bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Vampire in the Garden (2022)

Vampire in the Garden adalah Original Net Anime (ONA) yang diproduksi oleh Wit Studio. Anime ini awalnya akan ditayangkan pada tahun 2021, tapi ditunda dan perdana ditayangkan di Netflix pada 16 Mei 2022.

Anime ini mengambil latar peperangan yang terjadi antara umat manusia dan vampir. Kelompok kecil manusia yang selamat dalam peperangan tersebut membuat sebuah dinding yang bisa melindungi mereka dari serangan vampir.

Hingga suatu ketika, Momo, sang protagonis dalam anime ini hidup dalam penuh tekanan. Takdir pun mempertemukan Momo dan Ratu Vampir yang sama-sama mencari sebuah tempat yang mereka sebut dengan ‘Surga’.

Lalu bagaimanakah kelanjutan kisah kehidupan Momo dan Ratu Vampir tersebut? Simak ulasannya dari Bacaterus berikut ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Terbaik yang Mengangkat Tema Vampire

Sinopsis

review Vampire in the Garden_sinopsis_

Suatu hari pada musim dingin, vampir tiba-tiba muncul membawa wabah. Dengan menghisap darah manusia, jumlah mereka bertambah semakin banyak hingga ras manusia tak sebanding dengan kekuatan vampir yang semakin banyak dan abadi.

Tak lama kemudian, wilayah manusia mulai direnggut oleh vampir. Beruntungya, ada kelompok kecil manusia yang selamat. Mereka pun memilih tinggal dan berkumpul di sebuah kota kecil.

Di sana mereka membangun sebuah tembok cahaya. Kelompok manusia itu juga saling melindungi dan berharap bisa meningkatkan peluang untuk selamat.

Namun di sisi lain, vampir masih mengintai dalam setiap bayangan. Karena takut bisa memancing indra mereka yang peka, musik dan budaya lainnya pun mulai dilarang. Kini, manusia pun tidak memiliki pilihan lain selain harus terus berjuang bertahan hidup dan melawan vampir. 

Momo adalah salah satu manusia yang berhasil bertahan menjadi pasukan prajurit untuk melawan vampir. Saat menggerebek tempat yang dicurigai terdapat vampir, Momo menemukan sebuah kotak musik di sana.

Dia tertarik dengan suara musik itu, tapi dia tidak berani untuk mengambilnya. Namun, sahabatnya Mirena secara diam-diam mengambil kotak musik itu dan menyerahkan pada Momo untuk diperbaiki.

Di tempat lain, para vampir berkumpul sambil mendengarkan musik dan berdansa. Fine adalah Ratu Vampir yang diharapkan bisa meneruskan garis keturunan mereka. Namun, Fine selalu enggan ketika diajak untuk menyerang manusia.

Suatu ketika, Allegro berhasil mengajak Fine untuk menghancurkan tembok pertahanan manusia. Saat pertempuran antara vampir dan manusia berlangsung, Momo diketahui ibunya, Nobara, membawa sebuah kotak musik.

Tentu saja ibunya yang seorang politikus sekaligus yang memasukan Momo ke pasukan prajurit, marah besar. Dia beralasan kalau sebenarnya dia pun tak ingin melakukan hal tersebut, tapi keadaan yang membuat mereka harus bertahan.

Momo tidak tahan dan merasa tertekan, kemudian dia memilih untuk melarikan diri. Momo terus berlari ditengah-tengah pertempuran manusia dan vampir. Dalam kesedihannya, Momo membuka kotak musik sambil bersenandung.

Tak jauh dari lokasi tempat Momo berada, Fine yang terluka karena terkena tembakan menghampiri Momo. Tapi, tiba-tiba Mirena menembak Fine yang terlihat akan menyerang Momo.

Tak jauh dari lokasi Mirena, ada vampir yang berubah menjadi ‘monster’. Kemudian Fine mencoba menyelamatkan Mirena tapi terlambat, Mirena tetap terkena tebasan dari monster vampir itu.

Fine mencoba melindungi Momo saat mereka terjebak antara monster vampir dan kepungan tentara manusia yang dipimpin oleh ibunya Momo. Fine memberikan pilihan pada Momo untuk ikut dengan dirinya atau tetap di sana.

Meskipun tidak percaya pada Fine, Momo memilih pergi bersama Fine agar terbebas dari tekanan yang ia alami selama ini. Fine lantas mengajak Momo ke rumahnya dan membiarkanya beristirahat.

Saat tersadar, Momo masih belum percaya pada Fine dan terus merasa curiga juga waspada. Namun, perlahan Momo mulai mempercayai Fine karena merasa kalau dia dan Fine memiliki kemiripan.

Mereka sama-sama ingin hidup bebas dan bisa hidup berdampingan, meskipun keduanya makhluk berbeda.

Sayangnya, Pasukan tentara yang diperintahkan oleh ibunya Momo sampai di rumah Fine. Peperangan pun tak bisa dihentikan, Momo terus berusaha untuk melarikan diri, tapi dicegat oleh Kubo yang mengaku sebagai pamannya.

Kubo menjelaskan kalau Momo telah dirayu oleh vampir dan terus memaksanya untuk kembali ke tempat asalnya. Di saat yang bersamaan, Kubo juga terus mencoba membunuh Fine.

Momo kemudian berhasil kabur membawa Fine dengan menggunakan mobil. Selama berhari-hari mereka terus mencari tempat yang mereka anggap ‘surga’. Meskipun sebenarnya mereka tahu kalau tempat tersebut akan sulit ditemukan. 

Selama dalam perjalanan Momo dan Fine masih terus dikejar-kejar oleh pasukan bayaran Nobara. Sementara di setiap tempat yang dikunjungi oleh Momo dan Fine, tentu saja tidaklah mudah karena baik vampir dan manusia tidak bisa menerima salah satunya.

Momo kembali berhasil ditemukan oleh pasukan bayaran ibunya dan berhasil kembali kabur. Momo dan Fine terus mencari tempat berlindung yang aman, tapi kondisi tubuh Momo dan Fine setiap hari semakin melemah.

Ditambah lagi, Fine sama sekali tidak mau meminum darah manusia kembali. Hingga akhirnya mereka berdua jatuh pingsan. 

Saat terbangun, mereka berada ditempat asing yang membuat mereka sama-sama terkejut. Akankah Momo dan Fine menemukan surga yang mereka cari-cari selama ini?

Kisah Kelam, Manusia dan Vampir

review Vampire in the Garden_Dark Story, Manusia dan Vampir_

Vampire in the Garden adalah anime yang baru saja ditayangkan di Netflix pada 16 Mei 2022. Anime ini diproduksi oleh Wit Studio dan disutradarai oleh Ryoutaro Makihara. Hanya ada lima episode dengan durasi rata-rata sekitar 25-30 menit per episodenya.

Anime ini menceritakan kisah kelam antara manusia dan vampir yang tak pernah bisa hidup berdampingan. Baik manusia maupun vampir, mereka sama-sama ingin melindungi rasnya masing-masing. Sehingga salah satu cara yang dilakukan kedua ras tersebut adalah berperang.

Ada salah satu kota di anime ini yang memperlihatkan dua tempat yang berbeda, dimana satu tempat terlihat memiliki cahaya dan satunya lagi tidak. Tempat yang bercahaya adalah tempat tinggal manusia, sementara satunya lagi adalah tempat tinggal vampir.

Pada kilas balik, diperlihatkan manusia dan vampir sempat hidup berdampingan. Tapi, mungkin karena perbedaan ras dan beberapa hal lainnya, jadinya mereka tidak bisa hidup bersama kembali dan akhirnya selalu terjadi peperangan. 

Satu-satunya transaksi yang dilakukan manusia dan vampir di tempat itu adalah transaksi jual beli. Vampir yang membutuhkan darah akan membeli darah tersebut, sementara manusia akan mendapatkan uang dari vampir yang membeli darahnya.

Perjalanan Mencari ‘Surga’

review Vampire in the Garden_Perjalanan Mencari ‘Surga’_

Anime ini berfokus pada dua karakter utama yaitu, Momo yang merupakan manusia dan Fine yang merupakan Ratu Vampir.

Momo sebenarnya anak seorang prajurit, tapi ia merasa hidupnya sangat terkekang. Dia ingin bisa hidup bebas, seperti mendengarkan musik dan budaya lainnya yang telah dilarang semenjak perang antara manusia dan vampir terjadi.

Sementara Fine, semenjak kehilangan seorang manusia yang dia sukai, dia sudah tak begitu peduli lagi dengan perang manusia dan vampir. Bisa dikatakan mungkin Fine ini merasa trauma dengan perang tersebut, karena manusia yang dia sukai meninggal saat perang tersebut.

Fine melihat Momo ini mirip dengan manusia yang dia sukai, sementara Momo melihat Fine sama seperti dirinya yang mencari kebebasan. Mereka sama-sama ingin bisa hidup bebas dan pada akhirnya mereka mencoba mencari ‘surga’ yang mereka lihat dari sebuah foto.

Dalam foto tersebut, terlihat kalau dahulu kala manusia pernah hidup berdampingan dan hidup bahagia bersama. Sayangnya, pencarian ‘surga’ itu tidaklah mudah sebab banyak rintangan yang harus mereka hadapi. 

Kisah yang Menyesakkan

review Vampire in the Garden_Kisah yang Menyesakkan_

Sebenarnya anime ini berakhir dengan happy ending. Tapi, untuk mencapai happy ending itu, Momo harus mengalami kisah yang cukup tragis. Momo kehilangan Fine yang berkorban untuk melindunginya saat terjadi perang dan akhirnya meninggal.

Walaupun pada akhir cerita diperlihatkan kalau Momo akhirnya menemukan ‘surga’ yang dia cari-cari. Di akhir cerita itu diperlihatkan juga kalau manusia dan vampir bisa hidup berdampingan dalam damai.  Wajah Momo pun terlihat bahagia di akhir cerita.

Anime ini memiliki dark Story dan visual yang mendukung ceritanya. Warna yang diperlihatkan dominan gelap, kecuali ketika karakter utama merasa bahagia, maka warnanya terlihat lebih cerah.

Pengambilan sudut gambarnya pun cukup baik dan beberapa scene, terutama scene pemandangan yang cukup memukau dan memanjakan mata.

Secara keseluruhan, cerita Vampire in the Garden ini cukup menarik. Tapi ada satu hal yang masih membuat saya penasaran dengan karakter Fine yang menyukai seorang manusia bernama Aria. Karakter Aria yang diperlihatkan itu seperti seorang gadis, jadi apakah Fine penyuka sesama jenis? 

Bagaimana menurut pendapatmu? Bagi yang penasaran dengan ceritanya, kamu bisa menyaksikan anime ini di Netflix ya!

Vampire in the Garden
Rating: 
1.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram