bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review What Keeps You Alive, Berlibur dengan Psikopat

Sepasang suami istri sesama jenis melakukan liburan ke daerah terpencil di pegunungan yang indah dan danau yang tenang. Bertemu dengan teman lama, kisah masa lalu salah satunya mulai terungkap dan mengancam jiwa pasangannya yang menemukan banyak rahasia terpendam tentang kejiwaannya.

What Keeps You Alive adalah film horror psikologis produksi Kanada karya Colin Minihan yang tayang perdana di SXSW Film Festival pada 10 Maret 2018. Film ini kemudian dirilis secara sangat terbatas di beberapa negara, salah satunya di Amerika Serikat pada 24 Agustus 2018.

Kisah tentang psikopat memang mampu mengasah rasa penasaran kita dan memacu denyut jantung kita menjadi lebih cepat berkat cerita dan tampilan yang menegangkan. Sepertinya film ini pun memiliki unsur yang sama dengan film-film pendahulunya, tapi pasti ada hal yang berbeda untuk ditampilkan. Apakah hal yang baru itu? Simak review Bacaterus berikut untuk mengetahuinya.

Baca juga: Daftar Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

What Keeps You Alive__

Jackie dan Jules merupakan pasangan sesama jenis. Keduanya merayakan setahun pernikahan mereka dengan berlibur di sebuah kabin milik keluarga Jackie.

Saat baru saja menikmati waktu berdua, tiba-tiba datang seseorang di tengah malam yang ternyata adalah Sarah, teman masa kecil Jackie yang tinggal di kabin seberang danau. Yang membuat Jules terkejut adalah ketika Sarah memanggil Jackie dengan nama Megan.

Jackie menjelaskan bahwa dia tidak menyukai nama itu dan menggantinya ketika menegaskan status orientasi seksualnya. Meski sedikit ragu, Jules mengerti. Keesokan harinya, Jules mendayung perahu melintasi danau dan menepi di kabin Sarah yang disambut dengan hangat.

Saat bertemu dengan suami Sarah yaitu Daniel, Jules mendapat cerita mengejutkan tentang sahabat mereka yang meninggal dunia di danau karena tenggelam. Kisah tersebut tidak pernah diceritakan oleh Jackie.

Jules kemudian meminta kejujuran Jackie tentang masa lalu dan persahabatannya dengan Sarah. Jackie pun berkata bahwa dia merasa bersalah atas tenggelamnya sang sahabat, meski polisi menyatakan dia tidak bersalah.

Sekali lagi Jules tersentuh hatinya dan mengerti akan masa lalu pasangannya. Di suatu pagi saat sedang berjalan melintasi hutan dan mengagumi keindahan alam dari atas tebing, tiba-tiba Jackie mendorong Jules hingga terjatuh ke dasar tebing.

Jackie kembali ke kabin dan melatih kata-kata untuk menelepon polisi. Tidak berapa lama, Jackie mendatangi dasar tebing dan tidak menemukan Jules di sana. Jackie mencari ke sekeliling daerah itu hingga tengah malam dengan menebar ancaman bagi Jules.

Keesokan harinya saat Jackie kembali ke hutan dengan membawa senapan, Jules kembali ke kabin untuk mengobati lukanya. Saat Jackie kembali ke kabin, dia hanya mendapati bekas pengobatan Jules di lantai kamar mandi. Hati Jackie mulai memanas dan mengejar Jules ke danau. Jules yang sudah mendayung perahu ke tengah danau kemudian terkejar oleh Jackie.

Tapi aksi mereka terlihat oleh Daniel yang kemudian menyapa mereka. Jules mengundang Sarah dan Daniel makan malam di kabin. Jackie mengaku bahwa dia membunuh istri pertamanya untuk mendapat asuransi dan hal yang sama akan dia lakukan lagi kepada Jules. Jackie meminta Jules untuk bertingkah normal di depan Sarah dan Daniel, tapi Jules terlihat oleh Jackie sedang berbicara dengan Sarah.

Jackie langsung menggorok leher Daniel dan menusuk Sarah berkali-kali hingga mereka tewas kemudian memutilasi mereka dan menenggelamkannya ke danau. Jules hanya terdiam menyaksikan perbuatan Jackie. Jules menemukan kotak berisi banyak kalung seperti yang diberikan oleh Jackie kepadanya yang ternyata itu adalah kalung milik para korban pembunuhan Jackie.

Jules kemudian berusaha membunuh Jackie dengan menembakkan senapan tua milik ayah Jackie, tapi berakhir dengan kegagalan dan Jackie kembali menyekap Jules. Jackie membawa Jules ke dalam mobil dan dalam perjalanan Jules menancapkan panah bius ke leher Jackie lalu berlari masuk ke hutan. Di tepian tebing, Jackie membuat Jules terdesak tapi dia keburu tidak sadarkan diri.

Jules lalu melarikan mobil keluar dari hutan itu, tapi dia kembali lagi ke tebing untuk menghabisi Jackie dan memastikan kematiannya. Namun Jules tidak menemukan Jackie di tebing. Ke manakah dia? Siapakah yang akan berhasil hidup di akhir film? Penasaran? Tonton filmnya sampai habis untuk menghapus rasa penasaran kalian.

Premis Usang, Rasa Baru

Review What Keeps You Alive_Premis Usang, Rasa Baru_

Datang ke wilayah terpencil dengan maksud liburan tapi berujung menjadi petaka bertaruh nyawa adalah formula thriller yang sering kali ditampilkan dalam film. Premis seperti ini cukup efektif karena mampu menempatkan kita berada dalam situasi yang sangat terdesak, yaitu satu ruangan dengan psikopat dan tidak berdaya menghadapinya di medan yang sangat dikuasainya.

Dan di film What Keeps You Alive, sutradara sekaligus penulis naskah, Colin Minihan, menempatkan kita untuk mengambil sudut pandang Jules sesaat setelah dia didorong oleh Jackie dari atas tebing. Sebenarnya kita tidak terlalu terkejut dengan apa yang terjadi. karena kita sudah diberikan kisi-kisinya. Misalnya seperti nama yang diganti, keahlian menembakkan senapan, dan cerita masa lalu yang rancu.

Setelah adegan ini, tidak ada lagi area abu-abu. Semua terbagi jelas antara hitam dan putih, di mana Jackie adalah murni sosok antagonis berupa psikopat berdarah dingin, sementara Jules yang terlihat lebih maskulin di awal langsung shock dengan kenyataan ini.

Tapi Jules tetap berusaha tegar untuk menyelamatkan dirinya dari kejaran Jackie, meski pada akhirnya dia tetap berada dalam genggaman pasangannya itu.

Penuh Misteri Masa Lalu

Review What Keeps You Alive_Penuh Misteri Masa Lalu_

Berada di posisi Jules, tentunya kita penasaran tentang misteri masa lalu Jackie meskipun kita sangat ingin kabur saja dari kejarannya. Jules pun berencana seperti itu, tapi apalah daya, luka ditubuhnya membuat dia tidak kuat mendayung perahu dan tersusul oleh Jackie. Dan uniknya, Jackie dengan sukarela menceritakan semua masa lalunya sambil mengurusi mayat Sarah dan Daniel.

Jules yang hanya bisa diam sebenarnya selalu berpikir cara untuk membunuh Jackie. Tapi saat datang kesempatan itu, tidak dia manfaatkan dengan baik, sehingga menebar teror baru baginya. Di sepertiga akhir film, meski ketegangan terasa meningkat, tapi membuat banyak celah dalam ceritanya yang terkesan mendadak dan terpaksa untuk dimasukkan.

Seperti Jules yang langsung kabur setelah membius Jackie, padahal sudah tahu bahwa panah bius itu hanya bersifat sementara. Lalu setelah mendorong Jules untuk kedua kalinya dari atas tebing, Jackie menyuntik dirinya sendiri dengan sejenis obat penenang yang sebelumnya tidak pernah diceritakan.

Untuk mengatasinya, ditampilkanlah adegan flashback yang menyatakan bahwa Jackie pernah melakukan itu. Minihan seperti sengaja membuat Jules menang pada akhirnya, sehingga membuat film yang sudah mencapai klimaks justru dipanjang-panjangkan.

Dimunculkan pula ending yang absurd dimana Jules ternyata masih hidup setelah jatuh dari tebing untuk kedua kalinya dengan indikasi suara helaan napas di adegan terakhir.

Kerja Kamera yang Apik dan Sinematografi yang Indah

Review What Keeps You Alive_Kerja Kamera yang Apik dan Sinematografi yang Indah_

Dengan setting lokasi di pedalaman Ontario yang masih natural, rasanya akan terkesan sia-sia apabila film ini tidak menghadirkan keindahan alam di tempat itu. Untungnya, David Schuurman sebagai sinematografer mampu menghasilkan gambar-gambar panorama yang indah dari alam yang masih asli itu.

Tapi tidak hanya itu saja, dalam keandalan sinematografi film berdurasi 1 jam 38 menit ini terdapat satu adegan di mana kita dibuat masuk ke dalam alam pikiran psikopat milik Jackie dengan penggambaran yang cukup fantastis sekaligus mengerikan.

Tepatnya ketika Jackie membersihkan sisa bercak darah dengan menggunakan senter UV (ultraviolet) yang memendarkan cahaya biru dan di dalam fantasinya dia sedang mandi darah.

Selain itu, pergerakan kamera sangat dinamis di beberapa adegan penggedor jantung terkadang berada di perspektif salah satu karakternya. Lalu ada juga yang bergerak luwes di dalam ruangan, bahkan di adegan perkelahian antara Jackie dan Jules kamera justru tidak satu ruangan dengan mereka. Seolah-olah sedang mencari tempat mereka berkelahi, yaitu di atas loteng.

What Keeps You Alive memiliki premis yang terkesan formulaic. Tapi kerja kamera dan sinematografi yang unik membuat film ini bisa tampil beda. Akhir film yang terkesan dipanjang-panjangkan memang sedikit mengurangi tensi dan membuat film terkesan absurd, tapi berkat akting memikat Hannah Emily Anderson dan Brittany Allen kita tetap bisa hanyut dalam ceritanya.

Film ini memang dirilis sangat terbatas di tahun 2018 sehingga banyak dari kita yang melewatkannya. Tapi dengan banyaknya platform streaming saat ini mungkin salah satunya menyediakan film yang cukup menegangkan ini.

What Keeps You Alive
Rating: 
3.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram