Bacaterus / Sapi / 10 Sapi Terbesar di Dunia dengan Ukuran yang Menakjubkan

10 Sapi Terbesar di Dunia dengan Ukuran yang Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Bila sebelumnya kita telah membahas tentang buah-buahan terbesar yang ada di dunia. Nah, kali ini Bacaterus akan membahas tentang hewan ternak sapi. Sapi merupakan hewan mamalia yang kerap dimanfaatkan daging dan susunya untuk dikonsumsi manusia. Harga daging sapi yang mahal di pasaran tentu berhubungan dengan kualitas sapi itu sendiri.

Di dunia sendiri terdapat beberapa jenis hewan sapi yang pernah ada. Beberapa sapi mungkin akan membuat orang yang melihat terkejut. Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut telah Bacaterus rangkum 10 Sapi terbesar di dunia yang bisa membuat orang takjub karena ukurannya. Inilah ulasannya:

1. Sapi Mount Katahdin

Sapi Mount Katahdin

Julukan sebagai sapi terbesar dan tertinggi yang ada di dunia mungkin tak salah bila disematkan pada hewan ternak yang satu ini. Mount Katahdin sendiri diambil dari nama sebuah gunung dimana sapi terbesar itu hidup yaitu gunung Katahdin. Sapi Mount Katahdin merupakan sapi terbesar yang pernah tercatat dalam Guinness Book of The Records karena ukuran dan tingginya yang luar biasa.

Sapi Mount Katahdin merupakan seekor sapi jenis Holstein-Durham yang hidup pada tahun 1906-1910 dengan tinggi 1,88 meter dan ukuran lingkar tubuh mencapai 3,96 meter. Sapi Mount Katahdin diketahui hanya bisa hidup selama 4 tahun.

2. Sapi Britain

Sapi Britain

Sapi Britain adalah sapi yang berasal dari negara Britania Raya atau Inggris. Sapi Britain bisa memiliki bobot tubuh yang sangat besar dan bisa membuat orang yang melihatnya takjub. Di Inggris sendiri, sapi Britain adalah jenis sapi yang biasa dikonsumsi oleh warga Inggris.

Salah satu sapi terbesar di dunia ini mempunyai bobot sekitar 1,6 ton, ukuran yang luar biasa untuk seekor sapi. Pertumbuhan sapi Britain dikenal lebih cepat dibanding dengan sapi besar yang lainnya yang ada di dunia.

3. Sapi Blossom

Sapi Blossom

Bernama Sapi Blossom, sapi terbesar yang ada di dunia ini adalah miliki seseorang peternak bernama Patty Hanson yang tinggal di peternakan Orangeville, di negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Sapi yang diadopsi oleh Patty saat berusia 8 bulan ini memang menjadi sapi tertinggi yang pernah ada di dunia.

Kehadirannya telah membuat rasa penasaran orang-orang sehingga banyak masyarakat yang datang sekedar hanya ingin melihat sapi berukuran raksasa tersebut. Sapi Blossom diketahui memiliki tinggi sekitar 1,95 meter. Sapi ini juga tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai sapi tertinggi mengalahkan rekor yang dicapai oleh sapi Mount Kahtadin.

Sapi Blossom dikenal sebagai sapi yang jinak. Sapi ini kemudian diketahui mati ketika usianya mencapai 13 tahun.

4. Sapi Bellino

Sapi Bellino

Salah satu sapi terbesar yang ada di dunia selanjutnya adalah sapi Bellino. Sapi milik seorang peternak bernama Giuseppe Sola yang berasal dari Roma, Italia ini termasuk dalam jenis sapi Chianina yang memang memiliki ukuran tubuh yang besar dan tinggi. Sapi Bellino diketahui memiliki tinggi 6 kaki 7 inchi atau kurang lebih sekitar 2,027 meter.

Hal tersebut tentu saja memecahkan rekor sapi tertinggi yang diraih oleh Sapi Blossom. Sapi Bellino sendiri melakukan pengukuran di Roma, Italia pada tanggal 27 Maret 2010 yang lalu. Hewan ternak tersebut pun pada akhirnya masuk dalam rekor sebagai sapi terbesar dan tertinggi yang pernah ada.

5. Sapi Fiorino

Sapi Fiorino

Sapi Fiorino yang dimiliki oleh Antonio Sola ini adalah jenis Chianina lainnya. Sapi Fiorino termasuk dalam sapi terbesar dan tertinggi yang ada di dunia. Ukuran dan tingginya yang menakjubkan membuat sapi yang satu ini menjadi perhatian.

Sapi Fiorino memiliki ukuran jauh lebih tinggi dari sapi jenis Chianina lainnya yaitu Sapi Bellino. Sapi Fiorino diketahui memiliki tinggi sekitar 6 kaki 8 inchi atau sekitar 2,05 meter. Rekor yang dicapai Fiorino sejauh ini adalah rekor tertinggi yang pernah dicapai oleh sapi jenis Chianina.

6. Sapi Chili

Sapi Chili

Satu lagi sapi yang memiliki ukuran luar biasa yang pernah ada di dunia. Sapi Chili mempunyai berat sekitar 1,25 ton yang tentu saja menjadi salah satu sapi yang memiliki ukuran luar biasa yang ada di dunia.

Selain memiliki bobot yang cukup fantastis, sapi ini juga memiliki tinggi di atas rata-rata sapi yang ada. Sapi Chili diketahui memiliki tinggi sekitar 6 kaki dan 6 inchi atau sekitar 1,98 meter. Di negara Inggris sendiri seekor sapi Chili dihargai cukup tinggi.

7. Sapi Chilli di Indonesia

Sapi Chilli di Indonesia

Meskipun memiliki nama yang hampir mirip, namun sebenarnya sapi Chilli yang terbesar di Indonesia ini berbeda dengan sapi Chili yang sudah disebutkan di atas. Sapi Chilli adalah nama seekor sapi yang telah tercatat oleh MURI sebagai sapi terbesar pada tahun 2014 yang lalu.

Sapi Chilli sendiri termasuk dalam jenis Fresian Holstein yang merupakan sapi perah yang cukup produktif menghasilkan susu. Sapi ini diketahui mampu memproduksi hingga 6359 liter. Sapi Chilli memiliki ukuran tinggi sekitar 1,97 meter dan berat mencapai lebih dari satu ton. Hal tersebut yang pada akhirnya menempatkan sapi Chilli termasuk dalam sapi terbesar yang pernah ada di dunia.

8. Sapi Orange Elephant

Sapi Orange Elephant

Salah satu sapi terbesar kedua di dunia ini memiliki bobot tubuh yang fantastis. Bernama sapi Orange Elephant, sapi ini diketahui sanggup mencapai bobot 1,6 sampai dengan 2 ton. Sapi yang diketahui memiliki nama lain The Gentle ini adalah sapi peranakan Inggris yang sanggup hidup hingga usia 12 tahun.

Namanya sendiri mengacu pada ukurannya yang besar serta warna sapi itu sendiri yang didominasi dengan warna orange kemerah-merahan. Sapi Orange Elephant pun termasuk salah satu sapi terbesar yang bisa membuat orang-orang takjub saat melihatnya langsung.

9. Sapi Maine Anjou

Sapi Maine Anjou

Sapi terbesar selanjutnya bernama Maine Anjou. Sapi ini berasal dari Kota Anjou, Perancis. Sapi yang dikenal dengan nama lain Rouge des Pres ini adalah salah satu sapi terbesar yang ada di dunia. Sapi Maine Anjou memiliki berat rata-rata hingga 1,4 ton.

Para peternak yang ada di Perancis, khususnya di wilayah Maine Anjou memang memanfaatkannya sebagai sapi perah untuk memproduksi susu. Sapi ini juga yang biasa dikonsumsi oleh rakyat Prancis.

10. Sapi Limousin

Sapi Limousin

Sapi terbesar di dunia yang terakhir berasal dari Jerman. Bernama sapi Limousin, sapi ini memiliki berat rata-rata sekitar 1,2 ton dengan tinggi mencapai  1,45 meter. Sapi yang memiliki bentuk kepala kecil ini memang mirip dengan sapi Maine-Anjou yang ada di Perancis.

Sapi Limousin banyak diternakkan oleh peternak yang ada di Indonesia karena jumlah dagingnya yang banyak. Sapi Limousin termasuk dalam jajaran sapi terbesar yang di dunia karena memiliki berat rata-rata mencapai 1,2 ton.

Harga sapi Limousin dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Harga tertinggi untuk seekor sapi yang memiliki bobot 1,2 berkisar 94  juta. Sementara untuk sapi Limousin yang memiliki ukuran 1,5-1,7 ton ditaksir mencapai 100 juta lebih. Harga yang fantastis, bukan?

Nah, itulah 10 sapi terbesar yang ada di dunia yang bisa membuat takjub karena ukurannya. Nantikan informasi lainnya yang lebih menarik yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *