bacaterus web banner retina

Perbedaan Samsung S21, Samsung S21 Plus, dan Samsung S21 Ultra

Samsung kembali menyambut awal tahun dengan mengadakan Galaxy Unpacked. Acara yang berlangsung pada 14 Januari ini kembali diadakan secara online.

Perangkat terbaru yang dikenalkan oleh Samsung juga tidak kalah menarik perhatian. Bagaimana tidak, pihak Samsung saja mengaku jika perangkat terbarunya mampu mengekspresikan diri para pengguna Samsung. Di mana berbagai kemudahan yang ditawarkan akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa saja kecanggihan dan kelebihan yang akan ditawarkan Samsung S21 Series tak perlu Anda ragukan lagi.

Pada seri terbaru ini, terdapat tiga varian perangkat yang bisa Anda jadikan pilihan. Di antaranya yakni Samsung S21 Regular, Samsung S21 Plus, dan terakhir Samsung S21 Ultra. Meski masih dalam satu keluarga, ketiga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, yuk simak perbedaan spesifikasi di antaranya ketiganya!

Bodi dan Ukuran Layar

s21 plus ultra

Ketiga memiliki ukuran layar yang berbeda satu sama lain. Di mana versi reguler hadir dengan ukuran yang paling kecil, yaitu 6.2 inci. Meski merupakan ukuran yang terkecil, namun tetap saja ukuran ini terbilang luas untuk menunjang beragam produktivitas Anda. Sedangkan untuk varian Galaxy S21 Plus hadir dengan ukuran 6.7 inci serta versi ultra sedikit lebih besar lagi, yakni 6.8 inci.

Bagi Anda yang membutuhkan perangkat dengan ukuran yang luas, varian plus dan ultra bisa jadi pilihan terbaik. Ukuran layarnya yang lebih luas membuat varian Ultra hadir dengan bobot yang paling berat, mencapai 229 gram.

Beralih pada kualitas layarnya, ketiga mampu menampilkan gambar dengan resolusi FHD+ yang terbukti berkualitas. Bermain game, streaming video, hingga aktivitas lainnya akan terasa menyenangkan. Namun, perihal kemampuan adaptive refresh rate terdapat sedikit perbedaan. Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus dilengkapi dengan refresh rate 48Hz hingga 120Hz. Sedangkan untuk varian Ultra memiliki Adaptive refresh rate 10Hz hingga 120Hz.

Smartphone flagship ini telah dilengkapi dengan sertifikat IP68 di dalamnya. Sehingga perangkat ini memiliki ketahanan yang baik terhadap debu dan juga air. Bahkan, Samsung Galaxy S21 Series ini mampu bertahan pada air dalam kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Sedangkan saat terkena air hujan atau cipratan air bukanlah perkara yang perlu dikhawatirkan.

Berbeda dengan S21 Reguler dan S21 Plus, varian S21 Ultra sudah dilengkapi dengan Stylus support yang mampu menemani produktivitas dan mobilitas Anda.

Prosesor

exinos 2100

Jika perangkat Samsung yang dirilis pada tahun 2020 kemarin menggunakan sistem Android 10. Bisa dipastikan jika perangkat terbaru kali ini telah mendapat dukungan dari sistem operasi Android 11 yang lebih baru. Perihal chipsetnya, terdapat perbedaan yang disesuaikan dengan lokasi distribusi perangkat.

Untuk versi global, Galaxy S21 Series ini dilengkapi dengan dukungan Exynos 2100. Sedangkan untuk varian yang diproduksi di China dan USA menggunakan Snapdragon 888.

Perbedaan juga terletak dari GPU yang digunakan, versi global atau internasionalnya menggunakan kartu grafis Mali-G78 MP14 dan untuk varian China atau USA menggunakan Adreno 660. Meski tak sepenuhnya sama, namun keduanya tetap menawarkan kualitas grafis yang mumpuni dan terbaik di kelasnya.

Kapasitas RAM dan ROM

Apakah ketiganya hadir dengan kapasitas RAM yang sama? Jawabannya adalah tidak. Jika Galaxy S21 Reguler dan S21+ memiliki kapasitas RAM 8 GB, varian S21 Ultra hadir dengan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 12 GB dan juga 16 GB. Meski berbeda, ketiganya tawarkan performa RAM yang sangat unggul. Di mana melakukan aktivitas multitasking akan terasa lebih mudah. Sekalipun Anda mengakses aplikasi yang terbilang berat dalam kurun waktu yang bersamaan.

Perbedaan juga bisa Anda temukan pada kapasitas memori internalnya. Untuk S21 dan S21+, keduanya memiliki kapasitas memori internal mencapai 128 GB dan 256 GB. Tersedia varian kapasitas yang lebih besar pada S21 Ultra, yakni mencapai 512 GB. Banyaknya pilihan varian kapasitas memori internal ini akan semakin memudahkan kamu dalam menentukan, mama kapasitas ROM yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Besarnya memori internal yang ditawarkan perangkat ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, Samsung memutuskan untuk tidak hadirkan slot memori eksternal. Tidak adanya slot memori eksternal ini bisa Anda atasi dengan memilih kapasitas ROM sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, absennya memori eksternal bisa membuat perangkat memiliki perlindungan yang lebih baik dan terhindar dari ancaman virus.

Kamera Belakang

samsung s21 camera belakang

Samsung S21 dan S21 Plus, keduanya hadir dengan konsep triple camera untuk kamera belakang. Resolusi yang ditawarkan pun sama persis. Di mana kamera utama merupakan lensa wide hadir dengan resolusi 12 MP. Anda juga bisa memotret objek jarak jauh menggunakan lensa telephoto beresolusi 64 MP. Bahkan, lensa satu ini telah dilengkapi dengan fitur optical zoom dan 3x hybrid zoom.

Sedangkan kamera ketiganya merupakan lensa ultrawide 12 MP yang mampu memotret objek dengan bentangan yang lebih luas. Kamera ini tak hanya menunjang pengalaman memotret namun juga membantu Anda hasilkan kualitas video yang bagus. Pasalnya, Samsung telah menyematkan fitur Super Steady di dalamnya.

Bisa dibilang, kualitas kamera yang ditawarkan S21 Ultra jauh mengalami peningkatan. Jumlahnya saja sudah berbeda, di mana perangkat ini hadirkan konsep quad camera. Kamera utamanya hadir dengan resolusi yang sangat besar, yakni mencapai 108 MP sebagai lensa wide. Tersedia juga lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP Yang juga memiliki fitur Super Steady.

Tak lupa, varian ini juga dilengkapi dengan lensa telephoto untuk menunjang proses pemotretan pada objek yang berada di jarak yang jauh. Lensa dengan 3x optical zoom ini hadir dengan resolusi 10 MP. Sedangkan untuk kamera lainnya, hadir dengan lensa periscope telephoto 10 MP yang dilengkapi 10x optical zoom. Lensa inilah yang tidak Anda temukan pada kedua varian Samsung S21 lainnya.

Beralih pada fitur, tak ada perbedaan di antara ketiganya. Samsung Galaxy S21 Series ini dilengkapi dengan fitur LED Flash, auto-HDR, dan Panorama. Sedangkan untuk perekaman video, ketiganya juga mampu hasilkan video dengan resolusi 4K hingga 8K. Anda yang merupakan seorang content creator bisa hasilkan video yang keren dengan perangkat canggih satu ini.

Kamera Depan

samsung s21 camera depan

Spesifikasi kamera belakang yang ditawarkan hadir dengan perbedaan yang cukup signifikan. Namun, berbeda cerita dengan spesifikasi kamera depannya. Ketiganya hadir dengan satu buah lensa kamera dengan resolusi yang sama, yakni 10 MP. Lensa kamera depan yang merupakan lensa wide ini mampu memotret foto selfie secara grup atau yang disebut dengan wefie.

Perihal fiturnya, kamera depan Samsung S21 dilengkapi dengan fitur auto-HDR dan dual video call. Tak mau kalah dengan kamera belakang, kamera depan ini mampu merekam sebuah video dengan resolusi 4K, lho. Buat konten vlog akan terasa mudah menggunakan Samsung Galaxy S21 Series.

Kapasitas Baterai

Perbedaan yang mencolok juga terlihat dari kapasitas baterai yang ditawarkan. Mengingat ketiganya memiliki kapasitas yang berbeda satu sama lain. Bisa dipastikan jika versi regular hadir dengan daya yang paling kecil, yakni 4000 mAh. Meski tak sebesar kedua saudaranya yang lain, namun kapasitas baterai ini terbilang sangat mumpuni. Untuk aktivitas yang normal, baterai perangkat bisa bertahan hingga seharian.

Samsung Galaxy S21 Plus memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 4800 mAh. Kapasitasnya yang besar membuat daya ini memiliki ketahanan yang lebih baik. Masih ingin menikmati perangkat dengan kapasitas baterai yang lebih besar? Jatuhkan pilihan Anda pada Galaxy S21 Ultra. Varian yang paling canggih ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh. Wah, sangat besar untuk menunjang aktivitas harian Anda, ya.

Perangkat flagship ini juga telah dilengkapi dengan teknologi fast charging di dalamnya. Tidak tanggung-tanggung, teknologi fast charging yang ditawarkan mencapai 25W. Teknologi ini mampu membuat baterai berkapasitas 5000 mAh melalui proses pengisian daya yang cepat.

Dipilihnya USB Type-C juga semakin menunjang proses pengisian baterai Galaxy S21. Teknologi lainnya seperti wireless charging 15W dan reverse wireless charging 4.5W juga tak lupa untuk disematkan.

Warna

samsung s21 warna

Sama seperti series yang telah dikenalkan Samsung sebelumnya, Samsung Galaxy S21 Series ini juga tawarkan varian warna yang berbeda-beda. Untuk Galaxy S21, tersedia empat opsi warna yang bisa Anda pilih, yakni phantom white, phantom gray, phantom pink, dan phantom violet.

Untuk yang lebih suka smartphone dengan warna hitam, opsi warna phantom black tersedia pada Galaxy S21 Plus. Selain black, ada dua pilihan warna lain yang bisa Anda pilih, yakni phantom violet dan phantom silver.

Seperti Galaxy S21 Plus, S21 Ultra juga hadir dengan tiga pilihan warna. Ketiganya pun merupakan warna yang berbeda dengan varian lainnya, yaitu phantom navy, phantom brown, dan phantom titanium. Apapun pilihan warna yang Anda pilih nantinya, warna kekinian yang ditawarkan Samsung mampu membuat perangkat baru miliknya tampak lebih modern dan elegan.

Harga Samsung Galaxy S21 Series

Bagaimana? Apa Anda tertarik dengan spesifikasi canggih yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S21 Series? Sebagai perangkat yang baru dirilis pada tahun 2021, Samsung Galaxy S21 Series sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan 5G, sehingga proses mengakses internet menggunakan perangkat ini akan terasa begitu kencang dan menyenangkan.

Anda pun bisa melakukan pembayaran cashless serta melakukan pengiriman file yang lebih cepat berkat fitur NFC yang dimiliki.

Kabarnya, perangkat terbaru Samsung ini sudah bisa dibeli secara global pada akhir Januari 2021, tepatnya pada tanggal 29. Mengingat ketiganya menawarkan spesifikasi yang berbeda, harga yang dibanderol bisa dipastikan berbeda satu sama lain sesuai dengan tingkat kecanggihannya.

Galaxy S21 Reguler yang merupakan versi paling standar bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 11 jutaan. Sedangkan untuk Galaxy S21 Plus seharga Rp 14 jutaan dan Galaxy S21 Ultra yang paling canggih mencapai Rp 16 jutaan. Harga belasan juta ini bisa dibilang masuk akal, terlebih jika Anda memperhatikan dengan seksama spesifikasi yang ditawarkan Samsung pada perangkat flagship terbarunya ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram