Bacaterus / Sapi / 12 Sapi Terkecil di Dunia yang Bisa Dijadikan Peliharaan

12 Sapi Terkecil di Dunia yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu ingin memelihara sapi tetapi tidak memiliki lahan pertanian yang luas, maka sapi-sapi jenis ini cocok untuk kamu pelihara. Sapi-sapi berikut ini adalah sapi-sapi yang memiliki bentuk yang mini, sehingga cocok untuk orang yang memiliki lahan pertanian yang terbatas. Berikut ini adalah ulasan beberapa jenis sapi yang bentuknya mini yang mungkin dapat kamu pilih untuk dipelihara.

1. Sapi Vechur

Sapi Vechur

Sapi Vechur adalah sapi yang masuk dalam daftar Guinness Book of Record sebagai sapi terkecil di dunia, ukurannya sekitar 124 cm untuk panjang dan tinggi sekitar 87 cm. Sapi yang berasal dari desa Vechoor di Vaikom Taluk di India, merupakan jenis sapi yang cukup langka.

Sapi ini sangat populer pada tahun 1960, dan menjadi langka saat sapi ini dikawin silangkan dengan jenis-jenis yang lain. Tetapi jenis sapi ini berhasil diselamatkan dari kelangkaan oleh Sosamma lype seorang profesor dibidang pengembangbiakan hewan dan genetika bersama mahasiswanya.

Sapi Vechur bisa menghasilkan susu dalam sehari sebanyak 3 liter, susu ini diyakini memiliki sifat pengobatan. Mentega yang dihasilkan dari susu sapi Vechur dikatakan memiliki protein betalaktabumin A2 dan arginin yang lebih tinggi yang baik untuk orang dalam masa pemulihan.

2. Sapi Mini Kasaragod

Sapi Mini Kasaragod

Sapi Kasaragod mini ini berasal dari Kerala India yang asalnya dari pegunungan yang berada di distrik Kasaragod, tinggi dari sapi ini cukup mini sekitar 80 – 90 cm. Walaupun mereka kecil tapi sapi dari Kerala ini dapat menghasilkan susu 2,5 – 3 liter per hari, dan kaya akan nutrisi.

Sapi Kasaragod ini mampu berdaptasi dengan cuaca yang panas dan cuaca yang lembab serta memiliki resistensi terhadap penyakit. Sapi ini biasanya berwarna hitam, dan ada juga sapi yang memiliki warna bernuansa agak kemerahan. 

3. Sapi Mini Belted Galloway (Belties)

Sapi Mini Belted Galloway (Belties)

Sapi Belties adalah sapi yang berasal dari Galloway yang terletak di sisi barat Skotlandia selatan. Sapi ini memiliki tampilan yang unik. Di Amerika Serikat mereka memanggilnya sapi oreo. Hal ini dikarenakan tampilan sapi yang terdapat bagian putih dibagian tengah badannya yang hitam.

Sapi ini tampak seperti memakai sabuk berwarna putih, selain itu mereka memiliki lapisan bulu yang ganda sebagai penahan cuaca dingin. Karakteristik sapi ini sama dengan sapi besar yang standar, yang membedakan hanya ukurannya, yaitu tinggi sekitar 106 cm dan bagian pinggulnya.

4. Sapi Mini Dexter

Sapi Mini Dexter

Sapi dexter adalah sapi yang asalnya dari Irlandia. Dari dahulu sapi dexter telah dianggap sebagai sapi mini karena perawakannya yang kecil, hal ini disebabkan karena kurangnya sumberdaya alam di tempat asalnya dahulu.

Sapi dexter memiliki ukuran tinggi sekitar 91 – 111 cm, dengan berat sekitar 450 kg. Dexter adalah sapi yang memiliki tanduk, berwarna putih dan ujungnya hitam. Sapi dexter merupakan sapi yang memiliki keuntungan ganda, dapat dijadikan sapi pedaging juga sapi perah untuk diambil susunya.

5. Sapi Miniature Zebu

Sapi Miniature Zebu

Sapi jenis ini adalah jenis sapi tertua, yang diperkirakan berasal dari Srilanka dan India sebelah selatan. Sapi Zebu terkenal karena memiliki punuk yang menonjol saat mereka tumbuh dewasa. Mereka juga ada yang memiliki tanduk dengan beragam bentuk dan ukuran.

Sapi ini cocok untuk peternakan yang kecil, panjangnya biasanya sekitar 106 cm dan tinggi diantara 91 – 96 cm. Sapi ini termasuk sapi yang jinak, bisa dijadikan hewan peliharaan. Kamu juga bisa menjadikannya sapi perah. Susu yang mereka hasilkan dalam satu hari bisa mencapai satu galon. 

6. Sapi Mini Jersey

Sapi Mini Jersey

Sapi jenis jersey ini adalah sapi yang berasal Inggris dan merupakan jenis sapi perah tertua. Sapi jersey terkenal karena sifatnya yang ramah dan biaya perwatan yang rendah, dan terutama karena menghasilkan susu yang berkualitas. Saat ini sapi mini jersey adalah jenis yang cukup langka.

Ukuran dari sapi ini dikisaran 91-101 cm, dengan ukurannya susu yang dihasilkan dalam satu hari sekitar 2–4 galon. Susu yang dihasilkannya bernutrisi dan juga enak, selain itu memiliki kandungan protein dan lemak susu yang tinggi. Satu hal yang penting mereka tidak suka udara dingin.

7. Sapi Miniature Panda

Sapi Miniature Panda

Sapi Miniature Panda adalah satu jenis sapi yang cukup langka, sapi ini adalah perpaduan antara sapi Belted Galloway dan Dexter Irlandia. Sapi ini yang dihasilkan adalah sapi dengan sabuk putih ditengah dan memiliki wajah dengan pola panda, di saat lahir ukurannya sekitar 35 cm.

Sapi ini sangat terkenal karena tampilannya yang seperti panda, dan cukup mahal jika kamu ingin membeli anakan dari sapi jenis ini. Jika kamu berminat untuk memeliharanya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 30.000 dolar atau setara dengan 400 juta untuk satu ekor anak sapi.

8. Sapi Miniature Hereford

Sapi Miniature Hereford

Sapi jenis ini adalah jenis sapi yang asalnya dari Inggris dari daerah Herefordshire, pembiakannya dimulai pada tahun 1960 an tetapi baru pangsa pasar untuk sapi mini ini baru ada pada tahun 1989. Hereford adalah jenis sapi pedaging.

Sapi jenis ini memiliki karakter yang jinak dan lembut bila dibandingkan dengan jenis sapi mini yang lain. Sapi jenis ini juga mudah perawatannya serta mudah sekali beradaptasi di semua lingkungan. Mereka tidak memerlukan pakan yang khusus serta mereka tidak menghasilkan banyak kotoran.

9. Sapi Miniature Scottish Highland

Sapi Miniature Scottish Highland

Saat melihat sapi ini hal yang paling menonjol adalah penampilannya yang memiliki bulu yang tebal dan panjang, yang membuatnya tampak sangat lucu. Apalagi dengan ukuran tingginya yang hanya sekitar 68 cm. Jika kamu memiliki peternakan yang kecil maka sapi jenis ini cocok untuk kamu miliki.

Sapi Scottish Highland memiliki fungsi ganda, kamu bisa menjadikannya sebagai sapi perah juga sebagai sapi pedaging. Tetapi sapi ini lebih lebih terkenal karena kualitas dagingnya yang lembut. Tetapi kamu juga bisa menjadikannya sebagai hewan peliharaan, karena mereka sangat jinak.

10. Sapi Miniature Holstein

Sapi Miniature Holstein

Sapi holstein memang terkenal sebagai sapi penghasil susu, walaupun ukurannya mini kualitas susu yang dihasilkannya sama dengan sapi ukuran normal. Sapi holstein mini ini bisa menghasilkan susu dalam sehari hari sekitar 2 – 3 galon susu sapi.

Ukuran tinggi dari sapi ini dikisaran 106 cm. Dengan ukuran mereka yang mini,  mereka makan hanya sedikit dan menghasilkan lebih sedikit kotoran. Mereka termasuk jenis sapi yang mudah kamu tangani karena mereka sangat lembut.

11. Sapi Miniature Texas Longhorn

Sapi Miniature Texas Longhorn

Seperti namanya, sapi ini memiliki tanduk yang cukup panjang, walaupun memiliki tanduk sapi ini termasuk binatang yang pintar dan sangat lembut. Sapi jenis ini mulai dikembangbiakan pada tahun 1990, dengan ukurannya sekitar 114 cm dan beratnya sekitar 158 sampai 362 kg.

Sapi jenis ini biasanya digunakan sebagai sapi pertunjukan dan hewan peliharaan walaupun sapi jenis ini terkenal karena termasuk daging sapi yang rendah lemak, kolesterol, dan kalori. Jika kamu memiliki peternakan yang kecil sapi ini cocok karena tidak memerlukan tempat yang luas.

12. Sapi Lowline Angus

Sapi Lowline Angus

Sapi yang dikembangkan di Australia ini, dengan mengambil ukuran sapi terkecil dari jenisnya. Sapi ini biasanya berwarna hitam, dan tidak memiliki tanduk dan termasuk hewan yang jinak. Sapi memiliki kemampuan berdaptasi yang baik pada cuaca dingin maupun panas.

Sapi jenis ini merupakan jenis sapi pedaging, ukuran sapi ini saat mencapai dewasa tingginya sekitar 109 cm dan beratnya bisa mencapai 544 kg. Sapi jenis ini tidak memerlukan pakan yang banyak dibandingkan dengan sapi dalam ukuran normal.

Sapi-sapi ini ini sangat lucu bukan, bentuk mereka yang mini membuat mereka tampak menggemaskan. Mereka juga dapat menghasilkan susu juga daging layaknya sapi dengan ukuran normal. Jenis-jenis sapi ini tidak memerlukan banyak pakan seperti sapi dengan ukuran besar, tetapi mereka tetap menghasilkan produk sapi yang berkualitas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *