Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / Lapar? Melipir Ke 10 Rumah Makan Padang di Bandung Ini, Yuk!

Lapar? Melipir Ke 10 Rumah Makan Padang di Bandung Ini, Yuk!

Ditulis oleh

Rumah makan padang adalah warung, kedai, atau restoran yang menyajikan aneka masakan khas Minangkabau. Walaupun tidak semua resep datang dari daerah Padang, tetap saja nama yang paling terkenal untuk semua masakan Minang adalah “nasi padang”.

Kuliner nasi padang ini bisa dibilang sudah menginvansi seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung pinggir jalan, kedai, kafe, hingga restoran mewah. Nah, pada kesempatan ini, Bacaterus mau memberi tahu Anda 10 rumah makan padang di Bandung yang layak banget Anda coba.

Kabarnya, cita rasa kesepuluh rumah makan ini tidak ada yang mengalahkan, padahal ada yang tempatnya mungil di pinggir jalan. Penasaran rumah makan padang mana saja yang recommended? Berikut review kuliner dari kami.

10 Rumah Makan Padang di Bandung

1. Rumah Makan Malah Dicubo

Rumah makan padang di Bandung yang pertama adalah Rumah Makan Malah Dicubo. Setiap orang yang pernah makan nasi padang di sini pasti langsung ketagihan. Posisinya agak sulit ditemukan, karena ada di terminal stasiun hall kereta api. Tapi, hal ini tidak memadamkan minat orang-orang untuk mencoba kuliner di sini. Dibuktikan dengan padatnya rumah makan mungil ini setiap jam makan siang.

Menu yang recommended banget di sini adalah dendeng batokok lado mudo (balado cabai hijau). Coba juga kerupuk kulit kuah, cincang, ikan salai cabai hijau, dan minumnya teh talua khas Padang. Alamat rumah makan ini ada di Jalan Stasiun Hall Selatan no. 27, Kebon Jeruk, Andir. Letaknya dekat dengan pintu timur Stasiun Bandung.

Kalau Anda membawa kendaraan mobil, sebaiknya parkir di belakang saja karena tempatnya sempit. Jadi, Anda masuk dari arah jalan masuk Paskal 23 mall, terus lurus saja jangan masuk ke mall-nya. Jika Anda malas mengantri, ada jasa pesan antar online juga via GoFood.

2. Rumah Makan Padang Bu Mus

Soal urusan rasa, Rumah Makan Padang Bu Mus memang juaranya. Tidak perlu diragukan lagi pokoknya. Berbeda dengan Rumah Makan Malah Dicubo di atas, Rumah Makan Padang Bu Mus ini berbentuk restoran yang cukup luas. Seluas ini saja tempatnya selalu penuh, loh.

Ciri khas rumah makan ini adalah ada masakan rumahan khas Minang yang jarang ditemukan di tempat lainnya, seperti tauco ikan misalnya. Menu lainnya yang harus Anda coba di sini adalah dendengnya, karena dagingnya renyah dan cabainya mantap.

Coba juga perpaduan antara rendang, jengkol sambal merah, dan tempe puyuhnya. Rumah Makan Padang Bu Mus termasuk Tempat Makan Sate Padang yang enak se-Bandung Raya. Alamat restoran ini ada di Jalan Buah Batu no. 182, Cijagra, Lengkong. Buka setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Telepon: (022)7311604.

3. Restoran Sederhana

Siapa yang tak kenal Restoran Sederhana? Tempatnya strategis dan luas, pilihan masakannya banyak, dan rasanya enak. Restoran Sederhana tidak ada yang mengalahkan, deh. Posisinya tidak jauh dari pintu tol Pasteur sebelum memasuki kota Bandung, terus lahan parkirnya cukup luas. Ruangan di dalam pun luas, jadi walaupun datang rombongan bis pun tidak masalah.

Di sini tersedia juga mushola dan mini market, cocok buat yang mau istirahat sambil makan setelah keluar dari tol. Selain menu yang sudah matang, Anda bisa memesan sate padang juga. Restoran Sederhana punya dua cabang, yang pertama ada di Jalan Dr. Djundjunan (Pasteur) no. 120, Sukagalih, Sukajadi. Buka setiap hari dari jam 7.30 – 10 malam. Telepon: (022)2036147.

Cabang satunya lagi ada di daerah Riau, yaitu Jalan R.E. Martadinata no. 128, Merdeka, Sumur Bandung. Kalau restoran yang ini bukanya setiap hari dari jam 8 pagi. Telepon: (022)7231419.

4. Restoran Padang Mangkuto Bandung

Satu lagi tempat nasdang alias nasi padang yang recommended, namanya Restoran Padang Mangkuto Bandung. Lokasinya ada di antara Bandung dan Cimahi, nih, tepatnya di Jalan Cijerah (Pal 3) no. 13. Mereka buka setiap hari dari jam 8 pagi – 9 malam. Restorannya cukup luas, begitu pula dengan lahan parkirnya. Telepon: (022)6018059.

5. Mande Kanduang

Sudah pasti laris manis, sih, ada warung makan padang dekat kampus. Tapi, bukan hanya itu saja faktor kesuksesan Mande Kanduang. Pasalnya, rumah makan padang di Bandung ini memang menyediakan masakan yang lanak bana. Kalau sudah kehabisan dendeng balado-nya, Anda pasti sedih banget, deh. Cobain juga paru, rendang, ayam balado, dan perkedel kentang-nya yang tidak kalah nikmat.

Harganya memang agak sedikit lebih mahal kalau dibandingkan warung nasdang kaki lima lainnya, tapi ada harga ada rasa, sih. Pilihan masakannya beragam, bumbunya terasa banget, terus sambalnya juga mantap. Di sini sambalnya ada dua macam, yaitu sambal merah dan sambal hijau. Siapa tahu ada yang tidak terlalu suka sambal hijau khas nasdang, kan?

Warung nasi padang ini lokasinya ada di dekat Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Patokannya bersebelahan dengan pangkalan ojek dan DAMRI Dipatiukur. Kalau anak UNPAD, sih, tinggal menyebrang jalan saja.

6. Rumah Makan Sambalado

Rumah Makan Sambalado

* sumber: www.zomato.com

Rumah makan padang di Bandung ini ada di daerah Setiabudhi, tepatnya di Jalan DR. Setiabudhi no. 228, Cidadap. Rumah Makan Sambalado namanya, tidak terinspirasi dari lagu Ayu Ting-ting, kokHihi. Murah, bersih, dan enak adalah kata-kata yang pantas disandang Rumah Makan Sambalado.

Di sini tersedia aneka masakan khas Minang seperti rendang, telur dadar gabus, dan masih banyak lagi. Tempatnya tidak terlalu luas, tapi nyaman dan bersih. Pelayanannya juga cepat dan baik. Biasanya, yang sering mampir ke sini adalah anak kosan. Rumah makan padang ini buka setiap hari dari jam 8 pagi – 8 malam.

7. Rumah Makan Uni Kapau Jaya

Rumah Makan Uni Kapau Jaya berbeda dengan nasi padang lainnya, ya. Seperti yang tertera di namanya, “Kapau”, berarti tempat ini menjual nasi kapau, bukan nasi padang. Walaupun wujudnya kurang lebih mirip. Kalau nasi kapau itu semacam nasi rames-nya daerah Kapau, Sumatera Barat.

Nasi kapau biasanya terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau: gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Nantinya, nasi kapau ini diberi topping gulai nangka. Tapi, kalau nasi kapau di Rumah Makan Uni Kapau Jaya ini kurang lebih sama saja dengan nasi padang. Nasi yang diberi topping gulai nangka, kol, dan kacang panjang bisa dipadu dengan aneka lauk pauk yang tersedia.

Ada rendang, gulai otak, ayam bakar, gulai tunjang, gulai kepala ikan kakap, dan masih banyak lagi. Kalau datang di jam sarapan, Anda bisa memesan ketupat sayur dan soto padang yang sudah mulai dijual dari jam 6.30 pagi. Kalau masakan lainnya baru tersedia di atas jam 9 pagi. Nah, saat senja tiba, Anda bisa memesan sate padang-nya. Sate ini sudah tersedia di atas jam 1 siang.

Mau merasakan camilan khas Sumatera Barat? Di sini ada lamang baruo, lapek naga sari, hingga lapek bugih. Jarang banget kita bisa menemukan camilan khas seperti ini, bukan? Harga masakan di sini cukup terjangkau, mungkin karena dekat dengan kampus. Rata-rata harganya 13 – 15 ribua saja. Rumah Makan Uni Kapau Jaya beralamat di Jalan Dipati Ukur no. 80A. Mereka buka setiap hari dari jam 6.30 pagi – 10.30 malam.

8. Rumah Makan & Kafe Sari Bundo

Wah, jarang ada kafe yang menyediakan nasi padang. Sepertinya cuma Rumah Makan & Kafe Sari Bundo saja satu-satunya se-Kota Bandung. Tempat ini selalu menjadi favorit orang-orang untuk bersantap siang. Mulai dari ruangannya yang luas dan bersih, lapangan parkir tersedia, hingga pelayanan cepat dan ramah.

Menu andalan di sini adalah ayam pop-nya. Buat yang belum tahu, ayam pop itu ayam kampung yang dimasak menggunakan santan, air kelapa, dan bumbu sederhana saja. Hasilnya ayam polos berwarna putih. Selain ayam pop, rendang, gulai daging, ikan balado, tahu panjang, dan ayam gorengnya juga enak-enak. Rumah Makan & Kafe Sari Bundo beralamat di Jalan Taman Pramuka (Riau) no. 173 dan Jalan Purwakarta no. 7.

9. Rumah Makan Sarumpun

Rumah makan padang di Bandung yang recommended selanjutnya adalah Rumah Makan Sarumpun. Ciri khas rumah makan ini adalah hidangan khas SumBar-nya yang autentik. Apa maksudnya? Jadi, kebanyakan nasdang itu menyesuaikan dengan lidah orang Sunda. Tapi, Rumah Makan Sarumpun tidak begitu. Mereka benar-benar memasak sesuai resep asli.

Tempatnya luas dan besar, area parkirnya juga begitu. Terus, di sini Anda bisa memilih mau makan indoor atau outdoor, gaya banget, ya? Hebatnya lagi, kalau Anda tidak kuat asap rokok bisa memilih duduk di ruangan “No Smoking”.

Mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, hingga makanan penutup semuanya ada di Rumah Makan Sarumpun. Untuk sarapan, Anda bisa memesan lontong padang, soto padang, atau pical padang. Makan siangnya ya nasi padang, dong. Psst, semua masakan di sini dibuat tanpa MSG, loh! Malamnya, Anda bisa mencoba nasi goreng padang dan mie goreng/rebus khas padang juga.

Di sini tersedia aneka minuman khas SumBar seperti teh talua yang dibuat pakai telur itik, terus ada dessert bubur kampiun juga. Rumah makan padang di Bandung yang enak banget ini terletak di Jalan Dipatiukur no. 83 (dekat UNIKOM, samping Indomaret).

10. Rumah Makan Surya Permai

Rumah Makan Surya Permai

* sumber: www.qraved.com

Rekomendasi tempat makan nasi padang yang terakhir adalah Rumah Makan Surya Permai. Menu di sini beragam banget, Anda tidak akan kehabisan akal hari ini mau mencicipi masakan yang mana. Tidak sulit menemukan rumah makan ini, cari saja yang gedungnya berwarna pink di Jalan Kebon Jati no. 40 (dekat Rumah Sakit Santosa).

Harga makanannya tidak menguras dompet, tempatnya nyaman dan bersih, terus berada di pinggir jalan jadi mudah diakses. Kalau Anda ke sini, cobain ayam gulai, ayam bakar, gulai otak, dan sambal hijaunya yang terkenal enak banget. Mungkin karena berada di jalan hidup dan dekat dengan rumah sakit juga perkantoran, warung nasdang ini buka selama 24 jam, wow!

Selesai, deh, ulasan kuliner dari Bacaterus tentang rumah makan padang di Bandung. Memang tidak sulit menemukan warung nasdang, tapi kalau yang rasanya ngangenin pasti cuma beberapa saja. Kalau tempat makan masakan padang favorit Anda ada di mana, nih?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment