bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Warior Nun, Kisah Biarawati Pemburu Iblis

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 18 September 2021

Butuh tontonan dengan jalan cerita menyegarkan dan cukup berbeda dari drama-drama yang sudah ada? Anda bisa menyaksikan Warrior Nun yang tayang di Netflix pertengahan tahun 2020. Serial berjumlah 10 episode ini siap membawa Anda masuk ke dalam ceritanya yang mendebarkan dan penuh ketegangan.

Bergenre fantasi dan supernatural dengan sedikit bumbu drama yang tidak berlebihan, Warrior Nun siap menyapa para penikmatnya dengan formula yang sangat menarik. Berseteru dengan iblis, kostum yang menawan serta gerakan/koreografi perkelahian yang indah adalah tiga suguhan yang bisa Anda nikmati saat menonton serial ini. Seperti apa jalan ceritanya secara utuh? Sinopsis dan review di bawah ini bisa sedikit membantu Anda mendapatkan bocoran. Simak yuk!   

Sinopsis

review warrior nun_sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 2 Juli 2020
  • Genre: Fantasi, Drama, Supernatural, Occult Detective, Pahlawan Super
  • Jumlah Episode: 10
  • Pemain: Alba Baptista, Toya Turner, Thekla Reuten, Lorena Andrea
  • Sutradara: Simon Barry
  • Produksi: Reality Distortion Field

Bagaimana jika Anda tiba-tiba saja bangun dari kematian dengan kekuatan super yang sulit dijelaskan menggunakan logika? Bagaimana pula jika kekuatan tersebut adalah tanggungjawab yang harus dipikul sekaligus senjata untuk melawan iblis di muka Bumi? Nasib seperti itu yang harus diterima oleh seorang gadis berusia 19 tahun bernama Ava Silva (Alba Baptista).

Kematian tidak memutus nasibnya. Dia justru bangkit dan memasuki fase baru yang lebih mengerikan dibanding menjalani hidup sebagai gadis biasa tanpa kekuatan super apa-apa. Namun, gadis ini rupanya memang kerap memimpikan kematian. Baginya mati bukan hal menakutkan. 

Dalam mimpinya, gadis ini sedang berada di kamar mayat. Dia secara seksama melihat dirinya terbujur kaku dengan wajah yang sudah sangat pucat. Suatu hari, kematian baginya bukan lagi sekadar sesuatu yang diimpikan, ia datang menghampirinya. Akan tetapi sesuatu yang ajaib terjadi. Seseorang membangkitkan gadis tersebut dari kematian.

Ava Silva kaget mendapati dirinya sudah berada di dalam kamar mayat; sebuah pemandangan yang kerap datang di mimpinya. Dia lebih terkejut ketika mendapati sebuah artefak kuno dan asing tertanam di bagian belakang tubuhnya. Bukan itu saja, sebuah kekuatan super kini resmi dimiliki gadis itu.

Seseorang yang bisa menjawab segala rasa ingin tahu dan kebingungan Ava adalah Pastur Vincent (Tristan Ulloa). Sang pastur menceritakan pada gadis itu bahwa saat ini Ava sudah terpilih menjadi bagian dari sebuah ordo kuno, sebuah organisasi rahasia bernama Cruciform Sword. 

Ava bisa saja tidak menjadi bagian dari organisasi tersebut jika Sister Shannon (Melina Matthews) tidak terluka. Ketika itu, para anggota harus segera memindahkan artefak suci yang ada di dalam tubuh Shannon. Namun, karena terdesak oleh serangan musuh, artefak seperti begitu saja disimpan di dalam tubuh seorang gadis demi keamanan.

Tanpa diperkirakan sebelumnya, artefak tersebut justru membangkitkannya dari kematian sekaligus membuatnya bisa berjalan dan memiliki kemampuan super. Organisasi yang secara tidak sengaja melibatkan Ava sebagai anggotanya ternyata sudah ada selama berabad-abad.

Ia berlangsung dari kepemimpinan ke kepemimpinan sejak Perang Salib. Selama itu pula sudah banyak para biarawati yang terpilih. Mereka semua tergabung dalam  Cruciform Sword dan memiliki tanggungjawab yang tidak main-main. 

Bagaimana bisa main-main jika tugas yang harus dihadapi adalah berhadapan dengan iblis, melenyapkannya dari muka Bumi, berikut membasmi segala macam kejahatan. Bisa terbayang bagaimana beban yang harus ditanggung gadis muda berusia 19 tahun itu?

Artefak yang tertanam di tubuh Ava disebut The Halo of the Angel Adriel. Ia merupakan anugerah dan akan meningkatkan kekuatan alami apa pun yang dimiliki Ava. Gadis ini tidak sendiri untuk mengemban tugas seberat itu. Dia bersama para biarawati lainnya, yaitu Sister Beatrice (Kristina Tonteri), Sister Mary atau Shotgun Mary (Toya Turner), Sister Lilith (Lorena Andrea) dan Sister Camila (Olivia Delcan).

Tugas demi tugas membasmi iblis sudah ada di depan mata Ava dan sister lainnya. Sementara di sisi lain dia masih terus beradaptasi dengan kewajiban barunya ini. Seperti apa aksi Ava dalam melenyapkan iblis-iblis jahat? Kesulitan semacam apa yang akan mereka temui setiap episodenya? Anda harus menyaksikan Warrior Nun untuk mengetahui ceritanya secara lengkap.

Alur Mendebarkan

Premisnya saja sudah memburu iblis, sudah pasti alurnya dibuat semenegangkan mungkin. Benar saja, selama menonton serial ini dari episode ke episodenya, Anda akan ikut terbawa emosi menyaksikan para biarawati membasmi iblis. Bahkan penonton dibuat tidak sabar ketika mereka telat muncul, sementara iblis sudah mulai mengacau. 

Aksi para biarawati membasmi setan-setan tersebut memang penuh adegan mendebarkan. Bukan hanya itu, kemunculan mereka dengan kostum kebesaran yang menarik sekaligus gagah dan seram tidak kalah bikin penasaran. Siap-siap saja ketagihan dengan kemunculan mereka ya!

Karakter Berbeda Setiap Anggota Cruciform Sword

review warrior nun_Karakter Berbeda Setiap Anggota Cruciform SwordSumber: esquire.com

Para anggota Cruciform Sword memiliki karakter serta latar belakang yang berbeda. Hal ini secara tidak langsung menambah keterikatan emosi penonton dengan karakter-karakter dalam serial Warrior Nun. Anda tidak sekadar menonton mereka beraksi, tapi juga mendukung dan menjagokan mereka.

Sebuah keterikatan emosi seperti itu rasanya penting agar para penonton merasa masuk dan terbawa dalam ceritanya. Jika sudah demikian, serial ini akan diingat. Misalnya saja Sister Lilith yang merupakan seorang kanon wanita. Kemudian Sister Mary atau Shotgun Mary (Toya Turner) sang pemberontak yang harus menerima bahwa ibunya dikenai hukuman penjara seumur hidup karena membela diri.

Bersama Beatrice, Camila dan Crimson, mereka menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk ketika harus mengembalikan artefak suci yang dicuri. Aksi mereka dalam episode ini akan membuat Anda kagum karena sangat keren terutama kostum dan koreografinya, serta mewakilkan nama Warrior Nun itu sendiri. 

Adaptasi dari Komik

Cerita menegangkan yang berhasil dimainkan oleh Ava dan kawan-kawan rupanya merupakan adaptasi dari sebuah komik karya Ben Dunn berjudul Warrior Nun Areala. Komik ini diterbitkan pertama kali (volume 1) oleh penerbit Antarctic Press pada Desember 1994. 

Dalam cerita komik, tokoh utama Warrior Nun adalah Sister Shannon Masters. Selain anggota Cruciform Sword, dia juga menjadi bagian dalam Magic Priests dan melayani Gereja Katholik. Dia diperintahkan ketika seorang Valkyrie bernama Auria (berganti nama menjadi Areala) meninggalkan kepercayaannya terdahulu dan berpaling pada Yesus untuk keselamatan. 

Sister Shannon Masters digambarkan sebagai biarawati yang unggul. Dia memiliki kekuatan untuk melawan kejahatan dan selalu melayani Tuhan dengan iman serta kerendahan hati. Dalam versi serial TV, Sister Shannon diperankan oleh Melina Matthews, seorang aktris asal Spanyol.

Anak Yatim Piatu yang Menjadi Pahlawan Super

review warrior nun_Anak Yatim Piatu yang Menjadi SuperheroSumber: decider.com

Masih menurut cerita yang terdapat di dalam komik, Sister Shannon (tokoh utama) adalah seorang yatim piatu. Pada usia 4 tahun dia ditinggalkan di sebuah biara Bunda Perawan Maria. Dia kemudian diadopsi oleh keluarga asal Jepang bernama Yomas dan ikut tinggal hingga usia 11 tahun.

Shannon memiliki kemampuan akademis dan atletik yang luar biasa. Dia pun dibesarkan menjadi Warrior Nun di New York State’s Saint Thomas Academy. Di tempat itu pula dia bertemu dengan rekan biarawati lainnya. Identitas sang karakter utama sebagai yatim piatu tetap dipertahankan dalam versi serialnya. 

Ava sama-sama diceritakan sebagai yatim piatu. Bedanya dia lumpuh. Sebelum dianugerahi kekuatan super, Ava seorang gadis yang biasa saja. Karakternya tersampaikan dengan luar biasa berkat kemampuan akting Alba Baptista yang juga apik. Padahal ini adalah debut baginya untuk memerankan sebuah karakter dalam film berbahasa Inggris.

Alba Baptista sendiri merupakan aktris Portugis-Brazil kelahiran 10 Juli 1997. Wanita muda berusia 23 tahun ini memulai karirnya dalam sebuah telenovela berjudul Jardins Proibidos pada 2014 lalu. Sejak itu karirnya di bidang akting terus naik dan telah berhasil membintangi beberapa judul serial dalam kurun waktu 6 tahun.

Bagaimana? Apakah rasa penasaran Anda bertambah untuk menyaksikan Warrior Nun? Sudah tidak sabar mengikuti petualangan Ava dan kawan-kawan dalam melenyapkan iblis-iblis jahat di muka Bumi? Segera agendakan untuk menyaksikannya akhir pekan ini ya!

Warior Nun
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram