Bacaterus / Menambah Berat Badan / 10 Jenis Sayuran Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori

10 Jenis Sayuran Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2019

Selama ini sayuran dianggap sebagai makanan untuk diet menurunkan berat badan. Namun apakah sayuran dapat dikonsumsi untuk meningkatkan berat badan? Perlu Anda ketahui bahwa sayuran juga dapat menjadi salah satu makanan yang tinggi kalori jika diolah dengan beberapa cara tertentu.

Bagi Anda yang vegetarian atau ingin mengongumsi sayuran untuk meningkatkan berat badan, Bacaterus punya beberapa rekomendasi 10 jenis sayuran penambah berat badan yang rasanya lezat. Anda dapat mengolah berbagai jenis sayuran ini menjadi hidangan yang sangat lezat.

10 Jenis Sayuran Penambah Berat Badan

1. Cabai Rawit

Cabai Rawit Sayuran Penambah Berat Badan

Siapa di sini yang suka mengonsumsi makanan pedas? Berbahagialah Anda yang menyukai makanan pedas dan sedang dalam usaha untuk menggemukkan badan. Pasalnya, cabai rawit termasuk jenis sayuran penambah berat badan karena kandungan kalorinya cukup tinggi. 100 gram cabai rawit menyediakan 103 kalori. Semakin banyak cabai rawit yang Anda makan, tentu semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda bukan seorang vegetarian, Anda dapat menyantap sambal yang terbuat dari cabe rawit asli dengan lauk tinggi protein lainnya untuk menambah berat badan. Tentu saja akan lebih baik jika Anda menyantap cabai rawit secara langsung. Misalnya, ketika sedang makan gorengan, jangan lupa untuk menyantapnya bersama cabai rawit yang masih segar.

2. Jagung

Jagung

Jagung adalah jenis sayuran yang paling mudah diolah menjadi berbagai makanan. Kalau tidak ingin repot-repot, Anda bisa merebus atau membakar jagung. 100 gram jagung mengandung 125 kalori. Jika Anda membakar jagung tersebut dengan mentega, tentu jagung itu dapat menjadi sayuran penambah berat badan yang cukup ampuh.

Selain itu, jagung juga bisa dimasak menjadi bakwan jagung, jagung manis, atau popcorn. Pilih cara mengolah jagung yang sesuai dengan keinginan Anda. Jagung juga bisa menjadi pengganti nasi yang Anda makan sehari-hari, lho.

3. Wortel

Wortel

Sayuran dengan rasa yang manis ini juga dapat menambah berat badan karena mengandung kalori yang cukup tinggi. 100 gram wortel menawarkan 41 kalori. Jumlah kalori pada wortel mungkin tidak sebanyak jagung atau cabai rawit, tetapi jumlah kalori wortel lebih besar dibanding kalori pada sayuran hijau.

Wortel merupakan sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Anda bisa membuat hidangan utama sampai dessert dengan menggunakan bahan baku wortel. Rasanya yang manis juga membuat Anda tidak eneg ketika harus menyantap wortel sebagai menu makanan penambah berat badan.

4. Bawang Putih

Bawang Putih

Sayuran penambah berat badan yang berikutnya adalah bawang putih. Jenis umbi berlapis ini menyediakan energi yang cukup tinggi. 100 gram bawang putih mengandung 95 kalori. Selain itu, zat sulfur yang terdapat di dalam bawang putih ternyata dapat membunuh sel kanker tanpa menimbulkan efek samping.

Konsumsi makanan yang menggunakan bawang putih tentu saja dapat meningkatkan berat badan Anda. Namun sebaiknya kombinasikan bawang putih dengan jenis makanan tinggi protein, seperti daging ayam, daging merah, atau telur. Selain rasanya lebih sedap, penggunaan bawang putih pada setiap makanan yang Anda konsumsi tentu dapat meningkatkan berat badan secara lebih cepat.

5. Daun Pepaya

Daun Pepaya

Sayuran yang satu ini dikenal memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi, jika Anda dapat mengolah sayuran ini secara tepat, rasa pahit pada daun pepaya justru terasa lebih sedap. Daun pepaya biasa disajikan sebagai urap, tetapi Anda pun bisa menumis daun pepaya dengan bumbu-bumbu lainnya agar bisa dimakan bersama dengan nasi putih.

100 gram daun pepaya ternyata mengandung 79 kalori. Jumlah ini cukup membuat Anda tercengang, bukan? Pasalnya, daun pepaya memang terkenal memiliki rasa yang pahit sehingga mustahil dapat mengandung kalori yang lebih tinggi dari wortel, sayur dengan rasa yang lebih manis.

6. Kacang Polong

Kacang Polong

Kacang polong adalah tumbuhan yang menghasilkan sayuran berupa biji berwarna hijau. Sayur yang juga dikenal dengan nama ercis ini menawarkan rasa yang manis. Jumlah kalori yang dihasilkan 100 gram kacang polong adalah 81 kalori. Kalori yang ditawarkan oleh kacang polong ini cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan Anda saat ingin meningkatkan berat badan.

Sayuran penambah berat badan ini dapat mendukung cara menggemukkan badan bagi vegetarian. Campurkan kacang polong pada nasi goreng, sup, atau hidangan lain yang memungkinkan. Selain rasanya manis dan enak, kacang polong juga memiliki bentuk yang pasti disukai oleh si kecil.

7. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Yang satu ini adalah sayuran untuk menambah berat badan yang termasuk jenis umbi. Adalah ubi jalar, sayur dengan rasa yang manis dan gurih. Kandungan kalori di dalam ubi jalar cukup tinggi, yakni 100 gram ubi jalar mengandung 85 kalori. Jadi, ubi jalar juga dapat membuat Anda merasa kenyang.

Di Indonesia, ubi jalar dapat dimakan dengan cara direbus maupun digoreng. Cara menikmati ubi jalar memang sangat sederhana. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga menyukai umbi yang memiliki daging berwarna kuning dan ungu ini?

8. Bit

Bit

Bit atau buah bit sebenarnya bukan termasuk dalam kategori buah-buahan. Namun, bit lebih cocok disebut sebagai umbi, sama seperti ubi jalar. Umbi yang berwarna ungu ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjadi pembersih alami pada ginjal empedu. Selain itu, bit juga dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan sel-sel kanker.

100 gram buah bit menyediakan 43 kalori. Jumlah kalori yang terdapat pada buah bit ini sudah cukup untuk membantu Anda meningkatkan berat badan. Sayangnya, bit adalah sayuran yang jarang ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Jadi, Anda harus mencarinya lebih giat lagi agar dapat menemukan buah bit.

9. Jamur Shitake

Jamur Shitake

Apakah Anda suka mengonsumsi jamur? Jika ya, salah satu jenis jamur ternyata merupakan sayuran untuk menambah berat badan yang banyak dikonsumsi oleh para vegetarian, yaitu jamur shitake. Jamur yang satu ini memang bisa direbus, digoreng dengan tepung, dan ditumis dengan bahan-bahan dapur lainnya.

Dengan mengonsumsi 100 gram jamur shitake, Anda akan memperoleh 33 kalori. Jumlah kalorinya cukup banyak untuk membuat menu makanan harian Anda dan juga efektif untuk meningkatkan berat badan.

10. Tomat

Tomat

Kelezatan tomat memang tidak perlu diragukan lagi. Tomat sering dipakai untuk campuran makanan atau membuat sambal. Namun tahukah Anda kalau tomat ternyata merupakan sayuran tinggi kalori yang dapat membantu Anda meningkatkan berat badan?

Sebuah tomat berukuran besar bisa mengandung 33 kalori. Bayangkan jika Anda mengonsumsi beberapa buah tomat setiap hari, tentu asupan kalori yang Anda peroleh juga cukup tinggi. Kesimpulannya, tomat adalah sayuran yang baik untuk menambah berat badan tubuh.

10 sayuran penambah berat badan ini bisa Anda konsumsi secara teratur ketika Anda sedang menjalankan usaha untuk meningkatkan berat badan. Jika ingin menambah berat badan, cari tahu jenis makanan yang tepat melalui artikel makanan untuk menambah berat badan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Jenis Sayuran Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori”

  1. Wah setelah baca artikel ini saya akan mencoba menyukai pedas

Tinggalkan komentar