bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 11 September 2021

Kerugian terbesar ketika peperangan terjadi adalah banyaknya nyawa yang melayang. Selain kerugian itu, ada banyak kerugian lain seperti ekonomi yang merosot serta hancurnya infrastruktur dan fasilitas-fasilitas lain. Berbagai kerugian itu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dipulihkan sampai kehidupan kembali berjalan normal seperti sebelum peperangan terjadi.

Di tengah berbagai kerusakan yang ditimbulkan perang, ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan. Dari mulai mencari kekuasaan sampai mengambil harta atau sumber daya di wilayah perang yang selalu menjadi rebutan. Hal itu digambarkan dengan jelas di film Three Kings yang mengambil cerita di Irak paska Perang Teluk I. Seperti apa sinopsis dan review-nya? Mari kita bahas.

Sinopsis

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi 1
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: War, Action, Black Comedy
  • Produksi: Village Roadshow Pictures, Atlas Entertainment, Coast Ridge Films
  • Sutradara: David O. Russell
  • Pemain: George Clooney, Mark Wahlberg, Ice Cube, Spike Jonze, Nora Dunn, Jamie Kennedy

Setelah Perang Teluk I berakhir, tentara Amerika bersiap-siap untuk kembali ke negara asal mereka. Dengan minimnya misi yang harus dilakukan, mereka menghabiskan waktu dengan berpesta. Mayor Archie Gates, anggota US Army Special Forces, menjadikan seks sebagai alat tukar agar dirinya menceritakan keadaan di medan perang pada seorang jurnalis, Cathy Daitch.

Upaya Archie ketahuan oleh reporter bernama Adriana Cruz. Hal itu Archie menyebabkan dipindahtugaskan. Dua orang tentara Amerika, Troy Barlow dan sahabatnya, Conrad Vig menemukan sebuah peta ketika menangkap tentara Irak. Mereka berdua membawa peta pada Elgin, atasan mereka, untuk diterjemahkan.

Archie mengetahui ditemukannya peta tersebut dan bekerja sama dengan ketiga orang tadi. Berbekal informasi dari reportase Adriana, Archie mengetahui bahwa peta itu menunjukkan sebuah bunker di dekat Karbala yang berisi emas curian dari Kuwait. Archie mengajak Troy, Conrad dan Elgin untuk mencuri emas di bunker demi kehidupan mereka setelah kembali ke Amerika.

Langkah pertama yang ditempuh Archie adalah menjebak Adriana agar nggak mengganggu misinya. Keesokan harinya, mereka berangkat menuju lokasi di peta dan berhasil menemukan bunker yang dipercaya berisi emas. Archie dan pasukannya menemukan emas dan harta berharga lainnya di dalam bunker.

Misi mereka menemui hambatan. Amir Abdullah, seorang petinggi militer menemukan keberadaan mereka. Archie dan yang lain mencoba untuk bernegosiasi dengan Amir agar membagikan harta kepada dua belah pihak. Sulit mendapatkan kesepakatan dengan Amir, Archie dan pasukannya  pergi. Kemudian, mereka bertemu dengan istri Amir

Istri Amir meminta mereka untuk tetap menyuarakan anti-Saddam Hussein. Wanita itu ditangkap dan dieksekusi oleh anggota militer Irak. Archie dan pasukannya tergerak untuk membebaskan orang-orang yang ditahan oleh pemerintah Irak sambil mencari cara untuk mengambil emas.

Archie dan pasukannya terlibat pertarungan senjata dengan tentara Irak. Mereka melarikan diri karena ada bom gas yang akan diledakkan tentara Irak. Sayangnya, mereka justru masuk ke wilayah yang penuh ranjau dan terpisah satu sama lain. Troy ditangkap sementara Archie dan yang lain diselamatkan oleh kelompok pemberontak Irak.

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi 3

Archie menyetujui permintaan kelompok pemberontak Irak yang meminta perlindungan untuk sampai di perbatasan bersama keluarga mereka. Sebagai imbalan, Archie meminta mereka untuk membantu menyelamatkan Troy. Troy yang dimasukkan ke dalam bunker, menemukan sebuah ruangan yang dipenuhi oleh ponsel.

Troy menggunakan ponsel untuk menelpon istrinya dan meminta bantuan dari militer Amerika. Troy hanya berbicara sebentar karena dia ditarik oleh Kapten Said. Archie dan pasukannya bersama pemberontak Irak menemui anggota militer Irak yang membelot. Archie membeli mobil-mobil mewah mereka untuk menakut-nakuti penjaga bunker tempat Troy ditahan.

Archie dan pasukannya mendapat bantuan yang banyak untuk menyerang bunker tentara Irak. Mereka berhasil membebaskan Troy dan menemukan banyak tahanan lain. Tentara Irak yang kabur kembali untuk menyerang Archie dan pasukannya. Conrad tewas sementara Troy terluka tapi bisa selamat. Ketiganya kemudian mendatangi bunker dan mengambil emas.

Archie memberi emas pada pemberontak Irak sebagai rasa terima kasih sudah mau bekerja sama. Ketika mengantar para pemberontak ke perbatasan, Archie, pasukannya dan pemberontak justru ditangkap oleh tentara Amerika. Apa yang akan mereka lakukan? Apakah mereka memilih emas atau nyawa para pemberontak?

Action yang Didukung oleh Cerita

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi 5

Seperti film-film bertemakan perang, Three Kings menyajikan berbagai adegan aksi yang menegangkan. Upaya menyelamatkan diri dan tembak-menembak nggak ketinggalan untuk ditampilkan. Hebatnya film ini dibanding film sejenis adalah kemampuannya dalam membangun cerita sehingga adegan-adegan aksinyanggak terasa kosong.

Dengan diculiknya Troy, Archie membutuhkan bantuan untuk menyelamatkan rekannya itu. Dia dibantu oleh kelompok pemberontak Irak dan anggota militer Irak yang membelot. Ketika berhasil mendapatkan emas, Archie dan dua rekannya dihadapkan pada pilihan sulit antara mempertahankan emas yang mereka curi atau menyuap tentara Amerika agar membebaskan kelompok pemberontak Irak.

Cerita di film ini cukup solid untuk ukuran film perang. Sisi lain dari perang ditampilkan lewat sosok Archie dan pasukannya yang ingin mengambil keuntungan. Di sisi lain, mereka pun menghadapi konflik personal karena melihat kondisi warga Irak yang tertekan. Film ini menjadikan elemen drama sebagai fondasi untuk setiap aksi.

Kental Unsur Komedi

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi 7

Memadukan genre war dengan komedi bukanlah sesuatu yang lazim dilakukan di dunia film. Dua unsur yang berseberangan itu bisa ditampilkan dengan baik dalam film Three Kings. Komedi yang cukup kental disuguhkan dengan baik tanpa mengganggu plot utama yaitu pada elemen war. Komedi dihadirkan sebagai bumbu penyedap yang terasa pas.

Unsur komedi di film ini terbilang absurd. Troy menemukan tentara Irak malah saling bertanya dengan rekannya sesama tentara Amerika apakah harus menembak orang tersebut. Ada juga adegan ketika Archie membujuk anggota militer Irak yang membelot untuk memberikan mobil tapi ditolak karena orang-orang Irak untuk makan saja sulit.

Yang paling kocak adalah ketika Troy diiterogasi oleh Kapten Said. Alih-alih menanyakan hal serius, Said malah menanayakan tentang Michael Jackson, mengapa warna kulit dan penampilannya berubah. Unsur komedi ini menjadi penyegar di tengah tema perang yang diusung tanpa harus mengalahkan unsur terpentingnya itu.

Penampilan Tiga Tokoh Utama

Sinopsis & Review Three Kings, Ada Aksi, Drama, dan Komedi 9

Three Kings menampilkan tiga tokoh utama dalam cerita. Archie yang diperankan oleh George Clooney merupakan sosok pemimpin yang eksentrik. Dia korup, mata duitan tapi menunjukan sisi kemanusiaan ketika dibutuhkan. Clooney bisa masuk ke karakter Archie dengan sempurna terutama pada adegan-adegan ketika dia memimpin pasukannya.

Karakter Troy diperankan oleh Mark Wahlberg. Wahlberg yang terbiasa tampil di film komedi dan action seperti bermain-main di genre yang dia kuasai. Sementara Ice Cube berperan sebagai Conrad, anggota militer yang percaya Tuhan punya cara khusus untuk melindunginya. Perbedaan karakter-karakter ini menyajikan dinamika menarik yang nggak ditemukan di film dengan genre serupa.

Three Kings merupakan film war yang eksentrik. Ada adegan mendebarkan tapi banyak pula adegan-adegan yang bisa mengundang gelak tawa. Bagi yang bosan menonton film perang dengan formula yang sama, film yang disutradarai oleh David O. Russell ini bisa menjadi pilihan tepat. Apa kamu suka film ini? Kalau sudah nonton, bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk teman-teman!

Three Kings
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram