Sinopsis & Review Weak Hero Class 1, Perlawanan Terhadap Bullying

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Weak Hero Class 1
3.8
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Tema bullying dalam sebuah drama selalu punya tempat tersendiri untuk dibicarakan. Isu yang sensitif karena menjadi trauma untuk para korbannya ini perlu kehati-hatian agar tidak menyakiti.

Itulah sebabnya drama tentang bullying cenderung diikuti dengan konflik balas dendam. Namun, bagaimana jika korbannya adalah seorang siswa yang fisiknya cukup lemah, tetapi punya keberanian untuk melawan?

Weak Hero Class 1 (2022) yang diadaptasi dari webtoon berjudul Yakhanyoungwoong karya Seo Pae-Seu akan memberikan jawaban dari pertanyaan itu. Ia adalah sebuah drama karya sutradara Yoo Soo Min yang memuat perjuangan seorang Si Eun, siswa pintar yang dianggap lemah, melawan pelaku bullying.

Baca juga: 20 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

Sinopsis

Review Weak Hero Class 1_Sinopsis_

Yeon Si Eun (Park Ji Hoon), seorang siswa yang pendiam dan hanya peduli pada pelajaran. Dalam ujian Matematika dia mendapat peringkat pertama dan satu orang teman sekelasnya, Young Bin (Kim Su Gyeom), mendapat peringkat tiga. Dari sana, Young Bin mulai lebih sering mengganggunya.

Si Eun tak pernah menanggapi apa pun yang Young Bin lakukan atau katakan, tapi dia tidak menunjukkan ketakutan sedikit pun. Si Eun bahkan cenderung melawan dan sikapnya itu semakin membuat Young Bin kepanasan. Saat keduanya hampir berkelahi, sekelompok siswa datang mencari An Soo Ho (Choi Hyun Wook).

Soo Ho hobi sekali tidur di kelas, tapi ternyata bisa mengalahkan sekelompok siswa yang berniat menghajarnya itu. Soo Ho jadi siswa yang cukup ditakuti sejak dia menunjukkan kemampuan kelahinya. Soo Ho lalu terlihat mulai mendekati Si Eun karena tampaknya dia memperhatikan pemuda pendiam tersebut.

Hari itu kelas mereka kedatangan siswa pindahan dari SMA yang cukup elit. Siswa itu bernama Oh Bum Seok (Hong Kyung). Young Bin dan dua temannya, Jung Chan (Yoon Jung Hoon) dan Tae Hoon (Hwang Sung Bin), langsung mendekati Bum Seok dengan niat menggodanya. Saat itu pula dia dan Si Eun lagi-lagi bersinggungan.

Young Bin memang siswa bermasalah karena dia terbiasa bersenang-senang menggunakan narkoba. Young Bin mendapatkan barang haram itu dari Jeon Seok Dae (Shin Seung Ho).

Saat itulah dia terpikir sebuah ide untuk membuat Si Eun menderita. Young Bin tahu, Si Eun sangat fokus belajar, sehingga dia berencana akan mengganggu fokus pemuda itu menggunakan fentanyl.

Untuk melancarkan aksinya, dia memperalat Bum Seok yang sebelumnya sudah diancam lebih dulu. Tak punya pilihan lain, Bum Seok diam-diam menempelkan fentanyl ke tengkuk Si Eun saat ujian tengah berlangsung.

Tak berselang lama, siswa pendiam itu mulai bereaksi. Matanya kehilangan fokus dan Si Eun juga oleng seperti orang mabuk. Dia sempat keluar kelas lalu kembali dan berhasil meraba lalu melepas fentanyl yang ditempel pada tengkuknya.

Si Eun segera tahu siapa dalang yang melakukan perbuatan itu. Dia tidak bisa lagi menoleransi ulah Young Bin, terlebih fokus belajarnya jadi terganggu.

Dengan segala perhitungan yang dia pelajari, Si Eun secara mendadak dan membabi-buta menghajar Young Bin sampai pemuda itu hampir tak sadarkan diri. Sebelum Young Bin benar-benar terluka lebih parah, Soo Ho menghentikannya. Akibat serangan itu, Young Bin mendapat perawatan di rumah sakit.

Si Eun membela diri dengan menunjukkan bukti bahwa siswa pembuat masalah itu membuat masalah lebih dulu dengan menempelkan narkoba padanya. Pihak sekolah tidak bisa menghukum Si Eun, tetapi Young Bin harus pindah. Alih-alih malu dan sadar, kejadian itu malah membuat Young Bin semakin marah dan dendam.

Dia lantas membayar Seok Dae untuk memberi Si Eun pelajaran. Pada jam pulang sekolah, Seok Dae dan kelompoknya sudah menunggu Si Eun.

Bum Seok yang melihat hal itu segera melapor pada Soo Ho dan memintanya untuk menolong. Soo Ho semula enggan karena merasa belum terlalu dekat dengan Si Eun dan juga harus kerja sampingan, tapi dia berubah pikiran ketika Bum Seok berjanji membayarnya.

Dua pemuda itu bergegas mencari keberadaan Si Eun. Si Eun sudah dalam posisi terpojok karena menghadapi banyak orang. Namun, dengan segala perhitungan dia berani melawan.

Seok Dae tampak terkejut karena ternyata Si Eun cukup tangguh walau akhirnya sempat tersungkur dan menjadi bulan-bulanan Young Bin. Untungnya Soo Ho dan Bum Seok datang tepat waktu sebelum Si Eun babak-belur.

Dapat mengimbangi kemampuan Seok Dae ternyata jadi masalah baru untuk Si Eun, Soo Ho dan Bum Seok. Mereka harus berurusan dengan Gil Su, yakni atasan Seok Dae sekaligus ketua geng kriminal yang bisa membunuh untuk uang. Lantas, akankah tiga siswa itu selamat?

Perlawanan Siswa Lemah Terhadap Bullying

Review Weak Hero Class 1_Perlawanan Siswa Lemah Terhadap Bullying_

Cerita drama Korea yang mengangkat tema bullying tidak sulit ditemukan. Walau tidak terlalu banyak, ada beberapa drama yang menceritakan penderitaan para korban perisakan, khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Sejauh ini polanya relatif mirip. Kamu akan melihat para korban bullying membalas dendam setelah merasa punya kekuatan.

Namun, khusus Weak Hero Class 1 (2022), kamu akan melihat sosok korban bully yang melawan ketika dirinya memang harus melawan. Dia tidak menunggu atau menahan kesakitan sembari mengumpulkan kekuatan, melainkan melawan menggunakan kekuatan seadanya, tetapi dengan tekad yang sepenuhnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram