Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 9 Rumah Paling Angker di Indonesia yang Sangat Menyeramkan

9 Rumah Paling Angker di Indonesia yang Sangat Menyeramkan

Ditulis oleh

Rumah angker merupakan rumah yang diyakini dihuni oleh makhluk astral yang sering mengganggu manusia. Tak hanya rumah kosong saja, rumah yang dihuni oleh manusia pun juga bisa dikategorikan angker jika selalu ada gangguan dari makhluk gaib kepada penghuninya atau orang lain yang melintas di dekat rumah tersebut.

Setelah membahas sejumlah rumah paling angker di Jawa, kini Bacaterus ingin membahas beberapa rumah paling angker di Indonesia. Rumah-rumah yang akan kami bahas di sini sudah terkenal keangkerannya. Siapkan nyali Anda untuk berjalan-jalan mengunjungi sejumlah rumah paling angker di Indonesia ini.

9 Rumah Paling Angker di Indonesia

1. Rumah Tjong A Fie – Medan

Rumah Tjong A Fie

Tak ada yang percaya bahwa rumah dengan arsitektur khas Negeri Tirai Bambu ini merupakan salah satu rumah paling angker di Indonesia. Rumah Tjong A Fie di Medan ini dulunya dibangun oleh pedagang dari Tiongkok. Nama pedagang tersebut akhirnya digunakan sebagai nama rumah ini, yaitu Tjong A Fie.

Alasan mengapa rumah ini masih terawat adalah karena dikelola sebagai museum. Semua orang boleh masuk ke dalam Rumah Tjong A Fie saat jam operasional.

Namun, sejumlah penampakan hantu kerap kali terlihat di rumah ini. Konon, masyarakat setempat sering melihat sosok keturunan Tionghoa yang mondar-mandir di rumah ini. Padahal, rumah ini sudah tidak berpenghuni dan penjaganya pun bukan seorang keturunan Tionghoa.

2. Rumah Karunrung – Makassar

Rumah Karunrung

Setelah menjadi lokasi pembunuhan di tahun 2003, sebuah rumah yang dikenal dengan nama Rumah Karunrung, Makassar, ini langsung mendapat gelar angker dari warga setempat.

Gangguan dan penampakan makhluk astral sering terjadi di sekitar rumah ini. Salah satu korbannya adalah penjual ikan yang pernah dicegat oleh wanita di depan rumah ini. Setelah membeli ikan, wanita itu masuk ke dalam Rumah Karunrung. Keesokan harinya, si penjual ikan baru mendengar dari warga setempat bila rumah itu sudah lama tidak dihuni manusia.

Penampakan kuntilanak yang membawa dua orang anak juga sering terlihat di halaman rumah ini. Masyarakat setempat percaya bahwa kuntilanak itu adalah arwah korban pembunuhan yang jasadnya dibuang ke dalam sumur rumah ini. Selain itu, sering tercium bau anyir dari arah sumur tempat pembuangan jasad korban pembunuhan.

3. Rumah Hantu Kupang – Surabaya

Selain Rumah Hantu Darmo, Surabaya juga memiliki salah satu rumah paling angker di Indonesia, namanya Rumah Hantu Kupang. Bagi warga Surabaya yang ingin menuju ke Pasar Kembang dengan melewati Jalan Diponegoro, rumah ini berada di sebelah kiri jalan.

Rumah ini dulunya merupakan tempat penyiksaan warga pribumi yang dilakukan oleh tentara Jepang. Penampakan hantu anak kecil kerap kali terlihat di rumah ini. Selain itu, ada juga hantu budak kapal yang sering menampakkan diri di dalam rumah tersebut.

4. Rumah Kapal – Lampung

Sebuah rumah tua yang tidak berpenghuni di daerah Teluk Betung, Lampung, ini adalah salah satu rumah paling angker di Indonesia. Adalah Rumah Kapal yang disebut-sebut pernah menjadi lokasi pembunuhan. Korbannya adalah seorang wanita yang diperkosa lalu dibunuh di rumah ini. Menurut pengakuan dari warga setempat, arwah wanita yang dibunuh itu masih bergentayangan di sekitar Rumah Kapal.

Belum lagi ada juga penampakan sosok bayangan hitam yang sering berkeliaran di depan rumah ini. Keangkeran Rumah Kapal semakin terasa tatkala banyak orang yang menaruh sesaji di ruang bawah tanahnya. Entah untuk apa sesaji itu, yang pasti ritual tersebut membuat suasana di sekitar rumah semakin angker.

5. Rumah Kentang – Jakarta

Rumah Kentang

Kisah Rumah Kentang di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, ini pernah diangkat menjadi sebuah film nasional. Keangkeran rumah ini memang sudah sangat tersohor di kalangan warga setempat maupun seluruh Indonesia.

Peristiwa yang melatarbelakangi keangkeran rumah ini adalah kelalaian pembantu yang membuat seorang anak balita tewas karena tercebur ke dalam panci besar yang dipakai untuk merebus kentang. Seketika balita tersebut tewas terebus di dalam panci.

Sejak peristiwa itu, orang-orang yang melintas di rumah ini sering mencium aroma kentang yang sangat tajam. Bahkan, di malam-malam tertentu sering terdengar suara anak kecil menangis.

6. Rumah Ambulance – Bandung

Rumah Ambulance

Jika Anda pernah nonton film nasional yang berjudul “Hantu Ambulance”, film tersebut terinspirasi dari misteri rumah ambulance yang berada di Jalan Bahureksa No. 15, Bandung. Di halaman rumah itu terparkir sebuah mobil ambulance tua yang ditutup oleh kain. Yang membuat seram, konon ambulance tersebut bisa berjalan sendiri saat malam hari tanpa ada yang mengemudi.

Saat syuting film “Hantu Ambulance”, seorang kru yang mencoba membuka kain penutup ambulance mendadak kesurupan dan salah satu lampu kamera pecah. Saat ini, ambulance angker itu memang sudah dipindahkan. Bahkan, rumah ambulance itu juga sudah menjadi sebuah distro.

7. Omah Pocong – Yogyakarta

Omah Pocong adalah sebuah rumah tua yang tidak berpenghuni di kawasan Kotagede, Yogyakarta. Meskipun dikabarkan angker dan tidak berpenghuni, pekarangan di sekitar rumah masih terawat dengan baik. Kabarnya, pemilik rumah ini adalah salah satu juragan bakpia pathuk yang ada di kota pelajar.

Dinamakan Omah Pocong karena sering ada penampakan pocong wanita yang dikenal sebagai Pocong Sumi. Pocong yang biasa berada di halaman rumah ini sering tertawa layaknya tawa kuntilanak. Di samping itu, penampakan kuntilanak juga sering terlihat di langit-langit rumah. Warga juga sering mendengar suara kera putih gaib di halaman belakang Omah Pocong.

8. Villa Isola – Bandung

Bangunan villa bergaya kolonial ini berada di Bandung, tepatnya di jalan menuju Lembang. Villa Isola masih terlihat kokoh dan terawat. Konon villa ini dimiliki oleh seorang keturunan Indo Jawa – Belanda yang bernama Dominique Willem Berretty. Namun Berretty tidak menikmati kemewahan villa ini dalam waktu yang lama. Pesawatnya jatuh saat ia hendak pulang dari Belanda ke Indonesia.

Villa yang kini diambil alih oleh pemerintah ini dikenal sebagai rumah paling angker di Indonesia. Di malam hari, warga setempat mengaku sering mendengar suara orang-orang berdansa dari dalam villa. Jika dilihat dari jendela, tampak penampakan orang-orang asing sedang berdansa diiring musik. Selain itu, ada juga penampakan hantu noni Belanda bernama Anna yang diyakini tewas bunuh diri di Villa Isola.

9. Rumah Pondok Indah – Jakarta

rumah hantu pondok indah

Pondok Indah adalah kawasan perumahan elit di Jakarta. Beberapa artis tanah air juga memiliki rumah di komplek Pondok Indah. Selain dikenal sebagai perumahan elit, Pondok Indah juga memiliki sebuah rumah angker yang terkenal.

Rumah kosong tak berpenghuni ini memiliki kisah kelam di mana satu keluarga dirampok dan dibunuh secara sadis. Sejak saat itu, rumah ini dikenal sebagai rumah angker karena banyak penampakan dan gangguan makhluk gaib yang dirasakan oleh warga setempat.

Itulah 9 rumah paling angker di Indonesia yang menyimpan cerita misteri tersendiri. Jika Anda berdomisili di salah satu kota yang sama dengan keberadaan rumah angker ini, apakah Anda berani menyambangi rumah angker tersebut?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment