Bacaterus / Sapi / 7 Sapi Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rumah Mewah

7 Sapi Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rumah Mewah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara soal sapi, di setiap negara mempunyai tradisi tertentu dalam memperlakukan hewan mamalia besar ini. Di India, sapi merupakan binatang suci yang tidak boleh disembelih, sedangkan di Indonesia, sapi adalah hewan yang lazim dikonsumsi dan merupakan pilihan hewan qurban terbaik terutama di hari raya Idul Adha.

Di Indonesia, harga sapi relatif lebih mahal ketimbang harga hewan ternak lainnya. Bahkan cenderung yang paling mahal. Sapi qurban biasa dihargai paling murah Rp 17.000.000. Akan tetapi jenis sapi tertentu ada yang dijual dengan harga fantastis. Bisa setara dengan harga beberapa rumah mewah di kota besar. Berikut daftarnya.

1. Sapi Madura

Sapi Madura

* sumber: www.greeners.co

Madura dikenal sebagai kota dengan tradisi karapan sapi yang masih lestari hingga kini. Balapan menggunakan sapi ini merupakan kebudayaan tradisional yang menjadi daya tarik dari kota di ujung timur Pulau Jawa ini.

Tidak hanya meriah karena acara balapan sapi tersebut, Madura banyak didatangi karena sapinya. Sapi Madura memiliki daging yang khas. Tebal dengan daging karkas yang lebih banyak. Meskipun tebal, daging sapi Madura bertekstur empuk.

Karkas daging sapi Madura bisa mencapai 80% dari keseluruhan tubuhnya. Sapi Madura mempunyai kulit merah cenderung coklat tua dengan tanduk yang pendek dan lancip. Ada corak warna putih pada bagian perut dan paha dalam.

Sapi Madura adalah sapi persilangan antara sapi Bali dan Sapi Zebu. Itulah kenapa ciri fisik sapi-sapi tersebut terdapat juga pada jenis sapi Madura. Sapi Madura merupakan jenis hewan ternak yang toleran terhadap iklim tropis dan lingkungan gersang.

Ia juga mempunyai daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit. Ukuran sapi Madura tidak sebesar jenis sapi lainnya yang popular di Indonesia. Sapi Madura bertubuh relatif kecil dan berkaki pendek.

Bobot tubuhnya berkisar 300 kg – 500 kg. Meski kecil, Sapi Madura adalah favorit para pedagang hewan ternak. Sapi Madura ini mempunyai peran yang penting dalam jual beli sapi di Jawa Timur.

Peternakan Sapi Madura berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan sapi potong di Madura hingga 24% dari total sapi lainnya. Ditambah, populasi sapi Madura di 4 kabupaten di Madura terus bertambah setiap tahunnya. Harganya dijual mulai dari Rp 22.000.000 per ekor.

2. Sapi Brahma

Sapi Brahma

* sumber: id.wikipedia.org

Sapi yang berasal dari India ini merupakan satu dari beberapa sapi primadona buruan para pedagang hewan ternak di Indonesia. Sapi Brahma yang mempunyai otot yang besar dan daging yang empuk. Lemak pada daging sapi brahma juga tidak terlalu banyak.

Sapi Brahma berwarna coklat kemerahan, abu-abu, dan hitam. Berpunuk besar dan kulit yang longgar. Sapi brahma mempunyai gelambir di bawah lehernya dan lipatan-lipatan di bagian perut. Sapi bertubuh raksasa ini mempunyai telinga yang berujung runcing.

Meskipun Sapi Brahma berasal dari India, tapi ia dikembangkan di Amerika Serikat. Lalu, Australia memperbaiki kualitas genetik sapi ini. Setelah proses tersebut rampung sapi brahma dan dijual ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Daging Sapi Brahma merupakan salah satu daging sapi terbaik. Hal tersebut menyebabkan daging Sapi Brahma cocok dijadikan sebagai steak yang kualitas bagus. Untuk mendapatkan sapi ini kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 40.000.000 untuk satu ekornya.

Memang lebih mahal dari harga sapi Madura, namun harga sapi ini terbukti sepadan dengan kualitas yang diberikan oleh dagingnya.

3. Sapi Ongole

Sapi Ongole

* sumber: www.greeners.co

Sapi Ongole satu kampung dengan Sapi Brahma, sama-sama berasal dari India. Sapi impor ini juga cukup popular sebagai sapi pedaging di Indonesia. Sapi ini mempunyai ciri fisik yang unik yang sangat khas. Ia berwarna putih dan bergelambir di sekitar leher. Walaupun sama-sama berasal dari India, Sapi Ongole mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sapi brahma yang lebih berotot dan pepal.

Berat sapi ini dapat mencapai 850 kg dengan tinggi badan 160 cm. Sapi Ongole unggulan bisa mencapai harga Rp 45.000.000.

4. Sapi Simental

Sapi Simental

* sumber: www.duniasapi.com

Sapi asal Swiss, tepatnya di daerah Simme ini merupakan sapi dengan harga jual yang fantastis. Satu ekornya dapat menembus angka Rp 100.000.000. Sapi Swiss ini tergolong spesial. Ia bisa diternakkan sebagai sapi perah dan sapi potong.

Sapi Simental adalah sapi persilangan antara sapi Jerman dan sapi asli Swiss. Lalu, sapi ini menyebar ke negara-negara Eropa, Amerika termasuk Asia. Di Jerman sapi ini dikenal dengan sapi fleckvieh, sedangkan di Perancis sapi ini disebut pie rough.

Keunggulan lain dari Sapi Simental adalah proses pertumbuhannya yang cepat. Ini lah yang membuat para pedagang sapi tertarik memeliharanya. Ia adalah ternak yang menguntungkan dari segi bisnis.

Ukuran sapi ini sangat besar. Sapi dewasa dapat mencapai berat 1,1 ton. Sedangkan berat rata-rata sapi ini saja dapat mencapai 800 kg.

Baca juga: 12 Sapi Terkecil di Dunia yang Bisa Dijadikan Peliharaan

5. Sapi Limosin

Sapi Limosin

* sumber: sinauternak.com

Di dunia sapi ada yang disebut dengan sapi “bule” dan sapi lokal. Sapi bule adalah sapi impor yang didatangkan dari negara lain. Sedangkan sapi lokal adalah sapi asli Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

Salah satu sapi “bule” yang mendapat popularitas di dunia sapi adalah Sapi Limosin. Sapi Limosin merupakan sapi bertubuh raksasa yang dapat mencapai bobot 1 ton.

Jika terlampau sehat, Sapi Limosin dapat mempunyai berat 2 ton. Karena beratnya yang sangat besar, Sapi Limosin tidak dimanfaatkan sebagai sapi pekerja.

Sapi bertubuh gempal ini lebih dimanfaatkan sebagai sapi potong. Ia juga diperlakukan dengan sangat baik oleh pemiliknya. Sapi elit ini dipijat agar otot-otot ditubuhnya tumbuh dengan sempurna.

Prosesi mandi Sapi Limosin pun berbeda dari sapi jenis lainnya. Ia tidak dimandikan secara sembarang, melainkan dibersihkan dengan menggunakan kuas atau lap lembut agar kotoran di tubuhnya luruh.

Berbeda dari Sapi Limosin yang di Indonesia, di daerah asalnya haute-Vienne, Perancis Sapi Limosin dimanfaatkan sebagai sapi pekerja. Sebab sapi-sapi tersebut berotot kuat dan tubuhnya kekar.

Seiring waktu ia dipelihara untuk diambil dagingnya. Terlebih lagi di Indonesia Sapi Limosin mendapat perlakuan yang khusus. Ia hanya dimanfaatkan sebagai sapi pedaging. Sapi bertubuh besar ini memiliki daging yang empuk dengan kadar lemak rendah.

Makanan yang terbuat dari daging Sapi Limosin dapat dipastikan memiliki cita rasa yang lezat. Harga Sapi Limosin kurang lebih sama mahalnya dengan Sapi Simental, ia bisa dijual dengan harga Rp 100.000.000-an.

6. Sapi Kobe

Sapi Kobe

* sumber: www.japantrips.co

Para pecinta kuliner daging pasti hafal dengan daging sapi Kobe. Sapi yang berasal dari kota pelabuhan di Jepang ini terkenal dengan daging sapinya yang super lezat. Pun dengan harganya yang mahal.

Daging sapi Kobe atau Kobegyu memang sangat mahal. Per 870 gr daging Kobeyu dijual dengan harga Rp4.000.000. hal ini menjadikan Kobegyu sebagai daging sapi termahal di dunia.

Namun, jika kamu mencicipi kelezatan dagingnya, kamu dapat melupakan harga fantastis dari Kobegyu. Sebab daging Kobegyu sudah memang sudah diakui kelezatannya oleh koki handal dunia.

Kobegyu sebenarnya adalah sapi jenis Tajima, sapi langka asli Jepang. Sapi Tajima termasuk ke dalam ras Wagyu. Sapi Kobe mempunyai mempunyai kulit berwarna hitam dengan tubuh yang solid.

Dagingnya mempunyai marbling indah yang bertekstur lembut dan kenyal. Daging sapi Kobe mengandung lemak tak jenuh. Daging ini adalah bahan terbaik untuk dijadikan steak, shabu-shabu, sukiyaki dan makanan Jepang berbahan daging lainnya.

Restoran-restoran di Kobe hampir seluruhnya telah bersertifikat dalam penyajian daging sapi Kobe. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir apakah daging yang kamu pesan merupakan daging sapi Kobe atau bukan.

Satu lagi, daging sapi Kobe tidak hanya terkenal di Jepang. Daging berkualitas terbaik ini sudah dipasarkan ke seluruh negara-negara di dunia. Lewat daging ini pula lah dunia mengenal kota Kobe dan seluruh daya tarik yang dimiliki kota dengan segudang wisata ini.

7. Missy Madisson (Sapi Jenis Holstein)

Missy Madisson

Rekor sapi termahal di dunia dipegang oleh sapi yang berasal dari jenis Holstein asal Amerika Serika, Missy Madison. Missy adalah sapi termahal di dunia yang saat ini kepemilikannya dimiliki oleh konsorsium investor Kanada.

Tahun 2013 sapi bertubuh super besar tersebut dijual dengan harga lelang lebih dari R p17.000.000.000. sapi istimewa ini bukan hanya merupakan sebuah pembelian yang besar, melainkan sebuah investasi besar untuk ke depannya.

Missy mempunyai tubuh dengan proporsi sempurna, berkaki jenjang dan indah. Selain itu, mempunyai ukuran kelenjar susu yang baik dan lokasi puting yang tepat. Dalam beberapa kontes Missy berhasil mendapat juara dalam beberapa kategori.

Missy, sapi termahal di dunia ini merupakan sapi dari jenis Hosltein yang paling ditunggu keturunannya. Anakan sapi dan embrio Missy sangat diharapkan untuk dikembangbiakkan.

Sudah terbayang akan membeli satu dari sapi-sapi tersebut? Siapkan kocek tebal agar sapi itu dapat kamu bawa pulang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *