Bacaterus / FYI / Inspiratif! Kreatif! Inovatif! Inilah 6 Rumah Unik di Dunia

Inspiratif! Kreatif! Inovatif! Inilah 6 Rumah Unik di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Rumah adalah tempat untuk kita bernaung dan tinggal. Rumah juga merupakan tempat kita bisa melepaskan penat atau stres. Dengan beristirahat di rumah yang nyaman, akan membuat kita merasakan energi positif bisa masuk dalam tubuh. Maka dari itu, rumah biasanya dibangun sesuai dengan keinginan sang pemilik. Tujuannya adalah agar sang pemilik merasa nyaman dan senang ketika berada di rumah sendiri.

Banyak desain unik untuk sebuah rumah, tergantung dari selera pemiliknya masing-masing. Terkadang ada yang membuat rumah menjadi sangat simpel dan sederhana, namun ada juga yang suka mendesainnya seunik mungkin. Bahkan saking uniknya, rumah bisa menjadi museum atau tempat wisata. Bacaterus akan membahas 6 rumah unik di dunia yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk membangun sebuah hunian yang berbeda dari biasanya.

Rumah Tipis

Rumah Tipis

Desain rumah yang satu ini sangat unik dan sangat menginspiratif. Bagaimana tidak, biasanya orang ingin memiliki rumah yang luas agar bisa leluasa untuk bergerak. Selain itu, biasanya orang menginginkan rumah dengan ruangan yang luas agar memungkinkan mereka untuk memiliki barang yang banyak. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk yang satu ini.

Rumah ini terkenal sebagai rumah unik di dunia yang ukurannya paling tipis. Pasalnya, rumah ini terhimpit di antara dua rumah besar. Namun, walaupun rumah ini tipis dan sempit, designnya sangat elegan bahkan sangat rapi, sehingga Anda pasti ingin tinggal di rumah tipis ini. Selain itu, rumah ini sangat modern di mana semua fasilitas yang ada dikontrol dengan menggunakan remot.

Arsitek dari rumah tipis ini adalah Jakub Szcezsny asal Polandia. Jika Anda sangat ingin tinggal di rumah tipis ini, sepertinya Anda harus siap-siap kecewa, karena rumah ini telah dihuni oleh Etgar Keret, seorang penulis asal Israel.

Tapi Anda bisa mengunjungi rumahnya, karena Keret suka menyelenggarakan open house. Saat pagelaran open house, tamu yang terpilih akan diperbolehkan untuk menginap selama satu malam untuk menikmati rumah tipisnya itu.

Rumah Gua

Rumah Gua

Pada umumnya, orang-orang ingin memiliki rumah dengan pencahayaan yang baik. Terkena sinar matahari, namun tidak terlalu panas. Rumah seperti itu akan menyehatkan penghuninya, bukan? Tapi tidak dengan rumah unik di dunia yang satu ini.

Rumah gua ini adalah rumah dengan luas 300 meter persegi dan berada di bawah lahan yang luasnya mencapai 8.5 hektar. Rumah unik ini terletak di Australia. Rumah gua ini membutuhkan waktu 7 bulan untuk membuatnya. Di rumah ini tentu saja tidak ada jendela, namun Anda tidak perlu khawatir tentang udara, karena rumah ini sudah dirancang layak huni.

Crooked House

Crooked House

Rumah yang satu ini terbilang sangat unik. Jika biasanya rumah akan terlihat tegak dan lurus, berbeda dengan crooked house. Rumah unik di dunia ini terlihat seperti rumah yang ‘meleleh’ terkena api, bahkan ada yang menyebutkan rumah ini seperti kertas yan habis diremas.

Awalnya, rumah ini disebut dengan Krzywy Domek. Jika Anda yang ingin mengunjungi crooked house ini, Anda harus pergi ke Polandia, tepatnya di pusat peperbelanjaan Rezident di Sopot. Crooked house dibangun pada tahun 2004 oleh seorang arsitektur asal Polandia bernama Zaleski Szotynscy. Luas dari bangun ini 4.000 meter persegi. Rumah ini sangat unik bukan?

Rumah Transparan

Rumah Transparan

Rumah pada umumnya memiliki tembok atau kayu agar tidak terlihat dari luar. Biasanya orang tidak akan menyukai jika rumahnya dapat terlihat secara tembus pandang, karena orang dari luar dapat menyaksikan apa yang kita lakukan di dalam rumah. Akan tetapi, rumah unik di dunia yang satu ini sangatlah lain.

Sou Fujimoto membuat rumah transparan ditengah-tengah pemukiman di Jepang. Ia merancang bangunan rumah ini dengan sangat unik, yaitu dengan membuatnya dari kaca. Fujimoto terinspirasi dari konsep rumah pohon. Rumah transparan ini memiliki 21 ruangan dan ruangan tersebut saling terhubung. Yang menghubungkan ruangan satu dengan ruangan lainnya adalah tangga lipat dan tangga permanen.

Hang Nga Guesthouse

rumah unik di dunia

Rumah unik di dunia yang satu ini sepertinya terinspirasi dari rumah pohon. Namun, berbeda dengan rumah pohon pada umunya, rumah ini lebih seperti pohon yang dijadikan rumah. Nama rumah ini adalah Hang Nga Guesthouse, atau disebut juga sebagai Crazy House.

Bangunan ini merupakan bangunan konvensional. Arsitek rumah ini berasal dari negara Vietnam, yaitu Dang Viet Nga. Konsep yang ada di rumah ini adalah flora dan fauna. Jika Anda penasaran, Anda dapat mengunjungi Vietnam tepatnya di Da Lat. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Rumah Tower Air

Rumah Tower Air

Pernahkah Anda terpikir memiliki rumah dari bekas tower air? Jika Anda penasaran bagaimana rasanya tinggal di dalam tower air, Anda harus mengunjungi rumah unik di dunia yang satu ini. Pasalnya, rumah ini benar-benar terbuat dari bekas tower air, lho. Akan tetapi, rumah ini bukan terbuat dari tower air yang biasa kita lihat di setiap rumah yang memiliki jet PAM.

Tower air yang digunakan adalah tower air besar yang biasa digunakan di perternakan atau di perkebunan. Siapa yang sangka, tower air setinggi 100 kaki ini dulu adalah tempat persembunyian tentara Nazi pada saat perang Dunia II. Namun, pebisnis lokal yang berasal  dari Belgia akhirnya memutuskan untuk mengubah tower air ini menjadi sebuah hunian layak huni pada tahun 2007.

Jika Anda berpikiran bahwa rumah tower air ini merupakan rumah sederhana, maka Anda salah. Interior rumah tower air ini sangat mewah, bahkan hampir menyamai apartemen berkelas bintang 5. Selain itu, dari rumah tower air ini Anda dapat memanjakan mata Anda dengan pemandangan indah dari atas kota Belgia. Bagaimana, rumah ini sangat unik bukan?

Itulah rumah-rumah unik di dunia. Apakah Anda terinspirasi untuk membuat rumah yang sama? Atau justru lebih unik dari 6 rumah di atas?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar