bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Inilah Perbandingan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71

Inilah Perbandingan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen BLIBLI

samsung A51 vs A71 (Copy)

Samsung adalah perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang memproduksi smartphone dari berbagai segmen harga. Salah satu produk smartphone yang dihadirkan di Indonesia dan diminati oleh masyarakat ialah seri Galaxy A.

Di tahun 2020 kemarin, Samsung memasarkan duo smartphone kelas menengah dari seri Galaxy A, yaitu Samsung A51 dan A71. Baik smartphone Samsung Galaxy A51 maupun Samsung Galaxy A71 menawarkan tiga keunggulan yakni awesome camera, awesome screen, dan awesome performance.

Duo Samsung Galaxy Seri A ini didedikasikan untuk generasi live yang menyukai live vlogging maupun live payment.

“Kita bawa satu step ahead target buat konsumen anak muda Gen Z dan milenial yang punya passion untuk apa pun yang mereka sedang geluti,” kata Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, dalam acara peluncuran kala itu.  

Sebagai informasi, smartphone Samsung Galaxy A71 dibekali Infinity All Display dengan layar besar 6,7 inci berdesain Infinity-O yang memakai panel baru Super AMOLED Plus. Menurut Irfan, keunggulan dari smartphone Samsung Galaxy A71 ada di panel tersebut yang lebih tipis 26 persen, sehingga menghadirkan perangkat dengan desain lebih ramping.

Sementara itu, smartphone Samsung Galaxy A51 hadir dengan layar 6,5 inci Super AMOLED. Karena itu, smartphone Samsung Galaxy A51 menawarkan pengalaman menonton dan bermain game jauh lebih baik dengan kecerahan dan kontras warna pada layar.

“Baru tahun ini, kami membawa teknologi Super AMOLED Plus, lebih tipis dan lebih ringan daripada AMOLED biasa. Teknologi Super AMOLED membuat penampilan tetap ramping meski memiliki baterai besar,” terang Irfan.

Adapun, Samsung mengklaim bahwa smartphone Samsung Galaxy A71 dapat bertahan seharian dengan baterai 4.500mAh yang juga dibekali teknologi super-fast charging 25W. Sementara untuk smartphone Samsung Galaxy A51 dilengkapi baterai 4.000mAh dengan didukung pengisian daya cepat 15W.

“Karena passion anak muda banyak di E-Sports belakangan ini, didukung hardware dan software,” tukas Irfan.

Perlu diketahui, smartphone Samsung Galaxy A71 ditenagai Snapdragon 730G RAM 8GB dengan AI Gaming Booster agar gambar game lebih smooth. Sedangkan smartphone Samsung Galaxy A51 dipersenjatai Exynos 9611 RAM 6GB.

“Kali ini NFC juga dihadirkan pada Galaxy A71 dan Galaxy A51,” ujar Irfan.

Dari segi kamera, smartphone Samsung Galaxy A71 dibekali quad camera terbaru yang ditujukan untuk anak muda yang suka membuat konten dan dibagi ke media sosial.

Konfigurasi quad camera tersebut hadir dengan kamera utama 64MP, yang didukung kemampuan AI untuk mengenali screen yang ada. Selanjutnya, lensa makro 5MP dengan titik fokus 3-5 cm, sehingga dapat mengambil gambar dengan detail.

Lensa ketiga adalah ultra-wide dengan sudut pandang 123 derajat mendapat view upgrade, dari tahun lalu 8MP, menjadi 12MP. Terakhir, dilengkapi fitur Super Steady Mode untuk merekam video tanpa menambahkan gear atau gimbal.

Sama seperti smartphone Samsung Galaxy A71, smartphone Samsung Galaxy A51 juga dibekali quad camera, tetapi dengan resolusi utama yang lebih kecil, yaitu 48MP.

Sebagai informasi, Duo Samsung Galaxy Seri A ini memang diciptakan oleh pabrikan smartphone asal Korea Selatan untuk melanjutkan perjalanan dari produk generasi sebelumnya. Smartphone Samsung Galaxy A51 diketahui merupakan versi upgrade dari Smartphone Galaxy A51. Sedangkan Smartphone Samsung Galaxy A71 adalah penerus dari smartphone Samsung Galaxy A70.

Perlu dipahami, smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 memang memiliki desain bentuk maupun beberapa varian warna yang sama. Namun, jika dilihat dengan lebih detail, ada banyak perbedaan di antara keduanya.

Samsung Galaxy A51 merupakan smartphone yang ditargetkan untuk menyasar satu level pasar di bawah kelas Samsung Galaxy A71. Dengan demikian, cukup wajar apabila smartphone Samsung Galaxy A51 ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan smartphone Samsung Galaxy A71.

Nah, supaya lebih jelas, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71!

1. Dimensi dan Layar

Samsung-Galaxy-A51-and-A71 (Copy)

Jika dilihat sekilas, duo produk smartphone serI Galaxy A yang menggadang tagline “The Next Generation Awesome Live” ini memang terlihat sama persis. Keduanya sama-sama menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing glossy.

Meskipun demikian, ada perbedaan dari smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy secara dimensi serta layar. Smartphone Samsung Galaxy A51 ini diketahui memiliki dimensi 158,5 x 73,6 x 7,9 mm, sedangkan smartphone Samsung Galaxy A71 mempunyai dimensi sekitar 163,6 x 76 x 7,7 mm.

Selain itu, layar smartphone Samsung Galaxy A71 berukuran 6,7 inci, sementara smartphone Samsung Galaxy A51 sedikit lebih kecil, yakni 6,5 inci. Hal ini menunjukkan smartphone Samsung Galaxy A71 yang sedikit lebih panjang dari smartphone Samsung Galaxy A51, meskipun bodinya lebih tipis.

Baik smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy Galaxy A71 diketahui sama-sama menawarkan layar Infinity-O edge-to-edge berkualitas Super AMOLED. Tampilan layar ini memberikan pengalaman yang luas dan mendalam, sangat nyaman untuk menonton konten streaming maupun gaming.

2. Kamera

a51 a71 (Copy)

Kedua smartphone seri Galaxy A ini diketahui sama-sama dibekali dengan empat kamera. Baik smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 menghadirkan kamera utama, yaitu Ultra Wide, Makro, serta kamera Depth. Keempat kamera tersebut dikombinasikan dengan fitur cerdas untuk menangkap semua hal yang kamu alami dengan detail.

Perbedaan utamanya adalah kamera utama smartphone Samsung Galaxy A71 menggunakan sensor 64MP, saedangkan pada smartphone Samsung Galaxy A51 memakai sensor 48MP. Dilihat dari resolusi, perbedaannya terlihat cukup signifikan. Besar kemungkinan, kedua smartphone serI Galaxy A ini tetap mampu mengambil foto dengan tajam dan jelas, baik siang atau malam hari.

Pada sensor kamera sisanya, memiliki spesifikasi yang sama persis. kamera Ultra Wide 12MP sama-sama memiliki sudut lensa 123 derajat. Kamera makro 5MP membawa objek ke fokus yang sangat jernih untuk menangkap detail. Sementara kamera Depth 5MP membuat subjek tampil lebih menonjol menggunakan efek Live Focus.

Selanjutnya, fitur penting yang juga ada di smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 adalah Video Super Steady. Pengguna dapat merekam video petualangan dengan lancar dan stabil. Fitur ini sebenarnya bukan hal baru, karena sudah ada baik di smartphone Samsung Galaxy A50s maupun update software smartphone Samsung Galaxy A70.

3. Desain Belakang

desain belakang a51 a71 (Copy)

Pada bagian belakang, baik smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy 71 memiliki desain yang sama. Kedua smartphone serI Galaxy A ini menyuguhkan empat sensor kamera yang tersusun berbentuk huruf “L” dengan dilengkapi dengan LED Flash.

Ini adalah susunan kamera baru yang diberikan Samsung pada smartphonenya dan ini cukup unik. Sementara corak cover bagian belakang keduanya hadir dengan desain berbentuk seperti pecahan kaca, dengan warna yang terbilang cukup unik dan trendy.

4. Aspek Dapur Pacu

dapur pacu (Copy)

Urusan performa, kedua smartphone seri Galaxy A ini dibekali dengan chipset yang berbeda. Jika dibandingkan, urusan mana yang lebih bertenaga dan lebih baik dalam bermain game, tentu saja smartphone Samsung Galaxy A71 hadir dengan chip yang lebih bertenaga berkat penggunaan Snapdragon 730 dengan pemrosesan 8nm. Sementara itu, smartphone Samsung Galaxy A51 hadir dengan Exynos 9611 dengan teknologi pemrosesan 10nm.

Dikutip situs Versus, ternyata Exynos 9611 memiliki kecepatan CPU lebih cepat 5% dibandingkan Snapdragon. Selain itu, Exynos memiliki kecepatan RAM lebih tinggi.

Perlu diketahui, kedua smartphone serI Galaxy A ini hadir dengan slot microSD yang terpisah dari slot SIM Card yang kompetibel sampai dengan 1TB. Selain itu, kedua smartphone serI Galaxy A ini juga hadir dengan memori RAM yang berbeda.

Smartphone Samsung Galaxy A51 diketahui punya RAM 8GB dengan internal 128GB/256GB. Sedangkan smartphone Samsung Galaxy A71 hadir dengan RAM 8GB yang punya penyimpanan 128GB.

5. Kapasitas Penyimpanan

Untuk kapasitas penyimpanan sendiri, baik smartphone Samsung Galaxy A51 maupun smartphone Galaxy A71 sama-sama menawarkan internal storage yang luas. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kedua smartphone seri Galaxy A ini punya memori internal 128GB dengan slot microSD up to 512GB.

6. Fitur Lainnya

one ui 2 (Copy)

Sebagai informasi, kedua smartphone seri Galaxy A tersebut juga sudah menjalankan sistem operasi Android 10.0 dengan antarmuka ONE UI 2. Karena itu, kedua smartphone ini sudah pasti tangguh untuk menjalani berbagai aktivitas multi-tasking.

Tidak hanya itu saja, smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 sama-sama dibekali dengan fitur penunjang yang keren banget. Selain sama-sama punya fitur NFC dan sensor sidik jari di layar, kamu juga bisa bermain game dengan nyaman lewat fitur Game Booster.

Hal ini tentunya juga didukung dengan kapasitas baterai kedua smartphone seri Galaxy A ini yang terbilang besar. Baterai smartphone Samsung Galaxy A51 berkapasitas 4.000 mAh, sementara baterai smartphone Samsung Galaxy A71 sebesar 4.500 mAh.

Selain itu, Samsung juga membenamkan fitur fast charging di kedua smartphone Galaxy seri A ini, meskipun kecepatan pengisiannya berbeda. Smartphone Samsung Galaxy A51 memiliki fast charging 15W, sementara smartphone Samsung Galaxy A71 sebesar 25W.

Perlu kamu tahu, di bulan Juli 2020 lalu, baik smartphone Samsung Galaxy A51 maupun smartphone Samsung Galaxy A71 mendapat penyegaran dari sisi fitur kamera. Penyegaran ini berupa fitur "Pro Mode" dan "Single Take". Fitur tersebut sebelumnya hanya dimiliki ponsel flagship keluarga Samsung Galaxy S20 dan Samsung Note 20.

Fitur Pro Mode di smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 bisa digunakan untuk memotret secara manual. Artinya, pengguna bisa mengubah pengaturan ISO, shutter speed, aperture atau depth of field, serta white balance sesuai kebutuhan.

Adapun, fitur Single Take memungkinkan pengguna memotret 10 foto dan merekam 4 video yang berbeda-beda hanya dengan sekali perekaman. Fitur ini cocok sekali untuk kebutuhan Story di Instagram.

Fitur lainnya Quick Share Mode yang memungkinkan pengguna berbagi file antar sesama perangkat Samsung dengan mudah. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy A51 dan smartphone Samsung Galaxy A71 juga dilapisi warna baru, yakni Haze Crush Silver.

Jadi, kamu tertarik membeli smartphone Samsung Galaxy A51 atau smartphone Samsung Galaxy A71?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram