Bacaterus / Dunia Mistis / 10 Rumah Paling Angker di Dunia yang Bikin Merinding!

10 Rumah Paling Angker di Dunia yang Bikin Merinding!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Ketukan di pintu, suara langkah kaki di tangga, dan perasaan seolah diawasi kadang dialami oleh banyak orang, terutama ketika berada di tempat tertentu. Bahkan, rumah yang sejatinya merupakan tempat tinggal dan berlindung kadang tidak bisa membuat kita aman dari gangguan tersebut.

Rumah-rumah yang dikenal angker tersebar di berbagai negara di dunia dan menyimpan banyak cerita gelap yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Mari kita lihat rangkuman beberapa rumah paling angker di dunia beserta cerita di balik keangkerannya.

10 Rumah Paling Angker di Dunia

1. Gedung Putih – Amerika Serikat

* sumber: homes.nine.com.au

Gedung yang terletak di 1600 Pennsylvania Avenue ini merupakan kantor sekaligus kediaman bagi orang nomor satu di Amerika Serikat. Bangunan yang dibangun pada tahun 1792-1800 dengan gaya arsitektur Georgia akhir ini dikenal dengan sistem keamanan yang sangat ketat. Walau demikian, sistem keamanan tersebut tidak mempan terhadap berbagai gangguan supranatural.

Berbagai hal yang tidak dapat dijelaskan sering muncul di berbagai sudut bangunan mulai dari aroma bunga di dalam ruangan, suara-suara aneh dari loteng, hingga beberapa penampakan orang-orang yang telah meninggal. Penampakan tersebut mencakup pelayan, penjaga istana, beberapa mantan presiden beserta istrinya hingga tentara Inggris.

Salah satu yang paling dikenal ialah penampakan Abraham Lincoln yang merupakan presiden yang sangat dipuja banyak orang namun meninggal dengan tragis pada tahun 1865 dalam sebuah insiden penembakan.

2. Amityville – Amerika Serikat

* sumber: www.nydailynews.com

Penghuni selanjutnya tidak bisa bertahan lama di rumah tersebut akibat banyaknya keganjilan di rumah tersebut yang membuat mereka harus pergi secepatnya. Penghuni rumah seolah menerima bisikan-bisikan yang membuat mereka yakin bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan rumah tersebut.

Rumah ini menjadi salah satu rumah angker yang paling populer setelah banyak diangkat dalam berbagai media termasuk buku dan film Conjuring 2 yang populer sebagai awal kemunculan hantu Valak. Rumah ini merupakan kediaman keluarga De Feo, namun anak sulung mereka membunuh orangtua beserta adik-adiknya.

Tidak hanya itu, konon tetangga mereka melihat adanya aktivitas listrik yang tidak biasa setelah rumah Amityville kosong tanpa penghuni.

3. Monte Cristo Homestead – Australia

* sumber: www.house-crazy.com

Rumah ini pada awalnya dihuni oleh keluarga Crawley sebelum akhirnya dihuni oleh beberapa penghuni baru. Selama ditinggali oleh keluarga Crawley, rumah tersebut menjadi saksi berbagai tragedi termasuk meninggalnya salah satu putri mereka yang masih sangat muda.

Rumah ini merupakan bangunan kuno di Australia yang dibangun oleh Christopher William Crawley pada tahun 1885. Rumah yang terletak di daerah yang tenang di New South Wales ini tidak menggunakan listrik serta dipenuhi oleh furnitur yang antik.

Olive Ryan beserta keluarganya kemudian mulai mendiami rumah tersebut dan menemukan berbagai keanehan termasuk langkah kaki, penampakan yang seolah mengawasi penghuni rumah, serta kematian binatang yang tidak diketahui penyebabnya.

Tidak hanya itu, seorang pelayan mengaku mengandung anak Mr. Crawley dan terjatuh dari sebuah tangga, saat itu pelayan lain melihatnya didorong oleh seseorang.  Beberapa waktu kemudian, seorang penjaga rumah tertembak di rumah tersebut, yakni pada tahun 1961.

Terdapat pula rumor bahwa anak laki-laki salah seorang pelayan dengan gangguan mental terikat dengan mayat ibunya. Kejadian-kejadian mengerikan di rumah ini membuatnya digadang-gadang sebagai rumah paling berhantu di Australia dan pernah diangkat dalam beberapa serial televisi serta film mockumentary berjudul Muirhouse.

4. Morgan House – India

* sumber: www.trekearth.com

Bangunan yang berdiri di Kalimpong, Bengali Barat tersebut dianggap sebagai salah satu rumah paling berhantu di India sebab banyak kejadian supranatural yang terjadi di bangunan tersebut. Salah satu yang paling dikenal adalah pengakuan warga sekitar mengenai suara sepatu hak tinggi yang berjalan di sekitar rumah.

Konon, arwah dari Lady Morgan masih bersemayam di rumah tersebut.Morgan House merupakan salah satu peninggalan Inggris di India yang dibangun pada tahun 1930 oleh George Morgan. George Morgan menghuni bangunan tersebut bersama istrinya, Lady Morgan. Ia kemudian meninggalkan Morgan House setelah kematian istrinya.

5. The Stewards House, Montpelier Hill – Irlandia

* sumber: localstudies.wordpress.com

Salah seorang seniman, Tom McAssey, mengaku melihat penampakan kucing hitam besar dengan mata merah menyala. Tidak hanya itu, seorang pria India dan dua orang biarawati juga mengalami hal mengerikan di rumah tersebut.

The Stewards House, atau Killakee House, dibangun sekitar tahun 1765 oleh keluarga Conolly sebagai pondok berburu. Pada tahun 1968-1970, Margaret O’Brien dan suaminya menjadikan rumah tersebut sebagai galeri seni. Selama masa peralihan, para pekerja mulai mengeluh akibat banyaknya gangguan yang diperkirakan disebabkan oleh hantu.

Suara lonceng dan barang yang bergerak sendiri adalah cerita paling umum di rumah itu. Sampai akhirnya pada tahun 1971, seorang pekerja menemukan kerangka kecil yang dikubur di bawah rumah tersebut. Kerangka kecil ini diduga sebagai anak kecil atau kurcaci yang menjadi korban persembahan oleh anggota Hell Fire Club.

6. Ancient Ram Inn – Inggris

* sumber: hauntedattractiononline.com

Dibangun pada tahun 1145, Ancient Ram Inn diyakini sebagai rumah paling angker di seluruh dataran Inggris. Kisah-kisah pengorbanan anak, pemujaan iblis, dan roh jahat diyakini berada di balik kejadian mengerikan di gedung ini. Rumah dibangun di persimpangan yang dipercaya adalah konduktor untuk kegiatan spiritual. Selain itu, rumah ini dikatakan dibangun di atas tanah pemakaman Pagan kuno yang berusia lebih dari 5.000 tahun.

Rumah yang dijadikan penginapan ini dikenal dengan berbagai kejadian mengerikan termasuk adanya sosok yang menyeret pemilik rumah dari tempat tidur, penyewa yang disentuh oleh sosok yang tidak terlihat hingga seorang pria yang menjatuhkan diri dari jendela akibat mendapat teror yang mengerikan.

Beberapa waktu kemudian, ditemukan kerangka anak kecil dan belati patah yang merupakan bukti pernah adanya ritual pengorbanan manusia.

7. The Old Vicarage – Swedia

* sumber: www.robertstephenhawker.co.uk

Penampakan yang paling dikenal adalah The Gray Lady, yakni sosok hantu wanita tua yang  menampakan dirinya dengan tatapan yang dingin.The Old Vicarage berada di Borgvattnet, sebuah desa kecil di Jämtland County, Swedia Utara.

Rumah yang dibangun pada tahun 1876 ini menjadi rumah paling angker di Swedia. Kejadian aneh pertama ialah ketika seorang pendeta melihat sosok yang aneh merobohkan tiang yang menyangga pakaian-pakaian miliknya.

8. Anne Frank House – Belanda

* sumber: traveldigg.com

Jiwa Anne seolah masih kembali ke rumah lamanya, warga seringkali merasakan udara dingin yang aneh di sekitar rumah tersebut. Warga sekitar mendengar suara dari ruangan tertentu hingga melihat penampakan seorang gadis kecil yang seolah menggantung di depan jendela.

Cerita mengenai Anne Frank yang merupakan salah satu korban genosida dalam perang dunia kedua dikenal karena tulisannya dalam The Diary of a Young Girl. Anne dan keluarga harus bersembunyi dari Jerman di sebuah rumah yang berlokasi di Amsterdam. Walau demikian, Anne beserta ibu dan saudaranya tertangkap dan meninggal di kamp konsentrasi.

9. Chiayi Min-Hsiung – Taiwan

* sumber: lifeoftaiwan.com

Dikatakan bahwa pemilik rumah jatuh cinta pada seorang pelayan dan membuat istrinya cemburu. Istri pemilik rumah melampiaskan kecemburuannya dengan memberikan perlakuan yang buruk kepada pelayan yang telah membuat suaminya berpaling. Hal ini membuat pelayan tersebut bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke dalam sebuah sumur.

Wilayah Chiayi menjadi salah satu destinasi wisata di Taiwan. Beberapa bangunan di sana mendapat pengaruh yang besar dari arsitektur Jepang dan merupakan bangunan yang sudah terbilang kuno. Salah satu rumah di Chiayi yang dikenal angker merupakan salah satu banguan tertua di Taiwan. Rumah ini ialah kediaman milik keluarga Liu, seorang bangsawan pada masa Dinasti Qing.

Setelah itu, arwah pelayan wanita tersebut masih sering berkeliaran di rumah yang pernah ia tinggali. Konon, suatu ketika, beberapa pasukan Jepang menunjukkan perilaku yang aneh, yakni menembak dirinya sendiri ketika berada di rumah tersebut.

10. Rose Hall – Jamaika

Rose Hall, Jamaika

* sumber: www.fitfathers.com

Rumah di Jamaika ini merupakan salah satu rumah paling angker di dunia. Hal ini disebabkan oleh sejarah penyiksaan sadis di rumah ini. Anie Palmer, seorang ahli voodoo melakukan praktik sihir dan menyiksa banyak pria di rumah tersebut. Akibatnya, rumah ini diselimuti oleh sihir jahat sekaligus penderitaan para korbannya.

Itulah beberapa rumah paling angker di dunia. Sebagian dari rumah-rumah tersebut telah dibuka sebagai destinasi wisata berhantu maupun penginapan untuk wisatawan. Apakah Anda berniat untuk mengunjunginya? Atau lebih suka dengan dunia mistis di Indonesia? Kalau begitu, baca juga 9 Rumah Paling Angker di Indonesia ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Lahir dini hari di bulan Agustus

Leave A Comment