bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Segede Gaban

Segede gaban merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sesuatu yang sangat besar. Biasanya ukuran sesuatu yang dirujuknya tersebut jauh lebih besar daripada ukuran lazimnya

Asal Usul

Istilah gaban dipercaya merujuk kepada tokoh superhero asal Jepang yang bernama Gaban. Gaban adalah salah satu serial tokusatsu yang sangat populer di tahun 80an. Judul aslinya adalah Uchuu Keiji Gyaban.

Ukuran tubuh Gaban sebenarnya sama seperti manusia biasa, tidak besar seperti karakter Ultraman. Namun, istilah Gaban kemudian berkonotasi dengan sesuatu yang besar berawal dari dibukanya wahana Dunia Fantasi alias Dufan di tahun 1985.

Karena waktu itu serial gaban sedang populer di indonesia, maka dibuatlah patung Gaban yang berukuran besar di Kufan. Konon katanya tinggi patung gaban itu mencapai 10 meter.

Karena patung itulah akhirnya muncul istilah "Segede Gaban". Istilah tersebut digunakan untuk menunjukan sesuatu yang sangat besar, seperti ukuran patung gaban yang ada di dufan. Istilah ini kemudian menyebar dari mulut ke mulut hingga menjadi sangat populer.

Yang menarik, meskipun patung gaban sudah tidak ada lagi di Dufan, namun istilah Segede Gaban masih tetap digunakan sampai sekarang.

Contoh Penggunaan

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan istilah Segede Gaban dan percakapan sehari-hari:

  • "Gila, tadi ada abang bakso jualan bakso segede gaban"
  • "kenyang banget nih perut abis makan pisang segede gaban!"
cross