bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Thirty Nine, Persahabatan di Akhir 30 Tahun

Son Ye Jin, Jeon Mi Do dan Kim Ji Hyun tampil dalam drama terbaru persembahan JTBC berjudul Thirty Nine (2022). Dalam drama ini mereka adalah wanita berusia 39 tahun yang sudah bersahabat selama 20 tahun lebih.

Di tengah kesibukan masing-masing, Mi Jo sebagai kepala klinik kecantikan, Chan Young sebagai guru akting dan Joo Hee sebagai manajer toko kosmetik, mereka selalu menyempatkan waktu kumpul bersama.

Kehidupan mereka berjalan menyenangkan tanpa memikirkan rencana pernikahan. Hingga suatu hari Mi Jo bertemu seorang pria yang baru saja pindah dari Amerika.

Pertemuan mereka selalu diawali oleh ketidaksengajaan. Hidup yang menyenangkan itu perlahan seperti terjun bebas karena salah satu di antara tiga sahabat itu divonis mengidap penyakit stadium lanjut.

Seperti apa perjalanan persahabatan mereka? Thirty Nine (2022) yang sudah tayang di Netflix siap menjawabnya!

Baca juga: 16 Drama Korea Komedi Romantis Terbaru di Tahun 2022

Sinopsis

Cha Mi Jo, Jeong Chan Young dan Jang Joo Hee bertemu pertama kali saat ketiganya berusia 18 tahun. Mi Jo yang merupakan anak adopsi sempat mengira kalau ibu Joo Hee adalah ibu kandungnya.

Sejak itu mereka bersahabat hingga masing-masing resmi menginjak 39 tahun. Sebelum memasuki usia baru, Mi Jo berencana pergi ke Amerika selama satu tahun, tetapi kesehatan salah satu sahabatnya memburuk.

Episode 1-2

Episode 1-2

Cha Mi Jo, Jeong Chan Young dan Jang Joo Hee bertemu pertama kali saat usia mereka 18 tahun. Ketiganya melanjutkan pertemanan hingga saat ini masing-masing berusia 39 tahun.

Tiga wanita dewasa itu berencana tidak menikah, sehingga jarang menghadiri undangan pernikahan atau ulang tahun anak-anak teman mereka yang lain. Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee lebih sering hadir ke upacara pemakaman.

Cha Mi Jo yang bekerja sebagai dokter kecantikan sekaligus kepala sebuah Dermatology Clinic di daerah Gangnam berencana pergi ke Amerika selama satu tahun untuk menekuni hobinya bermain golf.

Setelah lima tahun bekerja tanpa kenal lelah, Mi Jo ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum memasuki usia 40.

Di sisi lain Mi Jo masih terus khawatir karena Chan Young tidak bisa memutuskan hubungan terlarangnya dengan Kim Jin Seok; lelaki berusia 42 tahun, pemilik sebuah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan. Mi Jo juga menyesal karena dulu dialah yang mengenalkan Jin Seok pada Chan Young.

Jin Seok memang sempat menjalin hubungan dengan Chan Young sebelum akhirnya menikahi wanita lain. Chan Young bukan tidak ingin mengakhirinya tapi Jin Seok terus membuat guru akting itu ragu.

Keputusan Mi Jo pergi ke Amerika diketahui oleh kenalan barunya, seorang pria sebaya bernama Kim Seon U yang pertama kali bertemu saat mereka berkunjung ke Panti Asuhan Onnuri; tempat Mi Jo tinggal saat kecil dulu.

Kim Seon U memiliki seorang adik perempuan bernama Kim So Won, yang diadopsi dari Onnuri. Dari Amerika dia sengaja pindah ke Korea karena mengikuti adiknya.

Seon U tampaknya punya urusan pribadi yang perlu diselesaikan terkait pembatalan adopsi yang diajukan sang adik setelah ibu mereka meninggal dunia. 

Seon U dan Mi Jo terus bertemu tanpa sengaja. Pada pertemuan ketiga setelah menonton pertunjukan musik klasik, keduanya tidur bersama.

Mi Jo tidak ingin menganggapnya serius karena dia sebentar lagi akan pergi ke Amerika. Sebaliknya Seon U menaruh harapan lebih karena untuk pertama kalinya lagi dia jatuh cinta setelah sekian lama.

Kejutan kembali terjadi karena Seon U ternyata adalah dokter kecantikan kenalan Jin Seok yang direkomendasikan menggantikan Mi Jo. Dunia mereka kini seperti terus beririsan.

Dalam kondisi mabuk, Seon U bahkan sempat-sempatnya menyatakan cinta. Sementara itu Joo Hee dibuat penasaran oleh pemuda berusia 35 tahun yang baru saja membuka cafe di lingkungan tempat tinggalnya.  

Semua tampak baik-baik saja hingga dokter yang melakukan tes kesehatan pada Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee beberapa waktu sebelumnya memberi kabar buruk tentang kesehatan salah satu di antara mereka.

Dengan perasaan kacau Mi Jo bergegas ke rumah sakit dan mendapat penjelasan mengenai kabar mengerikan itu. Tak bisa lagi menahan kesedihan Mi Jo menemui Jin Seok dan mengamuk di kantornya.

Mi Jo menyalahkan kondisi kesehatan Chan Young yang buruk pada lelaki itu dan pada diri sendiri sembari tidak berhenti menangis dan berteriak. Dia sampai tidak menyadari kalau Seon U juga ada di sana.

Episode 3-4

Episode 3-4

Setelah marah-marah pada Jin Seok, Cha Mi Jo pergi ke tempat Chan Young diantar Seon U. Di sana ternyata sudah ada istri Jin Seok, Kang Sun Joo, sedang memarahi Chan Young karena terus berhubungan dengan suaminya.

Mi Jo meradang ketika Sun Joo mengatakan hal-hal buruk di luar batas kesabarannya. Dia menampar Sun Joo dan Sun Joo melaporkannya pada polisi.

Jin Seok meminta Sun Joo mencabut gugatan pada Mi Jo. Mi Jo yang masih dalam keadaan sedih menemui Joo Hee, tapi dia tidak sampai hati menceritakan masalah kesehatan Chan Young padanya.

Suasana hati Mi Jo masih sangat buruk. Seon U berusaha menghiburnya dengan berbagai cara. Saat itulah Mi Jo bercerita tentang penyakit Chan Young.

Esoknya Mi Jo memutuskan untuk bicara pada Chan Young. Secara tersirat Mi Jo mengabarkan kalau kesehatan Chan Young memburuk. Dia berusaha mengajaknya pergi ke dokter.

Dokter menjelaskan kalau kanker pankreas yang diderita Chan Young sudah memasuki stadium akhir. Kesempatan hidup yang dimilikinya hanya 0,8%.

Jika menjalani kemoterapi, sisa waktu yang dimiliki Chan Young paling lama 1 tahun, tapi bila tidak, Chan Young hanya punya waktu 6 bulan. Wanita itu memutuskan tidak akan menjalani kemoterapi dan Mi Jo sangat marah mendengarnya.

Mi Jo tak bisa lagi menyembunyikan kabar sedih ini dari Joo Hee. Mendengar Mi Jo menjelaskan penyakit Chan Young, Joo Hee terlihat seperti orang linglung padahal dia baru mendapat lotre.

Sementara itu Jin Seok dan Sun Joo terlibat pertengkaran. Jin Seok mengetahui kalau dulu Sun Joo bukan hamil olehnya dan Ju Won bukan anak kandungnya.

Jin Seok menuntut cerai dan akan membawa Ju Won. Malam itu Jin Seok menemui Chan Young. Chan Young sedih dan menyesal ketika mendengar Jin Seok mengajukan perceraian.

Dia juga akhirnya tahu kalau Ju Won bukan anak kandung Jin Seok. Chan Young lantas mengabarkan soal penyakitnya pada pria itu dan Jin Seok langsung menangis sejadi-jadinya.

Mi Jo memutuskan batal berangkat ke Amerika dan mengabarkan hal ini pada keluarganya, termasuk kabar kalau Chan Young sakit.

Mi Jo juga memutuskan untuk tidak lagi membujuk Chan Young melakukan kemo. Dia akan menikmati sisa hidup sahabatnya itu dengan membahagiakannya, termasuk pergi ke klab bersama-sama.

Saat pulang dia melihat Seon U berusaha membawa So Won, adiknya, keluar dari klub malam. Seon U bersedih mengetahui kalau So Won bekerja sebagai hostes. Malam itu untuk pertama kalinya Mi Jo melihat Seon U menangis.

Episode 5-6

Episode 5-6

Seon U menjelaskan semua pada Mi Jo kalau gadis yang dilihatnya malam itu adalah sang adik. Di tempat berbeda Jin Seok mengatakan pada Chan Young kalau Ju Won tahu kedua orangtuanya akan bercerai.

Lebih mengejutkan lagi karena Jin Seok berencana membeli rumah dan akan mengajak Chan Young tinggal bersama. Ayah Seon U datang ke Korea untuk menemui putranya.

Sementara itu So Won akhirnya menemui Seon U dan meminta maaf serta mengatakan sudah berhenti dari pekerjaan tersebut. Namun, So Won meminta agar Seon U tidak lagi memaksanya bermain piano. Ternyata tanpa diketahui Seon U, sang ayah sudah melukai So Won.

Malam itu Jin Seok benar-benar keluar dari rumah dan untuk sementara menginap di hotel dekat kediaman Chan Young.

Chan Young menulis sebuah catatan yang akan dia lakukan sebelum meninggal, di antaranya mencarikan ibu kandung Mi Jo, membuat Joo Hee dan Hyeon Jun berpacaran serta mendamaikan Jin Seok dan istrinya.

Mi Jo menemani Chan Young menemui kedua orangtuanya tapi Chan Young masih belum sanggup mengabarkan berita itu. Pulang dari sana Mi Jo menemui Seon U yang demam.

Seon U yang tersentuh akan mengenalkan Mi Jo pada So Won sebagai kekasihnya. Di cafe milik Hyeon Jun, Joo Hee memasak makanan selama tiga jam untuk Chan Young.

Alih-alih menggunakannya sebagai kesempatan untuk PDKT, Joo Hee membuat Hyeon Jun berbaikan dengan kekasihnya. Sementara itu Mi Jo, Seon U dan So Won bersiap makan malam. Saat akan pergi, ayah Seon U datang. Ayah Seon U ikut makan bersama tapi dia merusak suasana.

Di sisi lain Hyeon Jun ditawari kembali bekerja sebagai kepala koki di hotel, tapi dia tidak bahagia bekerja di sana. Hal itu menginspirasi Joo Hee untuk lebih mementingkan kebahagiaannya daripada pekerjaan. Joo Hee akhirnya berani melawan konsumen yang berlaku tidak sopan dan memutuskan berhenti kerja.

Seon U memahami Mi Jo khawatir dengan kondisi Joo Hee, sehingga dia menunda rencana kemping mereka. Dua sahabat itu berkumpul di rumah Chan Young.

Tanpa mereka ketahui di sana sudah ada Jin Seok yang memutuskan untuk tinggal bersama Chan Young dan ibu Chan Young yang sangat bahagia karena percaya putrinya punya kekasih.

Tak ada satu pun di antara mereka yang berniat menjelaskan kondisi sebenarnya karena tak ingin merusak kebahagiaan ibu Chan Young. Hingga tiba-tiba Sun Joo datang.

Mi Jo langsung membawanya ke luar dan memohon padanya untuk pergi. Dia tak ingin membuat ibu Chan Young bersedih. Dia ingin ibu Chan Young merasakan bahagianya makan bersama pria yang dianggap kekasih putrinya.

Mi Jo yang emosional sampai memohon pada istri Jin Seok tersebut. Sun Joo pun pergi. Tak lama Mi Jo pingsan, beruntung Seon U datang.

Episode 7-8

Episode 7-8

Mi Jo mendapat serangan panik setelah kedatangan Seon Ju. Sempat mendapat perawatan di rumah sakit, Seon U mengajak Mi Jo kemping malam itu. Chan Young dan Jin Seok lantas mencari tahu soal kejadian kemarin. Di tempat terpisah, mereka mendapat jawabannya kalau Seon Ju sempat datang ke apartemen Chan Young.

Seon Ju sendiri berkeras tidak akan menyetujui perceraian, sementara Jin Seok sudah tidak peduli pada pernikahannya. Chan Young mendengarkan pendapat Mi Jo untuk melakukan hal yang dia inginkan. Chan Young lalu mengikuti audisi untuk sebuah peran. Sementara itu Joo Hee ketahuan tak lagi bekerja di pasaraya oleh ibunya dan Hyeon Ju.

Hyeon Ju lantas menawarinya kerja di resto. Hubungan Hyeon Ju dan kekasihnya belum juga membaik. Hye Jin kecewa karena Hyeon Ju menolak bekerja di hotel. Selang beberapa hari lelaki itu mengambil keputusan untuk berpisah.

Di tempat lain Seon U akhirnya mengetahui kalau sang ayah memberi uang cukup banyak agar Sun Woo mengurus pembatalan aborsi. Ayahnya juga tampak tidak suka dia berhubungan dengan Mi Jo. Sementara itu Seon Ju tanpaa diduga menemui kedua orangtua Chan Young dan mengatakan soal perselingkuhan putri mereka dengan suaminya.

Chan Young mendapat telepon dari ibunya sesaat sebelum merayakan debut pertamanya sebagai aktris. Mi Jo dan Joo Hee juga diminta datang. Ketiganya merasa ibu Chan Young tahu perihal sang putri. Sampai di sana, ibu Chan Young histeris karena putrinya menjalin hubungan dengan suami orang.

Kemarahannya langsung berubah pilu saat Chan Young mengatakan soal penyakit dan usianya yang tak lama lagi. Chan Young juga memberi tahu Seon Ju soal penyakitnya. Setelah itu Chan Young meminta Jin Seok membatalkan perceraian.

Kejutan lain terjadi pada Mi Jo ketika dia mendengar pengakuan dari ibu Joo Hee soal ibu kandungnya. Rasa percaya diri wanita itu mendadak terjun bebas, terutama di depan Seon U karena ibu kandungnya ternyata pelaku penipuan dan kini berada di penjara.

Episode 9-10

Episode 9-10

Setelah bertemu ibu kandungnya Mi Jo malah kecewa. Sikap sang ibu sama sekali tidak menunjukkan penyesalan, malah senang karena berpikir bisa memanfaatkan kesuksesan putrinya. Pulang dari mengantar Mi Jo, Joo Hee diberi uang dalam jumlah besar oleh ibunya. Dia pun berencana membuka toko.

Sementara itu ayah Seon U mengajak Mi Jo bertemu. Lelaki paruh baya tersebut ingin Mi Jo menjauhi putranya. Di tempat lain Seon Ju menemui Chan Young dan memintanya membujuk Jin Seok agar membiarkan dia membawa dan merawat Jun Woo.

Jin Seok merasa kecewa pada diri sendiri karena sudah memperlakukan Chan Young dengan buruk. Kekecewaan lelaki itu mereda ketika Chan Young mengajaknya hidup bersama setelah bercerai. Di sisi lain Seon U yang tahu perbuatan ayahnya mengajak Mi Jo ke pantai. Dia tetap menghormati ayahnya tapi tak akan melepas Mi Jo. Seon U bahkan memberikan cincin pasangan pada kekasihnya tersebut.

Chan Young yang sedang menyiapkan ulang tahun ibunya tiba-tiba pingsan. Dia sedih karena terlambat mengambil kue ulang tahun yang sudah dipesan. Nekat, Mi Jo, Joo Hee dan Chan Young memecahkan kaca toko dan mengambil kue itu. mereka menyelesaikannya di kantor polisi. Syuting perdana Chan Young dirayakan meriah oleh Jin Seok, Joo Hee dan Mi Jo. Jin Seok sampai menyiapkan food truck.

Sayang, kebahagiaan Mi Jo tidak berlangsung lama karena hari itu seorang rentenir yang punya urusan dengan ibu kandung Mi Jo datang ke kliniknya. Mi Hyeon pun jadi tahu kalau adiknya tersebut sudah bertemu ibu kandungnya di penjara.

Jin Seok akhirnya mengizinkan Seon Ju membawa Jun Woo pindah ke Inggris. Chan Young lalu meminta Jin Seok mengantarnya ke rumah duka untuk reservasi. Jin Seok sesak tapi juga tak ingin menyulitkan Chan Young. Dia tidak punya pilihan selain mengikuti keinginan wanita yang sangat dicintainya itu.

Di tempat berbeda Joo Hee mendengar ibunya bicara sambil marah-marah pada seseorang. Dia yakin ibunya sedang bicara dengan ibu kandung Mi Jo yang bermasalah. Joo Hee merasa bersalah tapi tak ingin ibunya disalahkan.

Akibat masalah itu Joo Hee sempat mengira kalau selama ini dia selalu ditinggalkan oleh dua sahabatnya karena sang ibu menutupi sesuatu dari Mi Jo. Kesalahpahaman antara mereka akhirnya selesai dengan baik dan mengharukan. Tinggal Mi Jo yang bersiap mengambil langkah untuk menghadapi ibu kandungnya secara tegas.

Episode 11-12

episode 11-12 thirty nine_

Mi Jo menegaskan pada ibu kandungnya bahwa hubungan mereka tidak akan berlanjut. Dia memutuskan hubungan dan meminta agar tidak ada lagi rentenir yang dikirimkan ke kliniknya. Urusan Mi Jo dengan ibu kandungnya selesai sampai di situ, tapi urusan Mi Jo dengan Chan Young tidak.

Mi Jo dikabari kalau Chan Young sudah menyiapkan foto untuk pemakamannya. Namun, Chan Young tidak menyukai hasilnya karena dalam foto itu dia tidak tersenyum. Chan Young yang kecewa terkejut sekaligus kesal oleh Jin Seok karena lelaki itu ingin mendaftarkan pernikahan.

Chan Young melarangnya karena tidak mau Jin Seok jadi duda untuk kedua kali. Fokus Chan Young hanya ada pada kedua orangtuanya karena dia berencana merenovasi restoran mereka. Meminjam kamera milik Hyeon Jun, hari itu Joo Hee mengajak Mi Jo dan Chan Young berfoto bersama.

Pada kesempatan yang sama Mi Jo berhasil mendapatkan foto Chan Young yang sedang tersenyum. Hubungan Joo Hee dan Hyeon Jun tampaknya menunjukkan ke arah yang baik. Lelaki itu diam-diam menyusul saat Mi Jo dan yang lain merenovasi restoran milik orangtua Chan Young.

Kesehatan Chan Young mulai memburuk. Untuk pertama kalinya dia dirawat di rumah sakit walau tak lama meminta pulang dan dirawat di rumah.

Chan Young lalu memberikan daftar nama-nama teman dan kenalan yang ingin dia undang di pemakamannya pada Mi Jo. Tanpa diduga, Mi Jo dan Joo Hee menyiapkan kejutan dengan mengundang nama-nama itu untuk makan bersama Chan Young. 

Chan Young kembali membuat beberapa permintaan pada Mi Jo. Akhirnya paling menyedihkan itu tiba. Larut malam di tengah musim semi, Mi Jo dan Joo Hee benar-benar harus kehilangan sahabat terbaik mereka.

Kesedihan tidak berlangsung lama karena Mi Jo dan Joo Hee kembali melanjutkan hidup. Mereka mengikuti semua permintaan terakhir Chan Young.

Namun, luka ditinggalkan Chan Young tetap membekas di hati siapa pun, terutama Mi Jo. Dia bahkan terus menunda menonton film yang beberapa waktu ikut dibintangi Chan Young.

Dalam keadaan sangat merindukan Chan Young, Mi Jo mendapat hadiah berupa video. Video tersebut sengaja dibuat Chan Young semasa hidup untuk menguatkan Mi Jo.

Hangat dan Kompaknya Persahabatan Tiga Wanita Dewasa

Hangat dan Kompaknya Persahabatan Tiga Wanita Dewasa

Drama Korea yang fokus bercerita pada persahabatan tiga wanita kembali hadir meramaikan ketatnya persaingan di awal tahun 2022. Kali ini dibintangi Son Ye Jin, Jeon Mi Do dan Kim Ji Hyun.

Mereka adalah tiga wanita dewasa berusia 39 tahun yang sudah berteman lebih dari 20 tahun. Di tengah kesibukan masing-masing ketiganya selalu menyempatkan waktu untuk bertemu sekadar minum soju atau bermalam bersama.

Persahabatan Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee terasa hangat. Mereka memperlihatkan jalinan persahabatan yang dewasa, yang tak masalah bicara blak-blakan atau menyakiti perasaan, tapi setelahnya dengan mudah saling memaafkan karena menyadari kasih sayang dan kekhawatiran masing-masing.

Persahabatan mereka juga tidak membosankan karena sesekali waktu, tiga wanita dewasa itu bisa bertingkah kekanakan dan konyol. Dengan perbedaan kepribadian yang dimiliki Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee, mereka saling melengkapi, menghibur dan menyayangi.

Pantas jika ketiganya merasa tidak perlu menikah karena dapat dipastikan mereka tak akan kesepian sampai tua nanti. Walau cerita persahabatan ini digambarkan oleh para wanita berusia 39 tahun, beberapa hal rasanya masih cukup related untuk pertemanan yang lebih muda.

Nilai-nilai persahabatan yang disampaikan drama ini terasa universal karena semua adalah tentang kasih sayang dan penerimaan.

Hubungan romantis yang mulai diperlihatkan di dua episode pertama Thirty Nine (2022) juga terasa dewasa tetapi tetap menggemaskan dan paling penting gak cringe.

Sebagai pasangan Son Ye Jin dalam drama ini, Yeon Woo Jin membawakan karakter Seon U dengan sangat luwes. Dia bisa terlihat memesona, menggemaskan dan tetap dewasa.

Dua Episode Pertama Sudah Berduka

Dua Episode Pertama Sudah Berduka

Thirty Nine (2022) diawali dengan sebuah narasi yang terdengar diucapkan oleh Mi Jo. Sejak episode pertama, tersirat bahwa persahabatan mereka akan dipisahkan oleh kematian salah satu sahabat, sebelum ketiganya sempat menginjak usia 40 tahun.

Terdapat pula potongan scene yang menampilkan suasana duka dari sebuah upacara pemakaman. Kejadian itu diperjelas di bagian akhir episode dua pasca Mi Jo mendapat telepon yang membuatnya kehilangan fokus. Mi Jo mendapat kabar buruk tentang kesehatan Chan Young.

Alih-alih mengabarkan hal ini pada sahabatnya itu dia langsung menemui Jin Seok sembari histeris menyalahkannya.

Pada bagian ini Son Ye Jin memperlihatkan kualitasnya sebagai aktris dengan jam terbang tinggi. Penjiwaannya sebagai seorang yang bersedih karena membayangkan harus siap ditinggal sahabat terasa sangat dalam.

Scene saat Mi Jo menangis dan berteriak sambil terus menarik kerah Jin Seok tidak memberi kesempatan siapa pun yang menonton untuk berhenti menangis. Emosinya tersampaikan secara sempurna.

Drama Thirty Nine (2022) khususnya pada dua episode pertamanya memberi kesan sangat menyenangkan. Ceritanya hangat dan terasa hidup karena cukup dekat dengan pengalaman banyak wanita dan para sahabatnya, apalagi jika kamu dan sahabat punya usia yang relatif tidak terlalu jauh dengan cerita drama ini.

Kisah romantis yang diselipkan pun menjadi bumbu yang sedap. Ia tidak memengaruhi keindahan persahabatan yang terjalin antara Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee. Kisah keduanya dapat berjalan selaras dan indah.

Kesedihan di Sekitar Chan Young

Kesedihan di Sekitar Chan Young_

Sejak akhir episode dua minggu lalu, drama Thirty, Nine (2022) masih konsisten menyuguhkan kesedihan di episode tiga dan empat. Banjir air mata seperti tak ada habisnya karena Chan Young akhirnya tahu kalau usianya tidak lama lagi.

Scene lebih emosional terjadi ketika Jin Seok juga akhirnya tahu kalau Chan Young akan meninggalkannya sebentar lagi. Dua episode Thirty, Nine (2022) minggu ini fokus pada kesedihan di sekitar Chan Young.

Selain sedih karena meratapi nasib Chan Young, episode tiga dan empat juga memberikan kejutan lain. Jin Seok yang tampak memperlakukan istrinya secara dingin, ternyata menyimpan rahasia, bahwa anak yang selama ini dia besarkan bukan anak kandungnya.

Perkembangan hubungan Jin Seok dan Chan Young jadi lebih menarik ditunggu setelah semua peristiwa yang menimpa mereka. Perkembangan hubungan Mi Jo dan Seon U juga sama-sama menarik untuk dinantikan.

Apalagi di akhir episode empat, giliran Mi Jo yang melihat sisi lain Seon U. Lelaki yang selama ini menghiburnya terlihat tak berdaya dan butuh dikuatkan. Siapa gak sabar nunggu kisah mereka?

Kuatnya Kasih Sayang Mi Jo untuk Chan Young dan Joo Hee

Kuatnya Kasih Sayang Mi Jo untuk Chan Young dan Joo Hee

Drama Thirty, Nine (2022) sejak awal lebih banyak mengambil sudut pandang Mi Jo sebagai karakter utama. Dibanding dua karakter lain, dia lebih menonjol.

Sebagian besar permasalahan dilihat dari matanya, termasuk di dua episode minggu ini. Cerita mengenai kesehatan Chan Young yang memburuk masih menjadi emosi paling kuat, tapi kali ini kita semakin diperlihatkan betapa Mi Jo sangat menyayangi dua sahabatnya.

Perhatian Mi Jo yang banyak tercurah untuk Chan Young, tidak mengurangi kepeduliannya pada Joo Hee. Screentime antara Mi Jo dan Joo Hee memang sangat sedikit, tapi di episode 5 dan 6, kita bisa merasakan kalau Mi Jo sama sayangnya terhadap Joo Hee.

Terlihat ketika dia batal berkemah bersama Seon U demi menemani dan menemui Joo Hee yang baru saja berhenti kerja. Bukan hanya pada Joo Hee, kasih sayang Mi Jo pada Chan Young juga semakin terlihat di sini.

Setelah membatalkan rencananya pergi ke Amerika untuk menemani Chan Young, Mi Jo rela memohon pada Sun Joo agar sekali saja tidak mengganggu kebahagiaan ibu dan sahabatnya, padahal dia tahu yang dilakukannya bukan sesuatu yang pantas.

Adegan emosional tersaji di bagian akhir episode 6 ketika Mi Jo rela merendahkan dirinya di hadapan Sun Joo untuk melindungi ibu Chan Young dan Chan Young, agar mereka tidak malu dan tersakiti. Akting Son Yejin di bagian ini bikin merinding.

Dia ahli mengisi tatapan matanya dengan emosi, seperti wanita yang hilang kewarasan dan rela melakukan hal ‘gila’ untuk sahabatnya. Mi Jo bersedia membuang harga diri dan prinsipnya untuk melindungi sahabatnya.

Kemunculan Karakter Joo Hee yang Sangat Sedikit

Kemunculan Karakter Joo Hee yang Sangat Sedikit

Sampai episode 5 dan 6, sayangnya harus diakui bahwa kemunculan karakter Joo Hee sangat minim, jauh lebih sedikit dibanding Mi Jo dan Chan Young.

Hal ini disayangkan oleh banyak penonton setianya, terutama karena drama ini berangkat dari ide cerita persahabatan tiga wanita di akhir usia 30 tahun mereka.

Screentime Joo Hee tidak pernah banyak dari episode awal sehingga karakternya seolah hanya jadi pemain pendukung. Posisi Joo Hee sebagai main role, seolah terganti oleh Seon U dan Jin Seok.

Alih-alih menceritakan persahabatan tiga wanita di masa-masa sulit, sampai episode 6, Thirty, Nine (2022) lebih berfokus pada kisah pasangan Mi Jo-Seon U dan Chan Young- JIn Seok sampai-sampai dinilai terlalu mendominasi.

Lantas akankah alur semacam ini terus dipertahankan dan karakter Joo Hee serta ceritanya tetap terasa sebagai tempelan atau Joo Hee akan mendapatkan screentime lebih banyak di episode mendatang? Kita nantikan cerita Thirty, Nine (2022) selanjutnya!

Mi Jo Menemukan Ibunya, Ibu Chan Young ‘Menemukan’ Kabar Anaknya

Mi Jo Menemukan Ibunya, Ibu Chan Young ‘Menemukan’ Kabar Anaknya

Dua episode Thirty Nine (2022) minggu ini semakin saja emosional karena satu-satu kebenaran mulai terungkap, satu-satu rahasia mulai diketahui dan ditemukan. Mi Jo dan Chan Young masih memegang kendali atas emosi di episode 7 dan 8.

Dimulai dengan orangtua Chan Young yang mengetahui kabar terbaru anaknya, yaitu memiliki kedekatan dengan suami orang, menderita penyakit parah, dan usianya tak lama lagi. Lalu Mi Jo yang patah hati dan jadi sangat tidak percaya diri setelah mengetahui identitas ibu kandungnya.

Emosi semua tertumpah ketika dua kebenaran itu terungkap. Son Ye Jin dan Jeon Mi Do lagi-lagi punya andil besar pada dua episode ini. Akting mereka sebagai anak yang kelelahan, bingung, dan sebenarnya terluka benar-benar terasa. Persahabatan ketiganya di dua episode ini juga masih sangat kuat diperlihatkan.

Hatimu akan hangat saat melihat Mi Jo dan Joo Hee ditelepon Ibu Chan Young lalu menemani Chan Young menjelaskan semua ibunya, juga pada scene flashback ketika Mi Jo dan Chan Young bergantian menjaga ibu Joo Hee yang sedang sakit.

Dua bagian itu menguatkan bahwa hubungan ketiganya sangat emosional. Mereka bukan hanya bersahabat untuk satu sama lain, tetapi sudah menjadi putri bagi orang tua masing-masing.

Joo Hee Sampaikan Kegelisahannya

Joo Hee Sampaikan Kegelisahannya

Sebagai drama yang bercerita tentang tiga orang sahabat, harus diakui sejak awal screentime Mi Jo dan Chan Young cenderung lebih banyak dibanding Joo Hee. Joo Hee yang harusnya mendapat porsi sama, malah terkesan sebagai peran pendukung dengan side konflik yang tidak terlalu menarik. Progres perkembangan hubungannya dengan Hyeon Jun pun terhitung paling lambat.

Posisinya seperti digantikan oleh Seon U dan Jin Seok yang lebih banyak mendapat layar. Hal tersebut sempat membuat drama ini seperti keluar dari ide awalnya. Namun, di episode minggu ini, semua keganjilan itu terjawab. Rupanya ia bagian dari konflik atau seperti anak tangga yang membawa kita menuju emosi lain, yaitu emosi Joo Hee yang paling jujur.

Joo Hee yang selama ini diam saja akhirnya menyampaikan kegelisahannya. Wanita itu diam-diam merasa selalu dinomorduakan dan dianggap tidak penting oleh Mi Jo dan Chan Young. Perasaan Joo Hee di episode 10 persis yang dirasakan kebanyakan penonton. Joo Hee terdengar seperti mewakili isi hati penonton pada penulis dan sutradara.

Selain itu dua episode Thirty, Nine (2022) minggu ini juga menyuguhkan konflik Mi Jo dan ibu kandungnya yang bermasalah serta perkembangan hubungannya dengan Seon U ke arah yang lebih serius. Kondisi kesehatan Chan Young yang mulai mengalami perburukan juga jadi salah satu line penting minggu ini.

Chan Young Benar-benar Pergi

chan young pergi_

Drama Thirty, Nine (2022) meresahkan sejak awal karena belum apa-apa, penonton sudah diberi potongan scene yang memperlihatkan akan ada sebuah kehilangan.

Sepanjang drama ini tayang, emosi rasanya dibawa naik turun mengikuti kisah tiga wanita dewasa yang bersahabat sejak lama. Tidak ada satu episode pun berlalu tanpa adegan menyedihkan dan tanpa scene dan dialog yang menyesakkan.

Khusus di dua episode terakhir drama ini menguras air matamu. Hawa-hawa kesedihan sebenarnya sudah mulai disajikan sejak beberapa menit pertama. Chan Young yang kesakitan dan menyiapkan foto untuk kematiannya seorang diri, seperti tangga yang disediakan untuk sampai di puncak kesedihan di akhir nanti.

Kesehatan Chan Young juga diceritakan sudah mulai memburuk. Untuk pertama kalinya sejak episode pertama kamu akan melihat Chan Young dirawat di rumah sakit. Dua episode terakhir Thirty, Nine (2022) memperlihatkan detail-detail kesedihan dan perasaan kehilangan yang apik.

Setiap karakter digambarkan menderita dan merasakan kesedihan sesuai perannya secara pas. Mi Jo dan Joo Hee yang kehilangan Chan Young mengirimkan kepiluan hatinya dengan sangat baik. Son Ye Jin dan Kim Ji Hyun sukses menunjukkan luka yang sangat besar melalui scene tangisan mereka masing-masing. 

Apresiasi terbaik juga ditujukan untuk Jeon Mi Do yang menunjukan kualitasnya dalam berakting sebagai Chan Young. Pada sorot matanya terasa sekali ketakutan, ketidakrelaan tapi juga pasrah dan mencoba tegar.

Scene ketika Mi Jo dan Joo Hee menyiapkan kejutan dengan mendatangkan orang-orang terdekat Chan Young untuk makan bersama, rasanya luar biasa.

Tidak berlebihan jika menyebut akting Jeon Mi Do di bagian itu sebagai mahakarya. Dia bisa menyampaikan emosi yang paling dalam melalui tangisan yang diiringi senyuman. 

Thirty, Nine (2022) menutup ceritanya dengan sangat berkesan. Kemampuan akting para aktris dan aktor yang terlibat serta naskah yang solid, membuat drama ini berhasil melibatkan emosi.

Meski screentime Joo Hee sampai episode terakhir rasanya kurang banyak, hal itu tidak mengurangi chemistry antara tiga sahabat tersebut.

Thirty Nine
Rating: 
3.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram