bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Drakor Voice Season 1 yang Mendebarkan

Review & Sinopsis Drakor Voice Season 1 yang Mendebarkan

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 9 Juni 2021

Voice, adalah drama Korea yang tayang pada tahun 2017 yang tayang setiap hari Sabtu dan Minggu di stasiun televisi OCN. Sebelumnya drama ini sempat dibuat dengan judul “The Voice”, namun diubah menjadi “Voice”.

Sebelum pemeran utama wanita sempat ditawarkan kepada Bae Doo Na dan juga Chun Woo Hee, namun keduanya menolak tawaran tersebut. Dan akhirnya pemeran utama wanita diperankan oleh Lee Ha Na dan pemeran utama laki-laki diperankan oleh aktor populer Jang Hyuk. Dan ada juga pemeran pendukung dari salah satu idol grup terkenal Yesung dari Super Junior yang turut serta meramaikan drama ini.

Drama ini merupakan salah satu drama yang banyak direkomendasikan untuk ditonton, apalagi untuk kamu pecinta drama dengan genre thriller, mystery, crime. Daripada penasaran, berikut ini review dan sinopsis drama Voice season 1.

Sinopsis

Sinopsis Voice Season 1
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Thriller, Mystery, Crime
  • Produksi: KeyEast Co., Ltd
  • Sutradara: Kim Hong Seon
  • Pemeran: Jang Hyuk, Lee Ha Na

Seorang detektif bernama Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) yang memiliki julukan “Anjing Gila” ini merasa bersalah dengan kejadian pembunuhan istrinya ketika ia sedang bekerja. Sementara itu Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) merupakan seorang polisi yang bekerja di Emergency call center 112 yang memiliki kemampuan pendengaran yang luar biasa.

Ayah Kang Kwon Joo yang merupakan seorang polisi meninggal karena menjadi korban pembunuhan. Dimana lokasi tempat ayahnya dibunuh itu tidak jauh dari lokasi terjadinya pembunuhan istrinya Moo Jin Hyuk.

Tiga tahun kemudian Kang Kwon Joo dan juga Jin Hyuk bekerja sama menjadi bagian dari “Golden Time”. Mereka memecahkan kasus bersama untuk mengejar dalang dari kasus pembunuhan berantai yang menyebabkan keluarga dan merupakan orang yang mereka cintai menjadi salah satu dari korban pembunuhan berantai tersebut.

Bakat ‘Melihat’ yang Menakjubkan

Bakat ‘Melihat’ yang Menakjubkan

Lee Ha Na yang berperan sebagai Kang Kwon Joo merupakan seorang polisi yang bekerja sebagai seorang polisi yang berada di divisi Emergency Call Center 112. Ia memiliki bakat khusus yaitu bisa ‘melihat’ hanya dengan mendengarkan suara, atau yang dikenal dengan ahli voice profiler dimana jarang sekali orang yang memiliki bakat ini.

Bakat Kang Kwon Joo ini didapatkan setelah ia kecelakaan pada usia 12 tahun dan menyebabkan matanya buta. Dan karena kecelakaan ini juga indra pendengarannya semakin tajam dibandingkan orang lain. Setelah ia sembuh dari cedera itu, barulah ia bisa ‘melihat’ dengan telinganya tersebut. Dengan bakat ‘melihatnya’ itu Kang Kwon Joo bisa menerka-nerka tempat, benda dan lain sebagainya, sehingga ia bisa memecahkan banyak kasus kriminal.

Golden Time

Golden Time

Golden time, merupakan sebuah tim yang dibentuk oleh Kang Kwon Joo untuk menyelamatkan orang-orang yang khususnya menelepon ke emergency call center 112. Seperti kata pepatah waktu adalah uang, dimana mereka sangat mementingkan waktu juga berburu dengan waktu agar bisa secepatnya menyelamatkan korban dalam waktu yang krusial yang berkisar 3, 5, dan 10 menit.

Meskipun dalam beberapa kasus, tim golden time beberapa kali melebihi waktu krusial tersebut tapi mereka tetap berhasil menyelamatkan para korban yang menghubungi emergency call center 112. Dan meskipun tim golden time ini masih dalam masa percobaan, tapi nyatanya tim ini berhasil memecahkan kasus-kasus yang sulit.

Uang dan Kekuasaan

Uang dan Kekuasaan

Dalam drama ini diperlihatkan, beberapa orang kaya dan memiliki kekuasaan ini menyalahgunakan semuanya demi kepentingan pribadi. Bahkan para pejabat yang harusnya bisa memanfaatkan kekuasaan itu untuk menegakkan kebenaran pun ikut-ikutan menyalahgunakan kekuasaannya itu.

Seperti seorang direktur kepolisian daerah Sungwoon bernama Bae (Jo Youn Jin), seorang jaksa bernama Park Yeon Cheol (Song Young Kyu) bahkan seorang dokter pun ikut-ikutan menyalahgunakan kekuasaan yang mereka miliki demi bisnis yang mereka kerjakan bersama dan ‘hutang’ kepada Mo Gi Beom (Lee Do Kyung) orang yang membantu mereka hingga mereka bisa berada diposisi tinggi di tempat kerja mereka.

Para penguasa itu memanfaatkan hal tersebut untuk membantu menyembunyikan kebenaran yang mengakibatkan orang-orang ‘kecil’ menderita bahkan menjadi korban kekerasan yang brutal. Dengan bekerjasama dengan segerombolan preman untuk membantu aksinya.

Kesalahan Mendidik Anak

Kesalahan Mendidik Anak

Seorang psikopat Mo Tae Gu yang menyiksa para korbannya dengan brutal pun di beberapa episode terakhir diceritakan mengapa ia bisa menjadi seorang psikopat yang brutal. Dan setelah diceritakan di kilas balik, beberapa penyebab yang membuat ia bisa menjadi seorang psikopat seperti itu karena didikan orang tuanya dan juga terlahir dengan penyakit gangguan mental.

Mo Tae Gu tumbuh menjadi seseorang yang berhati dingin dan kejam, karena ia kurang kasih sayang dari kedua orang tuanya. Dan gangguan mental yang ia derita semakin menjadi ketika ibunya bunuh diri karena depresi setelah melihat kejadian ayahnya, Mo Gi Beom menyiksa dan bahkan membunuh seseorang dan Mo Tae Gu kecil melihat semua kejadian itu.

Sang ayah, Mo Gi Beom bahkan selalu menutupi semua kasus yang disebabkan oleh anaknya. Ia akan menggunakan segala cara untuk melindungi anaknya tersebut. Walaupun sang ayah menyesali perbuatannya, karena tidak mengobati anaknya sedari kecil dan menyebabkan ia tumbuh menjadi seorang monster pembunuh berdarah dingin.

Baca juga: Sinopsis & Review Voice Season 2, Lee Ha Na dan Kekuatannya

Akting Para Pemain yang Memukau

Akting Para Pemain yang Memukau

Menurut saya, akting dari para pemain dalam drama ini memang sangat memukau, tidak hanya pemeran utama tetapi pemeran pendukung pun bermain dengan sangat baik. Meskipun banyak yang meragukan peran Lee Ha Na, tapi menurut saya ia berhasil berperan sebagai kepala petugas emergency call center 112.

Untuk peran dari Jang Hyuk sepertinya sudah tidak diragukan lagi, karena dalam drama ini pun ia sukses berperan sebagai Moo Jin Hyuk yang memiliki karakter seorang detektif yang pemberani dan tak kenal takut bahkan dijuluki sebagai ‘anjing gila’ karena aksinya.

Yesung Super Junior pun menurut saya berperan dengan apik, ia berperan sebagai salah satu anggota emergency call center 112 bernama Oh Hyu Ho dan memiliki bakat dalam bidang IT yang sangat membantu membongkar dan mengumpulkan data setiap kasus yang terjadi.

Dan tentunya peran dari Kim Jae Wook yang berperan sebagai Mo Tae Goo seorang psikopat yang sangat sadis saat menyiksa para korbannya. Perannya kali ini berhasil membuat saya cukup kaget, karena ia berperan dengan karakter yang berbeda dari biasanya dan menjadi seorang penjahat yang menyeramkan tapi memiliki wajah tampan.

Cerita yang Mendebarkan dan Cukup Sulit Ditebak

Cerita yang Mendebarkan dan Cukup Sulit Ditebak

Dalam setiap kasus kriminal yang terjadi dan pemecahan kasus tersebut memang sangat mendebarkan. Setiap kasus kriminal yang terjadi dalam drama ini pun berhasil membuat saya sering ikutan tegang juga ngeri di setiap episodenya. Ditambah lagi dengan cerita yang menurut saya juga cukup sulit untuk menebak dalang dari semua kasus kriminal yang terjadi.

Karena memang kebanyakan kasus yang terjadi ini berhubungan satu sama lainnya hingga akhirnya bisa diungkapkan siapa penjahat sebenarnya. Bahkan, Sim Dae Sik yang ternyata cukup membuat kaget karena ia menjadi salah satu mata-mata dari sang penjahat walaupun ia terpaksa melakukannya.

Untuk saya pribadi drama ini bisa mendapatkan nilai 9/10, karena memang ceritanya menarik meskipun selalu ngeri kalau lihat aksi sang psikopat. Walaupun kebanyakan adegan ketika penyiksaan dari sang psikopat tidak diperlihatkan dan juga diblur tetap saja membuat saya yang menontonnya merinding.

Saya merekomendasikan untuk menonton drama ini bagi yang menyukai drama dengan genre crime karena merupakan salah satu drama terbaik. Bahkan karena kesuksesannya, drama ini dibuat hingga season ke-3 dan juga diadaptasi kedalam drama Jepang.

Tapi bagi yang tidak menyukai adegan yang ada banyak unsur kekerasan dan juga darah, sebaiknya jangan menontonnya. Untuk yang menantikan adegan romantis, dalam drama ini sama sekali tidak ada adegan romantis yang ada hanya adegan menegangkan dan mencekam.

Berdasarkan berita dari soompi, Voice season 4 akan ditayangkan kembali di tahun 2021 namun jadwal resmi kapan ditayangkannya belum ditentukan. Nah, bagaimana? Sudah siap menyambut drama Voice season selanjutnya?

Bagi yang sudah pernah menonton Voice season 1 ini boleh tuliskan kesannya setelah menonton drama ini ya. Dan bagi yang belum, apakah kamu tertarik menonton drama Voice season 1 ini? Silahkan tuliskan di kolom komentar yang tersedia di bawah ya.

Voice Season 1
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram