Bacaterus / Semangka / 5 Semangka Terbesar di Dunia yang Berukuran Raksasa

5 Semangka Terbesar di Dunia yang Berukuran Raksasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rasanya setiap orang pasti familiar dengan buah semangka. Buah yang berwarna merah (ada juga yang berwarna kuning), berdaging segar dan banyak mengandung air ini sering dikonsumsi sebagai camilan atau penganan baru. Buah yang berasal dari Afrika termasuk ke dalam famili cucurbitaceae. Ia dapat dijadikan camilan, dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

Buah semangka rata-rata memiliki bobot maksimal 10 kg/biji. Namun, beberapa tahun ini masyarakat dihebohkan dengan kabar mengenai semangka raksasa yang bobotnya mencapai di atas 100 kg/buah. Berikut ini penjelasannya.

Gambaran Mengenai Semangka

Gambaran Mengenai Semangka

* sumber: economictimes.indiatimes.com

Buah semangka adalah buah yang 92% dari total dagingnya mengandung air. Namun, buah ini juga punya banyak nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh.

Setiap potongan dagingnya mengandung potasium, anti oksidan, asam amino dan likopen yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ada vitamin A, B6 dan C. bagi orang yang sedang menjalankan program diet, semangka adalah snack yang aman dikonsumsi.

Ini disebabkan karena buah semangka tidak mengandung lemak dan kadar sodium yang rendah serta hanya memiliki 40 kalori/cup. Makanan yang rendah kalori dan tinggi asam amino serta anti oksidan membantu tubuh bekerja dengan optimal.

Di seluruh dunia produksi semangka setiap tahunnya mencapai 117.204.081 ton. Dari total itu China menempati urutan pertama sebagai negara penghasil buah semangka terbesar di di dunia dengan produksi mencapai 79.276.300 ton setiap tahunnya.

Diperingkat kedua disusul oleh Iran yang menghasilkan semangka sebanyak 4.059.786 ton. Turki menempati posisi ketiga sebagai negara penghasil semangka ketiga dengan jumlah produksi mencapai 4.011.313 ton per tahun. Ini menurut data dari organisasi pangan dunia.

Seiring berkembangnya teknologi buah semangka semakin beragam. Para petani mengembangkan buah semangka dengan berbagai cara sehingga ini semangka semakin unik.

Semangka dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada yang dilihat dari bentuknya, warna daging buahnya dan tempat semangka ditanam. Ada juga semangka yang berbiji sedikit atau disebut dengan seedless watermelon.

Baca juga: 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang

Jenis Semangka Terbesar

Secara umum berat semangka hanya mencapai 5-10 kg/buah. Namun, para petani semangka berhasil mengembangkan dan merawat buah semangka sampai mencapai berat yang luar biasa.

Berat yang tak lazim ini membuat semangka tersebut berhasil masuk ke dalam buku rekor dunia sebagai buah semangka terbesar dan mendapat sorotan dunia sebab beratnya yang spektakuler.

1. Semangka Terbesar Milik Chris Kent

Semangka Terbesar Milik Chris Kent

Semangka adalah buah sejenis berry terbesar di dunia. Chris Kent, seorang petani biasa yang berasal dari Tennessee, Amerika Serikat berhasil menanam semangka dengan berat yang luar biasa.

Tak tanggung-tanggung semangka raksasa miliknya tersebut mencapai bobot 158 kg. Bobot semangka tanamannya berhasil mengalahkan rekor semangka terbesar sebelumnya.

Semangka dari Amerika Serikat milik Chris Kent tersebut kini mencapai rekor sebagai semangka paling besar yang ada di dunia yang telah dibukukan oleh Guinness Record.

2. Semangka Terbesar Milik Petani dari Azerbaijan

Semangka Terbesar Milik Petani dari Azerbaijan

* sumber: www.secretsoflongevity.online

Semangka terbesar selanjutnya berasal dari Azerbaijan. Seorang petani semangka dari negeri di wilayah Eurasi ini mampu menanam semangkanya sampai mencapai berat 119. Semangka unik ini merupakan semangka langka dengan bobot yang tidak lazim.

Namun, perlu diketahui bahwa benih semangka Azerbaijan raksasa ini berasal dari Amerika Serikat. Varietas buah berukuran super besar ini menjadi terkenal di Carolina Cross dan menyebar ke beberapa wilayah.

Menanam buah semangka terbesar ini berbeda dari buah semangka lainnya. Buah raksasa ini memerlukan waktu tanam yang lebih lama, yakni mencapai 100 hari. Fakta ini membuat semangka dengan berat tak lazim tersebut berhasil masuk dalam buku rekor dunia.

3. Semangka Terbesar Milik Akinori Takamitsu

Semangka Terbesar Milik Akinori Takamitsu

Akinori Takamitsu Jepang mengkhususkan kultivasi sayuran hampir sepanjang hidupnya. Dari hasil pengembanganannya lahirlah semangka dengan berat mencapai 111 kg. Akinori berhasil membesarkan semangkanya di tahun tahun 2005.

Semangka raksasa milik Akinori ini merupakan semangka raksasa yang dikembangkan dengan tehnik khusus. Sama seperti semangka raksasa dari Amerika, semangka dari Jepang ini juga tidak terlalu lezat. Namun buah ini mendapat popularitas yang baik di Jepang.

Semangka Akinori dan Buah-buahan tersebut bercita rasa khas, dan dagingnya segar berair yang unik. Ini yang membuat para penguasa restoran lokal tertarik membeli semangka raksasa dari Akinori.

4. Semangka Terbesar Milik Bright dari Amerika Serikat

Semangka Terbesar Milik Bright dari Amerika Serikat

* sumber: fehrplay.com

Pertanian dan perkebunan di Amerika Serikat terkenal sebagai perkebunan yang dikembangkan dengan teknologi canggih dan modern. Hasil perkebunan dari Amerika ini juga unggul. Termasuk semangka.

Semangka raksasa berikutnya yang berasal dari Amerika Serika juga berhasil masuk ke buku rekor dunia. Semangka ini berasal dari perkebunan yang dikelola oleh petani Llyod Bright, Hope Farm Store.

Semangka jumbo milik keluarga Bright menempati posisi kedua terbesar setelah semangka milik Chris kent. Semangka ini memiliki berat 122 kg. Sayangnya, pada tahun 2008, rekor tersebut dipatahkan oleh petani dari Louisiana, Amerika.

5. Semangka Terbesar Milik Hank Houston dari Amerika Serikat

Semangka Terbesar Milik Hank Houston dari Amerika Serikat

* sumber: food.detik.com

Buah semangka milik salah seorang petani asal Spotsylvania Country ini juga sebagai buah semangka terbesar di dunia. Semangka milik Hank Houston ini beratnya 254 pon atau 115 kg. Houston membawa semangka raksasa tersebut ke dalam ajang State Fair of Virgina.

Event milik Federasi Pertanian di Virginia ini rutin dihelat setiap tahun. Dan, sejak tahun 2008 silam State Fair of Virginia diadakan di Richmond Raceway Complex, Hencrico County. Di dalam acara ini terdapat beberapa karnaval dan pameran buah dan pameran kuliner.

Tak disangka di dalam acara tersebut semangka milik Houston yang berukuran tak lazim ini menang sebagai raksasa terbesar. Saking besarnya Houston butuh beberapa orang untuk mengangkat semangka ini ke atas truk.

Meskipun senang namun, ia diliputi perasaan tak enak terhadap kawannya sebab dari kawannya lah ia mendapat benih semangka raksasa tersebut. Benih semangka yang didapatnya itu merupakan benih semangka adalah pemegang rekor sebelumnya.

Semangka tersebut memecahkan rekor sebagai semangka terbesar dengan berat 245 pon. Dan kini, Houston mematahkan rekor tersebut dengan semangkanya yang mencapai berat 254 pon.

Houston mengaku bahwa perawatan semangka raksasa ini dilakukan dengan lebih teliti dan istimewa. Ia menjaga semangkanya dalam rumah kaca bersuhu hangat dan terlindung dari terpaan sinar matahari langsung.

Penempatan semangka di dalam rumah kaca juga bertujuan agar semangka tidak terkena hujan. Upaya ekstra yang dilakukan oleh Houston terhadap buah semangkanya itu membuahkan hasil yang gemilang.

Semangka miliknya berhasil menyabet rekor sebagai salah satu semangka terbesar yang ada di dunia. Houston berkata bahwa ia akan memamerkan buah raksasa tersebut ke khalayak banyak.

Ia juga berencana untuk menanam kembali biji dari semangka tersebut dan akan memecahkan rekornya lagi di masa mendatang. Sayangnya, semangka yang berpredikat sebagai semangka terbesar itu tidak enak dimakan.

Houston bilang bahwa semangka tersebut terlalu tua dan cita rasa manisnya sudah berkurang. Oleh sebab itu kurang sedap jika dijadikan camilan.

Nah, Itu dia semangka terbesar di dunia yang bisa kamu ketahui. Kira-kira kalau kamu mendapat kesempatan untuk mencicipi semangka raksasa itu, kamu sanggup menghabiskan berapa bagian?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *