Bacaterus / Misteri Musik / Sejarah Lagu Nina Bobo yang Sangat Menyeramkan

Sejarah Lagu Nina Bobo yang Sangat Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Musik memang tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Saya yakin pasti Anda selalu mendengarkan lagu setiap harinya kan? Kadang Anda memutar sebuah lagu sesuai dengan mood Anda hari itu atau Anda sengaja memutar lagu tertentu untuk membantu Anda jadi fresh kembali dan relax. Atau mungkin juga dalam perjalanan pulang ke rumah, Anda mendengar musik yang diputar didalam angkot/ bis yang Anda tumpangi.

Nah,terbukti kan bagaimana musik selalu menemani Anda setiap harinya tanpa Anda sadari. Lalu apa Anda tipe yang selalu mendengarkan musik untuk bisa tidur? Kalau ingat lagu pengantar tidur atau lullaby pasti Anda akan ingat dengan lagu Nina Bobo, lagu yang suka dinyanyikan orang tua kita saat menidurkan kita semasa kecil.

Dengan lirik yang sederhana, lagu ini mudah diingat dan secara turun temurun selalu kita nyanyikan. Tanpa tahu sejarah lagu nina bobo itu sendiri, Apakah nina itu nama anak seseorang yang menciptakan lagu ini? Ataukan yang lainnya?

Terdapat beberapa versi tentang lagu Nina Bobo yang melegenda ini. Berikut saya akan mengulas asal usul lagu pengantar tidur yang ternyata konon katanya ada cerita mistis dibalik lagu ini.

Versi Helenina

sejarah lagu nina bobo

Versi pertama dari asal usul lagu pengantar tidur Nina Bobo ini katanya bermula dari sebuah keluarga kecil yang memiliki satu orang anak perempuan bernama Helenina yang merupakan campuran Belanda-Jawa; sang ayah kelahiran Belanda bernama Van Rodjnik, ibunya wanita Jawa bernama Mustika.

Helenina atau yang dipanggil Nina, memiliki masalah kesulitan tidur. Maka Mustika selalu bersenandung setiap malam untuk menidurkan Nina dan Nina pun jadi ketergantungan dengan senandung pengantar tidur dari ibunya.

Atas saran dari ayahnya, sang ibu menciptakan liriknya dan tidak bersenandung lagi. Lirik lagunya sama seperti yang kita ketahui sekarang; “Nina bobo ooh nina boo.. kalau tidak bobo digigit nyamuk..”

Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut, hingga pada suatu waktu Nina sakit parah lalu meninggal dunia. Nina meninggal pada umurnya yang masih 6 tahun dan meninggalkan kesedihan yang mendalam pada orang tuanya.

Pada suatu malam, ayahnya Nina menemukan Mustika sang ibu sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa dia nyanyikan untuk Nina. Mustika bercerita kalau dia selalu mendengar suara Nina menangis minta dinyanyikan lagu Nina Bobo. Maka setiap malam walaupun anaknya sudah meninggal dunia, sang ibu terus menyanyikan lagu itu sampai akhirnya dia juga meninggal dunia.

Setelah Mustika meninggal dunia, giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanyikan lagu pengantar tidur “Nina Bobo” yang selalu dinyanyikan ibunya itu.

Hal ini membuat pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu dan dia pun mulai menyanyikan lagu “Nina Bobo” berulang-ulang hingga dia meninggal dunia.  Konon katanya kalau kita menyanyikan lagu “Nina Bobo”untuk menidurkan anak kita, arwah Nina datang dan membuat anak kita tidur terlelap.

Versi Nina Mijk

sejarah lagu nina bobo

Sejarah lagu nina bobo yang lainnya bercerita tentang seorang gadis yang bernama Nina Mijk, dia berasal dari keluarga musisi Belanda yang ingin mengembangkan karirnya di Indonesia. Semuanya berawal dari suatu malam ketika hujan deras disertai petir, Nina tiba-tiba berubah menjadi seperti bukan dirinya.

Dia menjerit-jerit, badannya melipat lentur seperti sedang kayang, dan mengumpat seperti kesurupan. Kejadian mengerikan ini terjadi setiap malam dan membuat seluruh keluarga kebingungan. Ibunya Nina sangat sedih melihat kejadian ini karena Nina harus diikat/ dipasung supaya tidak melukai dirinya yang setiap harinya semakin kurus dan pucat.

Keadaannya yang menjadi tidak normal ini membuat ayahnya tidak kuat melihatnya dan kembali ke negaranya, meninggalkan Nina dan ibunya. Keadaan menjadi semakin mencekam ketika satu per satu pembantu pun pergi karena ketakutan, jadi dalam rumah yang makin tak terurus itu hanya tinggal Nina yang masih terkunci di kamarnya dan ibunya.

Pada suatu malam, Nina tidak lagi menjerit-jerit seperti malam biasanya. Hening dan ibunya yang penasaran mengintip kamar Nina. Dia melihat Nina duduk diatas tempat tidurnya sambil menangis, malam itu ibunya seperti melihat Nina anaknya yang sebenarnya.

Walaupun penampilan Nina menyeramkan; mata menghitam, rambut berantakan, pucat, Ibunya kemudian masuk dan memeluk Nina yang sedang menangis. Nina meminta ibunya menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya karena dia sudah sangat lelah.

Diiringi dengan nyanyian ibunya “Nina bobo ooh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”, Nina pun tertidur dan akhirnya dia pun tertidur dalam dan tidak terbangun lagi.

Versi Wikipedia

Yang terakhir, bersumber dari Wikipedia yang mengatakan kalau lagu ini memang berasal dari Indonesia ‘meninabobokan’ yang berarti ‘menyanyikan lagu untuk menidurkan’. Lagu Nina Bobo ini tidak mengacu pada sebuah nama Nina dan bobo berasal dari bahasa Cina yang artinya tidur.

Lagu ini pun terkenal di Belanda karena dipopulerkan oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort. Berikut lirik lagu “Nina Bobo” dalam bahasa Belanda:

“Slaap meisje, oh slaap, meisje (tidurlah gadis, o tidur, gadis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat seekor nyamuk)
Laten we gaan slapen, oh lief meisje, (tidurlah tidur, o gadis manis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat nyamuk)”

Masih ada yang mau menyanyikan lagu “Nina Bobo” malam ini? Memang terdengar sedikit menyeramkan kalau membaca asal usul dari lagu ini, namun semoga Anda dapat mengambil sisi positifnya saja karena cerita ini masih bisa dibilang mitos belaka.

Kebenaran dari semuanya ini memang masih menjadi misteri, belum ada fakta yang pasti darimana lagu pengantar tidur itu berasal. Bagaimana kalau selama ini Nina yang ada pada cerita di atas memang selalu muncul ketika kita menyanyikannya? Cukup menyeramkan bukan?

Sekali lagi tulisan ini hanya mitos yang belum jelas kepastiannya, semoga dapat menambah wawasan Anda ya. Apabila Anda mempunyai informasi lain tentang sejarah lagu nina bobo ini, silahkan berbagi pada kolom di bawah artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

48 Responses

  1. Ini yg d rasakan istri saya kmaren malam karna menyanyikan lagu nina bobok pas anak kita kebangun malam hari kira2 jam 2 pagi ketika istri brnyanyj ada yv ikut brnyanyi jga dri luar…percaya ga prcaya istri saya ampek ktakutan…

    1. Itu bener gan??
      Bikin ane merinding ajh

  2. emir akbar aliyah zimam berkata:

    KaliK. Kalian nisa tahu goaip itu fari mana

    1. ngetik dulu yang bener bro

      1. Aku jdi tkut mhu ke kamar dapurr…

  3. aku pernah menyanyikan lagu nina bobo untuk adik sy,setelah adik sy tertidur, aku meninggalkan adik ku sebentar dan pada saat aku kembali kekamar adik ku,aku mendengar suarah anak kecil yg sedang menyayikan lagu nina bobo di kamar adik aku,setalah aku menengok ke kamar adik aku, aku tidak melihat syapa-syapa “apaka itu nina,apaka itu kenyataan,aku belum tau juga apakah itu kenyataan atau cumah hayalan aku sj”

  4. Awk org malaysia ke danang master???

  5. Huh… Mesti jntung berdegup laju kn????????

  6. Serem juga kalau di hayati

  7. GUA DULU PERNAH DINYANYIIN LLAGU ITU DAN GUE MERASA ADA YANG TIDAK ENAK SEPERTI MAU MUNTAH GITU

  8. sy pernah pda saat.jam menunjukkan
    pukul satu. sy perjalanan pulang kerja
    sendirian mengendarai mobil
    dan sy mencoba sekedar mendengarkan radio di mobil tanpa sengaja ternyata lagu nina bobo.
    dan seketika saya melihat sosok
    hitam kukunya tajam
    tapi banyak bulu nya
    kayak balon

    1. yg sbnrnye shelina mati krna kecelakaan

  9. ceritanya serem bikon merinding

  10. Menurut saya, ceritanya sedih. Bukannya merinding, tapi membuat saya hampir menangis karna sedih. Menurut saya sih, lebih baik menidurkan anak/adik yg msh bayi atau balita itu dg ayat2 suci Al-Qur’an

    1. Ngapain takut sama nyanyian kya begitu ambil air wudhu trus baca doa setan gk kn sanggup mengganggumu

  11. percaya gak percaya
    tv lumayan menambah wawasan

  12. believe it or not semua kembali kepada pribadi masing2..yg jelas bacakan doa sbelum tdr itu jauh lebih berarti

  13. Saya waktu kecil pernah dinyanyikan lagu nina bobok buat menidurkan saya.

    Alhasil sampai tengah malam, saya belum bisa tidur.

    Karena nama eike bukan nina.. cyiin.

  14. Beberapa bulan ini gua lagi sakit”an terus . Tiap gua gak bisa tidur . Gua selalu di nyanyiin lagu Nina Bobo .padahal umur gua udah gak muda lagi . Setelah gua tertidur nyenyak . Keesokan harinya keluarga gua cerita kalo setiap gua abis dinyanyiin lagi Nina Bobo gua selalu dirasuki arwah entah siapa itu. Tapi itu selalu ganggu pikiran gua . Seolah” gua dihantui sama seseorang yang gua sendiri gak tau itu siapa dan apa tujuan dia selalu ngerasukin tubuh gua . Dan setiap hari nya gua selalu ngeliat hal” yang kasap mata . Ya percaya gak percaya sih yaaa .. gua cuma sekedar cerita dan berbagi pengalaman aja. Gak perlu ada yang di takutin kok . Inget Allah selalu di samping gua dan gua selalu percaya kalo gua selalu dalam lindungannya

  15. Tiap malam sebelum tidur emakku nyanyi nina bobok. Tapi dia yang tertidur duluan, maklum kecapekan ke sawah siang harinya

  16. Gue pernah dinyanyiin lagu itu b aja tuh

  17. Akug sering nyanyiin lagu ini tp ninina d gnti dgn nama anakku,,, hasilnya ank tidur pulas tnp ada gangguan apa”,,,

  18. Saya mah kalau kayak gitu mah gak takut nyayi sendiri aja gak takut karna saya punya ilmu. Saya pernah satu kali nyanyi sendiri di luar nyoba doang tapi nggak ada yg muncul apa apa tapi saat saya masuk rumah kok jadi merinding gitu seperti ada yg ngikuti saya. Saya gak takut langsung kamar saja itu paling cuma perasan saya aja dan sudah satu minggu saya sama teman teman coba uji nyali ke kuburan nyani lagu itu ada seorang anak di atas pohon sama teman saya di tolong bantu turun teman say jatuh dan dia meninggal dunia dan teman say jatuh anak itu sudah nggak ada wh anak ajaib ya coba kalau berani uji nyali nggak papa.

  19. Laras ayu ningtias berkata:

    Memang mitos lagu nina bobo ini sangat lah menyeramkan tidak tau mitos itu nyata ada nya atau hanya fikti belakang saja,,,pada suatu hari ada seseorang ank kecil dan keluarganya,,,,dia suka bermain dengan arwah ank perempuan,,, lalu ank kecil itu bosan bermain dengan arwah ank kecil itu lalu arwah itu marah dan membunuh keluarga dari ank tersebut,,ank itu ketakutan karena slalu di hantu ii oleh arwah itu,,,lalu ank itu mempuyai cara agr bisa menghindar dari arwah itu “ank itu menahan nafas dan menutup hidung nya” itu cara untuk menghindari nya,,,,lalu ank itu despresi dia tidak seperti ank yg seusianya,,,lalu ada seseorang wanita yg membantu nya untuk kembali normal seperti ank pada awalnya,,,lalu pada suatu malam gadis tersebut menyanyinkan lagu”NINA BOBO OOOO NINA BOBo KALAU tdk BOBO DI GIGIT NYMUK” lalu ank itu tertidur lelap sekali,,,setelah gadis itu menyanyinkan lagu nina bobo tersebut setiap malam dia slalu di ganggu oleh arwah gadis kecil,,,,wanita itu slalu kenyanyikan lagu nina bobo itu pada ank laki laki itu,,, hingga pada suatu malam saat ank laki laki itu mulai sembuh wanita itu menyanyikan lagu nina bobo itu untuk ank itu ank laki laki itu melarang gadis tersebut menyanyankan lagu itu,,,tapi gadis itu tidak percaya dengan omogan ank tersebut hingga akhir nya arwah tersebut marah pada wanita itu lalu melempar wanita itu ketembok lalu teejatuh ke bawa hingga wanita itu menjadi gila,,,,dan jangan sekali sekali menyanyinkan lagu nina bobo itu untuk ank di bawa umur karena sangat berbahaya “

  20. Yg ingin! Saya tanyakan :
    Arwah nina brapa ya, soal.y tdk mungkin 1 arwah datang pada puluhan bahkan ratusan ribu atau juta yg menyanyikan lagu Nina Bobo pada saat waktu yg bersamaan di seluruh dunia…????????? Maaf sekedar bertanya-tanya.

  21. Cukup di baca dan tdk perlu di takuti. Hanya percaya aja klu Allah SWT itu ada dan kita akan di lindungi sebelum ajal menjemput.
    #jngn termudah percaya sama hal hal bersifat gaib walaupun memang sebenarnya ada.
    #bukan hanya di lihat saja komentar dari saya tetapi di baca ,di hayati dan dilakukan.
    #positif tinking aja ya guys

  22. Tpi sy pernah nyanyi lagu nina bobo itu disebabkan sy tidak percaya ckp kawan saya…bila saya nyanyi lagu nina bobo dalam pukul 12 malam tpi tiada apa pun yang pelik macam biasa jew…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *