Bacaterus / Kulkas / 10 Sayuran yang Awet Disimpan di Kulkas dalam Waktu Lama

10 Sayuran yang Awet Disimpan di Kulkas dalam Waktu Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sayur adalah salah satu bahan pangan yang penting bagi tubuh. Sayur sendiri biasanya mengandung tinggi serat serta air yang baik bagi pencernaan. Mengonsumsi sayur yang cukup dipercaya sebagian besar masyarakat dapat berdampak bagi kesehatan.

Hal tersebut memang cukup beralasan mengingat kandungan nutrisi dan gizi dalam sayur sendiri memang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia.

Nah, dari sekian banyak jenis sayur untuk di konsumsi. Kali ini Bacaterus akan membahas 10 Sayuran yang awet di simpan dalam kulkas dalam waktu lama. Jenis sayuran apa saja itu? Mari kita simak ulasannya sebagai berikut.

1. Kubis

Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran yang kerap di konsumsi oleh sebagian besar masyarakat dunia. Kubis sendiri merupakan tumbuhan tahunan berbentuk bulat dengan daun berlapis-lapis yang memiliki beragam jenis. Umumnya yang sering ditemui masyarakat adalah kubis berwarna hijau berkepala keras dengan daun berwarna hijau.

Masyarakat Indonesia kerap menjadikan sayuran ini sebagai lalapan atau bahan campuran makanan tradisional seperti ketoprak, salad dan lain-lain. Kubis sendiri termasuk dalam sayuran yang memiliki ketahanan terhadap temperatur dingin. Sayuran ini diketahui mampu bertahan di dalam kulkas hingga 2 minggu.

2. Kacang Buncis

Kacang Buncis

Sayuran lain yang juga diketahui awet bila di simpan dalam kulkas adalah Kacang Buncis. Sayuran ini termasuk dalam jenis tanaman polong-polongan yang sangat kaya akan vitamin dan protein. Kacang buncis dipercaya sebagai salah satu bahan pangan yang baik dikonsumsi untuk orang-orang yang menderita beberapa penyakit berat seperti hipertensi atau gula darah.

Kandungan enzim dan serat dalam sayuran ini pun dipercaya mampu menurunkan berat badan. Nah, sayuran yang satu ini memang cocok untuk dimasukkan dalam menu diet. Kacang buncis sendiri memiliki daya tahan di dalam kulkas selama 1 Minggu.

3. Wortel

Wortel

Sayuran yang diketahui berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata ini merupakan jenis sayuran yang bukan menjadi favorit anak-anak. Meskipun begitu wortel sendiri memiliki kandungan vitamin  yang cukup kaya dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Masyarakat sendiri kerap menjadikan wortel sebagai campuran dalam sup atau menu lain seperti capcai atau bakwan.

Wortel sendiri menjadi salah satu sayuran yang diketahui memiliki ketahanan yang baik dalam suhu dingin. Sayuran berwarna oranye ini mampu bertahan dalam kulkas selama hampir 3 minggu. Sehingga bagi kamu yang ingin menyimpan stok Wortel di kulkas tak perlu khawatir akan cepat layu atau busuk.

4. Jagung

Jagung

Selanjutnya ada jagung. Tumbuhan berwarna kuning mengkilat ini adalah jenis sayuran yang menyimpan kandungan tinggi karbohidrat. Jagung sendiri kerap dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pengganti Gandum atau beras. Rasanya yang manis membuat sayuran jenis ini sangat di sukai oleh masyarakat.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung. Jenis sayuran ini juga kerap diolah menjadi jenis bahan pangan lain seperti minyak nabati dan tepung jagung. Jagung sendiri memiliki daya tahan yang cukup baik, yaitu sekitar 1 Minggu dalam kulkas tanpa mengurangi cita rasa manis serta kesegarannya.

5. Paprika

Paprika

Paprika merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Paprika termasuk dalam jenis terong-terongan. Meskipun sayuran ini memiliki tampilan warna yang menarik, namun Paprika sendiri merupakan jenis sayuran yang kurang disukai tidak hanya oleh anak-anak akan tetapi juga oleh orang dewasa.

Paprika memiliki cita rasa manis dan sedikit pedas. Rasanya yang unik memang dapat menambah cita rasa pada masakan. Jenis sayuran ini sendiri kerap ditemukan dalam hidangan barat seperti Pizza atau pada campuran salad.  Sayuran ini mampu bertahan sekitar 1 Minggu dalam suhu kulkas.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk

6. Brokoli

Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Sayuran berbentuk mirip seperti pohon bercabang ini memang cukup disukai oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang enak, penyajiannya yang cukup sederhana membuat sayuran ini digemari masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang menerapkan pola hidup sehat.

Brokoli sendiri diketahui memiliki kandungan vitamin c yang tinggi serta kaya akan serat sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Brokoli sendiri merupakan jenis sayuran yang mampu bertahan dalam suhu dingin. Sayuran ini diketahui mampu bertahan dalam suhu kulkas sekitar 5 hari.

7. Mentimun

Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang sering dihidangkan sebagai pendamping makanan. Di Indonesia sendiri mentimun kerap disajikan sebagai acar, lalapan dan juga salad. Mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup banyak, vitamin serta mineral yang baik bagi kesehatan.

Mentimun sendiri kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau pun menghilangkan kerutan di sekitar mata. Jenis sayuran ini cukup kuat bila di simpan di dalam suhu kulkas. Lama penyimpanan sayuran yang termasuk dalam labu-labuan ini adalah sekitar 1 Minggu.

8. Bawang Bombai

Bawang Bombai

Sayuran yang sering dijadikan bumbu dasar dalam setiap masakan ini memang selalu tersedia di dapur. Selain memberikan aroma harum, bawang Bombai juga dapat memberikan sentuhan rasa yang enak pada masakan. Bawang bombai sendiri memiliki aroma khas yang unik.

Selain itu, bawang bombai juga dipercaya dapat memberikan efek kesehatan untuk berbagai penyakit seperti cacingan, mual, kembung, sampai menurunkan kolesterol. Bawang sendiri diketahui bisa bertahan dalam suhu kulkas sekitar 10-14 hari.

9. Lobak

Lobak

Sayuran yang kerap ditemui di daerah dataran tinggi ini merupakan jenis sayuran berkadar air tinggi. Lobak adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan soto. Lobak sendiri berbentuk umbi panjang berwarna putih. Lobak termasuk dalam keluarga kubis-kubisan yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Sehingga sayur ini memang sangat baik bila dikonsumsi.

Lobak sendiri mampu menurunkan kolesterol dalam darah, mengatasi gangguan pencernaan, mengontrol tekanan darah bahkan digunakan dalam menu diet karena mengandung tinggi serat. Nah, lobak sendiri termasuk sayuran yang kuat bila di simpan dalam lemari es. Lobak diketahui mampu bertahan sampai 2 Minggu.

10. Kentang

Kentang

Sayuran terakhir yang juga memiliki ketahanan yang cukup baik dalam kulkas adalah kentang. Kentang merupakan jenis sayuran yang kayak akan karbohidrat dan kerap dijadikan sebagai menu utama pengganti nasi seperti di beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat. Kentang sendiri merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak cara dalam penyajiannya.

Nah, dibanding dengan sayuran lain. Ketang memiliki ketahanan yang luar biasa. Di suhu ruangan biasa Kentang mampu bertahan 2-3 bulan. Sementara bila di dalam kulkas sayuran ini mampu bertahan lebih lama, yaitu sekitar 3-4 bulan.

Nah, itulah 10 Sayuran yang awet di simpan dalam kulkas dalam waktu lama yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Pada dasarnya sayuran memang akan jauh lebih awet bila di simpan dalam kulkas. Hanya saja cara penyimpanan pun perlu diperhatikan supaya awetnya sesuai dengan yang kita harapkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *