Bacaterus / Dunia Mistis / 10 Rumah Sakit Jiwa Angker di Dunia yang Paling Mencekam

10 Rumah Sakit Jiwa Angker di Dunia yang Paling Mencekam

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2018

Rumah sakit jiwa sejatinya adalah tempat untuk merawat orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Kondisi pasien yang dapat membahayakan orang lain mengharuskan pasien tersebut dirawat secara intensif di rumah sakit jiwa. Gangguan jiwa yang dialami oleh pasien-pasien tersebut menyebabkan beberapa pasien nekat bunuh diri. Bahkan, terkadang ada pasien yang coba membunuh orang lain di rumah sakit jiwa tersebut.

Kasus bunuh diri atau pembunuhan di rumah sakit jiwa memang tidak banyak. Namun, Bacaterus akan membagikan cerita seram di 10 rumah sakit jiwa angker di dunia yang terkenal berhantu. Penasaran? Ikuti cerita selengkapnya di sini.

10 Rumah Sakit Jiwa Angker di Dunia

1. Pennhurst Asylum – Pennsylvania, AS

Pennhurst Asylum Rumah Sakit Jiwa Angker di Dunia

Dibuka pada tahun 1908, Pennhurst Asylum di Spring City, Pennsylvania, AS ini merupakan rumah sakit bagi anak-anak yang mengalami cacat mental. Rumah sakit ini sangat penuh sesak, sementara jumlah stafnya sangat sedikit. Konon, para staf yang merasa bekerja berlebihan dengan upah yang sedikit melakukan “hukuman” kejam bagi pasien di sana.

Anak-anak dibius, dirantai di tempat tidurnya, diisolasi untuk jangka waktu panjang, dan semua giginya dicabut agar tidak menggigit orang lain. Pennhurst Asylum dihantui oleh roh pasien anak-anak yang mati penasaran di sana. Suara langkah kaki, jeritan pintu, dan pintu yang tiba-tiba menutup tersendiri adalah teror mencekam di salah satu rumah sakit jiwa angker di dunia ini.

Selain itu, di rumah sakit yang tidak lagi beroperasi ini sering ditemukan aktivitas poltergeist, di mana benda dapat melayang sendiri dan terlempar ke arah orang yang berkunjung kemari. Penampakan hantu gadis kecil berpakaian putih juga semakin menambah keseraman tempat ini.

2. Athens Lunatic Asylum – Ohio, AS

Athens Lunatic Asylum

Berbicara mengenai rumah sakit jiwa angker di dunia, nama Athens Lunatic Asylum tentu tidak akan luput dari daftar tersebut. Rumah sakit yang buka sejak tahun 1874 ini terkenal menggunakan metode penyembuhan yang kejam, yaitu lobotomy, memotong syaraf otak melalui rongga mata. Hampir 1.900 meninggal karena metode penyembuhan yang sadis dan mayat-mayatnya dikuburkan di halaman rumah sakit tanpa diberi nisan.

Salah seorang pasien yang bernama Margaret Schilling meninggal di rumah sakit ini. Yang mengerikan darah yang membentuk siluet Margaret tetap membekas di lantai dan tidak bisa dibersihkan. Sampai akhirnya tahun 1993 Athens Lunatic Asylum resmi ditutup.

3. Beechworth Lunatic Asylum – Victoria, Australia

Beechworth Lunatic Asylum

Sebuah rumah sakit jiwa di Victoria, Australia ini memiliki bangunan yang masih nampak terawat. Meskipun demikian, jangan terkecoh dengan tampilan bangunannya karena sebenarnya Beechworth Lunatic Asylum adalah rumah sakit jiwa yang sangat angker. Hanya dalam rentang waktu 128 tahun sudah ada lebih dari 3.000 pasien yang meninggal di sini.

Teror gaib yang dirasakan oleh pengunjung diduga berasal dari hantu salah seorang pasien bernama Tommy Kennedy. Tommy meninggal di dapur yang kini diubah menjadi teater Bijou. Pengunjung yang datang kemari merasakan pakaiannya ditarik-tarik atau tulang rusuknya ditusuk ketika berada di teater tersebut.

4. Trans-Allegheny Lunatic Asylum – Virginia Barat, AS

Trans-Allegheny Lunatic Asylum

Sebuah rumah sakit jiwa angker di dunia ini dulunya menggunakan metode pengobatan yang sadis. Selain lobotomy, pasien yang dirawat di Trans-Allegheny Lunatic Asylum menjalani pengobatan terapi kejut dan kurungan di dalam kandang.

Rumah sakit ini sering dipakai sebagai tur horror oleh wisatawan. Kabarnya, baik pengunjung maupun pemandu sering melihat penampakan hantu berwujud dokter, suster, sampai dengan pasien. Namun, hantu yang paling terkenal di Trans-Allegheny Lunatic Asylum adalah Lily. Hantu berwujud gadis muda ini diberikan sebuah ruangan khusus di mana biasanya pengunjung meletakkan mainan di ruangan itu agar tidak diganggu oleh Lily.

5. Saint John’s Asylum – Lincolnshire, Inggris

Saint John's Asylum

Akibat tak tahan dengan pengobatan terapi kejut yang sangat menyiksa, banyak pasien di Saint John’s Asylum yang bunuh diri. Salah satu kasus bunuh diri yang paling terkenal di rumah sakit ini adalah pasien yang menggantung diri di puncak tangga rumah sakit jiwa ini.

Pengunjung pub yang berada tidak jauh dari Saint John’s Asylum sering melihat penampakan hantu perawat dan pasien yang berkeliaran di halaman rumah sakit. Rumah sakit ini ditutup pada tahun 1990, tapi banyak pemburu hantu yang memasuki bangunan secara ilegal.

Sebuah foto yang diambil oleh salah satu pemburu hantu di tahun 2010 memperlihatkan penampakan putih mengintip di salah satu jendela bangunan Saint John’s Asylum. Apakah itu penampakan atau hanya efek cahaya, siapa yang tahu?

6. The Norwich State Hospital – Connecticut, AS

The Norwich State Hospital

Sewaktu masih beroperasi, The Norwich State Hospital sudah dianggap sebagai tempat yang menakutkan bagi masyarakat setempat. Bagaimana tidak, rumah sakit jiwa ini merupakan tempat merawat pasien gila yang dituduh melakukan pembunuhan dan perkosaan. Belum lagi rumah sakit ini juga menampung pasien TBC, ketergantungan narkotika, dan cenderung melakukan kekerasan.

Setelah ditutup secara permanen, rumah sakit yang dibangun tahun 1904 ini langsung diklaim sebagai rumah sakit jiwa angker di dunia. Suara jeritan misterius sering terdengar dari bangunan rumah sakit yang sudah tidak berpenghuni ini. Di samping itu, suara kursi roda dan brankar sering terdengar oleh masyarakat setempat. Belum lagi penampakan wajah misterius di jendela rumah sakit ini yang muncul pada malam-malam tertentu.

7. Gonjiam Psychiatric Hospital – Korea Selatan

Gonjiam Psychiatric Hospital

Kalau Anda adalah penggemar film horror, mungkin Anda sudah menonton film “Gonjiam: Haunted Asylum” yang tayang pada pertengahan 2018. Film ini terinspirasi dari kisah-kisah seram di Gonjiam Psychiatric Hospital, rumah sakit jiwa yang dulu pernah berjaya dan kini hanya merupakan bangunan kosong dan terbengkalai.

Kisah horor di rumah sakit ini antara lain adalah kematian pasien dan perawat secara misterius. Berbagai spekulasi mengenai kematian misterius penghuni Gonjiam Psychiatric Hospital mencuat, mulai dari pencemaran limbah, kebangkrutan rumah sakit sehingga tidak dapat merawat pasien-pasiennya, sampai eksperimen dari “dokter gila” yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Banyak warga Korea Selatan yang datang ke Gonjiam Psychiatric Hospital untuk membuktikan keangkeran tempat ini. Bahkan, wisatawan mancanegara pun tertarik untuk menjelajahi salah satu tempat terangker di KorSel ini.

8. ByBerry Mental Hospital – Pennsylvania, AS

ByBerry Mental Hospital

Selain Pennhurst Asylum, ternyata Pennsylvania memiliki satu lagi rumah sakit jiwa angker di dunia, yaitu ByBerry Mental Hospital. Jumlah pasien yang terlalu banyak membuat rumah sakit ini tergolong “overload” sehingga sebagian besar pasien tidak terurus dengan baik.

Ketika ditutup secara permanen, terdengar kabar bahwa rumah sakit ini dijadikan sebagai tempat ritual pemujaan setan. Keangkeran rumah sakit ini juga semakin kuat ketika beberapa saksi mata menyatakan melihat arwah salah satu mantan pasien ByBerry Mental Hospital berkeliling di lorong-lorong sambil membawa sebilah pisau yang besar.

9. Buffalo State Asylum – New York, AS

Buffalo State Asylum

Buffalo State Asylum termasuk salah satu rumah sakit yang menggunakan metode pengobatan mengerikan. Pasien di rumah sakit ini harus menjalani pemotongan kepala untuk mengisolasi bagian otaknya. Selain itu, terapi kejut dan terapi air (menempatkan pasien di dalam air untuk jangka waktu lama) juga menjadi serangkaian pengobatan mengerikan di sini.

Tak sedikit pasien yang tewas mengenaskan karena kegagalan pengobatan menyeramkan tersebut. Alhasil, sampai saat rumah sakit ini sudah tidak beroperasi sekali pun sering terdengar jeritan-jeritan pilu nan mencekam dari dalam bangunannya.

10. Rolling Hills Asylum – New York, AS

Rolling Hills Asylum

Menutup daftar rumah sakit jiwa angker di dunia, ada Rolling Hills Asylum yang terletak di East Bethany, New York, AS. Rumah sakit jiwa dengan bangunan yang tidak terlalu besar ini juga berfungsi sebagai panti sosial yang menampung gelandangan dan orang-orang miskin.

Awalnya, rumah sakit ini dapat melayani pasiennya dengan baik. Sampai akhirnya rumah sakit ini mengalami kebangkrutan dan diperkirakan 1.700 pasien meninggal dan dimakamkan massal di halaman belakang rumah sakit.

Hantu yang kerap kali menebar teror di bangunan rumah sakit ini adalah Hantu Roy. Roy terlahir dengan kondisi gigantisme dan ditinggalkan oleh ayahnya di Rolling Hills Asylum pada usia 12 tahun. Ketika usia 62 tahun, Roy meninggal. Namun, sampai saat ini banyak masyarakat setempat yang melihat bayangan setinggi tujuh kaki (ukuran tinggi badan Roy) di bangunan rumah sakit ini.

10 rumah sakit jiwa angker di dunia ini benar-benar menebar teror bagi masyarakat setempat. Baca juga artikel rumah sakit paling berhantu di dunia untuk menambah wawasan Anda seputar kisah horor.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment