bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review To The Lake, Ketika Bencana Tak Hanya Virus

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 20 Mei 2021

To The Lake merupakan serial thriller, survival, sekaligus drama asal Rusia yang rilis pada 14 November 2019 lalu. Serial ini tayang pertama kali di Russian platform Premier untuk kemudian ditayangkan oleh Netflix dan dirilis secara internasional pada 8 Oktober 2020. 

Serial ini disutradarai oleh Pavel Kostomarov dan melibatkan aktor serta aktris Rusia ternama sebagai pemerannya. Mereka antara lain Kirill Käro, Viktoriya Isakova, Maryana Spivak dan Aleksandr Robak. Secara keseluruhan, To The Lake berjumlah 8 episode. Episode pertama tayang 14 November 2019 dan episode terakhir tayang 3 Januari 2020 lalu.

Secara garis besar, serial ini bercerita tentang upaya penyelamatan diri yang dilakukan sekelompok orang dari virus mematikan. Mereka harus bertahan hidup dari berbagai  ancaman, mulai dari kelaparan, kekacauan dan infeksi virus itu sendiri. Ingin tahu ceritanya secara keseluruhan?  Agar semakin yakin, simak terlebih dahulu sinopsis dan review To The Lake berikut ini yuk!

Sinopsis

review to the lake_Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 14 November 2019
  • Genre: Thriller
  • Jumlah Episode: 8
  • Pemain: Kirill Käro, Viktoriya Isakova, Aleksandr Robak, Maryana Spivak
  • Sutradara: Pavel Kostomarov
  • Produksi: 1-2-3 Production

Apa jadinya jika satu kota berpenduduk padat terinfeksi sebuah virus yang mematikan dan tidak teridentifikasi? Kepanikan pasti ada di mana-mana, masing-masing tentu hanya ingin menyelamatkan diri agar tetap hidup. Teror mengerikan seperti itu harus dialami oleh Sergey  (Kirill Käro). Misi menyelamatkan diri jadi bertambah berat dan emosional ketika Sergey juga harus menyelamatkan keluarganya, termasuk sang mantan istri.

Secara tidak terduga, banyak penduduk Moskow terinfeksi virus berbahaya yang mematikan. Ketika terjangkit, seseorang akan mengalami perubahan warna pada matanya. Dia juga akan batuk dan dalam jangka waktu tiga hingga empat hari, akan tewas. Tidak ada yang tahu bagaimana cara melawan infeksi yang disebabkan virus ini.

Secara bertahap kota yang dulu ramai dengan berbagai aktivitas warganya, kini mulai sepi bagai kota mati yang mengancam. Pasalnya seluruh kota mulai terinfeksi. Akibat hal itu kekacauan tidak bisa dihindarkan. Jangan berharap ada listrik, uang pun jadi tidak ada harganya. 

Pelanggaran-pelanggaran hukum terjadi di mana-mana dan diabaikan begitu saja. Sementara geng perampok banyak berkumpul di sudut-sudut kota dan media mulai panik mengabarkan situasi terkini. Penduduk yang belum terkena infeksi virus berjuang sekuat tenaga dan mati-matian untuk bertahan hidup.

Mereka berupaya sekeras tenaga untuk mendapat makanan serta bensin guna melarikan diri sejauh mungkin. Sayangya, Moskow dikarantina, semua pintu masuk dan keluar ditutup. Tidak ada yang bisa pergi ke mana pun. Namun, tidak bagi Sergey. Keingiannya untuk tetap hidup membuat lelaki ini pantang menyerah mencari cara melarikan diri.

Sergey tidak hanya mementingkan diri sendiri. Dia mengajak kekasih barunya untuk segera mencari tempat perlindungan. Dia sekaligus membawa anaknya, anak kekasih barunya yang autis, ayah, tetangga dan mantan istri yang belum bisa memaafkannya. Mereka bergabung dalam satu kelompok dan menyelamatkan diri dengan pergi ke Karelia.

Di sana terdapat sebuah pulau kecil di tengah Vongozero. Rombongan tersebut hanya ingin bersembunyi dan menyelamatkan diri dari ancaman infeksi yang terjadi di luar. Sergey lantas membawa anggota keluarganya masuk ke sebuah kapal.

Di tengah-tengan keadaan yang sedang genting dan bencana global yang mengerikan, Sergey terpaksa harus kembali berinteraksi dengan sang mantan istri. Mereka yang sebelumnya tidak pernah berada pada satu atap, sekarang harus bersatu untuk melarikan diri dari infeksi virus yang semakin meluas. 

Ketegangan dan putus asa menghadapi virus bercampur dengan masalah keluarga. Konflik emosional antara Sergey, kekasih barunya, dan sang mantan istri bagaimana pun harus disiasati. Pada akhirnya mereka tidak hanya belajar bagaimana caranya bertahan hidup, melainkan juga memaafkan. Lalu, berhasil selamatkah Sergey dan keluarganya? 

Adaptasi dari Novel 

Imajinasi seorang penulis novel, penulis naskah, pembuat film dan orang-orang kreatif lainnya, memang tidak terbatas. Mereka bisa dengan gila menciptakan sebuah ide cerita yang tidak pernah terduga. Termasuk skenario cerita tentang bagaimana dunia berakhir, serangan wabah seperti To The Lake ini, serangan zombie dan lain-lain. 

Kenyataannya, To The Lake memang berangkat dari sebuah novel karya penulis novel asal Rusia, Yana Vagner. Novel yang dimaksud berjudul Vongozero. Menariknya, ini merupakan novel pertama Yana. Sebagai seorang novelis, hal tersebut tentu merupakan prestasi tersendiri. Novel pertama sudah menarik hati orang lain untuk kemudian dibuatkan serial televisi bahkan film, bagaimana dengan novel selanjutnya? 

Memadukan Thriller dan Drama

review to the lake_Memadukan Thriller dan DramaSumber: meduza.io

To The Lake bukan sekadar thriller biasa. Sang sutradara seperti memiliki misi tersendiri melalui filmnya ini. Adegan ketika Sergey memutuskan untuk menyelamatkan banyak orang, termasuk mantan istri yang berada di Moskow dan di tengah pandemi, mengandung drama. Plot itu semacam membuka pintu moral value yang ingin disampaikan oleh serial ini.

Ketika seseorang berada dalam kondisi terburuk, dia akan memperlihatkan jati diri sesungguhnya. Apakah akan menjadi sangat egois atau justru peduli dan rela mati untuk orang lain. Dalam cerita ini Sergey rela harus menyusul mantan istri dan anaknya ke Moskow untuk mengajak mereka menyelamatkan diri, sementara dirinya berada di pinggiran kota yang masih berstatus aman.

Konflik bermula dari sini. Keinginan Sergey untuk memboyong anak dan mantan istrinya dan menyelamatkan mereka menjadi masalah. Belum lagi kekacauan yang terjadi, yang membuat banyak orang berubah brutal. Pada akhirnya lawan mereka bukan hanya virus, melainkan juga manusia dan keserakahannya.

Masuk Nominasi Penghargaan Bergengsi

Cerita film atau serial bertema survival jumlahnya memang sudah segudang. Anda mungkin skeptis dengan serial ini karena berpikir bahwa plotnya akan sama dengan kebanyakan drama sejenis. Kenyataannya To The Lake berbeda, terutama karena ia dikemas dengan sangat tepat. Plot, tone yang gelap dan cerita yang mencekam, menjadi satu kesatuan yang membuatnya utuh.

Jalan ceritanya tidak membosankan. Selain mencampurnya dengan unsur drama dan memperlihatkan sisi emosional para karakternya, serial ini juga menyoroti bagaimana orang-orang bertahan hidup, apa saja ancaman yang harus mereka kalahkan serta pengambilan gambar pun dilakukan di tempat-tempat yang berbeda.

Ketika sebuah film atau serial memiliki unsur-unsur itu, tidak heran jika ia diganjar dengan kesuksesan, minimal banyak dibicarakan. Berkat hal-hal tersebut To The Lake dinominasikan pada sebuah festival bergengsi, yaitu Cannes International Series Festival sebagai Best Series. 

Serial TV dari Rusia yang Wajib Ditonton

review to the lake_Serial TV dari Rusia yang Wajib DitontonSumber: gazeta.ru

Kedatangan To The Lake di layanan streaming Netflix, menjadi pilihan lain bagi penonton yang bosan dengan serial-serial dari Amerika yang memang sudah sangat mendominasi. Ia datang dari Rusia, Cerita yang dianggap menarik ini sayang jika tidak menjangkau pemirsa yang lebih luas.

Dengan hadirnya To The Lake, semoga saja dapat menjadi jalan pembuka bagi serial-serial dari negara lain, untuk diterima oleh lebih banyak penonton. Selama ceritanya bagus, dibuat dengan memperhatikan elemen-elemen besar atau kecil, sehingga tidak ada plot hole dan semacamnya, serial atau film dari manapun pasti akan mudah diterima. 

To The Lake mungkin memiliki premis yang sudah cukup banyak digarap: bencana, wabah dan akhir dari dunia. Namun, pengemasannya membuat serial ini patut dipertimbangkan untuk ditonton. Anda akan melihat berbagai kepribadian manusia dan bagaimana cara manusia menyikapi suatu kesulitan di tengah rasa putus asa. Siap melihat akting Kirill Käro? Agendakan segera!

To The Lake
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram