Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 10 Tempat Makan Seafood di Surabaya yang Enak dan Mantap

10 Tempat Makan Seafood di Surabaya yang Enak dan Mantap

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2018

Seafood adalah makanan lezat yang sulit untuk ditolak. Meskipun makanan laut dapat meningkatkan kolesterol, tapi toh makanan tersebut masih banyak diminati. Hampir di setiap kota atau wilayah pasti terdapat warung atau rumah makan yang menjadikan seafood sebagai menu utamanya. Pun begitu di Surabaya, Anda bisa menemukan tempat makan seafood dengan sangat mudah.

Mau makan seafood di warung kaki lima atau restoran yang nyaman? Semua terserah Anda. Bacaterus akan memberikan informasi mengenai 10 tempat makan seafood enak di Surabaya. Dari warung pinggir jalan sampai restoran ber-AC semuanya akan dibahas di sini.

10 Seafood Enak di Surabaya

1. Layar Seafood

Layar Seafood Seafood Enak di Surabaya

Layar adalah tempat makan seafood enak di Surabaya yang sangat terkenal. Tempat ini dulunya adalah sebuah warung kaki lima. Lambat laun pemiliknya merintis tempat makan ini hingga menjadi restoran yang cukup mewah dan nyaman. Kini, Layar Seafood sudah memiliki dua cabang di Surabaya.

Pilihan seafood di Layar sangat beragam, mulai dari berbagai jenis ikan, udang, cumi, kepiting, sampai dengan lobster. Semua makanan laut ini bisa dimasak sesuai selera Anda. Tak hanya menjual kenyamanan, Layar juga menjual cita rasa makanan laut yang benar-benar nagih.

Layar Seafood buka di Perum. Villa Bukit Mas, Jalan KH Abdul Wahab Siamin No. 108 dan cabang satunya lagi berada di Jalan Manyar Kertoarjo No. 62-64, Surabaya.

2. Sari Laut Kapasan

Sari Laut Kapasan

* sumber: www.kaaget.com

Kapan lagi bisa menikmati salah satu seafood terenak di Surabaya dengan harga yang terjangkau? Sari Laut Kapasan merupakan rumah makan seafood yang cukup populer di kalangan warga Kota Surabaya. Menu andalan di sini adalah kepiting asam manis. Kepiting yang disajikan di sini sangat besar, harganya berkisar dari 150 – 250 ribu rupiah.

Tak hanya kepiting, Sari Laut Kapasan juga menawarkan menu lain, seperti olahan cumi, kerang, udang, dan ikan. Walaupun sederhana, tempat makannya bersih dan nyaman kok. Yang pasti rasanya nggak bakal bikin kamu menyesal sudah datang kemari. Lokasi Sari Laut Kapasan ada di Jalan Kapasan No. 27, Surabaya.

3. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul 1992

* sumber: eatjogja.com

Suka makan kepiting? Kamu harus berkunjung ke Kepiting Cak Gundul 1992 kalau sedang berada di Surabaya. Rumah makan ini sangat nyaman, bersih, dan ruangannya juga dilengkapi dengan AC. Anda bisa leluasa menikmati kepiting tanpa kepanasan dan digigit nyamuk.

Anda bebas memilih kepiting sesuai ukurannya, ada kepiting super jumbo, jumbo, super, full, dan KW. Nantinya, kepiting tersebut bisa dimasak dengan bumbu asam manis, saus mentega, kare, atau hanya direbus. Nggak cuma kepiting saja, di sini Anda bisa menikmati masakan udang, cumi, kerang ikan dorang, sayur asem, dan cah kangkung. Alamat Kepiting Cak Gundul 1992 ada di Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Surabaya.

4. Artomoro Seafood

Artomoro Seafood

* sumber: idekuliner.com

Kalau Anda melintas di Jalan HR. Muhammad Surabaya Anda akan menemukan sebuah warung seafood yang di depannya ada spanduk bertuliskan: ARTOMORO “Pak Kumis” Seafood. Di depan warung sederhana ini terparkir mobil-mobil pengunjungnya.

Walaupun hanya sebuah warung kaki lima, Artomoro sudah diakui sebagai seafood enak di Surabaya oleh warga kota pahlawan. Hampir semua olahan seafood di sini enak. Baik kepiting, kerang, udang, dan cumi bisa dimasak dengan saus asam manis, mentega, rica-rica, atau hanya digoreng dan direbus.

Apabila Anda ingin menyantap ikan, Artomoro juga menghidangkan beragam jenis ikan yang dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Artomoro Seafood berada di Jalan Mayjen HR. Muhammad No. 369, Surabaya.

5. New Pelabuhan Seafood

New Pelabuhan Seafood

Satu lagi tempat makan seafood enak di Surabaya yang masuk dalam kelas restoran, yaitu New Pelabuhan Seafood. Meskipun terbilang baru, restoran ini mampu mencuri hati warga Kota Surabaya dengan kelezatan hidangannya.

Berbeda dengan restoran seafood lainnya, New Pelabuhan tidak hanya berfokus pada hidangan laut umum, seperti kepiting, udang, kerang, dan cumi. Restoran ini juga menyediakan ikan yang mungkin sangat sulit Anda temukan di Surabaya, seperti ikan papakulu, sukkang, titang, kaneke, katambak, kudu-kudu, dan mubara.

Asyiknya lagi, ikan-ikan itu bisa dimasak dengan berbagai metode, lho. Kunjungi New Pelabuhan Seafood di Jalan Sukomanunggal Jaya II Blok D1-2, Surabaya.

6. Ikan Bakar & Seafood Genteng Besar

Ikan Bakar & Seafood Genteng Besar

* sumber: www.diarysivika.com

Sehabis jalan-jalan malam berkeliling Kota Surabaya, mampir saja ke sebuah warung kaki lima yang menjual seafood yang  murah dan enak. Warung Ikan Bakar & Seafood Genteng Besar hanya buka di malam hari. Warung kecil ini selalu dipadati oleh pengunjung, terutama di jam makan malam.

Menu andalan di sini adalah ikan bakar dengan bumbu super mantap. Namun, sajian seafood-nya juga tak kalah enak, lho. Kalau menyantap seafood di sini rasanya satu piring nasi saja tidak cukup. Rasanya ingin nambah terus karena ikan bakar dan seafood-nya benar-benar lezat. Lokasi Ikan Bakar & Seafood Genteng Besar berada di kawasan Jalan Genteng Besar, Surabaya.

7. Indragiri Seafood & Resto

Indragiri Seafood & Resto merupakan restoran seafood enak di Surabaya yang menawarkan tempat nyaman dan bersih. Restoran ini terbilang mewah. Walaupun mewah, harga makanan di tempat ini masih cukup masuk akal. Pasalnya, kenyamanan tempat dan kelezatan makanan yang kita dapatkan sudah cukup sebanding dengan harga makanan di sini.

Yang membuat Indragiri Seafood & Resto diminati oleh masyarakat Surabaya adalah pilihan seafood-nya yang cukup banyak. Selain itu, cara memasaknya pun beragam sehingga kita tidak bosan menyantap seafood dengan bumbu yang itu-itu saja. Anda dapat mengunjungi Indragiri Seafood & Resto di Jalan Raya Indragiri No. 10, Surabaya.

8. RM Ayen

RM Ayen

Yang satu ini adalah rumah makan yang menjual seafood dengan cita rasa yang unik dan berbeda dari biasanya. Ya, RM Ayen adalah rumah makan yang bertempat di teras rumah pemiliknya. Tak banyak pilihan menu di sini, tetapi menu yang paling best seller adalah Seafood Campur.

Seafood campur adalah kepiting yang dimasak dengan udang, kerang batik, dan tauge. Tampilannya mungkin tidak terlalu menarik, tapi rasanya benar-benar mantap. Selain Seafood Campur ada juga kol nenek, sejenis keong yang cukup sulit ditemukan di tempat makan seafood kebanyakan. RM Ayen berlokasi di Jalan Darmo Permai Selatan V No. 16, Surabaya.

9. Raja Seafood

Raja Seafood

Berada tak terlalu jauh di Artomoro Seafood, Raja Seafood juga merupakan warung makan seafood enak di Surabaya yang harganya cukup bersahabat. Sajian di Raja Seafood ini kurang lebih sama dengan Artomoro, hanya saja tempat ini juga menyediakan pecel lele, dorang, gurami, belut, dan udang. Sambal terasi di warung ini benar-benar maknyus.

Untuk seafood-nya, warung ini menyediakan kerang, udang, cumi, dan kepiting. Makanan laut ini bisa direbus atau dimasak dengan saus asam manis dan mentega. Sebagai pendamping makanan laut, Raja Seafood juga menyediakan tumis kangkung. Lokasi Raja Seafood berada di Jalan Mayjen HR. Muhammad No. 105, Surabaya.

10. D’Cost

D’Cost

D’Cost bukan nama baru di kalangan pecinta seafood. Restoran ini memang membuka cabang di banyak kota dan wilayah di Indonesia. Di Surabaya, D’Cost membuka tiga buah cabang, yakni di Graha Famili, Royal Plaza, dan Jalan Kayoon.

Restoran ini menawarkan tempat yang nyaman dan sejuk (ber-AC). Pilihan seafood dan ikannya juga banyak. Yang paling penting, harga makanan di D’Cost cukup terjangkau. Apalagi harga nasi putih dan teh manisnya sangat ramah di kantong.

10 pilihan tempat makan seafood enak di Surabaya ini bisa menjadi rekomendasi yang menarik bagi Anda pecinta seafood. Kunjungi juga artikel pecel enak di Surabaya jika Anda penasaran dengan kelezatan pecel, makanan yang bisa ditemukan dengan mudah di kota ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment