Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Inilah 8 Rumah Paling Angker di Jawa, Berani Masuk?

Inilah 8 Rumah Paling Angker di Jawa, Berani Masuk?

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2018

Rumah sejatinya diciptakan sebagai hunian manusia. Namun, beberapa rumah yang lama ditinggalkan atau memiliki kisah seram di masa lalu membuat suasananya jadi angker.

Kriteria rumah angker adalah rumah yang di dalamnya dihuni oleh makhluk astral yang kerap kali mengganggu penghuninya. Bahkan, rata-rata orang yang menghuni rumah angker pasti merasa tidak betah tinggal di situ karena banyaknya gangguan dari makhluk tak kasat mata.

Bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa, ada sejumlah rumah paling angker di Jawa. Beberapa rumah angker ini cukup terkenal dan pernah kisahnya diangkat menjadi film. Simak rangkuman rumah angker di Jawa versi Bacaterus berikut ini.

8 Rumah Paling Angker di Jawa

1. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata

Rumah Keluarga Tak Kasat Mata Rumah Paling Angker di Jawa

Tahun 2016 lalu, pengguna Kaskus digegerkan dengan cerita misteri yang ditulis oleh pengguna Kaskus dengan username “intansegara.” Menurut pengakuan intansegara yang belakangan diketahui adalah seorang pemuda bernama Genta, thread yang berjudul “Keluarga Tak Kasat Mata” itu ditulis berdasarkan kisah nyatanya sendiri.

Genta dulu bekerja di sebuah perusahaan advertising yang kantornya menempati bangunan sebuah rumah yang berada di Yogyakarta. Rumah tersebut dihuni oleh beragam makhluk astral. Gangguan dari makhluk gaib juga sering dialami oleh karyawan kantor Genta, mulai dari penampakan, suara, sampai aroma misterius.

Banyaknya makhluk gaib yang menghuni bangunan rumah tersebut membuat rumah ini pantas berada dalam daftar rumah paling angker di Jawa. Bahkan, kisah seram rumah tersebut juga difilmkan dengan judul “Keluarga Tak Kasat Mata.”

2. Rumah Tua Pangalengan

Rumah Tua Pengalengan

Bagi Anda yang sudah menonton film Pengabdi Setan, Anda pasti familiar dengan bangunan rumah yang menjadi lokasi syuting film tersebut. Rumah tersebut ternyata pernah disambangi oleh tim Ghost Photography Community (GPC). Hasilnya, tim pemburu hantu menemukan fakta bahwa banyak penampakan, bau-bau misterius, dan suara yang tak jelas asal usulnya.

Selama proses syuting Pengabdi Setan, kru film juga kerap kali mendapat gangguan seperti pintu tertutup secara tiba-tiba meskipun tidak ada orang yang menutup pintu dan tidak ada angin yang berhembus di sekitarnya. Rumah Tua Pangalengan juga berdiri sendiri di kelilingi perkebunan sehingga menambah suasana angker di dalamnya. Rumah tersebut juga tidak berpenghuni alias sehari-hari memang dibiarkan kosong.

3. Rumah Hantu Darmo

Rumah hantu darmo

Berbicara soal rumah paling angker di Jawa, nama Rumah Hantu Darmo di Surabaya adalah salah satu tempat angker di Surabaya yang paling terkenal. Sebuah rumah tak berpenghuni ini bangunannya yang sudah rusak. Rumah Hantu Darmo berada di kawasan Puncak Permai, Surabaya.

Keangkeran rumah ini juga membuat kisahnya diangkat menjadi film nasional berjudul “Malam Suro.” Konon, rumah ini merupakan milik keluarga yang menganut ilmu hitam lalu tewas sebagai tumbal perbuatannya sendiri. Sejak saat itu rumah ini kosong dan tidak berpenghuni.

Makhluk gaib yang menghuni rumah ini sangat banyak. Bahkan, hantu-hantu di rumah ini kerap kali mengganggu orang yang melintas di depan rumah atau yang mencoba masuk ke dalamnya.

4. Wisma Erni

Wisma Erni

Melipir sejenak ke Malang, di kota yang udaranya selalu sejuk ini juga ada sebuah rumah angker yang bangunannya masih berdiri sampai saat ini. Adalah Wisma Erni yang dulunya adalah sebuah rumah mewah di atas bukit. Kemewahan rumah ini bisa dilihat dari bangunannya yang sangat megah dan terdapat pilar-pilar besar yang tampak seperti menyangga bangunan.

Wisma Erni sudah terkenal angker di kalangan masyarakat setempat. Di malam-malam tertentu sering terlihat sosok perempuan misterius yang berdiri di balkon. Sosok perempuan tersebut dipercaya sebagai Hantu Erni. Rumah ini dulunya menjadi tempat pembantaian satu keluarga secara sadis. Sosok Hantu Erni juga diyakini sebagai salah satu anggota keluarga yang turut serta dibantai hingga tewas.

5. Rumah Abraham Fletterman

Rumah Abraham Fletterman

* sumber: www.tempatangker.com

Di Semarang, ternyata juga ada salah satu rumah paling angker di Jawa, yakni Rumah Abraham Fletterman. Jika Anda pernah menonton film Alm. Suzanna yang berjudul “Beranak Dalam Kubur”, ternyata lokasi syuting yang dipakai oleh film itu adalah Rumah Abraham Fletterman ini.

Rumah dengan arsitektur khas zaman kolonial ini tidak berpenghuni. Meskipun demikian, pihak yang mengurus rumah ini tetap merawatnya sehingga rumahnya masih terlihat bagus. Namun menurut pengakuan dari masyarakat sekitar, mereka sering melihat hantu perempuan yang tampak seperti mondar-mandir di halaman depan Rumah Abraham Fletterman ini.

6. Rumah Hantu Rinjani

Rumah Hantu Rinjani

* sumber: ngalam.co

Selain Wisma Erni, ternyata ada Rumah Hantu Rinjani yang merupakan rumah angker di Malang, Jawa Timur. Rumah yang terletak di Jalan Rinjani No. 14, Malang, ini memiliki kisah seram yang sudah terkenal di kalangan warga Kota Malang.

Penampakan hantu noni Belanda di atas atap rumah merupakan salah satu kisah seram yang paling angker dari Rumah Hantu Rinjani. Selain itu, ada juga cerita masyarakat tentang suara anak-anak kecil dengan Bahasa Belanda yang terdengar seperti bermain di dalam rumah ini.

Terlepas dari cerita-cerita misteri yang menaungi rumah ini, penampilan rumah bergaya Eropa ini memang sudah cukup seram. Apalagi jika Anda melintas di depannya pada malam hari, tentu bakal bikin bulu kuduk Anda meremang.

7. Rumah Kosong Buni Sani Permai

Rumah Kosong Buni Sani Permai

* sumber: www.terseram.com

Di salah satu perumahan yang ada di Bekasi, tepatnya di Buni Sani Permai, ada sebuah rumah kosong yang sudah dibangun sejak tahun 1993 tapi tidak kunjung ada yang menempati hingga saat ini. Walaupun sempat dijadikan sebagai tempat latihan ping-pong, tapi saat ini rumah tersebut kosong dan tidak berpenghuni.

Keangkeran rumah kosong di Buni Sani Permai sudah cukup terkenal. Kabarnya, masyarakat setempat sering mendengar suara orang menyanyi dan tertawa. Rumah tersebut terdengar ramai padahal sama sekali tidak dihuni oleh satu orang pun. Bila beruntung, Anda juga akan bertemu dengan hantu berparas cantik dan berpakaian putih yang sering mengganggu manusia yang melintas di depan rumah tersebut.

8. Toko Merah

Toko Merah

Meskipun namanya adalah Toko Merah, tetapi bangunan yang didominasi oleh warna merah ini adalah sebuah rumah. Dulu, rumah ini dibangun oleh Gustaaf Willem baron van Imhoff pada tahun 1730. Setelah itu, rumah ini menjadi miliki warga keturunan Tionghoa bernama Oey Liauw Kong dan difungsikan sebagai toko. Akan tetapi, saat itu toko ini sempat menjadi tempat pembantaian etnis Tionghoa.

Sejak saat itu berbagai kejadian di luar nalar mulai menghantui bangunan ini. Orang-orang yang melintas di depannya atau mencoba masuk pada malam hari akan mendengar suara langkah prajurit, tangisan wanita, sampai suara-suara aneh yang membuat Anda merinding. Bahkan, ada juga yang pernah melihat penampakan hantu wanita dengan gaun putih yang sangat panjang dari jendela-jendela Toko Merah.

Sejumlah rumah paling angker di Jawa ini hanyalah beberapa yang terkenal karena kisah mistisnya. Setiap daerah pasti memiliki rumah atau bangunan yang dikenal angker oleh masyarakat setempat. Jadi, jika ingin membagikan kisah misteri atau pengalaman pribadi Anda seputar rumah angker di wilayah tempat tinggal Anda, silakan tulis cerita tersebut di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment