bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama China Unforgettable Love (2021)

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 September 2021

Kilasan masa lalu selalu menghantui He Qiao Yan, punggung wanita itu selalu ada di mimpinya. Masalah lain muncul ketika putranya Xiao Bao terus berulah dan menolak untuk melakukan terapi. Untungnya ada Qin Yi Yue yang membantunya pengobatan Xiao Bao dan menjadi ibu sambung kontrak. Ternyata pertemuan ketiganya merupakan sebuah takdir, karena mereka terikat dengan masa lalu menyedihkan.

Kisah di atas dapat disaksikan dalam drama Cina terbaru berjudul Unforgettable Love (2021). Diperankan oleh aktor tampan Miley Wei dan si cantik Hu Yi Xuan, drama ini berhasil mendapatkan rating 8.3 di My Drama List dan menjadi drama populer lho, apalagi katanya drama ini diadaptasi dari web novel berjudul; “Mr. He’s Love is Not Forgotten.”

Makannya kali ini kita akan mencari tahu takdir apa yang mempertemukan mereka? Jawabannya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

Sinopsis

Unforgettable Love_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Romantic, Comedy, Family
  • Produksi: Mango Excellent Media, Mango TV, Mango Studios
  • Sutradara: Li Yulei
  • Pemain: Miles Wei, Hu Yi Xuan, Lennon Sun, Jerry Yu, Sheng Hui Zi, Wu Chen Xu, Shi Qin Yan
  • Jumlah Episode: 24 Episode

He Qiao Yan (Miles Wei) adalah pria tampan dan memiliki karir yang luar biasa, tapi satu kelemahannya yaitu Xiao Bao (Lennon Sun) putra tunggalnya. Xiao Bao tidak seperti kebanyakan anak, di usianya sekarang anak ini tidak mau berbicara dan berdekatan dengan orang asing. Alhasil He Qiao Yan selalu kewalahan untuk mengatur Xiao Bao, tapi ada satu orang yang tiba-tiba bisa mengendalikan putranya.

Qin Yi Yue (Hu Yi Xuan) seorang dokter anak yang tidak sengaja bertemu dengan Xiao Bao yang ketakutan dalam kerumunan. Sejak saat itu He Qiao Yan berpikir mungkin Qin Yi Yue adalah orang yang dapat membantu penyembuhan putranya. Di lain kesempatan Xiao Bao selalu meminta Qin Yi Yue untuk menjadi ibunya, bahkan anak ini lebih menurut pada wanita itu dibanding ayahnya.

He Qiao Yan berinisiatif menawarkan pernikahan kontrak demi memberikan putranya seorang ibu dan keluarga yang sempurna. Mereka hidup bersama, tapi banyak ketidakcocokan antara Qin Yi Yue dan He Qiao Yan. Tidak boleh makan mie instan, tidak ada camilan, tidak ada permen dan minuman yang aneh-aneh. Hingga suatu hari Xiao Bao mulai memberikan respon dengan menyebut “mama” pada Qin Yi Yue.

Melihat adanya perubahan signifikan, Qin Yi Yue berpikiran membiarkan Qiao Bao bersekolah seperti kebanyakan anak. Ketika Xiao Bao mulai menunjukkan banyak perubahan, hubungan He Qiao Yan dan Qin Yi Yue justru dilanda banyak masalah. Pertama bibi He Qiao Yan menolak kehadirannya dan tetap berusaha menjodohkan keponakannya dengan wanita lain yaitu Lin Wei (Shin Qing Yan).

Masalah lain datang ketika rahasia masa lalu tiba-tiba terungkap yang membuat Qin Yi Yeu memutuskan pergi. He Qiao Yan memang bukan ayah kandung Xiao Bao, anak itu adalah putra dari kakaknya yang meninggal karena kecelakaan. Tapi He Qiao Yan tidak tahu bahwa kecelakaan kakaknya terjadi karena dirinya, hal ini langsung membuatnya down.

Selain itu wanita yang selalu ada di mimpinya ternyata Qin Yi Yue, di hari kecelakaan itu wanita ini datang dan menyelamatkan Xiao Bao. Setelah kejadian ini mereka kembali bersama dengan pernikahan yang sah, bahkan Qiao Bao untuk pertama kalinya dapat mengucapkan kata “Papa.” Hal ini sangat berarti untuk He Qiao Yan, pria ini akhirnya berusaha mengingat kembali masa lalunya.

Drama Ringan dengan Plotwist di Akhir

Drama Ringan dengan Plotwist di Akhir_

Unforgettable Love (2021) memang terasa unik, karena penyakit Xiao Bao membuat He Qiao Yan dan Qin Yi Yue bisa bersama. Jujur saja setelah sekian banyak C-Drama yang saya tonton, Unforgettable Love memiliki komposisi cerita, romance, komedi dan family story yang pas. Dalam 24 episode kita diberikan nuansa yang berbeda-beda, belum lagi sinematografi dan dubbing-nya pas.

Di awal kita diberikan banyak aksi komedi, parenting yang ringan dan romansa, di akhir kita diberikan plot twist yang membuat suasananya jadi menyedihkan. Tidak bisa dipungkiri saya merasa agak bosan setelah menonton 15 episode. Untungnya mulai dari episode 20, drama ini menampilkan banyak plot twist yang bikin greget.

Plot twist lainnya perubahan Lin Wei yang ternyata memiliki penyakit mental karena tekanan ibunya. Saya kira Lin Wei adalah antagonis yang memiliki nafsu besar untuk mendapatkan keinginannya. Mungkin wanita ini memang menyukai He Qiao Yan, ternyata hal ini tidak tepat. Ternyata Lin Wei justru memiliki masalah dengan kecanduan obat, karena dirinya sering terkena panic attack.

Memang ceritanya sangat ringan, tapi semua cerita dari para pemeran utamanya terhubung dengan sangat baik. Itulah kenapa saya menyarankan jangan menskip episodenya agar ceritanya dapat dipahami dengan baik. 

Premis Unik dengan Penyampaian yang Pas

Premis Unik_

Belakangan C-Drama selalu memiliki premis yang cukup unik, itulah yang membuatnya jadi berbeda. Premis yang diangkat bermacam-macam, mulai dari masa lalu kelam, game hingga penyakit yang tidak biasa. Unforgettable Love (2021) mengambil dua premis sekaligus, pertama trauma Xiao Bao yang menyebabkan anak ini tidak dapat berbicara dan memiliki panic attack.

Premis kedua adalah wanita dalam mimpi He Qiao Yan yang selalu menghantui mimpinya. Kedua premis ini dapat diceritakan dengan sangat baik, tanpa membuat yang lainnya terlihat lemah. Pada awalnya drama ini terasa memiliki banyak plot hole, karena banyak hal yang tidak jelas. Apalagi penyakit Xiao Bao ternyata penyakit psikologi yang diakibatkan trauma.

Biasanya dalam banyak drama Asia, penyakit psikologis yang dialami oleh Xiao Bao lebih banyak dialami oleh orang dewasa. Tapi Unforgettable Love (2021) memakai anak kecil sebagai objeknya, hal ini jelas jauh berbeda. Apalagi anak berusia 4-5 tahun seharusnya terlihat sangat aktif, tapi Xiao Bao seakan terlihat arogan karena ia memang memiliki ketakutan berada dengan orang lain.

Tidak hanya Xiao Bao, He Qiao Yan juga mengalami trauma yang menyebabkan ia melupakan kejadian di masa lalu. Dua orang yang sama-sama mengalami trauma hidup bersama dan ditakdirkan untuk memiliki hubungan batin dengan satu wanita yaitu Qin Yi Yue. Premis ini mungkin terdengar agak cringe, tapi writer drama sepertinya tahu cara menyajikan fakta ini dengan tepat.

Jika dilihat-lihat, Unforgettable Love memiliki kaitan erat dengan penyakit atau gangguan mental dan psikologis. Meski dramanya tidak membeberkan secara rinci, tapi beberapa adegan di bidang psikologis dan kesehatan cukup membantu premisnya. Jika terlalu dalam membahas kesehatan,  mungkin dramanya bisa berubah genre menjadi drama keluarga dan medis.

Drama Keluarga yang Manis Berkat Pemainnya

Drama Keluarga yang Manis Berkat Pemainnya_

Siapa pun yang menonton drama ini tidak akan menyangka bahwa kemistri antara Miles Wei, Hu Yi Xua dan Lennon Sun sangat baik. Ternyata kemistri ini tidak hanya sekedar akting belaka. Kenyataanya mereka memang sangat dekat. Si manis dan aktif Lennon Sun memang selalu bisa menaikkan suasana di-set Unforgettable Love (2021).

Hu Yi Xua mengungkapkan bahwa ia memang sangat dekat dengan putranya dalam drama Lennon Sun. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa tayangan behind the scene drama hingga interview khusus keduanya dengan iQiyi. Hu Yi Xua menyebutkan bahwa memang agak beresiko syuting dengan anak kecil, tapi Lennon ternyata anak yang patuh dan pengertian.

Ia juga menyebutkan bahwa Lennon merasa kesulitan karena harus banyak diam selama syuting, sedangkan anak ini sangat ceria. Setiap “cut”, Lennon akan berbicara dengan sangat keras karena anak ini kesal tidak diajak berbicara. Kedekatan keduanya juga terlihat sangat nyata, karena Lennon terlihat sangat penurut dan bisa diajak kerjasama oleh Hu Yi Xuan.

Uniknya Lennon mengatakan bahwa Milles Wei adalah orang yang aneh, seluruh penampilannya terlihat aneh baginya. Ternyata hal ini diucapkan Lennon karena Miles Wei tidak ikut berpartisipasi dalam wawancara tersebut. Dalam wawancara lain, Miles Wei mengungkapkan bahwa Lennon adalah anak yang sangat manis dan lucu. Ia merasa sangat senang saat syuting dengan putranya di layar kaca ini.

Hal yang tidak bisa dilupakan Miles Wei adalah, setiap hari syuting Lennon datang membawa botol susu. Saat itu usianya masih empat tahun, lucunya sambil minum susu maka sutradara akan menjelaskan apa yang harus dilakukan Lennon.

Tidak hanya manis dalam drama, ternyata para pemain Unforgettable Love ini memiliki kedekatan yang terlihat manis. Makannya tidak aneh jika banyak penonton yang menyukai menonton drama ini karena melihat kemistri Miles Wei, Yu Yi Xuan dan Lennon Sun. Berminat untuk menontonnya?

Unforgettable Love
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram