bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Weekend Away, Liburan Menjadi Petaka

Bagaimana jadinya jika waktu weekend yang selalu ditunggu-tunggu untuk dijadikan momen berlibur bersama keluarga atau teman menjadi sebuah malapetaka?

Hal ini juga yang terjadi pada Beth dalam film garapan Kim Farrant berjudul The Weekend Away. Film ini bergenre thriller dan diadaptasi dari sebuah novel karya Alderson dengan judul yang sama. The Weekend Away menceritakan tentang seorang wanita bernama Beth yang sudah memiliki suami dan anak melakukan perjalanan ke Kroasia.

Ia pergi kesana untuk berlibur dan reuni dengan sahabat karibnya semasa kuliah bernama Kate. Namun, tiba-tiba saja, Kate menghilang secara misterius pada saat mereka baru saja memulai liburan. Lalu kemanakah Kate pergi?

Sinopsis

the-weekend-away-1_

Pada suatu hari Beth (Leighton Meester) datang ke Kroasia untuk memenuhi undangan Kate (Christina Wolfe) untuk bertemu dan berlibur bersama. Awalnya Beth merasa ragu karena ia telah memiliki seorang bayi.

Tetapi setelah diyakinkan berkali-kali oleh kate, akhirnya Beth datang ke Kroasia untuk menemui sahabatnya tersebut. Beth pun menitipkan bayinya kepada Rob (Luke Norris) yang merupakan suaminya.

Kate telah mengatur sebuah liburan yang tampaknya akan menyenangkan bagi mereka. Mereka akan tinggal di tempat mewah, keliling Kroasia yang menakjubkan, dan makan di restoran yang mahal.  Beth dijemput dari bandara menuju hotel oleh seorang supir taksi yang sangat ramah dan berasal dari Suriah bernama Zain (Ziad Bakri).

Beth sangat terpukau dengan keindahan hotel tempat mereka menginap. Ia lalu mengeluarkan sebuah kalung yang terbuat dari batu onyx hitam untuk dihadiahkan kepada Kate.

Dan benar saja Kate menerimanya dengan mata berkaca-kaca karena terharu mendapat hadiah tersebut. Malamnya Beth dan Kate pergi ke sebuah restoran yang mahal dan fancy.

Kate memesan menu termahal untuk disantap oleh mereka. Disana Beth akhirnya menyampaikan permintaan maafnya kepada Kate karena ia tidak bisa ada atau diandalkan saat Kate dan suaminya bercerai. Kate memaklumi hal tersebut karena Beth baru saja melahirkan dan mempunyai bayi yang tidak bisa seenaknya saja ditinggal-tinggal.

Kemudian Kate menanyakan perihal rumah tangga Beth dengan Rob. Ternyata pernikahan Beth dan Rob pun ada dalam fase yang tidak menyenangkan. Sudah hampir 6 bulan Beth dan Rob tidak melakukan hal yang seharusnya dilakukan oleh sepasang suami istri.

Setelah makan, akhirnya Kate mengajak Beth untuk pergi clubbing meski sempat ditolak oleh Beth. Disana mereka digoda oleh dua pria dan Kate menyarankan agar Beth melakukan one night stand agar kehidupan pernikahannya kembali seperti semula.

Beth menolak hal tersebut karena ia sudah menikah. Tetapi ia menjadi mabuk dan tidak sadar setelah meneguk segelas minuman yang diberikan kedua pria tersebut.

Keesokan harinya Beth bangun dalam keadaan kepala yang sakit dan hanya ingat sekelebat tentang kejadian semalam. Ia bangun dari tempat tidur di hotelnya dan melihat semua berantakan.

Ia keluar dan mendapati baju Kate yang berantakan dan jacuzzi yang masih menyala. Ia berkeliling ruangan dan tidak bisa menemukan Kate dimana pun. Lalu ia mencoba menelpon Kate tetapi tidak ada tanggapan.

Beth mencoba menghubungi Rob suaminya dan Jay yang merupakan mantan suami Kate untuk mengabarkan bahwa Kate menghilang. Tetapi keduanya malah mengabaikan hal tersebut.

Mereka menganggap Kate yang egois dan juga liar sedang mencari perhatian. Setelah melaporkan ke pihak kepolisian pun Beth ditanggapi dengan acuh tak acuh karena Kate adalah orang dewasa dan belum hilang selama 24 jam.

Hanya Zain lah yang datang dan bersedia menolong Beth untuk mencari Kate. Ia mengantar Beth ke klub semalam dan memaksa bartender untuk berbicara tentang pria yang bersama Kate dan Beth malam itu.

Ternyata kedua pria tersebut merupakan pria yang disewa oleh Kate. Mereka berdua juga merampok tas dan handphone Kate. Mereka pula yang memasukan obat bius ke minuman Kate dan Beth.

Setelah menemukan bukti, Beth kembali ke kantor polisi dan akhirnya pencarian terhadap Kate pun dilakukan setelah memperlihatkan bukti berupa tas dan handphone. Beth dikagetkan dengan kedatangan Rob yang tiba-tiba dan ia tidak senang dengan kedekatan Beth dan juga Zain.

Kemudian Kate pun ditemukan dalam keadaan yang sudah tidak bernyawa dan tenggelam di sebuah perairan di Kroasia.

Beth sangat sedih begitu juga Rob, yang termenung sangat lama. Rob mengajak Beth pulang tetapi, Beth menolak karena harus menunggu kasus Kate selesai. Beth pun menghidupkan ponsel Kate dan menemukan fakta yang mencengangkan dalam ponselnya.

Belum hilang rasa kagetnya, ia dituduh sebagai pembunuh Kate dan bersekongkol dengan Zain yang diduga terlibat kejahatan internasional yang terorganisir. Lalu ia juga menemukan bahwa kamar hotel yang ia sewa dipasang cctv yang diduga untuk mengawasinya. Lalu siapa sebenarnya pembunuh Kate?

Memiliki Alur Cerita yang Tidak Terduga

the-weekend-away-2_

The Weekend Away adalah film diadaptasi dari novel karya Sarah Anderson dan naskahnya pun ditulis oleh Sarah Anderson sendiri. Hal tersebutlah yang dinilai menjadikan film ini tidak dapat memberikan sensasi ketegangan yang tinggi kepada para penonton seperti film-film bergenre thriller pada umumnya.

Namun, tetap saja film ini bisa membuat para penonton penasaran dan menduga-duga siapa sebenarnya pelaku yang membunuh Kate. Alurnya pun sedikit berat untuk film yang durasinya tidak terlalu panjang dan banyak plot twist yang tidak terduga dan menarik yang diberikan oleh film ini.

Menampilkan Kroasia yang Indah

the-weekend-away-3_

Film The Weekend Away difilmkan di sebuah negara indah di Eropa yaitu Kroasia. Kebanyakan adegan diambil di kota Split, Dubrovnik, dan Zagreb. Dari awal adegan film ini, kalian akan disuguhkan dengan pesona keindahan Zagreb yang merupakan Ibu Kota Kroasia dan kota terbesar di Kroasia.

Kemudian kita juga akan diajak untuk melihat keindahan Kota Split yang merupakan tempat produksi utama film ini. 

Beberapa adegan diambildi sekitar pusat kota Diocletian yang merupakan situs warisan dunia UNESCO yang tidak diragukan lagi keindahannya. Salah satu adegan yang diambil di sini adalah saat Beth dan Zain terlibat aksi kejar-kejaran dengan polisi Kroasia.

Tempat menginap yang dipesan oleh Kate pun tak kalah mempesona dengan balkon yang pemandangannya langsung ke Pelabuhan yang cantik. Tempat tersebut ternyata terletak di jalan Trumbiceva Obala yang berada di kota Split.

Menggaet Leighton Meester Sang Bintang di Gossip Girl

the-weekend-away-4_

Penggemar serial Gossip Girl mungkin sudah mengenal sosok Leighton Meester yang memerankan Blair Waldorf yang legendaris. Perannya yang memukau membuat sosok Leighton Meester menjadi populer dan dikenal dunia. Dalam film The Weekend Away ini Leighton Meester terpilih oleh Kim Farrant sebagai pemeran utama yaitu Beth.

Sosok Beth yang sedikit lugu, kaku dan penuh dengan kekhawatiran diperankan apik oleh Leighton Meester. Ia juga berhasil memberikan vibes sebagai ibu muda yang terlihat kelelahan untuk beraktivitas di luar sekalipun itu untuk pergi bersenang-senang. Ia hanya ingin segera pulang, berada di kamar yang nyaman dan memompa asi di payudaranya.

Jangan Mudah Percaya Pada Siapapun

the-weekend-away-5_

Setelah peristiwa menghilang dan terbunuhnya Kate, Beth menjadi semakin memiliki kekhawatiran yang berlebih. Ia berbicara kepada semua orang tentang tewasnya Kate dan memberikan pernyataan berubah-ubah.

Zain sang sopir taksi yang membantu menguak kasus ini memberi tahu Beth untuk tidak mudah percaya kepada siapapun karena semua orang yang kenal dengan Kate bisa saja adalah pelakunya.

Zain juga menganggap Beth adalah sosok yang kurang tegas dan mudah percaya sehingga akan sangat gampang diperdaya oleh orang lain. Semua orang patut untuk dicurigai sehingga seharusnya Beth mengambil langkah yang lebih hati-hati agar dirinya tidak menjadi korban untuk selanjutnya dalam kasus ini.

Sehari setelah penayangannya di Netflix film bergenre thriller The Weekend Away menempati peringkat pertama di Top 10 Movies in the U.S Today dan peringkat 4 di Top Movies in The Indonesia Today.

Terlepas dari kurangnya sensasi menegangkan yang ditampilkan, film ini tetap memiliki banyak penonton dan menghibur. Setiap karakter dalam film tersebut juga diperankan dengan apik dan baik.

Kalian juga akan diajak untuk menebak alur yang tidak terduga di tengah indahnya Kroasia yang merupakan salah satu negara terindah di Eropa. Jadi sebenarnya siapa pelaku pembunuhan Kate? Lalu apa motif pembunuhan tersebut? Saksikan film ini di Netflix ya guys.

The Weekend Away
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram