Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / 10 Rumah Sakit Angker di Dunia yang Terkenal Berhantu

10 Rumah Sakit Angker di Dunia yang Terkenal Berhantu

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Apa yang Anda di benak Anda ketika mendengar “rumah sakit”? Mungkin Anda akan berpikir tentang dokter, suster, pasien, obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Namun, pernahkah terpikir bahwa rumah sakit adalah tempat yang dianggap cukup angker? Setiap hari pasti ada pasien yang meninggal di dalam rumah sakit entah karena penyakit maupun kecelakaan. Tentu saja dengan banyaknya pasien yang meninggal, maka kesan mistis di rumah sakit pun akan semakin kental.

Bacaterus berhasil merangkum 10 rumah sakit angker di dunia yang cukup terkenal. Sebagian rumah sakit ini sudah tidak beroperasi lagi dan bangunannya dibiarkan mangkrak begitu saja. Yuk, siapkan diri untuk berwisata mistis ke rumah sakit angker.

10 Rumah Sakit Angker di Dunia

1. Old Changi, Singapura

Old Changi, Singapura Rumah Sakit Angker di Dunia

Bangunan rumah sakit yang didirikan pada tahun 1930 ini dianggap sebagai rumah sakit angker di dunia sejak dialihfungsikan sebagai kamp penjara yang digunakan oleh tentara Jepang sepanjang Perang Dunia II. Di tempat inilah tentara Jepang menyiksa dan membunuh tawanannya dengan cara yang keji.

Konon, arwah-arwah tawanan masih bergentayangan di bangunan rumah sakit Old Changi ini untuk menuntut balas dendam. Menurut penjaga sekitar, gangguan dari mahluk astral yang sering didapat adalah suara tangisan atau jeritan, penampakan hantu militer yang diperban, hantu dokter dan suster yang sering berkeliaran di bangsal, dan hantu wanita yang berdiri membelakangi kita di kamar jenazah.

2. Beechworth Lunatic Asylum, Australia

Beechworth Lunatic Asylum, Australia

Walaupun namanya adalah Beechworth Lunatic Asylum (Asylum = Rumah Sakit Jiwa), tetapi bangunan ini pernah difungsikan sebagai rumah sakit umum.

Ada yang mengatakan bahwa dahulu rumah sakit ini adalah penjara di mana pernah ada 9.000 nyawa tahanan melayang di dalam penjara. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa ada seorang dokter gila saat rumah sakit ini masih beroperasi yang membuatnya nyawa 3.000 pasien melayang karena eksperimen gilanya.

Penampakan arwah Tommy Kennedy, bekas pekerja dapur rumah sakit, sering menampakkan diri dengan beberapa pisau menancap di tubuhnya. Yang kedua adalah penampakan hantu wanita yang duduk di balkon. Semasa hidupnya wanita ini pernah dilempar keluar jendela lantaran ia tidak pernah mau memberikan rokoknya kepada pasien lain.

3. Sai Ying Pun Psychiatry Hospital, Hong Kong

Sai Ying Pun Psychiatry Hospital, Hong Kong

Bangunan rumah sakit mangkrak yang berada di Hong Kong ini nampak menggunakan arsitektur romawi. Pada awalnya, Sai Ying Pun Psychiatry Hospital dibangun pada tahun 1892 dan berfungsi sebagai asrama perawat. Namun, saat Perang Dunia II, rumah sakit ini dialihfungsikan Jepang sebagai rumah sakit untuk mengeksekusi tawanan perang.

Sempat menjadi rumah sakit jiwa pada tahun 1947-1961 dan pusat fasilitas psikiatri selama 10 tahun, akhirnya Sai Ying Pun Psychiatry Hospital ditutup secara permanen di 1971. Berdasarkan cerita yang beredar, penampakan hantu-hantu tanpa kepala kerap muncul di sekitar rumah sakit. Selain itu, di lantai 2 juga ada penampakan hantu pria berwajah seram yang dulu tewas terbakar.

4. Tranquille Sanatorium, Kanada

Tranquille Sanatorium, Kanada

Bila dilihat sekilas, bangunan salah satu rumah sakit angker di dunia ini tidak terlalu besar. Ya, pasalnya Tranquille Sanatorium memang hanya rumah sakit untuk menampung pasien-pasien pengidap TBC. Sempat tutup di tahun 1950-an, kemudian Tranquille Sanatorium kembali beroperasi hanya sampai tahun 1985.

Keganjilan di rumah sakit yang bangunannya dibiarkan begitu saja mulai dialami oleh warga sekitar. Ada yang pernah melihat gelembung misterius melayang di sekitar bangunan dan suara-suara atau bayangan misterius yang menampakkan diri di sekitar bangunan ini. Kejadian ganjil ini sering dikaitkan dengan arwah gentayangan salah seorang suster yang pernah dibunuh pasiennya sendiri.

5. Severalls Hospital, Inggris

Severalls Hospital, Inggris

Di Inggris ada sebuah bangunan bekas rumah sakit jiwa yang bernama Severalls Hospital. Saat masih beroperasi, banyak pihak yang mengatakan bahwa rumah sakit ini sering menggunakan metode pengobatan yang tidak lazim. Metode pengobatan tersebut adalah lobotomi dan terapi kursi setrum listrik. Akibat dari metode pengobatan tersebut, tidak sedikit pasien di rumah sakit jiwa ini yang meregang nyawa.

Lobotomi Frontal

Kini, saat Severalls Hospital sudah tidak beroperasi lagi, sering terdengar jeritan atau lolongan kesakitan di malam hari. Padahal, sudah tidak orang yang beraktivitas di rumah sakit ini. Tak heran jika bangunan kosong bekas rumah sakit jiwa ini sering didatangi komunitas pemburu hantu yang ingin beruji nyali.

6. Athens Mental Hospital, Amerika Serikat

Athens Mental Hospital, Amerika Serikat

Berpikir bahwa rumah sakit jiwa pasti tidak seangker rumah sakit biasa? Datang saja ke Athens Mental Hospital, maka Anda akan mengerti bahwa rumah sakit jiwa sama angkernya dengan rumah sakit lain. Selama masih beroperasi, Athens Mental Hospital cukup ramai dan banyak menolong veteran, anak-anak, dan penjahat yang memiliki ganguan mental.

Namun, di tahun 1950 ditemukan fakta bahwa pengobatan di rumah sakit ini menggunakan metode yang mengerikan, seperti hidroterapi, lobotomi, terapi kejut listrik, dan pemberian obat psikotropika. Yang lebih mengejutkan lagi ditemukan sekitar 1.900 mayat di bawah dasar bangunan rumah sakit ini. Di malam hari, masyarakat sekitar sering mendengar lolongan pilu dari arwah-arwah yang ada di rumah sakit ini.

7. Nocton Hall, Inggris

Nocton Hall, Inggris

Yang satu ini sebenarnya bukan rumah sakit, melainkan sebuah rumah mewah dan besar yang dipakai tentara Amerika untuk merawat personel tentara yang terluka pada Perang Dunia II. Setelah perang dunia berakhir, Nocton Hall ditinggalkan begitu saja.

Sampai saat ini, Nocton Hall masih dianggap sebagai tempat angker karena pada malam hari banyak orang yang melintas di depan rumah ini mendengar suara tangisan wanita. Tak hanya itu saja, ada beberapa orang yang mengaku pernah melihat penampakan hantu wanita bermuka rata dengan satu mata yang bolong menatap ke arah orang tersebut.

8. Taunton State Hospital, Amerika Serikat

Taunton State Hospital, Amerika Serikat

Nama Taunton State Hospital dikenal sebagai salah satu rumah sakit angker di dunia oleh para komunitas pemburu hantu. Rumah sakit jiwa yang dibangun pada 1854 ini sudah dibiarkan mangkrak tak berpenghuni selama bertahun-tahun.

Sejarah kelam nampak menyelubungi rumah sakit ini, di mana para dokter melakukan ritual pemujaan setan di rumah sakit ini dengan mengorbankan beberapa pasien. Saat rumah sakit ini masih beroperasi, banyak pasien mengaku melihat penampakan mahluk gaib, salah satunya nampak seperti bayangan yang merangkak di dinding dan mengawasi pasien-pasien tersebut.

9. Ararat Lunatic Asylum, Australia

Ararat Lunatic Asylum

Ararat Lunatic Asylum sangat terkenal dengan nama Aradale Ghost Tours. Ya, bekas bangunan rumah sakit jiwa ini memang dimanfaatkan sebagai ladang usaha bagi penyedia jasa wisata mistis mengelilingi rumah sakit ini. Tidak dijelaskan penyebabnya, tetapi ada sekitar 13 ribu pasien yang telah meninggal misterius di rumah sakit ini saat masih berfungsi.

Jika Anda tertarik untuk ikut tur mistis di Ararat Lunatic Asylum, maka Anda akan diajak oleh pemandu tur mengelilingi bangunan rumah sakit selama 2 jam. Lakukan pada malam hari agar Anda bisa memperoleh pengalaman gaib di sini.

10. Trans-Allegheny Lunatic Asylum, Amerika Serikat

Trans-Allegheny Lunatic Asylum

Sebelum berfungsi sebagai rumah sakit jiwa, bangunan Trans-Allegheny Lunatic Asylum difungsikan sebagai pos militer tentara Amerika pada Perang Dunia II. Rumah sakit ini berhenti beroperasi pada tahun 1994. Konon, kabarnya banyak pasien yang meninggal di rumah sakit ini karena wabah tertentu.

Mengingat tempat ini dikosongkan dan pernah menjadi saksi bisu hilangnya ratusan jiwa, maka tempat ini dikenal angker. Bahkan, sering ada penampakan mahluk astral di sekitar rumah sakit.

10 rumah sakit angker di dunia ini sering menjadi pilihan tempat untuk wisata mistis oleh komunitas indigo atau pemburu hantu. Apakah Anda berani untuk mencoba berwisata mistis di tempat-tempat di atas? Atau Anda lebih tertarik mengunjungi tempat-tempat angker di Indonesia?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *