange_

Setelah sembilan bulan mempelajari sihir, Stephen Strange dapat menguasai Sling Ring hingga bereksperimen dengan Eye of Agamotto atau Time Stone.

Tapi dua hal tadi bukanlah kekuatan utama Doctor Strange karena sang penjaga batu Infinity memiliki kekuatan magis yang sangat besar dan menjadikannya salah satu penyihir terkuat. Berikut adalah kekuatan Doctor Strange:

  • Mampu Kendalikan Sihir Eldrich

Doctor Strange ternyata mampu untuk membentuk dan memanipulasi sihir Eldritch dan membentuk konstruksi nyata layaknya senjata atau perisai. Ia juga bisa membentuk Eldritch Whips dan Tai Mandalas lalu memanifestasikannya dalam bentuk bola besar.

  • Spell Casting

Memanfaatkan kemampuan sihirnya, Doctor Strange bisa menggunakan berbagai mantra dengan mudah. Salah satu contohnya adalah melacak keberadaan Odin hanya bermodalkan sehelai rambut milih Thor. Ia juga membantu menghilangkan ingatan masyarakat bahwa Peter Parker adalah Spider-Man.

  • Membuat Portal

Menggunakan Sling Ring, membuka portal adalah modal awal yang harus dimiliki oleh Doctor Strange. Dengan portal ini juga Doctor Strange dapat melakukan teleportasi hingga melintasi dunia dan universe lainnya.

  • Mirror Dimension Magic

Setelah pelatihan yang diterimanya di Kamar-Taj, Doctor Strange ternyata mampu untuk memanipulasi Mirror Dimension Magic. Hal ini diperlihatkan dalam film Doctor Strange (2016). Saat itu, Strange harus berhadapan dengan Karl.

Doctor Strange juga bisa membelokkan ruang di dalam dimensi cermin seperti yang ia lakukan saat bersama Spider-Man.

  • Manipulasi Waktu dan Bentuk

Kekuatan lainnya yang dimiliki oleh Doctor Strange adalah memanipulasi waktu dan bentuk. Dalam The Avengers: Infinity War (2018), Doctor Strange menunjukkan semua kemampuan sihirnya.

Dalam film perdananya, ia bisa mengubah reruntuhan menjadi alat serang yang mematikan. Sedangkan dalam scene saat Doctor Strange melawan Dormammu, ia bisa memanipulasi waktu yang membuat musuhnya kesal.  

4. Deretan Musuh Doctor Strange

Deretan Musuh Doctor Strange___

Ngobrolin soal musuh dari Doctor Strange, rasanya tidak akan ada habisnya. Berbeda dengan superhero lainnya, musuh-musuh Doctor Strange bisa dikatakan sangat beragam, mulai dari manusia, penyihir hingga berbagai makhluk mitologi dan mistis lainnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram