Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / 10 Tempat Makan Sate Taichan Bandung yang Enak Banget

10 Tempat Makan Sate Taichan Bandung yang Enak Banget

Siapa yang belum pernah mencoba sate taichan? Kudapan yang satu ini sangat fenomenal sejak sekitar satu tahun yang lalu. Saking terkenalnya, hampir di setiap daerah terdapat restoran, warung, atau pun pedagang kaki lima yang menjajakkan sate tersebut.

Sate taichan merupakan inovasi terbaru dari sate ayam di Indonesia. Cara membuatnya adalah: daging ayamnya direbus terlebih dahulu lalu dibakar atau digoreng. Setelah itu, sate diberi perasan jeruk nipis dan disajikan dengan sambal super pedas. Namun, ada juga beberapa penjual yang memberikan tambahan saus kacang seperti sate Madura.

Panganan yang sebenarnya simpel dan bisa dibuat di rumah ini sedang sangat ngehits, apalagi di kalangan anak-anak muda. Di Bandung sendiri sudah tidak terhitung tempat makan sate taichan saking mewabahnya kudapan ini. Kalau Anda ingin mencoba makan sate taichan di Bandung, coba, deh, sepuluh tempat yang Bacaterus rekomendasikan di bawah ini:

10 Tempat Makan Sate Taichan di Bandung

1. Babakaran “Sate & Sambal”

Babakaran "Sate & Sambal"

Sate taichan Bandung yang recommended pertama ada Babakaran “Sate & Sambal”. Tempat makan sate taichan ini terletak Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) No. 111, Bandung Utara. Tidak sulit mencari tempat ini, mengingat jalan Dago sangat fenomenal dan merupakan destinasi wisata banyak turis juga.

Babakaran “Sate & Sambal” buka dari jam 12 siang sampai jam 3 subuh, loh! Jadi, buat Anda yang mau makan siang, makan sore, makan malam atau ngemil tengah malam, bisa langsung datang saja ke Dago. Untuk range harganya, makanan di sini dimulai dari Rp 2.000 – 23.000 saja. Murah, kan? Karena terletak di dekat kampus, banyak juga anak-anak kuliahan yang makan di sini sepulang kuliah.

Patokan tempat makan ini adalah adanya kepulan asap yang cukup ‘lumayan’ keluar dari suatu toko. Walaupun banyak asapnya, para pengunjung tidak akan bau asap, kok. Karena tempat ini memiliki sirkulasi udara yang sangat baik, mengingat tempatnya semi-outdoor.

Jika Anda datang ke Babakaran “Sate & Sambal” dengan menggunakan kendaraan, Anda tidak perlu takut kehabisan tempat parkir, karena lapangan parkirnya sangat luas. Menu di Babakaran tidak hanya ada sate taichan saja, tapi ada juga sate ayam, sapi, tuna, kakap merah, cumi, usus ayam, ceker ayam, kerang, kikil, paru, brokoli, jamur, hingga sate baso yang harganya dimulai dari Rp 2 – 7 ribu per tusuk.

Di sini Anda akan diminta memilih beberapa macam sambal, seperti Sambal Babakaran, Sambal Dayang Sumbi, Sambal Kang Emil dan Sambal Si Tumang yang harganya 4.000 per pisin kecil. Di sini juga tersedia nasi (5 ribu) kalau Anda merasa nggak kenyang kalau makan tanpa nasi.

2. Sate Taichan Bengawan

Sate Taichan Bengawan

Rekomendasi sate taichan Bandung yang ke-2 ada Sate Taichan Bengawan. Tempat makan ini lumayan besar dan nyaman, cocok untuk makan bersama teman-teman atau pun keluarga. Berbeda dengan Babakaran, Sate Taichan Bengawan dijual per porsi, satu piringnya dijual dengan harga Rp 22.000. Kalau Anda mau pakai lontong, Anda tinggal menambah Rp 3.000 saja.

Beberapa orang mengatakan kalau sate taichan di Babakaran cenderung agak hambar dan terlalu garing. Nah, kalau Sate Taichan Bengawan ini dagingnya agak lebih besar dan juga empuk. Kekurangannya terletak pada sambalnya yang agak encer dan tidak sangat pedas. Nilai plusnya, di sini disediakan bawang goreng dan bumbu kacang (biasanya sate taichan disediakan tanpa saus kacang).

Seperti yang bisa Anda tebak, kalau Sate Taichan Bengawan ini terletak di jalan yang bernama Bengawan. Lebih tepatnya, tempat makan sate ini terletak di Jalan Bengawan No. 62, Riau. Anda bisa datang ke sini dari jam 4 sore – 12 malam.

3. Braga Punya Cerita

Braga Punya Cerita

Anda yang sering berlalu-lalang di jalan Braga mungkin tahu Braga Punya Cerita. Tempat ini merupakan restoran edukatif favorit sang walikota Bandung, yaitu Ridwan Kamil. Tempat ini tematik dan instagram-able banget. Cocok buat resto-hunter yang suka foto-foto lalu di-upload di media sosial. Konsep tempat ini adalah jadul alias mirip seperti kafe jaman dulu.

Untuk menu sate taichan, satu porsinya dihargai Rp 25.000 dan Anda tinggal menambah 3 ribu rupiah untuk seporsi lontong. Sate ayam ini dibuat dari ayam broiler. Yang unik, Anda bisa memilih mau makan bagian paha atau dada. Berbeda pula dengan kebanyakan sate taichan yang hanya diberi garam dan perasan jeruk nipis, sate taichan Braga Punya Cerita telah diberi bumbu khusus saat dimasak.

Jadi, sambal pedasnya hanya menjadi tambahan saja, bukan menjadi bumbu utama dari sate taichan ini. Anda mungkin berpikir kalau satu porsi sate taichan dan lontong ini sedikit, padahal cukup membuat kenyang, karena lontongnya dibuat sangat padat dan pulen. Kalau partner makan Anda tidak suka sate taichan, di sini juga ada sate sapi dan kambing, kok.

Oh, iya, kalau Anda tidak terlalu kuat pedas, mintalah sambelnya dipisah, ya! Yuk, segera cobain sate taichan Braga Punya Cerita. Kunjungi restoran ini di Jalan  Braga No. 64. Jam bukanya adalah dari jam 09:00 – 23:00. Sedangkan untuk range harganya mulai dari Rp 17.000 – Rp 60.000.

4. Sate Taichan Buah Batu

Sate Taichan Buah Batu sate taichan bandung

Sate Taichan Buah Batu terletak di Gedung Viersa lantai 3A, Jalan Buah Batu No. 161. Kalau Anda bingung mencarinya, patokannya adalah di roof top bawah J.Co Donuts. Tempat makan sate taichan ini nyaman, santai, dan suitable buat anak-anak. Anda dapat makan siang hingga makan super telat di sini, karena tempat ini dibuka dari jam 12 siang – 11 malam.

Uniknya, sate taichan di sini tidak hanya dibuat dari ayam saja, loh. Tapi, ada juga menu sate taichan sapi! Wah, seperti apa, ya, rasanya? Lalu, ada menu unik lainnya yaitu Sate Taichan Special (pakai keju melted), Sate Taichan Campur dan Yakitori (sate khas Jepang, lihat gambar).

Banyak orang setuju kalau Sate Taichan Buah Batu merupakan salah satu sate taichan terbaik di Bandung. Kalau Anda ingin reservasi, bisa hubungi nomor telepon 022-73280335.

5. Sate Taichan “Goreng” Bandung

Sate Taichan "Goreng" Bandung

Anak-anak muda mengenal Sate Taichan “Goreng” karena dibuat oleh selebgram bernama Niko. Kalau generasi “tua” mungkin tidak mengenal siapa dia, tapi anak-anak remaja hampir semuanya mengenal Niko atau sering disapa juga sebagai Okin. Mungkin bisa dibilang kalau Sate Taichan “Goreng” ini merupakan pelopor sate taichan berkonsep restoran, karena dulu sate taichan hanya dijajakkan di pinggir jalan.

Tidak hanya sate ayam, di sate taichan Bandung ini juga tersedia sate usus, kulit, telur puyuh, cumi, udang dan kerang. Yang unik di sini adalah Sambal Saidah-nya yang sangat teramat pedas! Konon, katanya, nama Saidah diambil dari ART Niko yang mengkreasikan sambal tersebut. Kalau Anda takut kurang kenyang, Anda bisa memesan lontong, nasi atau pun onigiri bakar.

Harga makanan di sini cukup terjangkau. Untuk Sate Taichan Ayam Paha dijual dengan harga Rp 25.000/porsi (isi 10 tusuk), Sate Usus dan Kulit dijual seharga Rp 2.500/tusuk (minimal order 5 tusuk), Sate Telur Puyuh (Rp 3.000/tusuk), Sate Kerang (Rp 20.000/porsi @8 tusuk), Onigiri Bakar (Rp 15.000/porsi @3 pcs) dan ada menu unik yang tidak mungkin Anda temukan di tempat lain, yaitu Aglio Olio Taichan (Rp 25.000/porsi).

Walau pun sudah banyak penjajak sate taichan lainnya, Sate Taichan “Goreng” ini masih punya pengunjung setia, loh. Bahkan, kalau mau beli, orang-orang sampai harus mengantri terlebih dahulu. Dulu, tempat ini berada di Jalan Aria Jipang, kalau sekarang sudah pindah ke Jalan Banda No. 10. Sate Taichan “Goreng” buka dari jam 11 siang, ya.

6. Sate Taichan & BBQ DSHP

Sate Taichan & BBQ DSHP 

Sate taichan Bandung yang enak selanjutnya ada Sate Taichan & BBQ DSHP. Tempat makan ini terletak di Jalan Sultan Agung No. 27, Riau, Bandung Utara. Sate taichan di sini dibilang unik, karena dari segi rasa sangat berbeda dengan sate taichan pada umumnya.

Jika di tempat sate taichan lainnya suka ada menu selain ayam, di sini hanya tersedia sate ayam saja. Mungkin jika sudah berkembang lama, akan ada tambahan menu kali, ya? Sambal satenya bisa disajikan terpisah atau pun langsung disiramkan.

Disarankan kalau Anda tidak bisa mentoleransi rasa pedas, sebaiknya pilih yang sambalnya dipisah. Karena sambal Sate Taichan & BBQ DSHP sangat-teramat-dahsyat! Oh, iya. Kalau Anda merasa sate ini kurang asin, bisa dicocol pada garam yang tersedia di piring.

7. It’s Not Taichan ala JOEY Kitchen

It's Not Taichan

Rekomendasi sate taichan Bandung yang terakhir adalah “It’s Not Taichan” ala Joey Kitchen. Loh, katanya jual taichan, tapi katanya bukan taichan, jadi bagaimana? Membingungkan, ya? Ternyata, taichan di Joey Kitchen ini berbeda dengan taichan kebanyakan. Apa saja yang berbeda? Yaitu bumbu dan cara memasaknya.

Taichan ini menggunakan bumbu khas Italia dan minyaknya menggunakan olive oil. Hm.. Tentunya taichan di sini lebih sehat dan memiliki ciri khas tersendiri, ya? Satu porsi sate taichan di It’s Not Taichan adalah Rp 30.000. Alamat Joey Kitchen ini adalah di Jalan bagus Rangin 7/50 (belakang Rabbani Dipatiukur). Kalau Anda malas menghampiri kedai ini, Anda bisa memesannya via GoFood juga, loh!

8. Gerobak Sate Taichan

Malam hari memang paling enak makan yang gurih dan pedas. Jika Anda sedang ngidam makanan seperti itu, cobain yuk sate taichan di Gerobak Sate Taichan. Di sini ada Sate Taichan Ayam (IDR 18K), Sate Taichan Kulit (IDR 18K), Sate Taichan Usus (IDR 18K), Sate Taichan Telur Puyuh (IDR 15K), Sate Taichan Ceker (IDR 15K), dan Sate Taichan Sayap (IDR 18K). Setiap porsi terdiri dari 10 tusuk sate.

Berarti sate taichan di tempat ini termasuk murah, karena biasanya sate taichan dijual 2.000-3.000 per tusuknya. Nah, daripada penasaran, langsung saja datang ke Gerobak Sate Taichan di Jalan Margasari Ciwastra no. 175, Cijaura, Buah Batu. Lokasi yang satunya lagi ada di Jalan Ambon no. 11.

9. Sate Taichan Kremez

Sate Taichan Kremez adalah tempat makan sate taichan Bandung yang enak selanjutnya. Di sini tersedia sate usus, sate ayam, sate kulit, sate udang, sate kikil, lontong, chicken wings, hingga menu unik seperti Aglio Olio Taichan. Tidak peduli pada harga cabai dan cengek yang sering naik turun, sambal yang diberikan sebagai cocolan sate tidak pernah sedikit.

Sayangnya banyak orang yang mengeluh dengan tempat Sate Taichan Kremez. Atapnya transparan jadi kalau matahari sedang terik, udaranya jadi panas. Lalu sirkulasi udara di tempat ini kurang bagus, sehingga aroma sate dan bahan baku terperangkap dan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

10. Sate Taichan Senayan

Konon, sate taichan yang pertama muncul adalah yang ada di Jalan Senayan. Tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta, Anda sudah bisa menikmati Sate Taichan Senayan di Bandung juga. Per tusuknya, sate taichan dijual Rp 2.850, sate taichan mozarela Rp 4.000, sate udang Rp 10.000. Ada juga menu porsian yang range harganya berkisar Rp 30 – 50 ribuan.

Orang-orang banyak yang complain dengan harganya yang terlampau mahal jika dibandingkan dengan sate taichan di toko sebelah. Tapi, karena rasanya memang enak dan sambalnya mantap, orang-orang tetap berdatangan untuk makan di sini, kok. Alamat Sate Taichan Senayan ada di Jalan R.E. Martadinata (Riau) no. 207, Cihapit, Bandung Wetan, dan di Jalan Pasir Kaliki no. 25 – 27.

Itu dia sepuluh tempat makan sate taichan Bandung yang enak dan bikin nagih menurut Bacaterus. Kalau Anda punya tempat sate taichan Bandung yang recommended lagi, beritahu kami di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment