bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Anime Uncle from Another World (2022)

Uncle from Another World atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan Isekai Ojisan, merupakan anime adaptasi dari manga dengan judul yang sama dan mengambil tema tentang isekai atau dunia paralel. 

Anime ini merupakan salah satu anime musim panas yang baru ditayangkan pada 7 Juli 2022. Anime ini bisa disaksikan di Netflix yang ditayangkan setiap hari rabu. Kira-kira seperti apa ceritanya? Yuk, simak terus ulasan dari Bacaterus berikut ini!

Baca juga: 10 Anime dengan Genre Isekai Terbaik yang Wajib Ditonton

Sinopsis

Setelah mengalami koma selama 17 tahun, akhirnya paman Takafumi sadar. Namun, Takafumi mendapati ada hal yang aneh pada pamannya tersebut. Pamannya itu menggunakan bahasa yang aneh dan juga memiliki kekuatan magis.

Episode 1

uncle from another world_Episode 1_

Setelah 17 tahun paman Takafumi terbaring koma, akhirnya dia terbangun. Ketika terbangun, Takafumi merasa ada keanehan pada pamannya karena berbicara bahasa asing.

Pamannya itu juga mengklaim selama 17 tahun dia berada di dunia paralel bernama Granbahamal. Tidak hanya itu, pamannya terlihat sangat tertarik pada video game SEGA

Semakin merasa aneh, Takafumi hendak akan meninggalkan pamannya. Namun, tiba-tiba pamannya membuktikan bahwa perkataannya dengan menunjukan sebuah kekuatan magis.

Saat melihat kekuatan magis milik pamannya, Takafumi memutuskan untuk mengajak pamannya hidup bersama. Dia berencana memanfaatkan kekuatan magis milik pamannya untuk meraih keuntungan dari YouTube.

Di sisi lain, dunia paman Takafumi sudah sangat berbeda. Dia berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi.

Namun, Takafumi sangat penasaran dengan kehidupan pamannya ketika berada di Granbahamal. Pamannya Takafumi pun langsung menunjukan kepada Takafumi dengan cara memperlihatkan ingatannya.

Banyak hal tak terduga yang ternyata dialami oleh pamannya Takafumi yang membuat dirinya terkejut. Sementara itu, paman Takafumi masih harus menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya di dunia nyata. Dan kehidupan Takafumi bersama pamannya, baru saja dimulai sekarang.

Episode 2

uncle from another world_Episode 2_

Jumlah penonton pada YouTube channel milik Takafumi dan pamannya tidak mengalami peningkatan. Bahkan video terakhir yang di upload pun tidak terlalu banyak menarik banyak penonton. Sehingga, paman Takafumi mengusulkan untuk mulai hidup hemat.

Paman Takafumi yang merupakan seorang penggemar berat SEGA, mencari buku yang mencatat pertandingan akhir dalam game SEGA. Namun, ketika membeli buku yang mencatat tentang pertandingan besar SEGA, malah membuat paman Takafumi kecewa.

Dia merasa kesal karena seharusnya Guardian Heroes yang menjadi juara pertama. Mengetahui hasil yang tidak sesuai harapannya, paman Takafumi mulai melampiaskan kekecewaannya.

Kemudian, suatu ketika, Takafumi bertemu kembali dengan seorang wanita yang merupakan teman lamanya. Fujimiya sangat ketakutan pada paman Takafumi, lantas apakah yang akan dilakukan paman Takafumi yang telah melihat kekuatan dirinya?

Episode 3

isekai ojisan_Episode 3_

Channel YouTube milik Takafumi dan pamannya sedang mengalami krisis. Akhir-akhir ini jumlah penonton di channel mereka menurun dan tidak ada penambahan subscriber.

Takafumi berusaha mencari tahu penyebab hal tersebut, karena tidak ingin sampai dihapus oleh pihak YouTube. Hal itu tentunya akan menyebabkan pada keuangan mereka.

Setelah mengetahui penyebab jumlah penontonnya menurun, Takafumi merasa sangat pusing. Di saat tersebut, Takafumi malah minta pamannya untuk menceritakan kisah dirinya bersama seorang gadis elf yang selalu mengikuti pamannya. Melihat ingatan pamannya itu, Takafumi malah dibuat semakin kesal.


Kemudian Fujimiya berkunjung ke tempat tinggal Takafumi, dia masih belum terbiasa dengan kehadiran pamannya takafumi. Apalagi Fujimiya masih menganggap kalau pamannya Takafumi itu menjadi beban untuk Takafumi. Lalu, tiba-tiba terjadi hal yang tak terduga dan membuat mereka bertiga terkejut.

Episode 4

isekai ojisan_Episode 4_

Takafumi, Fujimiya dan paman Takafumi, sedang melihat ingatan pada masa lalu Takafumi. Takafumi teringat kembali masa-masa dimana dia selalu mendapatkan bantuan dari Fujimiya.

Walaupun Fujimiya merasa malu ketika melihat dirinya di masa lalu, tapi kata-kata dari Takafumi membuat dirinya senang.

Ketika Takafumi pergi keluar, Fujimiya hanya berdua saja dengan paman Takafumi. Dan secara tidak sengaja, kopi yang sedang diminum oleh paman Takafumi tumpah.

Dengan sigap paman Takafumi merapalkan mantra magis. Tapi, sayangnya, hal tersebut tidak membantu apa-apa dan malah membuat Fujimiya beku dan bajunya menjadi basah.

Fujimiya disarankan untuk mandi dan mengganti baju menggunakan pakaian Takafumi. Sementara itu, pamannya Takafumi pergi keluar rumah agar Fujimiya merasa nyaman. 

Saat Fujimiya telah selesai mandi dan mengganti bajunya, Takafumi pulang dan melihat Fujimiya menggunakan pakaiannya. Terkejut, Takafumi langsung pergi dan mengucapkan maaf. Sementara itu, Fujimiya masih tekejut membeku di dalam kamar mandi.

Kehidupan Baru Takafumi dengan Pamannya

uncle from another world_Episode 1_Kehidupan Baru Takafumi dengan Pamannya_

Anime ini mengambil teman isekai dengan kisah yang cukup menarik. Anime yang berdurasi sekitar 23 menit ini menceritakan kisah Takafumi seorang remaja lelaki yang memutuskan untuk tinggal bersama pamannya yang aneh. 

Meskipun sudah koma’ selama 17 tahun, sejauh ini pamannya Takafumi bisa dibilang cukup cepat beradaptasi dengan kehidupan modern.

Dia pun masih tetap bisa menggunakan kekuatan magisnya di Jepang dan memanfaatkan hal tersebut bersama keponakannya untuk menghasilkan uang. Walaupun sebenarnya Takafumi lah yang ‘mengeksploitasi’ pamannya itu untuk menghasilkan uang.

Meski dari segi visual anime ini terlihat biasa saja, tapi setiap karakternya sangat ekspresif, sehingga ekspresi yang dikeluarkan dari masing-masing karakter selalu bisa menghibur. Ceritanya pun sejauh ini sangat ringan dan bisa ditonton sambil bersantai.

Orang yang Mengetahui Identitas Paman Takafumi Bertambah

uncle from another world_Episode 2_Orang yang Mengetahui Identitas Paman Takafumi Bertambah_

Episode dua kembali lagi dengan kisah pamannya Takafumi yang selalu antusias pada permainan SEGA. Mulai dari mencari informasi terakhir tentang pertandingan SEGA, hingga akhirnya dia bahagia karena dibelikan game SEGA oleh Takafumi.

Lucunya, setiap kali Takafumi tertarik dengan cerita pamannya di dunia paralel, dia selalu saja dibuat kecewa oleh pamannya. Dan sampai sekarang, pamannya ini masih belum mengetahui tentang konsep tsundere (seolah tak peduli padahal peduli).

Pada episode kali ini karakternya bertambah dengan adanya teman lama Takafumi, Fujimiya. Layaknya orang normal, Fujimiya sangat terkejut melihat pamannya Takafumi yang dirasa sangat aneh. Dia bahkan menyarankan Takafumi untuk segera menjauh dari pamannya yang terlihat gila. 

Perkembangan Situasi yang Tidak Terduga

isekai ojisan_Episode 3_Perkembangan Situasi yang Tidak Terduga_

Episode tiga ini sangat menghibur! Banyak scene yang tak terduga dan membuat perut sakit karena tertawa melihat adegan tersebut.

Seperti pada adegan ketika melihat penyebab menurunnya jumlah penonton channel YouTube milik Takafumi dan pamannya. Lalu ketika melihat ekspresi Fujimiya yang terkejut melihat pamannya Takafumi yang ‘menyamar’.

Meskipun anime ini dari segi kualitas visual gambar terlihat biasa saja, tapi yang paling saya sukai adalah ekspresi tiap karakternya. Semua karakter sangat ekspresif dan penggambarannya sangat pas dengan emosinya. Jadi, ekspresi dari para karakter inilah yang cukup saya nanti-nantikan.

Oh iya, di episode kali ini pamannya Takafumi menunjukan teknik sihir yang lain. Dia ternyata bisa merubah wujudnya menjadi sosok lain.

Pada episode ini juga pamannya Takafumi berubah menjadi gadis elf. Tidak hanya wajahnya saja yang berubah, tapi suaranya pun ikut berubah, jadi pas dengan penampilannya.

Sosok pamannya yang sedang menjadi gadis elf itu kemudian dimanfaatkan oleh Takafumi. Dia langsung mengajak pamannya syuting untuk channel YouTube, lalu videonya langsung diunggah. Video terbaru itulah yang menjadi keajaiban bagi Takafumi juga pamannya.

Pertolongan Saat Menghadapi Masa yang Sulit

isekai ojisan_Episode 4_Ditolong Ketika Menghadapi Masa yang Sulit_

Kembali lagi dengan cerita paman Takafumi yang selalu saja menghibur. Meski sempat memberikan kata-kata bijak untuk Fujimiya, Takafumi dan teman tsundere Elf, ternyata kata-kata tersebut didapat dari sebuah game yang pernah dimainkan paman Takafumi.

Di episode empat ini juga diungkapkan masa lalu Takafumi dan Fujimiya ketika masih SD. Pada masa itu, ternyata Takafumi merasa kalau Fujimiya selalu menjadi orang yang baik dan membela dirinya. Pun begitu ketika di masa depan, pendapatnya tentang Fujimiya tidak berubah.

Sementara itu, pamannya Takafumi tampak pernah beberapa kali menolong tsundere Elf saat berada dalam bahaya. Begitu juga dengan tsundere Elf yang selalu ada ketika paman Takafumi kesulitan di dunia game.

Pada episode ini juga sepertinya Fujimiya semakin mulai berani untuk menunjukan kalau dia tertarik pada Takafumi. Meski begitu, sayangnya sejauh ini Takafumi tampaknya masih belum menyadari hal tersebut.

Sejauh empat episode ini, ceritanya masih terasa ringan, mudah diikuti dan selalu menghibur. Di Episode ini jangan lewatkan untuk menonton hingga akhir kredit ya, karena ada scene tambahan yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti apakah kelanjutan kisah Takafumi dan pamannya? Ikuti terus perkembangan ceritanya hanya di Bacaterus.

Uncle from Another World
Rating: 
2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram